Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132560 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rosari Sariasih
"ABSTRAK
Dalam kondisi lingkungan dinamis dan cenderung turbulent, perusahaan harus
bertahan dan memimpin pasar dengan sustainable competitive advantage.
Dikarenakan turbulensi, perubahan pasar semakin sengit, cepat dan terkadang
unpredictable. Dengan demikian, perusahaan memerlukan tingkat market
orientation yang tinggi untuk memahami pasar. Secara internal, seluruh anggota
perusahaan perlu mengembangkan Entrepreneurial Attitude Orientation yang
seringkali dianggap hanya ada di perusahaan start ups. EAO dapat pula muncul di
perusahaan besar dalam bentuk yang berbeda. Interface kewirausahaan dengan
pemasaran dikenal dengan Entrepreneurial Marketing (EM). Ada dugaan bahwa
tingginya kadar MO dan tingginya EAO akan mengakibatkan EM yang tinggi
pula. Penelitian ini dimaksudkan menggali hal tersebut.

ABSTRACT
In dynamic and turbulent environment, company needs to survive and lead the
market by achieving sustainable competitive advantage. Due to the turbulence,
changes in market become severe, faster, and sometimes unpredicted. Thus,
company needs a high market orientation to understand the market. Internally, all
company members need to improve Entrepreneurial Attitude Orientation which is
often misinterpreted to apply only in startup business ventures. EAO might appear
in big companies, in different forms. The interface between entrepreneurial and
marketing is known as Entrepreneurial Marketing (EM). It is suspected that higher
MO and EAO level will impact on higher EM. This research intends to dig this
matter."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T34710
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Adam Maulana
"Kegiatan wirausaha sangat penting bagi suatu negara, karena perannya dalam menggerakkan roda ekonomi, mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya saing negara. Beberapa data seperti rasio kewirausahaan dan Indeks Kewirausahaan Global menunjukkan bahwa Indonesia masih tertinggal dari negara lain. Mengenai hal itu, pemerintah Indonesia ingin meningkatkan kuantitas dan kualitas wirausahawan. Purna pekerja migran Indonesia (PMI) diidentifikasi sebagai salah satu potensi kewirausahaan. Penelitian ini mencoba untuk menguji bagaimana intensi berwirausaha mereka dipengaruhi oleh efikasi wirausaha, serta peran mediasi orientasi wirausaha individu dan sikap terhadap kewirausahaan. Penelitian dilakukan terhadap 422 orang di 6 kabupaten di pulau Jawa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner, lalu dianalisis dengan metode structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Sikap terhadap kewirausahaan dapat memediasi secara penuh, sedangkan orientasi individu tidak. Karena itu, hanya satu dari tiga hipotesis yang didukung hasil penelitian ini.

Entrepreneurial activities are important for a nation, because it drives economic wheel, reduces unemployment and increases the country's competitiveness. Several data such as entrepreneurship ratio and Global Entrepreneurship Index (GEI) show that Indonesia is still left behind the other countries. Regarding that, the Indonesian  Government wants to improve the quantity and quality of entrepreneurs. Returned Indonesian Migrant Worker well known as one of the entrepreneurship potency. This study aims to examine the effect of entrepreneurial self-efficacy on entrepreneurial intentions, both directly and through mediation of individual entrepreneurial orientation and attitudes towards entrepreneurship. This research was conducted on 422 former Indonesian migrant workers using an analysis of structural equation models. The results of this study indicate that entrepreneurial efficacy cannot significantly influence entrepreneurial intentions. Attitude towards entrepreneurship are able to fully mediates fully between entrepreneurial self-efficacy and intention, while individual entrepreneurial orientation can not. Thus, confidence in the personal ability to carry out entrepreneurial activities is only able to influence their entrepreneurial intention, if followed by positive view of entrepreneurship activity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T54782
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vitrio Wibisono
"Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh entrepreneurial orientation terhadap kemampuan pembelajaran strategi dan kinerja perusahaan. Penelitian juga menginvestigasi lebih lanjut pengaruh dimensi respon pasar dalam meningkatkan hubungan entrepreneurial orientation terhadap kemampuan pembelajaran strategi dan kinerja perusahaan, termasuk mengkaji dan menguji pengaruh pembelajaran strategi terhadap kinerja perusahaan. Seperti yang telah diungkapkan oleh banyak penelitian, kinerja perusahaan sangat penting untuk bertahan hidup dan pembelajaran strategi sebagai sarana untuk beradaptasi dengan lingkungan (pesaing, pelanggan, ataupun trend pasar). Menanggapi hal tersebut penelitian ini dilakukan di lingkungan Industri Layanan Komputer dan Peranti Lunak dengan mengambil 126 sampel perusahaan kecil-menengah di Jakarta.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa entrepreneurial orientation secara positif mempengaruhi kemampuan pembelajaran strategi tetapi tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini mendukung bahwa entrepreneurial orientation memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja perusahaan, yang dimediasikan oleh dimensi respon pasar tetapi tidak ditemukan bukti empiris bahwa pembelajaran strategi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang menerapkan enterpreneurial orientation dan responsif terhadap pasar akan dapat terus adaptif dengan lingkungan dan dapat meningkatkan kinerja.

This research mainly investigates the influence of entrepreneurial orientation to firm performance and strategic learning capability. It also further analyzes the impact of market responsiveness to firm's strategic learning capability and performance, and tests whether strategic learning has an impact on performance or not. Previous study argued, that achieving higher performance is needed in order to survive, to generate competitive strategy, and to adapt to surrounding environment (competitors, customers, market trends). This research was carried by using 126 samples of small- to medium-sized firms located in Jakarta, from Computer Services and Software Industry.
The research result shows that entrepreneurial orientation influence significantly to firm's strategic learning capability. It also supports empirically that entrepreneurial orientation is not directly affecting firm performance moreover this research didn't find any empirical evidence that shows whether strategic learning has an impact to firm's performance. This research underlines the importance of market responsiveness in order to enhance entrepreneurial orientation in order to achieve firm performance and strategic learning capability. Furthermore it can be concluded, a firm that implements entrepreneurial orientation and be responsive to market enjoys higher benefit such as be able to survive and to adapt to the fast-changing, unpredictable, and high competitive environment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Salsabila
"Kegiatan entrepreneurship merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Salah satu upaya pemerintah untuk menghasilkan entrepreneur yang berkompeten dan berdaya saing adalah dengan menerapkan entrepreneurial education di perguruan tinggi, yaitu salah satunya di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi universitas untuk mengetahui intensi berwirausaha agar dapat mengembangkan potensi dan ide-ide kreatif dari mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat entrepreneurial intentions mahasiswa yang dilihat dari faktor pendidikan (education), sikap (attitude) dan budaya (culture). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan partisipan responden mahasiswa sarjana di Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk g-form yang disebarkan secara online dan offline, dengan kriteria responden mahasiswa sarjana Universitas Indonesia yang pernah atau sedang mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Data kuesioner terkumpul sebanyak 315 tanggapan, namun hanya 262 tanggapan yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data deskriptif digunakan dengan bantuan software SPSS versi 19, dan analisis data PLS-SEM dilakukan dengan bantuan software SmartPLS versi 4 untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial education dan entrepreneurial attitude mempengaruhi entrepreneurial intentions secara signifikan positif, entrepreneurial education mempengaruhi entrepreneurial attitude secara signifikan positif dan entrepreneurial attitude memiliki efek moderasi terhadap entrepreneurial education dengan entrepreneurial intentions secara signifikan positif. Selanjutnya, hasil dari variabel culture gagal menjelaskan efek sebagai variabel moderasi dari hubungan entrepreneurial education dengan entrepreneurial attitude, sehingga hasil tersebut negatif dan tidak signifikan.

Entrepreneurship activities are very important in the economic and social development of a country. One of the government's efforts to produce competent and competitive entrepreneurs is by implementing entrepreneurial education in universities, one of which is at the University of Indonesia. Therefore, it is very important for universities to know their entrepreneurial intentions so they can develop students' potential and creative ideas. Thus this research is carried out with the aim of analyzing how the level of entrepreneurial intentions of students is seen from the factors of education (education), attitude (attitude) and culture (culture). A quantitative approach was used in this study by involving undergraduate student respondents at the University of Indonesia. Data was collected by distributing questionnaires in the form of g-forms which were distributed online and offline, with the criteria of respondents being undergraduate students at the University of Indonesia who had or were currently taking entrepreneurship courses. Questionnaire data collected as many as 300 responses, but only 262 responses met the research criteria. Descriptive data analysis was used with the help of SPSS version 19 software, and PLS-SEM data analysis was carried out with the help of SmartPLS version 4 software to test the hypothesis. The findings of this study indicate that entrepreneurial education and entrepreneurial attitude influence entrepreneurial intentions significantly positively, entrepreneurial education influences entrepreneurial attitudes significantly positively and entrepreneurial attitude has a moderating effect on entrepreneurial education with entrepreneurial intentions significantly positively. Furthermore, the results of the culture variable failed to explain the effect as a moderating variable on the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial attitude, so the results were negative and not significant."
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas ndonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniar Hastuti Sanur
"Entrepreneurial intention merupakan aspirasi pribadi pada individu untuk memulai suatu proyek atau usaha. Pentingnya aktivitas kewirausahaan dan peran mahasiswa dalam membentuk orientasi dan merangsang niat untuk menentukan karir kewirausahaan dan memulai bisnis baru di masa mendatang dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan dimana perilaku tersebut ditentukan oleh personality traits. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial orientation terhadap entrepreneurial intention dengan personality traits sebagai variabel mediasi pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia dan perbedaan pengaruh tersebut pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang berasal dari jurusan bisnis dengan mahasiswa dari jurusan non-bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei pada 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan bisnis dan 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel personality traits mampu berperan baik dalam memediasi pengaruh entrepreneurial orientation dan entrepreneurial intention pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Indonesia. Selain itu, seluruh hubungan antar variabel juga memiliki pengaruh yang signifikan satu sama lain dan terdapat perbedaan pengaruh pada mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari jurusan bisnis dan jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia.

Entrepreneurial intention is the personal aspiration of individuals to initiate a project or business. The significance of entrepreneurial activities and the role of students in shaping orientation and stimulating the intention to pursue entrepreneurial careers and start new businesses in the future are influenced by entrepreneurial behavior, which is determined by personality traits. This study aims to analyze the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention, with personality traits as a mediating variable, among final-year students at the University of Indonesia, and to examine the differences in these influences between business and non-business majors. The research employs a quantitative approach, conducting a survey on 100 final-year business students and 100 final-year non-business students at the University of Indonesia. Data analysis is conducted using SEM-PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square) with data processing performed using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that personality traits play a significant mediating role in the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention among final-year students at the University of Indonesia. Furthermore, all relationships between variables are mutually significant, and there are differences in influence between final-year students majoring in business and non-business at the University of Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shidqia Ahmad Fauzani
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara entrepreneurial self-efficacy dan proactive personality pada entrepreneurial intention dengan attitude toward entrepreneuship dan perceived behavioural control sebagai variabel mediasi. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif untuk menjawab tujuan penelitian. Partisipan dalam penelitian ini adalah mantan pekerja migran Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (n=352). SPSS dan LISREL digunakan untuk menganalisis data kuantitatif meliputi statistik deskriptif, reliabilitas, validitas, dan SEM. Hasilnya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara proactive personality terhadap attitude toward entrepreneurship dan perceived behavioural control. Selain itu, ada hubungan positif dan signifikan yang ditemukan antara attitude toward entrepreneurship dan entrepreneurial intention. Attitude toward entrepreneurship memiliki efek mediasi antara proactive personality dan entrepreneurial intention. Jumlah responden yang lebih banyak diharapkan dapat memberikan hasil analisis yang lebih baik dan akurat. Temuan penelitian ini harus divalidasi kembali melalui penelitian lebih lanjut dalam berbagai konteks, karena generalisasi hasil dalam penelitian ini hanya didasarkan pada sampel responden yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Dengan menggunakan hasil penelitian ini, pemerintah dapat mendorong dengan menciptakan ekosistem dan membuat instrumen kebijakan yang tepat sasaran seperti memberikan pelatihan kewirausahaan dan literasi digital untuk mendukung kegiatan kewirausahaan. Mantan pekerja migran perlu memiliki inisiatif, selalu ingin belajar hal baru, menjaga perilaku kepeloporan dan mengenali peluang.

The purpose of this paper is to examine the relationship between entrepreneurial self-efficacy and proactive personality on entrepreneurial intention with attitude toward entrepreneurship and perceived behavioural control as mediation variabel. This study adopts a quantitative approach to address the research objectives. The participants in this study were former Indonesian migrant workers in the province of West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara (n=352). SPSS and LISREL was used to analyze the quantitative data including descriptive statistics, reliability, validity, and SEM. In the results, there is a positive and significant relationship between proactive personality on attitude toward entrepreneurship and perceived behavioral control. In addition, there is a positive and significant relationship was found between attitude toward entrepreneurship and entrepreneurial intention. Attitude toward entrepreneurship has a mediating effect between proactive personality and entrepreneurial intention. A larger number of respondents is expected to provide better and more accurate analysis results. The findings of this study must be re-validated through further research in various contexts, because the generalization of the results in this study is based only on a sample of respondents who are in the provinces of West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara. Using the results of this study, the government can encourage by creating an ecosystem and making targeted policy instruments such as providing entrepreneurship training and digital literacy to support entrepreneurial activities. Former migrant workers need to have initiative, always want to learn new things, maintain pioneering behavior and recognize opportunities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahri Fahrurozi Ishag
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan entrepreneurial leadership
terhadap business performance melalui entrepreneurial orientation dan team
creativity sebagai variabel mediasi. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya,
keberhasilan kinerja bisnis skala kecil dan menengah khususnya, sangat
dipengaruhi oleh kapabilitas pemilik usaha. Namun demikian, penelitian
sebelumnya terkait variabel entrepreneurial leadership, entrepreneurial
orientation dan team creativity terhadap business performance belum banyak
diteliti. Penelitian ini menggunakan variabel entrepreneurial leadership sebagai
variabel yang memengaruhi business performance, dengan mediasi variabel
entrepreneurial orientation dan team creativity. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuesioner. Data penelitian diperoleh dari
105 usaha berskala kecil dan menengah di area Jabodetabek. Data dianalisis
menggunakan partial least squares - structural equation modeling (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial leadership memiliki
hubungan positif dengan business performance, namun variabel Entrepreneurial
Orientation tidak berperan sebagai mediator antara variabel entrepreneurial
leadership dengan business performance, dan variabel Team Creativity juga tidak
berperan sebagai mediator antara variabel entrepreneurial leadership dengan
business performance.

This research is aimed at examining the relationship between entrepreneurial
leadership and business performance through entrepreneurial orientation and team
creativity as mediating variables. Based on previous studies, successful
performance of small and medium enterprises is strongly influenced by the
capabilities of the business owner. However, studies related to entrepreneurial
leadership, entrepreneurial orientation, and team creativity variables on business
performance have been scarce. Thus, this study applies all aforementioned
variables. This study uses a quantitative approach with a questionnaire as an
instrument. Research data were obtained from 105 small and medium enterprises’
owners in the Jabodetabek Area. Data were analyzed using partial least squares -
structural equation modeling (PLS-SEM). The results of the study show that
entrepreneurial leadership has a positive relationship on business performance.
However entrepreneurial orientation variable does not act as a mediator between
entrepreneurial leadership and business performance, and the team creativity
variable also does not act as a mediator between entrepreneurial leadership and
business performance variable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Handayani
"Penerapan aliansi strategis telah meningkat tajam dalam dekade terakhir karena dianggap sangat efektif dalam membantu perusahaan mempertahankan keunggulan kompetitifnya di lingkungan yang dinamis. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada kompetensi inti, yang menghasilkan keuntungan besar bagi mereka serta menyerahkan melakukan tugas lainnya pada mitra aliansi mereka. Aliansi juga dapat meningkatkan fleksibilitas stratejik perusahaan, karena perusahaan hanya perlu mengalokasikan lebih sedikit resources untuk sebuah proyek sehingga dapat mengalokasikan lebih banyak resources ke berbagai kegiatan aliansi lainnya. Selain itu, aliansi stratejik juga dapat memberikan sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan, seperti akses terhadap teknologi komplementer baru, akses ke pasar yang baru dan pengurangan risiko.Sektor konstruksi merupakan bisnis dengan risiko tinggi karena terkait dengan investasi besar dan standar keselamatan yang tinggi.
Daya saing membuat perusahaan konstruksi berusaha memenangkan persaingan dengan mendistribusikan risiko. Kami berpendapat bahwa Alliance Learning Process dan Entrepreneurial Orientation dapat meningkatkan kinerja aliansi pada perusahaan konstruksi di Jakarta.Analisis unit penelitian ini adalah aliansi yang pernah dibentuk oleh perusahaan konstruksi di Jakarta selama 5 tahun terakhir. Semua data akan dianalisis melalui pengukuran kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model SEM . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alliance learning process dan entrepreneurial orientation memiliki pengaruh positif untuk meningkatkan kinerja aliansi perusahaan konstruksi di Jakakrta. Namun efek moderasi dari cooperation dan conflict tidak cukup kuat meningkatkan pengaruh entrepreneurial orientation terhadap alliance performance.

Application of strategic alliances has increased sharply over the last decade because they are very effective in helping company to maintain its competitive advantage in dynamic environment. It allows companies to focus on core competencies, which result in major advantages and rely on alliance partners to do the other tasks. Alliances can also increase company 39 s strategic flexibility, because company only needs to allocate fewer resources to a project and allocating more resources to the different activities. In addition, strategic alliances can provide sources of competitive advantage for the company, such as access to new complementary technologies, access to new markets and risk reduction.Construction sector is a high risk business because it is associated with big investment and high standards of safety.
The competitiveness makes construction company seeks to win the competition by distributing risk. We argue that alliance learning process and entrepreneurial orientation can improve alliances performance in Construction Company in Jakarta.Unit analysis of this study is the alliance that ever formed by construction companies in Jakarta during the last 5 years. All the data will be analyzed through quantitative measure using Structural Equation Model SEM. The result of this study indicates that alliance learning process and entrepreneurship orientation have a positive influence to improve alliance performance of construction companies in Jakarta. But the moderation effect of cooperation and conflict are not strong enough to increase the effect of entrepreneurial orientation on alliance performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T49540
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Farid
"Pandemi covid-19 membawa dampak negatif bagi populasi startup di Jabodetabek. Pemanfaatan teknologi digital dapat menjadi salah satu peluang bagi startup digital untuk bertahan dan meningkatkan kinerjanya melalui perluasan pasar dan pertumbuhan konsumen. Orientasi kewirausahaan juga terbukti membantu startup mengembangkan model bisnis, menciptakan nilai, dan menigkatkan keunggulan kompetitif, sehingga startup dapat bertahan dalam menghadapi lingkungan bisnis yanng dinamis. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara empiris pengaruh kapabilitas platform digital dalam hubungannya dengan kapabilitas jaringan dan orientasi kewirausahaan dalam pencapaian kinerja startup digital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling dan melakukan survey terhadap 112 startup digital di Jabodetabek menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji hipotesisnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa kinerja startup digital dapat dipengaruhi oleh kapabilitas platform digital dan orientasi kewirausahaan. Namun di sisi lain, kapabilitas jaringan tidak mampu mempengaruhi kinerja startup. Hal ini justru bertentangan dengan beberapa penelitian terdahulu tentang hubungan antara kapabilitas jaringan dan Kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan menguatkan pola hubungan pengaruh langsung kapabilitas platform digital terhadap kinerja startup. Pengaruh langsung tersebut lebih kuat dibandingkan pengaruh tidak langsung melalui orientasi kewirausahaan dalam konteks startup digital. Penelitian ini membuktikan bahwa digital startup dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan akibat covid-19 tetap mampu meningkatkan kinerjanya yang berupa skalabilitas pertumbuhan konsumen dan perluasan pasar dengan memfokuskan strategi pada pengembangan kapabilitas platform digital melalui penguatan infrastruktur TI, kapabilitas TI, serta kapabilitas ekspansi. Kemudian, peran orientasi kewirausahaan dengan proaktif, inovatif, dan berani mengambil risiko terhadap peluang digital juga mampu meningkatkan kinerja digital startup.

The COVID-19 pandemic has harmed the startup population in Greater Jakarta. The use of digital technology can be an opportunity for digital startups to survive and improve their performance through market expansion and consumer growth. Entrepreneurial orientation has also been proven to help startups develop business models, create value, and increase the competitive advantage to survive in the face of a dynamic business environment. The purpose of this study is to empirically examine the influence of digital platform capabilities with network capabilities and entrepreneurial orientation in achieving startup performance. This research is quantitative research with purposive sampling method and surveyed 112 digital startups in Greater Jakarta using Structural Equation Modeling (SEM) analysis with Partial Least Square (PLS) method to test the hypothesis. The study results prove that digital platforms and entrepreneurial orientation capabilities can influence startup performance. However, on the other hand, network capabilities are not able to affect startup performance. This case contradicts some previous research on the relationship between network capabilities and business performance. This research provides a theoretical contribution by strengthening the relationship pattern of the direct influence of digital platform capabilities on startup performance. The direct influence is stronger than the indirect influence through entrepreneurial orientation in the context of digital startups. This research proves that in facing environmental uncertainty because of COVID-19, digital startups still can improve their consumer growth scalability and market expansion by focusing their strategy on developing digital platform capabilities by strengthening IT infrastructure and IT capability and expansion capabilities. Then, the role of entrepreneurship orientation by being proactive, innovative, and willing to take risks towards digital opportunities can also improve the digital performance of startups."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Mutia Ghofarany
"Suatu negara membutuhkan banyak wirausahawan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Mahasiswa merupakan segmen yang diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, seperti resesi ekonomi dan meningkatnya penggunaan teknologi, dapat dilihat sebagai hambatan atau peluang bagi mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha pada mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Data 290 mahasiswa dari berbagai tingkat pendidikan dan perguruan tinggi dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan relasional, dukungan pendidikan, dan dukungan struktural terhadap intensi berwirausaha mahasiswa perlu dimediasi oleh sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan. Hasil penelitian ini menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, perguruan tinggi perlu meningkatkan dukungan dalam penggunaan TIK sehingga mahasiswa dapat merasa memiliki kemampuan yang lebih besar dalam mengkontrol bisnis. Penelitian ini juga menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, pemerintah perlu meningkatkan dukungan, khususnya dukungan dalam digitallisasi ekonomi, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap kewirausahaan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa penggunaan teknologi digital dapat memaksimalkan dukungan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan dalam situasi yang tidak terduga seperti pandemi.

A country needs large numbers of entrepreneurs to strengthen the resilience of national economic and improve the socio-economic welfare of the community. Students are a segment that is expected to become entrepreneurs and increase the number of entrepreneurs in Indonesia. The impact of the Covid-19 pandemic, such as the economic recession and increasing use of digital technology, can be seen as an obstacle or opportunity for students to have the intention of becoming entrepreneurs. This study aims to determine the entrepreneurial intention of students during the Covid-19 pandemic. Data on 290 students from various education levels and universities were analyzed using the Structural Equation Model (SEM). The results showed that the influence of relational support, educational support, and structural support on students' entrepreneurial intentions needs to be mediated by perceived attitudes and behavioral control. The results highlight greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing the ICT usage in universities to increase perceived student's ability to control the business. This study also highlights greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing structural support for economic digitalization to increase the student's interest in entrepreneurship. This study also confirms that the use of digital technology can maximize the support needed by students to have the intention to become entrepreneurs in unexpected situations like a pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>