Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10217 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hasti Triana Putri
"
BAGIAN 1 Analisis Situasi 
Kini, Organisasi non-Pemerintah atau organisasi sosial, khususnya untuk anak muda mulai banyak terbentuk di Indonesia. Masing-masing youth movement fokus pada suatu isu tertentu seperti pencegahan HIV dan AIDS, pendidikan, lingkungan, dan lain-lain. Sebagai sebuah organisasi, mereka hanya memanfaatkan media online sebagai medium berkomunikasi. Bagaimanapun, radio, khususnya radio anak muda masing tetap exist sebagai media komunikasi dan hiburan bagi remaja. Untuk itu, youth movement dapat memanfaatkan radio sebagai salah satu media komunikasi. FYI (Figure out Young Inspiration) sebagai sequence radio pertama yang memberikan kesempatan kepada youth movement untuk berbagi informasi dengan anak muda lainnya.
BAGIAN 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Sosial: Menambah pengetahuan remaja mengenai isu sosial dan mengajak mereka terlibat dalam kegiatan sosial.
Manfaat Bagi Stasiun Radio: Memperkuat citra radio, yang tidak hanya sekedar memainkan musik, tetapi juga menambah wawasan.
Tujuan Sosial: membentuk generasi muda yang peduli dengan masalah sosial.
Tujuan Komersial: Mendatangkan pengiklan dan sponsor yang dapat memberikan keuntungan bagi stasiun radio.
Tujuan Politik: Sejalan dengan visi misi stasiun radio.
BAGIAN 3 Prototipe yang Dikembangkan
Program ini bernama "FYI" (Figure out Young Inspiration) dan berformat sequence. Program ini mengangkat berbagai isu-isu sosial, dan organisasi sosial berbasis anak muda. Program ini direncanakan untuk disiarkan di Trax FM Jakarta setiap Kamis pukul 20.00-22.00 WIB. Target pendengar program ini adalah remaja dengan SES A dan B.
BAGIAN 4 Evaluasi
- Pre Test dilakukan dengan metode FGD. Pesertanya dibagi menjadi empat kelompok berisi enam orang. Masing-masing kelompok dibagi berdasarkan jenis kelamin dan pendidikan.I Instrumen FGD digunaka sebagai panduan.
- Evaluasi akan dilakukan secara berkala setiap bulan. Evaluasi melalui metode penyebaran kuesioner (bagi khalayak) dan melihat berbagai respon yang diterima dari berbagai channel.
BAGIAN 5 Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Prototype Program: Rp 120.000
Jumlah Biaya Produksi 13 Minggu + Biaya Promo : Rp 11.040.000
Prakiraan pendapatan bersih per episode (tanpa sponsor) : Rp 2.678.400
Jumlah Angaran Evaluasi:
Pre Test : Rp 6.055.000
Post Test : Rp 2.100.000

PART 1 Situation Analysis
Nowadays, non-govermental organizations (NGO) or social organizations, especially for young people are formed all accross the country. Each youth movement focused on the many issues, such as HIV and AIDS prevention, education, environmental, etc. As a Organization, they are likely to use online media as communication medium. However, radio, especially radio station which segmented for young people, has been existence as a communication medium or entertaiment for teenegers. So that, youth movement can using radio as one of the medium communication. FYI (Figure out Young Inspiration) as the first sequence radio that provides the opportunity for youth movement to share information with other young people.
PART 2 The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Social advantage: Enhance the teenager's knowledge about social issues and invite the to involved in the social activity.
Advantage for Radio Station: Improve the image of radio station, not just a means to play songs; they can also enhance the knowledge of their listeners.
Social Purpose: To create a young generation which aware about social problems.
Commercial Purpose: To attract advertiser and sponsor, and this will give profit for the radio station.
Political Purpose: In the line with vision and mision radio station.
PART 3 The Developed Prototype
The program is called “FYI” (Figure out Young Inspiration) and it formatted as sequence. This program talks about social issues and social organization expecially for young people, and planned to be broadcasted at Trax FM Jakarta every Thursday at 8 to 10 p.m. The program is aimed to be listened by teenager to early adult aged 15 to 25 years old, with social economic class level A, and B.
PART 4 The Evaluation
- Pre-test will be held after the prototype had been made by using Focus Group Discussion method (FGD). There will be four groups consisted of six people in each group. Every groups divided by gender and education. FGD instrument will be used as a guide.
- The Evaluation will be executed periodically every month. The Evaluation will be performed with spreading questionnaire to the listener and checking the listener’s response from many channels.
PART 5 Budget
Total budget of prototype production: 120.000 IDR
Total budget of program production for 13 weeks + promotion : 11.040.000 IDR
Estimation income per episode without sponsor: 2.678.400 IDR
The budget for evaluation
PreTest :6.055.000 IDR
Protest : 2.100.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Putri Rinanti
"BAGIAN I Analisis Situasi
Tingginya arus urbanisasi ke Jakarta menyebabkan penduduk Jakarta sebagian besar merupakan pendatang. Masih banyak penduduk Jakarta, terutama anak muda, yang belum banyak tahu tentang sisi lain Kota Jakarta, yang sebenarnya unik dan menarik untuk diketahui. Oleh karena itu, anak muda Jakarta membutuhkan satu program yang menyajikan informasi mengenai Kota Jakarta, demi meningkatkan kepedulian mereka terhadap kotanya.
BAGIAN II Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat bagi Khalayak Pendengar: Sebagai sumber informasi bagi anak muda untuk hal-hal yang berkaitan dengan Kota Jakarta. Manfaat bagi Stasiun Radio: Membangun citra positif bahwa Radio Oz Jakarta bukan hanya memutarkan lagu, tapi juga menyiarkan informasi untuk merayakan ulang tahun Kota Jakarta.
Tujuan Sosial: Membangkitkan kepedulian anak muda Jakarta terhadap kotanya.
Tujuan Komersial: Menarik pihak sponsor dan pengiklan, agar mendatangkan profit bagi stasiun radio.
BAGIAN III Prototipe yang dikembangkan
Program berformat air magazine, dengan judul "Viva Jakarta". Program ini mengulas informasi unik dan menarik seputar Kota Jakarta, dan akan disiarkan di Radio Oz Jakarta tiap Senin-Jumat pukul 08.00-08.10 WIB dan 20.00-20.10 WIB sepanjang bulan Juni 2013 (bertepatan dengan perayaan ulang tahun Jakarta ke- 486). Sasaran pendengarnya adalah anak muda usia 15-30 tahun yang tinggal di Jabodetabek, dengan S.E.S A, B, dan C.
BAGIAN IV Evaluasi
Pre test akan dilakukan melaluiFocus Group Discussion (FGD) terhadap 2 kelompok pendengar Radio Oz Jakarta yang masingmasing terdiri dari 6 orang. Pre test akan dilakukan setelah prototipe program Viva Jakarta selesai dibuat, dengan instrumen FGD sebagai panduan. Evaluasi akan dilakukan berkesinambungan setelah program Viva Jakarta disiarkan, melalui metode survei online, pengamatan respon pendengar dari berbagai media, serta pembandingan biaya produksi program.
BAGIAN V Anggaran
Jumlah anggaran produksi prototipe program: Rp198.000,00
Jumlah anggaran produksi program: Rp3.072.000,00
Harga penjualan paket program: Rp80.000.000,00
Perkiraan pendapatan program: Rp44.928.000,00
Rencana anggaran pre test program: Rp1.370.000,00
Rencana anggaran evaluasi program: Rp1.200.000,00

PART I The Analysis of Situation
The urbanization level of Jakarta nowadays is high, so that it causes the condition where its new comers dominate its inlanders. There are so many citizens in Jakarta, especially teenagers and early adults, who do not know yet about Jakarta's thing which actually unique and interesting. By that case, Jakarta's teenagers and early adults need a program which gives them the information about Jakarta, to raise their awareness about their city.
PART II The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Advantages for listeners: As a source of information about Jakarta City for teenagers and early adults.
Advantages for radio station: To build a positive image of radio station, that Oz Radio Jakarta is not only play the songs but also spread the knowledge about Jakarta to celebrate its birthday.
Social Purposes: To enhance the teenagers and early adults' awareness of Jakarta City.
Commercial Purposes: To attract sponsor and advertiser, so that it could give profit for the radio station.
PART III The Developed Prototype
The program is named “Viva Jakarta”, and it is formatted as air magazine. The program talks about all the unique and interesting information about Jakarta City, and will be broadcasted on Oz Radio Jakarta every Monday to Friday at 08.00-08.10 am and 08.00-08.10 pm along June 2013 (month of Jakarta's 486th birthday celebration). The program's primary target are teenagers to early adult aged 15-30 years old, who live in Jabodetabek, with the social economic class level A,B, and C.
PART IV The Evaluation
The method applied for the pre test is Focus Group Discussion (FGD). There will be 2 group of Oz Radio Jakarta's listeners, which each group consists of 6 people. The pre test will be conducted after the prototype created, and the FGD's instrumen will be used as a guideline.Meanwhile, the evaluation of program will be executed continuously, after the program broadcasted on the radio. The evaluation will be performed by doing online survey, monitoring the responses of the program from many channels, and also by comparing the budget.
PART V The Budget
Total budget of the prototype production: Rp198.000,00
Total budget of the program production: Rp3.072.000,00
Price of program package: Rp80.000.000,00
Estimation of income: Rp44.928.000,00
Budget plan for the program pre test: Rp1.370.000,00
Budget plan for the program evaluation: Rp1.200.000,00
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Tunjung Sari
"Gerakan bersepeda tengah mengalami kenaikan yang signifikan seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia, jumlah pengguna sepeda juga mengalami peningkatan. Meski belum tersedia data yang akurat, namun pemerintah provinsi DKI Jakarta memperkirakan dari 9,6 juta, sekitar seratus ribu warganya menggunakan sepeda. Programprogram untuk menggalakkan penggunaan sepeda juga dilakukan oleh pemerintah, diantaranya dengan membangun lajur sepeda serta mengadakan Car Free Day di setiap akhir pekan. Dengan adanya dukungan-dukungan tersebut, berbagai komunitas sepeda menjamur di seluruh Indonesia.
Pada tanggal 16-18 Juli 2010 lalu, 50 ribu pesepeda dari berbagai komunitas membentuk Kongres Sepeda Indonesia. Kongres sepeda pertama ini menghasilkan Komite Sepeda Indonesia (KSI). KSI memiliki visi mempersatukan dan memperjuangkan hak-hak pesepeda di seluruh tanah air.
Untuk mewujudkan visi tersebut, KSI mendirikan Radio Komite Sepeda Indonesia (KSI). Apalagi melihat banyaknya pengguna sepeda dan besarnya potensi penggunaan sepeda di masa depan, muncul sebuah kebutuhan masyarakat akan berita dan informasi seputar sepeda. Prototipe program dibuat berlandaskan kepada kebutuhan tersebut. Program adalah Air Magazine tentang berita dan informasi seputar sepeda dan diberi judul "It's a Bike World After All!".

After All! in Radio Komite Sepeda Indonesia (KSI) Within the last years, cycling movement has been significantly increasing all over the world. In Indonesia, the numbers of cyclist is also increasing. Even though, an accurate data is not available yet, but the government of DKI Jakarta estimates, out of 9.6 million, approximately one hundred Jakarta citizens are using bicycle. Programs to encourage people to use bicycle are implemented by the government. Building the bike lane across the city and Car Free Day during the weekends are some of them. With those supports, many bicycle community are formed all across the country.
On July 16-18 2010, 50 thousands cyclist from various bicyce community held Indonesian Bicycle Congress. The first bicycle congress results in Indonesian Bicycle Committee (KSI). The committee has a vision to unify and fight for cyclist's rights throughout the country.
To bring the vision itu reality, KSI built KSI Radio. Moreover, seeing the numbers of cyclist and the potential that bicycle has, a need for news and information about cycling world emerged. This prototype is made according to that need. The program is made in the form of Air Magazines concerning news and information about cycling world, and is titled "It's a Bike World After All!".
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Al-Rasyid
"Indonesia memiliki beragam kekayaan wisata alam dan budaya. Sebagai generasi pewaris kekayaan negeri, remaja haruslah menjadi tulang punggung pariwisata. Oleh karena itu, remaja perlu diberikan pengetahuan dan informasi lebih tentang kepariwisataan Indonesia. Namun, akses informasi mengenai pengenalan pariwisata tersebut sangatlah minim. Oleh karena itu, dengan dibuatnya program air magazine ―Jalan-jalan Sob!‖ diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan informasi wisata di Indonesia sekaligus dapat mengajak dan menggerakkan para remaja untuk menjadi agen-agen yang memperkenalkan obyek-obyek wisata di tanah air.
Manfaat bagi khalayak: pendengar dapat mengetahui dan menambah wawasan mengenai kekayaan obyek wisata Indonesia. Manfaat bagi pengelola: menimbulkan citra positif bagi stasiun radio RTC UI FM karena menyiarkan sebuah program yang bersifat mengangkat industri pariwisata Indonesia Tujuan: secara sosial membentuk generasi muda yang peduli dan cinta terhadap warisan budaya dan kekayaan alam Indonesia.
Program ini berjudul "Jalan-jalan Sob!", beformat air magazine, secara spesifik mengangkat isu tema obyek-obyek wisata di tanah air, direncanakan untuk ditayangkan di radio RTC UI setiap hari senin dan Jumat pukul 19.30 WIB selama 10 menit pada acara "Music Special", dan ditargetkan untuk khalayak mahasiswa UI atau remaja/dewasa awal yang berada di sekitar lingkungan Kampus UI, Depok dengan S.E.S. A,B, dan C.
Evaluasi :
- Pre-test akan dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 12 orang remaja berusia 18-25 tahun; menggunakan instrumen berupa Panduan FGD dan dilakukan setelah prototipe selesai dibuat.
- Evaluasi akan dilakukan setalah program disiarkan; dilakukan baik secara aktif maupun pasif. Metode yang akan digunakan: kuesioner untuk evaluasi produksi dan kualitas program dan survei via telepon untuk evaluasi khalayak.
Anggaran :
- Jumlah total anggaran pembuatan prototipe: Rp166.500
- Jumlah total anggaran pembuatan program: Rp121.000
- Jumlah total biaya produksi selama 13 mingggu: Rp3.146.000
- Jumlah anggaran evaluasi: Rp254.000;

Indonesia has a various cultural heritage and natural wealth. As the young generation, youth should become a pillar of the local tourism. Therefore, teenagers should be given more knowledge and information about the tourism in Indonesia. However, the access to information about our tourism is minimal. Therefore, by making this air magazine, "Jalan-jalan Sob!" it is expected to answer the need of travel information in Indonesia, also to encourage the youth to become the agents that introduce the local tourism in the country.
The advantages to listeners: listeners can find out and add insight into the cultural heritage and natural wealth of Indonesia. The advantages for the radio station: create a positive image for the RTC UI FM radio station for broadcasting a program which promotes Indonesia's tourism industry Purposes: socially, to establish young generation who care and love to the cultural heritage and natural wealth of Indonesia.
The program is titled "Jalan-jalan Sob!", formatted as air magazine, specifically raised the local tourism issue as a main theme. The program is planned to be broadcasted on radio RTC UI every Monday and Friday at 19.30 for 10 minutes on the program "Music Special", and targeted to the UI students or early adult around the UI campus, Depok who come from the families with Social and Economic Class A, B, and C.
The Evaluation :
- Pre-test will be performed by using Focus Group Discussion (FGD) method in which each group consists of 12 adolescents aged 18-25 years; the instrument that will be used is the form of FGD guide; and will be done after the prototype is made.
- Evaluation will be done after the program is aired; it will be done either actively or passively. The methods to be used: a questionnaire for the evaluation of production and quality of programs and telephone survey for the audience evaluation.
Budget :
- Total budget of prototype production process: 166.500 IDR
- Total budget of program production process: 121.000 IDR
- Total budget of program production process for 13 weeks: 3.146.000 IDR
- Total budget of evaluation: 254.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Keith, Michael C.
Jakarta: Internews, 2000
384.5453 Kei s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keith, Michael C.
Jakarta: Internews Indonesia, 2000
384.5453 Kei s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Allen & Unwin, 1992
384.5 GUI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996
384.54 Med
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
W. Daniels Handoyo Sunyoto
Yogyakarta: Kanisius, 1978
384.54 SEL
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aitchison, Jim
Jakarta: Kantor Berita Radio 68H, 2007
384.54 AIT ct
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>