UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Prototipe program sequence radio FYI (Figure Out Young Inspiration) = FYI (Figure Out Young Inspiration) a sequence radio prototype

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univerisitas Indonesia, 2012)
 Abstrak
[BAGIAN 1 Analisis Situasi
Kini, Organisasi non-Pemerintah atau organisasi sosial,
khususnya untuk anak muda mulai banyak terbentuk di
Indonesia. Masing-masing youth movement fokus pada suatu isu
tertentu seperti pencegahan HIV dan AIDS, pendidikan,
lingkungan, dan lain-lain. Sebagai sebuah organisasi, mereka
hanya memanfaatkan media online sebagai medium
berkomunikasi. Bagaimanapun, radio, khususnya radio anak
muda masing tetap exist sebagai media komunikasi dan hiburan
bagi remaja. Untuk itu, youth movement dapat memanfaatkan
radio sebagai salah satu media komunikasi. FYI (Figure out
Young Inspiration) sebagai sequence radio pertama yang
memberikan kesempatan kepada youth movement untuk berbagi
informasi dengan anak muda lainnya.
BAGIAN 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Sosial: Menambah pengetahuan remaja mengenai isu
sosial dan mengajak mereka terlibat dalam kegiatan sosial.
Manfaat Bagi Stasiun Radio: Memperkuat citra radio, yang tidak
hanya sekedar memainkan musik, tetapi juga menambah
wawasan.
Tujuan Sosial: membentuk generasi muda yang peduli dengan
masalah sosial.
Tujuan Komersial: Mendatangkan pengiklan dan sponsor yang
dapat memberikan keuntungan bagi stasiun radio.
Tujuan Politik: Sejalan dengan visi misi stasiun radio.
BAGIAN 3 Prototipe yang Dikembangkan
Program ini bernama “FYI” (Figure out Young Inspiration) dan
berformat sequence. Program ini mengangkat berbagai isu-isu
sosial, dan organisasi sosial berbasis anak muda. Program ini
direncanakan untuk disiarkan di Trax FM Jakarta setiap Kamis
pukul 20.00-22.00 WIB. Target pendengar program ini adalah
remaja dengan SES A dan B.
BAGIAN 4 Evaluasi
- Pre Test dilakukan dengan metode FGD. Pesertanya dibagi
menjadi empat kelompok berisi enam orang. Masing-masing
kelompok dibagi berdasarkan jenis kelamin dan pendidikan.I
Instrumen FGD digunaka sebagai panduan.
- Evaluasi akan dilakukan secara berkala setiap bulan. Evaluasi
melalui metode penyebaran kuesioner (bagi khalayak) dan
melihat berbagai respon yang diterima dari berbagai channel.BAGIAN 5 Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Prototype Program: Rp 120.000
Jumlah Biaya Produksi 13 Minggu + Biaya Promo :
Rp 11.040.000
Prakiraan pendapatan bersih per episode (tanpa sponsor) :
Rp 2.678.400
Jumlah Angaran Evaluasi:
Pre Test : Rp 6.055.000
Post Test : Rp 2.100.000, PART 1 Situation Analysis
Nowadays, non-govermental organizations (NGO) or social
organizations, especially for young people are formed all accross
the country. Each youth movement focused on the many issues,
such as HIV and AIDS prevention, education, environmental, etc.
As a Organization, they are likely to use online media as
communication medium. However, radio, especially radio station
which segmented for young people, has been existence as a
communication medium or entertaiment for teenegers. So that,
youth movement can using radio as one of the medium
communication. FYI (Figure out Young Inspiration) as the first
sequence radio that provides the opportunity for youth movement
to share information with other young people.
PART 2 The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Social advantage: Enhance the teenager’s knowledge about social
issues and invite the to involved in the social activity.
Advantage for Radio Station: Improve the image of radio station,
not just a means to play songs; they can also enhance the
knowledge of their listeners.
Social Purpose: To create a young generation which aware about
social problems.
Commercial Purpose: To attract advertiser and sponsor, and this
will give profit for the radio station.
Political Purpose: In the line with vision and mision radio station.
PART 3 The Developed Prototype
The program is called “FYI” (Figure out Young Inspiration) and it
formatted as sequence. This program talks about social issues and
social organization expecially for young people, and planned to be
broadcasted at Trax FM Jakarta every Thursday at 8 to 10 p.m.
The program is aimed to be listened by teenager to early adult
aged 15 to 25 years old, with social economic class level A, and B.
PART 4 The Evaluation
- Pre-test will be held after the prototype had been made by
using Focus Group Discussion method (FGD). There will be four
groups consisted of six people in each group. Every groups
divided by gender and education. FGD instrument will be used as
a guide.
- The Evaluation will be executed periodically every month. The
Evaluation will be performed with spreading questionnaire to the
listener and checking the listener’s response from many channels.PART 5 Budget
Total budget of prototype production: 120.000 IDR
Total budget of program production for 13 weeks + promotion :
11.040.000 IDR
Estimation income per episode without sponsor: 2.678.400 IDR
The budget for evaluation
PreTest :6.055.000 IDR
Protest : 2.100.000 IDR]
 File Digital: 1
Shelf
 TA-Hasti Triana Putri.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : TA-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univerisitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : none
Tipe Konten : none
Tipe Media : none
Tipe Carrier : none
Deskripsi Fisik : xvi, 40 hlm. ; 30 cm.+ lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351787