Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6717 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diepenbroek, H.
"buku pelajaran mengenai administrasi perusahaan"
Utrecht: W. De haan , 1942
BLD 658.15 DIE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Zwaardemake, Ch.H.
"Inhoud :
1. Defixities ex methoden
2. Algemeene Physiologie
3. Het bloed
4. Bloedsomloop
5. Lymphe en lymphstroom
6. Spijsvertering
7. Resorptie
8. Intermediatre stofwisseling
9. Assimilatie
10. Excretie
11. Voortplanting
12. Ademhaling
13. Warmte en warmteregeling
14.Stofwisseling, balans der gewisselde"
Haarlem : Bohn, 1910
K 612 ZWA l
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Haan, P. de
"membahas tentang hukum-hukum dan administrasi negara"
Den Haag : Kluwer-Deventer, 1986
R BLD 342.06 HAA b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Taylor, James H.
London: McGraw-Hill Book Co., Inc. , 1959
352.6 TAY p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Suripto
"Mengelola rumah sakit bukanlah hal yang sangat sederhana dengan biaya yang sederhana pula, melainkan memerlukan kerjasama berbagai kornponen yang ada melalui upaya yang strategis dan dukungan sumberdaya yang handal, sehingga Pendapatan merupakan hal yang sangat berarti dari seluruh kegiatan rumah sakit sebab Pendapatan tersebut merupakan bagian dari tambahan biaya operasional rumah sakit.
Pendapatan rumah sakit dapat dijadikan sebagai salah satu acuan tentang peningkatan pelayanan diunit unit tersebut sebagai bagian dari kinerja keuangan unit dan keadaan ini akan dipengaruhi oleh kinerja pelayanan yang dilakukan masing masing unit.
Gambaran pendapatan ini ingin diketahui secara rinci selama 5 tahun yaitu dari tahun 1999 sampai dengan 2003 dengan melihat gambaran pendapatan dari; Pendapatan Rawat jalan, Pendapatan Rawat inap, Serta pendapatan pelayanan penunjang, baik dari penggunaan kapasitas ruangan, jenis / kelompok layanan, serta bagamana gambaran laporan keuangan yang ada sehingga nantinya dapat dipakai sebagai salah satu acuan untuk menentukan perencanaan pada masa yang akan datang.
Dan pengumpulan data sekunder dilakukan suatu analisis yang bersifat evaluatif untuk mengikuti perkembangan pendapatan selama 5 tahun sehingga dari hasil analisis ini diperoleh gambaran masing-masing unit pelayanan serta kontribusinya dalam besaran penerimaan rumah sakit, baik itu dibandingkan dengan pengeluaran maupun biaya operasional lain sehingga kemampuan rumah sakit dalam pemenuhan pembiayaan operasional yang berasal dari pendapatannya seenndiri dapat diketahui.
Dengan membuat beberapa trend dan proyeksi pendapatan rumah sakit maupun pengeluaran maka hal ini berguna sebagai bahan evaluasi kegiatan apakah rumah sakit mempunyai prospek yang baik dalam meningkatkan pendapatannya serta mampu untuk menekan biaya secara efisien sehingga mampu untuk dipersiapkan menjadi Badan Layanan Umum.

Managing a hospital is not a simple thing to do with simple cost but it needs collaboration from many components through strategic effort and reliable resources support. So the revenue is very valuable thing from all activities in hospital because it is part of additional operating cost of hospital.
Hospital revenue can be a model for service improvement in the units of hospital as a part of unit's financial performance. It is influenced by service performance that conducted in each unit.
The study would like to explain about the description of revenue for 5 years from 1999 until 2003 by assessing the revenue of outpatient, inpatient and ancillary services either from room usage, type of services, and existing financial statement. So, it could be used as one of references to make a planning in the future.
Secondary data analysis used evaluative approach in order to assess the progress for 5 years. From analysis result above would be obtained the description of revenue in each unit and its contribution in the scale of hospital revenue both compared with expenses and other operating costs. In the result, the hospital capability in performing operating cost that got from its revenue could be assessed.
By making some trend and projection models of hospital cost and revenue could be used as program evaluation subject whether the hospital had good prospect in increasing its revenue, was able to do the cost containment efficiently and to prepare itself became a Public Service Board."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T13121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ermalina E.
"Untuk menghadapi kasus COVID-19 di Indonesia, Hospital Disaster Plan (HDP) yang selama ini identik dengan bencana alam harus diimplementasikan dengan berbagai penyesuaian terkait kepentingan rumah sakit untuk melindungi tenaga kesehatannya. HDP sudah ada dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yang menjadi instrument dalam akreditasi rumah sakit. Tetapi selama ini, HDP hanya menjadi dokumen pelengkap untuk akreditasi saja, tanpa disimulasikan dan disosialisasikan sehingga saat terjadi pandemi ini banyak rumah sakit yang gagap menghadapinya. Banyak tenaga kesehatan yang menjadi korban dalam pandemi ini. Terlepas dari terpapar di tempat kerja atau tidak, tetapi tenaga kesehatan adalah orang yang paling beresiko tertular virus Corona ini. Tesis ini membahas tentang kinerja implementasi HDP di RSUD H. Hanafie Muara Bungo yang telah mengaktifkan sistem HDP sejak Maret 2020. Untuk memperoleh kinerja yang baik dalam pelaksanaan HDP diperlukan sistem keuangan, sumber daya dan pelaksanaan kerja yang baik sehingga pasien dan petugas merasa aman dari penularan virus. Pendekatan yang dapat digunakan untuk evaluasi kinerja keempat aspek tersebut adalah dengan Balanced Scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed methode). Instrument yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuesioner dan panduan wawancara mendalam. Populasinya adalah seluruh staf di RSUD H. Hanafie Muara Bungo dan pengambilan sampelnya dilakukan dengan metode purposive sampling. Sebanyak 226 sampel dari dari staf rumah sakit untuk persepektif pelanggan, dan 112 sampel dari tim HDP untuk tiga perspektif lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD H. Hanafie telah mengimplementasikan HDP dengan cukup baik. Tingkat kesetujuan untuk perspektif pelanggan dinilai cukup baik yaitu sebesar 61%. Perspektif pelanggan dinilai berdasarkan subvariabel tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty; perspektif proses internal dinilai memiliki kinerja cukup baik yaitu 60,4%. Pada perspektif ini, perlu lebih ditingkatkan komunikasi dan koordinasi tim HDP secara rutin; perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diniliai memiliki kinerja cukup baik yaitu dengan tingkat kesetujuan 70%. Perspektif ini dinilai dari tiga sub variabel yaitu kapabilitas pekerja, kapabilitas sistem informasi dan motivasi pegawai. Sistem kerja HDP telah dilengkapi dengan sistem informasiyangbaikdananggotayangmemilikikomitmen, sehinggaperlusegeradicarikansolusi terhadap insentif yang tidak cair agar tetap mempertahakan semangat kerja tim. dan perspektif finansial yang dinilai memiliki kinerja kurang yaitu sebesar 51,3%. Pada perspektif ini melihat anggaran dan realisasi dari kegiatan HDP di RSUD H. Hanafie. Sejauh ini belum ada anggaran dan realisasi untuk kegiatan HDP. Dari penelitian ini dapat terlihat bahwa diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak agar dapat menjalankan HDP dengan baik dalam rangka melindungi semua elemen di rumah sakit, baik staf, pasien maupun pengunjung.

To deal with COVID-19 cases in Indonesia, the Hospital Disaster Plan (HDP), which has been synonymous with natural disasters, must be implemented with various adjustments related to the interests of hospitals to protect their health workers. HDP already exists in the National Hospital Accreditation Standard (SNARS) which is an instrument in hospital accreditation. But so far, HDP has only been a complementary document for accreditation, without being simulated and socialized so that when this pandemic occurs,
many hospitals are stuttering about it. Many health workers have fallen victim to this pandemic. Regardless of being exposed at work or not, health workers are the people most at risk of contracting this Corona virus. This thesis discusses the performance of HDP implementation at H. Hanafie Muara Bungo Hospital which has activated the HDP system since March 2020. To obtain good performance in HDP implementation, it is necessary to have a good financial system, resources and work implementation so that patients and staff feel safe from transmission. virus. The approach that can be used to evaluate the performance of these four aspects is the Balanced Scorecard. This research is a descriptive analytic study with a quantitative and qualitative approach (mixed method). The instruments used for this research are questionnaires and in-depth interview guides. The population is all staff at H. Hanafie Muara Bungo Hospital and the sample is taken by purposive sampling method. A total of 226 samples from the hospital staff for the customer perspective, and 112 samples from the HDP team for the other three perspectives. The results showed that H. Hanafie Hospital had implemented HDP quite well. The level of agreement for the customer perspective is considered quite good, which is 61%. The customer perspective is assessed based on the subvariables of tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy; the internal process perspective is considered to have a fairly good performance, namely 60.4%. From this perspective, it is necessary to improve the communication and coordination of the HDP team on a regular
basis; the learning and growth perspective is considered to have a fairly good performance with an agreement level of 70%. This perspective is assessed from three sub-variables, namely worker capability, information system capability and employee motivation. HDP's work system has been equipped with a good information system and committed members, so it is necessary to immediately find a solution for incentives that are not liquid in order to maintain the spirit of team work. and the financial perspective that is considered to have less performance is 51.3%. This perspective looks at the budget and realization of HDP activities at H. Hanafie Hospital. So far there has been no budget and realization for HDP activities. From this research it can be seen that good coordination and cooperation is needed from all parties in order to carry out HDP properly in order to protect all elements in the hospital, both staff, patients and visitors.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febry Hadiqotul Aini
"Dalam pelayanan kefarmasian di rumah sakit, apoteker melakukan pemberian informasi obat (PIO) dengan menyediakan informasi serta rekomendasi terkait suatu obat  baik kepada dokter, apoteker lain, perawat, profesi kesehatan lainnya maupun pasien. Adapun, di depo rawat inap Rumah Sakit Universitas Indonesia, pemberian informasi obat, terutama yang memerlukan rekonstitusi belum berjalan  maksimal dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, perlu adanya suatu sistem yang dapat meningkatkan efisiensi pemberian informasi obat. Pada tugas khusus Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Rumah Sakit Universitas Indonesia, disusun daftar obat injeksi H-N yang memuat informasi indikasi, cara pemberian, cara rekonstitusi dan stabilitas dari masing-masing obat. Hal tersebut diharapkan  dapat memudahkan dalam pencarian data sehingga dapat meningkatkan efektifitas baik dalam penelusuran informasi obat maupun pemberian informasi obat.

As part of pharmaceutical care in hospitals, pharmacists provide Drug Information Services (DIS) by offering information and recommendations related to a medication to doctors, other pharmacists, nurses, other healthcare professionals, patients, and others. However, at Rumah Sakit Universitas Indonesia, the delivery of drug information, especially for medications that require reconstitution, has not been fully optimized due to time and manpower constraints. Therefore, there is a need for a system aimed at improving the efficiency of drug information provision. As part of Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) at Rumah Sakit Universitas Indonesia, a list of injection drugs H-N was compiled, which includes information such as indications, administration methods, reconstitution procedures, and stability. With these actions implemented, it is anticipated that accessing data will be simplified, thereby enhancing the efficiency of both retrieving and providing drug information.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vedder, A.
Haarlem: De Erven F. Bohn N.V., 1949
BLD 616.920 1 VED l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maswir
"Tata ruang kantor bukan hanya untuk keindahan semata mata, tetapi tata ruang juga mempunyai dampak terhadap motivasi, kesehatan, dan prestasi seseorang dalam mengerjakan suatu kegiatan pada ruang atau pada tempat tertentu. Dari dampak yang dibicarakan di atas, semuanya menuju kepada efektivitas pekerjaan seseorang baik pekerjaan yang membutuhkan tenaga fisik, maupun pekerjaan yang membutuhkan pemikiran , dan atau pun pekerjaan yang membutuhkan fisik dan pemikiran. Dalam kesempatan ini penulis mencoba mempelajari penataan ruang sebuah kantor, tepatnya ruang Administrasi Pendidikan Politoknik Universitas Indonesia melalui suatu penelitian penulis mencoba seberapa jauh efektivitas tata ruang kantor administrasi pendidikan yang didasarkan pada pandangan para pegawai yang bekerja dengan suatu instrument penilaian tertentu.
Penelitian ini dilaksanakan dentgan tujuan untuk mengidentifikasi penataan ruangan administrasi pendidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kegiatan administrasi pendidikan. Disamping itu penelitian dimaksudkan sebagai bahan .kajian dan pertimbangan dalam mengembangkan ilmu manajemen perkantoran serta sebagai bahan masukan bagi pihak yang berwewenang dalain mengefektifkan pekerjaan administrasi perkantoran.Dalam pelaksanaan penelitian penulis menggunakan analisa deskriptif untuk melihat gambaran permasalahan dalam penataan ruangan dengan bentuk penjabaran dan interprestasi dari tabel-tabel dan gambar yang diperoleh dari data penelitian, dan analisa statistik yaitu analisaregresi dan korelasi utnuk melihat tingkat hubungan antara penataan ruangan dengan hasil kerja administrasi.Dari hasil pengujian hipotesa diperoleh bahwa hasil analisa hipotesa diperoleh bahwa adanya hubungan antara tata ruang dengan volume kerja pegawai dengan tingkat hubungan sedang."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1997
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>