UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Prototipe program Air Magazine "Viva Jakarta" untuk radio OZ jakarta = "Viva Jakarta" air magazine program prototype for OZ radio jakarta

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012)
 Abstrak
[BAGIAN I Analisis Situasi
Tingginya arus urbanisasi ke Jakarta menyebabkan penduduk
Jakarta sebagian besar merupakan pendatang. Masih banyak
penduduk Jakarta, terutama anak muda, yang belum banyak tahu
tentang sisi lain Kota Jakarta, yang sebenarnya unik dan menarik
untuk diketahui. Oleh karena itu, anak muda Jakarta
membutuhkan satu program yang menyajikan informasi
mengenai Kota Jakarta, demi meningkatkan kepedulian mereka
terhadap kotanya.
BAGIAN II Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi Khalayak Pendengar: Sebagai sumber informasi
bagi anak muda untuk hal-hal yang berkaitan dengan Kota
Jakarta.
Manfaat bagi Stasiun Radio: Membangun citra positif bahwa
Radio Oz Jakarta bukan hanya memutarkan lagu, tapi juga
menyiarkan informasi untuk merayakan ulang tahun Kota
Jakarta.
Tujuan Sosial: Membangkitkan kepedulian anak muda Jakarta
terhadap kotanya.
Tujuan Komersial: Menarik pihak sponsor dan pengiklan, agar
mendatangkan profit bagi stasiun radio.
BAGIAN III Prototipe yang dikembangkan
Program berformat air magazine, dengan judul “Viva Jakarta”.
Program ini mengulas informasi unik dan menarik seputar Kota
Jakarta, dan akan disiarkan di Radio Oz Jakarta tiap Senin-Jumat
pukul 08.00-08.10 WIB dan 20.00-20.10 WIB sepanjang bulan
Juni 2013 (bertepatan dengan perayaan ulang tahun Jakarta ke-
486). Sasaran pendengarnya adalah anak muda usia 15-30 tahun
yang tinggal di Jabodetabek, dengan S.E.S A, B, dan C.
BAGIAN IV Evaluasi
Pre test akan dilakukan melaluiFocus Group Discussion (FGD)
terhadap 2 kelompok pendengar Radio Oz Jakarta yang masingmasing
terdiri dari 6 orang. Pre test akan dilakukan setelah
prototipe program Viva Jakarta selesai dibuat, dengan instrumen
FGD sebagai panduan. Evaluasi akan dilakukan
berkesinambungan setelah program Viva Jakarta disiarkan,
melalui metode survei online, pengamatan respon pendengar dari
berbagai media, serta pembandingan biaya produksi program.
BAGIAN V Anggaran
Jumlah anggaran produksi prototipe program: Rp198.000,00
Jumlah anggaran produksi program: Rp3.072.000,00
Harga penjualan paket program: Rp80.000.000,00
Perkiraan pendapatan program: Rp44.928.000,00
Rencana anggaran pre test program: Rp1.370.000,00
Rencana anggaran evaluasi program: Rp1.200.000,00, PART I The Analysis of Situation
The urbanization level of Jakarta nowadays is high, so that it
causes the condition where its new comers dominate its inlanders.
There are so many citizens in Jakarta, especially teenagers and
early adults, who do not know yet about Jakarta‟s thing which
actually unique and interesting. By that case, Jakarta‟s teenagers
and early adults need a program which gives them the information
about Jakarta, to raise their awareness about their city.
PART II The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Advantages for listeners: As a source of information about Jakarta
City for teenagers and early adults.
Advantages for radio station: To build a positive image of radio
station, that Oz Radio Jakarta is not only play the songs but also
spread the knowledge about Jakarta to celebrate its birthday.
Social Purposes: To enhance the teenagers and early adults‟
awareness of Jakarta City.
Commercial Purposes: To attract sponsor and advertiser, so that it
could give profit for the radio station.
PART III The Developed Prototype
The program is named “Viva Jakarta”, and it is formatted as air
magazine. The program talks about all the unique and interesting
information about Jakarta City, and will be broadcasted on Oz
Radio Jakarta every Monday to Friday at 08.00-08.10 am and
08.00-08.10 pm along June 2013 (month of Jakarta‟s 486th
birthday celebration). The program‟s primary target are teenagers
to early adult aged 15-30 years old, who live in Jabodetabek, with
the social economic class level A,B, and C.
PART IV The Evaluation
The method applied for the pre test is Focus Group Discussion
(FGD). There will be 2 group of Oz Radio Jakarta‟s listeners,
which each group consists of 6 people. The pre test will be
conducted after the prototype created, and the FGD‟s instrumen
will be used as a guideline.Meanwhile, the evaluation of program
will be executed continuously, after the program broadcasted on
the radio. The evaluation will be performed by doing online
survey, monitoring the responses of the program from many
channels, and also by comparing the budget.
PART V The Budget
Total budget of the prototype production: Rp198.000,00
Total budget of the program production: Rp3.072.000,00
Price of program package: Rp80.000.000,00
Estimation of income: Rp44.928.000,00
Budget plan for the program pre test: Rp1.370.000,00
Budget plan for the program evaluation: Rp1.200.000,00]
 File Digital: 1
Shelf
 TA-Lita Putri Rinanti.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : TA-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : none
Tipe Konten : none
Tipe Media : none
Tipe Carrier : none
Deskripsi Fisik : xiv, 40 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351785