Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56237 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alby Akhsanajaya
"Perkembangan bisnis otomotif di Indonesia semakin tahun semakin meningkat, tumbuh dan berkembang baik. PT Toyota-Astra Motor adalah salah satu perusahaan otomotif distributor pemegang merek Toyota di Indonesia. Untuk membantu dalam menjalankan bisnisnya PT Toyota-Astra Motor memiliki satu organisasi departemen dalam bidang teknologi informasi yang bernama system support. Departemen ini bertugas membantu menjalankan dan mengembangkan bisnis perusahaan di bidang teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan dan memetakan kompetensi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) departemen system support dalam menyediakan layanan teknologi informasi untuk dapat mendukung bisnis perusahaan saat ini. Perumusan dan pemetaan kompetensi tersebut dilakukan dengan menggunakan gabungan antara Ward & Peppard, SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), NICS (National ICT Competency Standard) dan melakukan wawancara dengan perwakilan manajemen, dalam hal ini adalah Kepala seksi STP (System Technology Planning). Hasil penelitian ini adalah standar kompetensi SI/TI dan peta kompetensi teknologi informasi departemen system support untuk mendukung bisnis perusahaan. Selain itu, penelitian juga berhasil memetakan kondisi aktual kompetensi pegawai dengan mengacu pada standar kompetensi SI/TI yang sudah dirumuskan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi pengembangan SDM di masa yang akan datang.

The development of the automotive business in Indonesia is increasing, growing and developing well. PT Toyota-Astra Motor is one of the company's automotive brands holder Toyota distributor in Indonesia. To assist in running the business of PT Toyota-Astra Motor has a department in order to handle information technology matter called system support. This research was conducted to define and map the competencies of Information Systems and Information Technology (IS/IT) in system support department to support the company's business. Formulation and competency mapping is done by using a combination of Ward & Peppard, SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), NICS (National ICT Competency Standard) and conducted interviews with management representatives, in this case is section head of STP (System Technology Planning). The result is a standard of competence IS/IT and information technology competence map in system support departments. In addition, this research have also managed to map the actual competence of the employees with reference to the competency standard IS/IT. The result is expected to be a reference for the development of human resources in the future."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Agusli
"Strategi harga jual bagi setiap perusahaan merupakan komponen penting dalam proses mendapatkan keuntungan yang maksimal termasuk di dalamnya pada harga jual jasa profesional SI/TI. Di zaman customer-centric saat ini perlu adanya pendekatan baru dalam merancang strategi harga jual yaitu outside-in yang berdasarkan kepada berapa nilai jasa yang mendekati perspektif manfaat yang akan diterima pelanggan serta keselarasan nilai tersebut dengan keinginan pelanggan untuk membayarnya. Dalam keterkaitan dengan harga jual, customer-based value didefinisikan sebagai harga maksimal yang ingin dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan layanan jasa yang diinginkan. Dengan mengetahui besarnya WTP (Willingness To Pay) yang diharapkan konsumen, maka potensi manfaat dapat dibangun melalui kemampuan perusahaan untuk memberikan harga jual yang sesuai dengan keinginan konsumen, walaupun transaksi jual beli belum terjadi dan manfaat nyata produk dan jasa belum dapat dirasakan secara langsung.
Proses perancangan strategi harga jual jasa profesional SI/TI berdasarkan customer-based value menggunakan teori WTP (Willingness To Pay) untuk mengetahui keinginan konsumen dalam membeli sebagai value yang mereka harapkan, tabel manfaat bisnis SI/TI generik untuk mengidentifikasi manfaat layanan jasa, dan teori price-led costing untuk mengetahui target biaya dan membandingkannya dengan estimasi biaya sesungguhnya.
Dalam penelitian berhasil diidentifikasi 12 (dua belas) manfaat jasa sebagai produk ekonomi yang memiliki daya jual yang tinggi menggunakan tabel manfaat bisnis SI/TI generik yang diperoleh dari pemetaan faktor-faktor yang mempengaruhi WTP konsumen. Manfaat jasa ini dijadikan sebagai daftar manfaat secara umum (default value) yang akan diterima oleh konsumen karena membeli layanan jasa profesional SI/TI dari perusahaan walaupun belum diketahui secara rinci jenis layanannya. Proses perancangan harga jual jasa profesional SI/TI berdasarkan customer-based value akan dirangkum ke dalam flow chart yang menunjukkan 8 (delapan) langkah yang memudahkan perusahaan dalam mengimplementasikannya secara nyata.

Pricing Strategy is an important element for company in the process of getting the maximum profit, price includes IS/IT professional service. In current customer-centric era, a new approach is needed in pricing strategy design, which is outside-in, refers to how close perceive of value that the customer will receive and how conformity of the value to the customer’s willingness to pay. Related with pricing, customer-based value is defined as the maximum price paid by customers who want to get the desired services. By knowing the amount of customer willingness to pay, then the sense of the benefits can be built through the company's ability to provide the pricing in accordance with the wishes of consumers, although the transaction has not yet occurred and the real benefits of products and services can not be perceived directly.
The process of pricing strategy for IS/IT professional services with customer-based value is using WTP (Willingness To Pay) theory to determine the costomer's desire to buy as their expected value, table’s generic IS/IT business value to identify the benefits of services, and price-led costing theory for knowing the target cost and comparing with estimated actual cost.
In this study, successfully identified 12 (twelve) economic benefits of professional services that has a high selling power from the mapping WTP’s factors to the table’s generic IS/IT business value. This value of professional services will be served as a default value which will be recieved by costumer for buying IS/IT professional services from the company although not known in detail of the service. The process of pricing strategy for IS/IT professional services with customer-based value will be summarized into a flow chart that shows the eight (8) steps that facilitate the company in implementing practically.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Triana Elizabeth
"STMIK GI MDP merupakan perguruan tinggi yang menyadari betul bahwa dengan memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin akan mendatangkan keuntungan yang lebih di masa yang akan datang. Hal ini nyata dari proses bisnis yang sudah menggunakan teknologi informasi. Untuk mendukung sistem informasi atau teknologi informasi yang berjalan maka STMIK GI MDP memiliki bagian teknologi informasi yang terdiri dari bagian Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi, dan Multimedia. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan kompetensi SI/TI yang diperlukan oleh bagian Teknologi Informasi pada STMIK GI MDP.
Perumusan kompetensi dilakukan dengan mengacu pada Standar Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Development of a Certification Roadmap for IT Professional Certification Project dan melakukan diskusi dengan setiap kepala bagian. Hasil Penelitian ini adalah standar kompetensi SI/TI untuk bagian Sarana dan Prasarana sebanyak 59 kompetensi, bagian Sistem Informasi sebanyak 21 kompetensi, dan bagian Multimedia sebanyak 51 kompetensi. Penelitian ini juga menganalisa kesenjangan antara kondisi kompetensi para karyawan saat ini dengan yang diharapkan oleh perusahaan sehingga menemukan strategi-strategi yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan SDM.

STMIK GI MDP is the college that aware information technology will bring a higher profit in the future. It shows from the existing business processes using information technology. To support the information technology in STMIK GI MDP, STMIK GI MDP has information technology department called UPT. UPT consist of Facilities and Infrastructure department, Information System department, and Multimedia department. This research was conducted to define competencies of Information Systems and Information Technology (IS/IT) that required by information technology department of STMIK GI MDP.
Formulation of competencies refer to Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Development of a Certification Roadmap for IT Professional Certification Project and made some discussion with the head of each department. Results of this research are standard of IS/IT competencies for Facilities and Infrastructure department that consist of 59 competencies, Information System department that consist of 21 competencies, and Multimedia department that consist of 51 competencies. This research also analyzed gap between the actual competencies of the employees with expected competencies from company and find strategies that may help company to develop human resources.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Pebrianto
"[ABSTRAK
Saat ini sebuah organisasi tidak dapat terlepas dari sistem informasi (SI) / teknologi informasi (TI) dalam menjalankan bisnisnya. Dalam perkembangan era SI/TI, telah terjadi beberapa evolusi, dari era data Processing, era Managemen Information System, era Information System Strategic, dan era Information System Capability . Era saat ini adalah era transisi dari era Information System Strategic menjadi era Information System Capability. SI/TI yang awalnya bernilai strategis lambat laun berubah menjadi aplikasi standar yang juga diterapkan pada organisasi lainnya. Dalam pembuatan PSSI dalam era Information System Capability ini perlu disesuaikan kembali pemilihan komponen prosesnya terhadap kapabilitas SI/TI organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kesesuaian komponen PSSI terhadap kapabilitas SI/TI organisasi dan membentuk pola PSSI yang sesuai dengan level kapabilitas SI/TI. Data penelitian ini adalah tujuh karya akhir MTI UI dengan topik pembuatan PSSI untuk sebuah organisasi. Metodologi penelitian ini terdiri dari mengukur kapabilitas SI/TI dengan IT Capability Maturity Framework (IT CMF), pengukuran kesesuaian antara komponen PSSI penelitian sebelumnya terhadap kapabilitas SI/TI, dan analisis pola perumusan PSSI yang sesuai dengan kapabilitas SI/TI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pemilihan komponen proses PSSI yang disesuaikan terhadap kapabilitas SI/TI. Bagi organisasi dengan Kapabilitas SI/TI level initial membutuhkan aktivitas PSSI sebagai berikut membangun visi dan arah pengembangan SI/TI, menentukan kompetensi SDM SI/TI, membangun sistem yang terpadu, dst. Bagi organisasi dengan kapabilitas SI/TI level basic, membutuhkan aktivitas PSSI sebagai berikut perbaikan bisnis proses, mempersiapkan langkah teknis pengembangan SI/TI, menganalisis total cost of ownership, dst. Bagi organisasi dengan kapabilitas SI/TI level intermediate, membutuhkan aktivitas PSSI sebagai berikut penentuan standard pengembangan, pengusulan kebijakan, menentukan nilai investasi SI/TI, dst. Bagi organisasi dengan kapabilitas SI/TI level advance, membutuhkan aktivitas PSSI sebagai berikut penerapan chargeback layanan SI/TI, pengelolaan aset, penentuan kapasistas SI/TI, dst. Bagi organisasi dengan kapabilitas SI/TI level optimizing, membutuhkan aktivitas PSSI sebagai berikut pembuatan IS Scorecard, pembentukan tata kelola SI/TI, penjualan layanan SI/TI, dst.

ABSTRACT
Today, an organization cannot be separated from information systems (IS) / information technology (IT) in running its business. There has been an evolution in the development of IS/IT, from data processing, information management system, information system strategic, and finally information system capability. The current era is a transition from Information System Strategic into Information System Capability. IS/IT initially a strategi-value application which later became a standard in other organizations. In developing SPIS in this era of Information System Capability, there needs to be readjustment of component selection process to an organization?s IS/IT Capability. The aims of this study are to identify the suitability of Strategic Planning of Information System (SPIS) components to an organization?s IS / IT capability and formulate a SPIS pattern which corresponds with IS/IT capabilities. Data for this study are seven MTI UI theses on developing SPIS for a given organization. The research methodology consists of measuring the capabilities of IS / IT with the IT Capability Maturity Framework (IT CMF), measurement of compatibility between the components of the SPIS previous research to its SI / IT capability, and analysis of the pattern of PSSI formulation in accordance with the capabilities of IS / IT. This study concludes that there is a need to adopt SPIS components to IS/IT Capabilities. Organizations with IS / IT capabilities at the initial level requires SPIS activities as follows: formulate the vision and direction of development of IS / IT, determine the competence of human resources, build integrated systems, and so on. Organizations with IS / IT capabilities at the basic level requires SPIS activities as follows: business improvement process, prepare for technical development of the IS / IT, analyze the total cost of ownership, and so on. Organizations with IS / IT capabilities at the intermediate level requires SPIS activities as follows: determination of standards development, propose policies, determine the value of SI / IT investments, and so on. Organizations with IS / IT capabilities at the advance level requires SPIS activities as follows: chargeback IS/IT services, asset management, IS/IT capacity determination, and so on. Organizations with capabilities SI / IT at the optimizing level requires SPIS activities as follows: formulate IS scorecards, establishment IS/IT governance, sales IS/IT services, and so on., Today, an organization cannot be separated from information systems (IS) / information technology (IT) in running its business. There has been an evolution in the development of IS/IT, from data processing, information management system, information system strategic, and finally information system capability. The current era is a transition from Information System Strategic into Information System Capability. IS/IT initially a strategi-value application which later became a standard in other organizations. In developing SPIS in this era of Information System Capability, there needs to be readjustment of component selection process to an organization’s IS/IT Capability. The aims of this study are to identify the suitability of Strategic Planning of Information System (SPIS) components to an organization’s IS / IT capability and formulate a SPIS pattern which corresponds with IS/IT capabilities. Data for this study are seven MTI UI theses on developing SPIS for a given organization. The research methodology consists of measuring the capabilities of IS / IT with the IT Capability Maturity Framework (IT CMF), measurement of compatibility between the components of the SPIS previous research to its SI / IT capability, and analysis of the pattern of PSSI formulation in accordance with the capabilities of IS / IT. This study concludes that there is a need to adopt SPIS components to IS/IT Capabilities. Organizations with IS / IT capabilities at the initial level requires SPIS activities as follows: formulate the vision and direction of development of IS / IT, determine the competence of human resources, build integrated systems, and so on. Organizations with IS / IT capabilities at the basic level requires SPIS activities as follows: business improvement process, prepare for technical development of the IS / IT, analyze the total cost of ownership, and so on. Organizations with IS / IT capabilities at the intermediate level requires SPIS activities as follows: determination of standards development, propose policies, determine the value of SI / IT investments, and so on. Organizations with IS / IT capabilities at the advance level requires SPIS activities as follows: chargeback IS/IT services, asset management, IS/IT capacity determination, and so on. Organizations with capabilities SI / IT at the optimizing level requires SPIS activities as follows: formulate IS scorecards, establishment IS/IT governance, sales IS/IT services, and so on.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rusliyawati
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Peran teknologi informasi dan sistem informasi di bidang pendidikan tinggi salah satunya dapat dilihat dalapenggunaan media ajar di dalam ruang perkuliahan, pemanfaatan laboratorium, dan sistem informasi akademik yang dapatmemperlancar pelaksanaan kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah implementasi sistem informasi/ teknologi informasi (SI/TI) berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, dengan studi kasus pada Politeknik Negeri Jakarta khususnya jurusan Teknik Elektro. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan analisis statistik infrensial untuk menggambarkan korelasi implementasi sistem informasi dan media ajar terhadap kualitas pembelajaran
Keyword : Implementasi SI/TI, Media Ajar"
2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aria WN
"Jurnal terdiri dari sekumpulan paper ilmiah yang dipublikasikan secara berkala oleh suatu lembaga, instansi pendidikan ataupun asosiasi profesi. Paper sebelum dapat dipublikasikan dalam suatu jurnal haruslah diproses terlebih dahulu. Ada empat aktor yang berperan dalam pemrosesan suatu paper, yaitu Author (orang yang menulis paper), Editorial Board (orang yang bertugas mengomentari, menilai dan memberikan rekomendasi penerimaan paper), Chief Executive Editor (orang yang memimpin jurnal dan yang menentukan apakah paper tersebut layak terbit atau tidak), dan yang terakhir adalah Journal Manager (orang yang bertugas untuk mengatur penerbitan jurnal serta paper mana saja yang akan dimasukkan ke dalamnya). Proses penilaian suatu paper tersebut berawal dari Author mengirimkan paper-nya kepada suatu lembaga atau instansi yang biasa menerbitkan jurnal. Setelah itu, paper akan dininjau dan dikomentari oleh Editorial Board. Jika telah mendapat komentar dan rekomendasi dari Editorial Board, barulah paper tersebut dapat disetujui ataupun ditolak oleh Chief Executive Editor. Jika paper disetujui oleh Chief Executive Editor, maka paper tersebut akan diterbitkan atau dipublikasikan melalui jurnal pada instansi yang bersangkutan. Di Indonesia saat ini, jurnal sering diterbitkan oleh asosiasi dan instansi pendidikan, dimana pemrosesan suatu paper masih dilakukan secara manual. Begitu pula pemrosesan jurnal pada acara konferensi. Semua proses hanya menggunakan fasilitas e-mail. Pemrosesan paper secara manual ternyata menimbulkan banyak masalah. Salah satu diantaranya adalah ketidakjelasan status paper yang dikumpulkan. Hal ini terjadi karena terlalu banyak paper yang masuk ke dalam e-mail sehingga tidak semua paper dapat terbaca oleh Chief Executive Editor. Kemungkinan paper terlewat ataupun terhapus sangat lah besar. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem yang dapat memfasilitasi pemrosesan paper dan juga manajemen suatu jurnal. Proyek mahasiswa ini bertujuan untuk merancang suatu sistem yang dapat menangani pemrosesan suatu paper dari tahap pengumpulan hingga penerbitan dalam suatu jurnal. Sistem ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan suatu jurnal. Sistem yang dikembangkan ini bernama Sistem Informasi Manajemen Jurnal."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyanarto Sarno
"Bagi sebagian besar perusahaan keberadaan informasi dan teknologi yang mendukungnya merupakan aset yang paling berharga. Oleh karena itu, pengelolaan yang kurang tepat akan mengakibatkan dukungan terhadap proses bisnis yang kritis menjadi kurang maksimal. Pihak manajemen perlu memastikan bahwa kontrol internal atau kerangka kerja ditempatkan sesuai dukungannya terhadap proses bisnis sekaligus memberikan definisi yang jelas bagaimana tiap individu mengontrol aktivitas yang berlangsung. Kontrol tersebut dikembangkan untuk menyediakan jaminan bahwa Tujuan Bisnis akan dicapai dan kejadian resiko yang tidak diinginkan akan dapat dicegah, dideteksi dan dikoreksi."
Surabaya: ITS Press, 2009
025.04 RIY a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Cipta Pratama
"Pada era sekarang ini, sebagian besar organisasi baik di bidang industri, perdagangan dan pemerintahan pada dasarnya tergantung pada peran sistem informasi yang mereka miliki untuk mendukung perusahaan dalam mewujudkan visi dan misi nya. Berdasarkan dokumen strategi bisnis perusahaan, masih terdapat banyak kelemahan pada sisi teknogi informasi di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, salah satunya adalah tidak terpenuhinya kompetensi personil di bidang teknologi informasi.
Karya akhir ini mencoba untuk merancang standar kompetensi jabatan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Proses pembuatan rancangan standar kompetensi jabatan dilakukan melalui studi literatur terhadap strategi bisnis perusahaan, kebijakan perusahaan dan uraian tugas untuk mendapatkan fungsi / jabatan yang dibutuhkan, kemudian dilakukan penyusunan isi standar kompetensi berdasarkan kamus kompetensi, SKKNI danvalidasi dari salah satu atau beberapa pakar di bidang kompetensi. Penelitian ini menghasilan rancangan standar kompetensi jabatan dengan 8 (delapan) kompetensi inti, 10 (sepuluh) kompetensi keterampilan dan kompetensi peran (jumlahnya bervariasi untuk setiap jabatan) dengan tingkatan / level yang terangkum dalam kamus kompetensi.

In the current era, most organizations in industry, commerce and government essentially dependon the role of the information systems to support the company in achieving its vision and mission. According to business strategy document, there are still many weaknesses in information technology aspect at Bumiputera Muda 1967 Insurance, one of them is lack of competence of personnel in information technology.
This paper try to design a competency standard as a solution to overcome the problem. Process designing the competency standard is study of literature of company's business strategy, company policies, and job descriptions to define the job and function is needed, then build competency standard base on competency dictionary, SKKNI, and validation from one or some expert of this field. Outcome of this research is 8 (eight) core competencies, 10 (ten) hard competencies and role competencies (total competencies base on the position) withlevelare summarized in thecompetency dictionary.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Sondang P.
Jakarta: Gunung Agung, 1983
350.072 2 SIA s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Helmy Apriyansah
"Human resources is an important asset in an organization, inclusive of governance institution. Human resources management in organization is an systems with complex. Therefore, the organization required an integrated systems which can accommodate the officer data better. Personel Management Information System (SIMPEG) represent an integrated computerized system can be used in human resource management. The basic problem of this research is 'how the implementation of Personel Management Information System at Personel Bureau of Domestic Departement and its implementation barriers'. This research arranged to analyze how the implementation of Personel Management Information System at Personel Bureau of Domestic Departement. The approach used in this research is qualitative approach. Primary data were gathered through in depth interview using guidance. Secondary data were gathered through literature study.
Based on research conducted, in the implementation, Personel Management Information System (SIMPEG) has able to provide and manage information about all personel at Domestic Department as decision support systems. SIMPEG related to 5 things: hardware, software, brainware, netware, and dataware that connected and influenced each other. Barriers in application happened because 3 things: limit of budgets, internal accessibilities limitations, and low quality of human resources.
Result from this research are result of information from SIMPEG have good, but its applying not yet optimal, because use result of SIMPEG information still be depended from itself user. There are four suggestion based on research summary: (1) more attention to budget from government, (2) repair of network problem at internal of Domestic Departement and Local Government."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>