Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 216375 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ryan Ersha Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel promosi, gaya kepemimpinan, serta lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pada PT Serasi Autoraya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, gaya kepemimpinan, serta lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja yang terjadi terhadap karyawan PT Serasi Autoraya. Dalam kaitannya dalam kepuasan kerja karyawan, penelitian ini menitikberatkan pada kenyataan yang terjadi di perusahaan dengan ketidakpuasaan karyawan yang terjadi. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah tekhnik kuantitatif dengan metode peneltian menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) terhadap 235 responden. Hasil menunjukkan bahwa promosi, gaya kepemimpinan, serta lingkungan kerja masing-masing berpengaruh siginifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan.

ABSTRACT
This Study analyzed the effect of promotion, leadership style and work environment variables on employee work satisfaction in PT Serasi Autoraya. The purpose of this research is to investigate thegge size of the effect of promotion, leadership style, and work environment on employee work satisfaction in PT Serasi Auotraya. In relationship with emoployee work satisfaction, this research focused on the reality of this company that there are employee unsatisfied about that . Statistical analysis that used for this research are quantitative technique with Structural Equation Modeling (SEM) method for 235 sampel. The result shows that promotion, leadership style and work environment of each have an siginifficant and positive effect of employee work satisfaction."
2013
S44657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tito Rizal Faishal
"Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji apakah dimensi-dimensi gaya kepemimpinan transformasional, transaksional, dan laissez-faire memiliki pengaruh terhadap dimensi-dimensi kepuasan kerja pegawai Fakultas Kedokteran Universitas XYZ. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 61 responden yang bersedia mengisi kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi gaya kepemimpinan transformasional yaitu intellectual stimulation berpengaruh terhadap fringe-benefit dan inspirational motivation berpengaruh terhadap communication. Sedangkan dimensi gaya kepemimpinan transaksional yaitu active management by exception berpengaruh terhadap pay (gaji) dan communication (komunikasi).
Saran bagi manajemen adalah pimpinan memperbaiki Standard Operational Procedure (SOP) dan mengkomunikasikan ke pegawai agar paham dan mentaati SOP, sehingga tidak terjadi banyak kesalahan dan pegawai terhindar dari sanksi penurunan gaji.

The purpose of this study was to test examine the effect of dimensions of transformational, transactional, and laissez-faire leadership style to the dimensions of job satisfaction employee at Faculty of Medicine and Health XYZ University. The subjects in this study were 61 respondents who are willing to fill out a questionnaire. Data were analyzed using regression analysis.
The results showed that the dimensions of transformational leadership style is intellectual stimulation affects fringe-benefit and inspirational motivation affect communication. Meanwhile, the dimension of transactional leadership style, that is active management by exception affects pay and communication.
Suggestions for management is improving the Standard Operational Procedure (SOP) and communicate to employees to understand and obey the SOP, so it is does not happen a lot of mistakes and employees avoid of sanction salary reduction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Nurhayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, dengan gaya kepemimpinan structure dan gaya kepemimpinan consideration sebagai fokusnya. 120 responden dari beberapa perusahaan yang memiliki latar belakang berbeda berpartisipasi dalam penelitian.
Penelitian ini menggunakan adapatasi dari Leadership Behavior Descriptive Questionnaire XII (LBDQ XII) untuk mengukur gaya kepemimpinan dan terjemahan dari Job Satisfaction Survey untuk mengukur kepuasan kerja. Data diolah dengan menggunakan multiple regression dan independent t-test.
Hasil analisa mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja. Lebih lanjut lagi, baik gaya kepemimpinan consideration maupun gaya kepemimpinan structure sama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja. Namun gaya kepemimpinan consideration memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan gaya kepemimpinan structure terhadap kepuasan kerja.
Sebagai tambahan, hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa kelompok yang memiliki atasan dengan gaya kepemimpinan high structure-high consideration memiliki kepuasan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang memiliki atasan dengan gaya kepemimpinan lainnya (high structure-low consideration, low structure-high consideration, low structure-low consideration). Untuk penelitian yang akan datang, peneliti menganjurkan agar menggunakan seluruh item dari LBDQ XII dan mencari karakteristik responden yang lebih spesifik.

The aim of this study is to find whether there is an effect of leadership style on job satisfaction or not, with structure leadership style and consideration leadership style as the focus. Those leadership styles were originally based on the result from Ohio Studies of Leadership. There were 120 respondents who came from some companies which had different background that participated in this study.
This study used the adaptation of Leadership Behaviour Descriptive Questionnaire XII (LBDQ XII) to measure leadership style and the translation of Job Satisfaction Survey to measure job satisfaction. The data was analysed by using multiple regression and independent t-test.
The results revealed that leadership styles have effect on job satisfaction. Moreover, both consideration leadership style and structure leadership style have effect on job satisfaction. However, consideration leadership style has a bigger effect compared to structure leadership style on job satisfaction.
In addition, the result also revealed that group who has a leader with high structure-high consideration leadership style have a higher job satisfaction compared to group that has a leader with other leadership styles (high structurelow consideration, low structure-high consideration, low structure-low consideration). For future research, the researcher suggested to use all item from LBDQ XII instead of only using two dimensions and to find more responden with specific characteristics."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Finessya Nurul Sukma Maresa
"Dalam era globalisasi, Indonesia telah menjadi salah satu penerima utama investasi Jepang di Asia Tenggara. Berdasarkan perspektif lintas budaya yang mendasari, manajer asing dari Jepang menghadapi banyak tantangan kepemimpinan karyawan di negara tuan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan Jepang dan terhadap kinerja karyawan, dan kepuasan kerja sebagai variable mediasi, di Bank X cabang Jakarta.
Berdasarkan pendekatan kuantitatif, model teoritis dan hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan data empiris yang dikumpulkan dari 201 pegawai, melalui kuesioner survei dan dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi dan analisis regresi. Sampel penelitian ini dipilih melalui non-probabilitas (convenience sampling).
Studi ini menegaskan bahwa ada pengaruh positif antara Gaya Kepemimpinan Jepang terhadap kinerja Karyawan, dan Kepuasan Kerja memediasi pengaruh Gaya Kepemimpinan Manajer Jepang terhadap Kinerja Pegawai. Temuan juga menunjukkan bahwa, penelitian ini harus bermanfaat bagi praktisi sumber daya manusia yang tertarik untuk meningkatkan tingkat kepuasan kerja dan kinerja karyawan di antara kelompok kerja yang beragam secara budaya.

In an era of globalization, Indonesia has become one of the major recipients of Japanese investments in South-East Asia. Based on the underlying cross-culture perspective, expatriate managers from Japan meet many challenges of leadings employees in host country. This study aims to examine the influence of japanese leadership style on Employee Performance and The Mediating Role of Job Satisfaction in BankX, Jakarta Branch.
Based on quantitative approach, the theoretical model and hypotheses in this study were tested using empirical data gathered from 201 employees, through survey questionnaires and analyzed using the correlation coefficients and regression analyses. The sample of this study was selected through non-probability (convenience sampling).
This study confirmed that Japanese Leadership Style has significant influence on Employee Performance, and job satisfaction is also mediated the influence of Japanese Leadership Style on Employee performance. Findings also suggest that, this study should be of value to human resource practitioners interested in improving the level of job satisfaction and employee performance among culturally diverse work groups.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T53615
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulianto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, gaya kepemimpinan dan pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai pajak. Gaya kepemimpinan menggunakan full-range leadership yang terdiri dari kepemimpinan transformasional, transaksional, dan laissez-faire. Penelitian dilakukan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, dengan jumlah responden sebanyak 101 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, regresi linear berganda, dan general linear model multivariate. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja secara keseluruhan termasuk kategori tinggi sedangkan gaya kepemimpinan termasuk kategori sedang. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan laissez-faire berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja dan dimensi kepemimpinan idealized influence behavior dan contingent reward berpengaruh positif. Sedangkan dimensi kepemimpinan inspirational motivation dan individualized consideration berpengaruh negatif.;This study aims to determine the level of job satisfaction, leadership style and influence of leadership style towards job satisfaction tax employees. Leadership style using full-range leadership consisting of transformational leadership, transactional, and laissez-faire. The study was conducted in Directorate General of Tax Headquarter, the number of respondents were 101 people. This study uses descriptive analysis, multiple linear regression, and general linear model multivariate. The results showed overall job satisfaction were high category while leadership styles including medium category. In addition, the results of this study found that laissez-faire leadership has significant negative influence towards job satisfaction and leadership dimensions of idealized influence behavior and contingent reward have positive effect. While the leadership dimensions of inspirational motivation and individualized consideration have negative effect.;This study aims to determine the level of job satisfaction, leadership style and influence of leadership style towards job satisfaction tax employees. Leadership style using full-range leadership consisting of transformational leadership, transactional, and laissez-faire. The study was conducted in Directorate General of Tax Headquarter, the number of respondents were 101 people. This study uses descriptive analysis, multiple linear regression, and general linear model multivariate. The results showed overall job satisfaction were high category while leadership styles including medium category. In addition, the results of this study found that laissez-faire leadership has significant negative influence towards job satisfaction and leadership dimensions of idealized influence behavior and contingent reward have positive effect. While the leadership dimensions of inspirational motivation and individualized consideration have negative effect."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S58401
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andes Parlin
"ABSTRAK
Kepuasan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh Kantor
Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta karena dapat memberikan dampak kepada
prestasi kerja karyawan. Mempengaruhi kepuasan kerja dapat diartikan sebagai
tindakan mempengaruhi perilaku karyawan untuk meningkatkan prestasi kerja
mereka. Secara teoritis, kepemimpinan merupakan faktor penting yang
mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Terkait dengan hal ini, sesuai dengan
sasaran reformasi birokrasi berupa peningkatan pelayanan publik, maka pemimpin
yang dibutuhkan oleh KPP di Jakarta saat ini adalah pemimpin yang dapat
memberikan teladan dalam melayani orang lain. Gaya kepemimpinan yang fokus
dalam melayani orang lain terutama bawahan adalah servant leadership. Melalui
keteladanan dalam melayani orang lain, pemimpin servant berusaha menciptakan
bawahan yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk melayani orang lain.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh servant leadership terhadap
kepuasan kerja karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta. Responden
penelitian ini berjumlah sebanyak 438 orang yang berasal dari 12 KPP di Jakarta.
Instrumen pengukuran servant leadership yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan adaptasi dan kombinasi dari servant leadership questionnaire yang
dikembangkan oleh Ehrhart (2004) dan Liden et al. (2008). Sedangkan instrumen
pengukuran kepuasan kerja yang digunakan merupakan adaptasi dari job
satisfaction survey Spector (1997). Hasil penelitian membuktikan bahwa servant
leadership memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap setiap dimensi
kepuasan kerja karyawan KPP di Jakarta. Berperilaku etis dan menciptakan nilai
bagi orang lain di luar organisasi merupakan dimensi servant leadership yang
paling banyak mempengaruhi dimensi kepuasan kerja karyawan. Hal ini
membuktikan bahwa keteladanan atasan melalui perilaku etis dibutuhkan
bawahan untuk mensukseskan program reformasi birokrasi yang fokus pada
perbaikan pelayanan kepada wajib pajak.

ABSTRACT
Job satisfaction is an important thing that must be considered by the tax offices in
Jakarta because it had an impact on employee performance. Affecting job
satisfaction can be defined as the act of influencing the employees behavior to
improve their job performance. Theoretically, leadership is an important factor
that affecting job satisfaction. In this regard, in accordance with the objectives of
bureaucratic reform that is increasing of public services, the leaders needed at the
tax offices in Jakarta today is a leader who can set an example in serving others.
The leadership style that focused on serving others, especially subordinates is
servant leadership. By example in serving others, servant leader is trying to create
a subordinate who have the ability and willingness to serve others. This research
was conducted to determine the effect of servant leadership to job satisfaction of
tax office employees in Jakarta. The respondents of this study is 438 employees
from twelve tax offices in Jakarta. Servant leadership instrument used in this
study is an adaptation and combination of servant leadership questionnaire which
is developed by Ehrhart (2004) and Liden et al. (2008). While job satisfaction
instrument used is an adaptation of Spector’s job satisfaction survey (1997). This
research proves that servant leadership has a significant positive effect on every
job satisfaction dimensions of tax office employees in Jakarta. Behaving ethically
and create value for others outside the organization are servant leadership
dimensions that have the most influence on job satisfaction dimensions. It proves
that an exemplary from a leader through ethical behavior is required by
subordinate to succeed bureaucratic reform program that focuses on improving
services to taxpayers."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Halimah
"Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh antara gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi dengan mencoba untuk memperjelas peran kepuasan kerja sebagai mediator hubungan antara gaya kepemimpinan dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal MPR RI.
Kepuasan kerja pegawai yang menurun diindikasikan dari angka absensi/kemangkiran yang cukup tinggi disinyalir karena gaya kepemimpinan dan pengembangan karir yang cenderung negatif, seperti ketidakadilan pimpinan dalam hal pembagian pekerjaan, sikap serta tidak adanya sistem pola karir bagi pegawai dan kemudian mengarah pada rendahnya komitmen organisasi. Gaya kepemimpinan memiliki efek yang baik dan positif terhadap komitmen organisasi (Susanj) dan pegawai akan lebih memiliki komitmen kepada organisasi jika diperhatikan pengembangan karirnya. Mathieu dan Zajac (1990) mengemukakan bahwa banyak efek dari berbagai anteseden terhadap komitmen organisasi dimediasi melalui kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara primer melalui kuesioner.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh langsung gaya kepemimpinan dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi Sekretariat Jenderal MPR RI dan gaya kepemimpinan lebih dominan memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji beda atau uji F atau uji anova. Implikasi dari hasil agar organisasi mengelola sumber daya manusianya dengan lebih bersifat terbuka kepada pimpinan dalam pelaksanaan tugasnya serta memberikan kesempatan berkembang bagi pegawainya dalam konteks kerja dan karir.

The research is to explore the influence of the transformational leadership style and career development to organizational commitment to prove the role of job satisfaction as a mediator between leadership style and career development to organizational commitment of the employees in the secretariat of the people?s consultative assembly.
The decrease of employes job satisfaction is indicated by the increase of number of absence, that might be caused by leadership style and career development that are negatives, such as fairness of leader in job distribution, the attitude, and the absence of career system for employees and tends to decrease the organizational commitment. Leadership style has good and positif effect to the organizational commitment (Susanj) and employees will have more commitment to the organizational if career development is available. Mathieu and Zajac (1990) say that there are so many effects from many antecedent to the organizational commitment, mediated by job satisfaction. The research uses a quantitative methode and questionaire for data collecting system.
The result shows that there is no direct influence between variable of leadership style and career development with variable of oganizational commitment of employees in the secretariat of the people?s consultative assembly. Leadership style gives more influence to job satisfaction. It is showed by the result of hypothesis test that uses anova test. The implication of the result is the organisations has to manage its human resources, by being more open to the leader in doing jobs, and giving more opportunity to employees to develop their career.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35102
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adelia Yusnita
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh work-life balance terhadap employee engagement pada milenial PT XYZ melalui persepsi kepuasan kerja. Teknik penelitian yang digunakan adalah survey dan studi pustaka dari penelitian dengan topik sejenis yang telah dilakukan sebelumnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 102 responden, dan diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa work-life balance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap employee engagement, dan work-life balance berpengaruh signifikan terhadap employee engagement. Kemudian berdasarkan hasil analisis kausal step yang dilakukan, kepuasan kerja dapat dikatakan sebagai variabel mediasi dalam hubungan work-life balance dengan employee engagement yang bersifat parsial dan signifikan.

This study aims to examine the effect of work-life balance on employee engagement at PT XYZ millennials through perceptions of job satisfaction. The research technique used was survey and literature study of research with similar topics that had been done previously. The sample used in this study amounted to 102 respondents, and obtained using purposive sampling technique. Based on the results of regression tests that have been conducted, it shows that work-life balance has a significant effect on job satisfaction, job satisfaction has a significant effect on employee engagement, and work-life balance has a significant effect on employee engagement. Then based on the results of the causal step analysis carried out, job satisfaction can be said to be a mediating variable in the work-life balance relationship with employee engagement which is partial and significant.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Dwi Rusmayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi keluar karyawan tetap pada head office PT X Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kepuasan kerja yang akan diukur dengan Minnoseta Satisfaction Questionaire sedangkan variabel dependen dari penelitian ini yaitu intensi keluar yang akan diukur dengan berdasarkan teori Mobley, Horner, dan Hollingsworth.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel dari penelitian ini sebanyak 84 karyawan tetap PT X Indonesia yang telah berkerja minimal satu tahun. Data penelitian ini akan dianalisa menggunakan analisis deksriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini merupakan kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan negatif terhadap intensi keluar karyawan. Penelitian ini menyarankan kepada pihak PT X Indonesia untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan, karena dengan meningkatkan kepuasan kerja akan mengurangi intensi keluar karyawan di PT X Indonesia.

This research examines the analysis influences of job satisfaction on employee turnover intention at Head Office PT X Indonesia. The independent variable is job satisfaction which is scaled with Minnoseta Satisfaction Questionaire and the dependent variable is turnover intention which is scaled with Mobley, Horner, and Hollingsworth's theory.
The research used quantitative methos with questionnaire as an research instrument. Subject of the research is 84 employees in PT X Indonesia for more than a year. Data gathered from research will be analysed using desriptive analysis and inferential analysis.
Job satisfaction was significantly and negatively related employee turnover intention. This research suggests that management of PT X Indonesia should paid more attention to their employee's satisfaction, because their satisfaction will decreased turnover intention in PT X Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S54592
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Raufan Purdini
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan back office PT. MD Entertainment. Variabel independen dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja yang diukur dengan menggunakan teori dari jurnal yang ditulis oleh Ruchi Jain dan Surinder Kaur 2014 . Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja yang diukur dengan menggunakan teori dari Michigan Organizational Assessment Questionnaire Job Satisfaction Scale. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Subyek penelitian ini sebanyak 45 karyawan back office PT. MD Entertainment. Hasil penelitian ini adalah lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini menyarankan kepada pihak perusahaan untuk meningkatkan kualitas lingkungan kerja yang ada, terutama lingkungan kerja mental.

ABSTRACT
This research aims to examine the effect of work environment on job satisfaction of back office employee at PT. MD Entertainment. The independent variable is work environment which is scaled by using the theory from journal written by Ruchi Jain dan Surinder Kaur 2014 . The dependent variable is job satisfaction which is scaled by using the theory from Michigan Organizational Assessment Questionnaire Job Satisfaction Scale. This research used quantitative method through the distribution of questionnaires. Subject of this research is 45 back office employee at PT. MD Entertainment. The result of this research is work environment was significantly and positively affect job satisfaction. This research suggests that management have to improve the quality of work environment, especially mental work enviroment."
2017
S70107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>