Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125773 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lea Septia Resmi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana perencanaan strategis, keselarasan organisasi, dan kepemimpinan dilaksanakan sebagai bagian dari manajemen sumber daya manusia di PT. XYZ. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif. Dalam melakukan penilaian, wawancara dilakukan dengan pemegang saham, seluruh direksi tingkat tertinggi, dan staf di PT. XYZ. Budaya kerja, hubungan yang kompleks antara pemegang saham dan top manajemen, dan kurangnya kompetensi dalam human capital, membuat kinerja karyawan tidak sesuai dengan tujuan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, PT. XYZ bisa mendapatkan keuntungan lebih bila mereka meneliti perencanaan strategis mereka, keselarasan organisasi, dan kepemimpinan secara lebih komprehensif dan berkesinambungan dalam rangka untuk menilai dan mengembangkan manajemen sumber daya manusia mereka.

The purpose of this research was to understand to what extent strategic planning, organizational alignment, and leadership were implemented as part of human capital management in PT. XYZ. The research methodology used in this study is qualitative methodology. In doing the assessment, interviews were conducted with the shareholder, all the highest level directors, and staffs in PT. XYZ. Working culture issue, complex relationship between shareholder and top management, and lack of competency in human capital, made the employees? performance cannot align with the company?s objective. Based on the study results, PT. XYZ can gain more benefit if they examined their strategic planning, organizational alignment, and leadership in more comprehensive and continuous manner in addition to assess and develop their human capital management.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T31542
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Ainayah Fahira
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan human capital dan dampaknya sebagai salah satu bentuk manajemen sumber daya manusia di PT M. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang diawali dengan studi literatur. Pengumpulan data dilakukan pada tahun 2021 melalui wawancara mendalam dengan 6 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan human capital yang dilakukan oleh PT M berfokus kepada kompetensi yang merujuk pada kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan saja. Sehingga pengembangan human capital yang dilakukan disebut sebagai pengembangan kompetensi karyawan. Pengembangan human capital yang dilakukan dimulai dengan pengisian personal development plan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan setiap karyawan sehingga dalam pelaksanaannya, pengembangan memiliki sasaran prinsip, karakteristik, dan isu utama yang berbeda-beda. Adapun dampak pengembangan human capital di PT M yakni peningkatan keterampilan dan pengetahuan, peningkatan kepercayaan diri, merasa diperhatikan oleh perusahaan, dan berdampak pada peningkatan kinerja di lapangan.

This study aims to describe the development of human capital and its impact as a form of human resource management at PT M. This is a qualitative descriptive study preceded with literature studies. Data collection conducted in 2021 trough in-depth interviews with 6 informants The results of the study revealed that the development of human capital carried out by PT M only focuses on competencies that refer to abilities, knowledge, and skills. So, it is referred to as employee competency development. Human capital development begins with filling out a personal development plan that is in accordance with the development needs of each employee so that in its implementation, development has different principles, characteristics, and main issues. The impact of developing human capital at PT M is increasing skills and knowledge, increasing self-confidence, feeling cared for by the company, and having an impact on improving performance in the field."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Fauziana
"Perubahan dunia secara global dan radikal dan juga pesatnya era knowledge economy (Drucker, 1990) mau tidak mau menyebabkan semua organisasi baik profit maupun non-profit hams mcmiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap perubahan itu sendiri. Pfizer Inc. scbagai salah satu perusahaan farmasi multi nasional terbesar di duniajuga menyadan kebutuhan akan adanya kemampuan beradaptasi ini. Dicanangkan oleh CEO baru, Jefiiey B. Kindler, Pfizer terus bcrbenah diri sejak pencngahan tahun 2006. Namun, transformasi bagi Pfizer bukanlah sekedar efisiensi dalam hal pengurangan biaya semata. Transformasi bagi Pfizer, lebih ke arah menjaclikan Pfizer perusahaan yang lebih baik, mampu berkarya dan berkontribusi terhadap perubahan dunia, menuju dunia yang lebih sehat dan lebih baik sesuai motto Pfizer terbaru, ? Working for a healthier World.
Di PT. Pfizer Indonesia, divisi Finance juga terus melakukan pembenahan diri. Antara lain dengan mengdakan Finance Survey 2006. Survey tersebut bertujuan untuk melihat sejuah mana karyawan memandang kinerja departemen dan divisinya, memahami ekspcktasi karyawan terhadap hubungan antara atasan, bawahan dan rekan sekerja, serta ekspektasi karyawan terhadap program pengembangan din dan harapan terhadap jenjang karir di masa datang.
Dari hasil survey yang ada, penulis menganalisisnya untuk menggagas beberapa altematif solusi dan rekomendasi bagi kemajuan Finance di masa mendatang. Dari bcbcrapa teori mengenai human capital yang dikaitkan dengan knowledge managemeni, change management, culiure management, learning organization dan leadership agiliry, penulis merangkum istilah bam mengenai agile knowledge worker, yang hingga saat ini penulis belum mcndapatkan referensi mengenai istilah agile knowledge worker. Sehingga konsep mengenai agile knowledge worker penulis harapkan menjadi wacana baru bagi pengembangan human capital dan knowledge management.
Penulis juga menggagas beberapa alternatif intervensi, solusi serta implementasi untuk mewujudkan human capital readiness dan agile knowledge worker di divisi Finance, antara lain: menciptakan kriteda dan karakteristik Agile Knowledge Worker di divisi Finance; mendesain core-competency dan core-curriculum yang sesuai; mendesain dan mcnggalakan knowledge sharing session di Divisi Finance sebagai irnplementasi dari knowledge nzanagemeni yang mendukung terciptanya suszained learning arganizaiion; serta mengantisipasi dampaic psikologis yang timbul dari adanya perubahan tersebut.

Radical and global changes inthe world and also the fast development of knowledge economy era (Drucker, 1990) affected and force all profit and non-profit organizations to be radically adaptive to the changes. Pfizer Inc, as one of the biggest phamiaceutical corporation in the world, also aware ofthe needs to be adaptive on the radical change. Led by new CEO, Mr. Jeffiey B. Kindler, Pfizer keeps on enhancing and improving himself by conducting Pfizer transformation since early 2006. For Pfizer People, transformation is not a short cut process of reduction costs and restucturization, but transfonnation are mainly focused to develop healthier and better enviroment in the world as stated in Pfizer new moto: "Working for a healthier World'*`*?'.
In Finance division PT. Pfizer Indonesia, the improvement and enhancement process are led by conducting Finance Survey in February 2006. The survey becomes the basic evaluation and the key indicator as Finance perfonnance. The objectives of this survey were to analyze how Finance colleagues see their division?s performance; to understand colleagues? expectations on the superiors-subordinates relationships and general organization as a whole; to understand employees expectations on the individual development especially on thejob enlargement, job enhancement, leaming development programs which support career path development and also to analyze Finance improvement in business partnering enhancement.
From some theories on human capital compiled with other theories, references and understanding on knowledge management, change management, culture management, learning organization and agility leadership, I summarize the new concept on agile knowledge worker. I haven?t found any references related to agile knowledge worker. I strongly support that the limitation of this new concept can be the new thoughts and ideas ofthe human capital and knowledge management development and implementation.
I also suggest some interventions, solutions, recommendation and its implementation to create human capital readiness, especially in Finance Division PT. Pfizer Indonesia. I also recommend on how to build agile knowledge worker?s eriterias and characteristics by designing Finance core competencies and core curriculum; triggering knowledge sharing sessions as one ofthe knowledge management implementation which support and enhance sustained learning organization culture in Pfizer Indonesia. I also recommend some solutions how to solve the psychological impacts might appear after these interventions applied.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T34149
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rianda Putisari
"ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Pengaruh human capital terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk studi kasus kantor pusat. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2012 dengan jumlah sampel 42 responden karyawan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk kantor pusat pada tingkat manajerial dan officer. Metode penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan telknik pengumpulan data dengan kuesioner berskala Likert 1 sampai 5. Dalam menganalisa data dibantu dengan SPSS 20.00. Uji validitas dan uji reliabilitas diperoleh 0,896 untuk variabel human capital dan nilai 0,860 untuk variabel kinerja karyawan. Kemudian Uji korelasi Pearson yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel diperoleh nilai 0,766. Uji Regresi Sederhana dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh human capital terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai 0,567 dari hasil regresi Sederhana. Dari hasil uji t diperoleh bahwa human capital berpengaruh signifikan secara positif terhadap kinerja karyawan.

ABSTRACT
This study, entitled Effect of human capital on the performance of employees at PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk head office of case studies. The research was conducted in 2012 with a sample of 42 respondents employees of PT Bank Muamalat Indonesia Tbk headquarters in managerial and officer levels. Quantitative research methods are conducted with the data collection techniques with Likert scale questionnaire 1 to 5. Assisted in analyzing the data with SPSS 20.00. Validity and reliability tests obtained 0.896 for human capital variables and the value of 0.860 for the variable performance of employees. Then the Pearson correlation test is performed to determine the relationship between the variable obtained the value 0.766. Simple regression testing done to determine how much influence on the performance of employee human capital value of 0.567 obtained from the results of simple regression. T test results obtained from the human capital in a positive significant effect on the performance of employees."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Handayani
"Penelitian dalam studi kasus ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap ketersediaan human capital dengan kebutuhan human capital yang seharusnya dimiliki oleh PT. PPI (Persero) dalam rangka pencapaian tujuan perusahaaan. Perusahaan dibangun dengan visi dan misi yang diharapkan dapat memfasilitasi pencapaian tujuan perusahaan. Misi Perusahaan harus disampaikan dengan jelas kepada setiap stakeholder khususnya karyawan, karena kompetensi karyawan berperan penting bagi terlaksananya misi tersebut. Melalui penelitian ini, diharapkan departemen SDM mampu mengukur kontribusi human capital dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Pengukuran tersebut ditujukan agar departemen SDM mampu menyediakan dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan Perusahaan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi ke perusahaan untuk mendapatkan data yang relevan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ketersediaan human capital PT. PPI (Persero) hanya mencapai 65 persen. Persentase tersebut menggambarkan bahwa PT. PPI (Persero) belum memiliki human capital yang sesuai kebutuhan dalam pencapaian tujuan Perusahaan, sehingga diperlukan inisiatif strategis untuk mengatasi ketidaksesuaian tersebut, yaitu rekrutmen dan pelatihan pada job strategies yang terdapat pada perusahaan.

Research in this case study aims to review the availability of human capital with human capital needs that should be owned by PT. PPI (Ltd.) in the achievement of objectives firms. The Company is built with the vision and mission which is expected to facilitate the achievement of corporate goals. The company's mission must be communicated clearly to all stakeholders, especially employees, because employees play an important competency for successful mission. Through this study, the HR department is expected to be able to measure the contribution of human capital in the process of achieving corporate goals. The measurement is intended to allow the HR department to provide and develop competence in accordance with company requirements, to achieve corporate objectives. The results of this study conclude that the availability of human capital PT. PPI (Ltd.) only reached 65 percent. By that illustrated, the percentage of PT. PPI (Ltd.) doesn?t have the human capital needs in the achievement of company goals, so PT. PPI (Ltd.) needs a strategic initiatives to address the inconsistency, which are recruitment and training on the job strategies in the company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34640
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhaena
"Dengan kesadaran bahwa sumber daya manusia penting untuk mempertahankan eksistensinya, Bank BNI secara konsisten melakukan investasi pada program-program sumber daya manusia seperti terlihat dari beban tenaga kerja dan tunjangan yang terus mengalami kenaikan sejak tahun 1999. Namun Bank BN1 belum secara spesifik melakukan pengukuran kontribusi atas investasi sumber daya manusia yang telah dilaksanakannya. Padahal pengukuran ini merupakan hal yang penting karena menurut Mayo (2001, bal. 3) investasi sumber daya manusia juga memiliki sejumlah resiko dan kelemahan bahkan lebih beresiko dibandingkan dengan physical capital karena human capital bukan milik perusahaan.
Penelitian yang bertujuan untuk mengukur kontribusi investasi sumber daya manusia Bank BNI ini menggunakan pendekatan ROI Human Capital Scorecard (Jac Fitz-enz , 2000) pada 3 level pengukuran yaitu level I pencapaian sasaran perusahaan, level 2 proses bisnis dan level 3 penambahan nilai dari human capital itu sendiri.
Pengukuran level 1 dilakukan dengan mengolah sejumlah data skunder dari data keuangan dan data kepegawaian dengan rumus indikator keuangan seperti HCRF, HEVA, HCCF dan HCROI. Pada level 2, indikator pelayanan, kualitas dan produktifitas proses bisnis diolah menggunakan data skunder yang bersumber dari laporan keuangan, laporan hasil survey kinerja pelayanan dan laporan basil survey kepuasan pelanggan yang telah dilaksanakan oleh Bank BNI pada tahun 2002. Sementara itu level 3, indikator pengelolaan sumber daya manusia pada kegiatan acquiring, maintaining, developing dan retaining diolah dari data skunder (dari laporan keuangan, laporan hasil rekrutmen, laporan data kepegawaian dan laporan pelatihan) dan data primer berupa survey reaksi pegawai (kuesioner kepuasan pegawai dari Minnesota), dan survey reaksi para pelaksana dan pengguna jasa rekrutmen dan seleksi (kuesioner yang disusun mengacu pada SERVQUAL). Data primer diolah dengan program SPSS 10.0 for windows untuk mengukur reiiabilitas dengan metode cronbach, mean skor tingkat kepuasan, uji perbedaan mean skor t-test dan uji varians tingkat kepuasan berdasarkan perbedaan karakteristik responden (F-test).
Hasil penelitian pada level 1 menunjukkan bahwa meskipun biaya human capital mengalami kenaikan sebesar 5.8% namun investasi sumber. daya manusia memberikan kontribusi terhadap pencapaian sasaran perusahaan seperti terlihat dari kenaikan laba bersih di tahun 2002 sebesar 29.97%, peningkatan pendapatan per pegawai sebesar 44%, profitabilitas per pegawai di tahun 2002 meningkat 24.41% dan rasio keuntungan yang diperoleh dari investasi sumber daya manusia di tahun 2002 sebesar 1 : Rp. 3.28,- (naik 33.88% dari tahun 2001).
Analisa pada level 2 dengan Performance Matrix menunjukkan bahwa meskipun survey kepuasan pelanggan yang dilaksanakan Bank BNI menghasilkan kepuasan tergolong cukup (CSI = 56.95) namun indikator pelayanan (hasil survey kinerja pelayanan oleh Bank BNI) menunjukkan bahwa kinerja proses bisnis dalam hal waktu respon terhadap antrian dan menjawab telepon tergolong buruk. Hal ini didukung oleh hasil penelitian penulis pada indikator produktifitas proses bisnis yang menunjukkan rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional tahun 2002 belum mencapai target atau belum mencapai tingkat efiensi yang diinginkan Bank BNI.
Hasil penelitian pada level 3 menunjukkan bahwa meskipun investasi pada kegiatan rekrutmen dan seleksi berhasil mempercepat proses rekrutmen dan seleksi, namun belum dapat memuaskan para pelaksana maupun pengguna jasa rekrutmen dan seleksi. investasi pada program pemeliharaan, meskipun terdapat peningkatan biaya gaji, biaya pengelolaan per pegawai dan komposisi biaya kompensasi dan tunjangan dari total biaya operasional, namun pegawai belum menunjukkan kepuasan. Sementara itu investasi pada kegiatan pengembangan menunjukkan peningkatan jumlah waktu training di tahun 2002 meskipun jumlah peserta training mengalami penurunan. Massive training menjadikan kesempatan pegawai mengikuti training lebih merata yaitu mencapai 84% dari jumlah pegawai. Namun investasi pada kegiatan pengembangan pegawai belum menunjukkan kontribusi berarti pada kesempatan promosi yang hanya dinikmati oleh 29.31% pegawai. Pegawai yang mengundurkan diri dari Bank BNI memang relatif kecil yaitu 0.84% dari jumlah pegawai.
Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan investasi sumber daya manusia di Bank BNI memiliki kontribusi terhadap pencapaian sasaran perusahaan, namun belum sepenuhnya berkontribusi terhadap proses bisnis dan pengelolaan sumber daya manusia. Pengukuran dengan pendekatan ini perlu dilakukan secara berkesinambungan sehingga Bank BNI dapat melakukan investasi pada program-program sumber daya manusia yang tepat untuk mendukung visi dan misinya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T11580
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"At a time when governments and policy-makers put so much emphasis on 'the knowledge economy' and the economic value of education, human capital theory has never been more important. However, research in this area is often very technical and therefore not easily accessible to those who wish to use it as a guide to policy formation. This book provides an interface between such research and its potential applications in government, education and business. Reporting on a major research initiative, new findings are presented in a non-technical way on three major themes: measuring the benefits from human capital, applications of the human capital model, and policy interventions. Aimed at academic researchers and professionals concerned with the problems and techniques of human capital theory, it will also be useful for graduate courses on the economics of education to complement standard textbooks."
New York: Cambridge University Press, 2007
e20528774
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Los Angeles: Sage, 2014
658.3 STR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"The Ninth Edition of Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage was developed to teach students how to face and meet a variety of challenges within their organizations and how to gain a competitive advantage for their companies. "
New York: McGraw-Hill Education, 2015
658.3 HUM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Chalid Marta
"This research aims to examine the impact of intellectual capital management (indicated by human capital, structural capital, and relational capital) to company’s financial performance (measured by depreciation expenses to sales ratio, operating profit margin, and employee expenses ratio). Value Added Intellectual Coefficient (VAIC) introduced by Pulic (2000) is used to measure intellectual capital management. Based on 94 samples of listed oil and gas companies in ASEAN and Australia, it shows that intellectual capital has significant correlation over company financial performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>