Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 197886 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Pijar Suciati
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa Era Globalisasi telah menimbulkan efek dalam berbagai sektor. Tidak terkecuali dalam sektor komunikasi. Globalisasi tersebut menuntut komunikasi yang cepat dan real time. Karena itu, saat ini para humas sudah mulai menggunakan berbagai media berbasis ICT (Information Communication Technology).
Melihat hal ini, sebagai salah satu fakultas di sebuah universitas utama dan terbaik di Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berusaha untuk menghadirkan teknologi media penyampai informasi tersebut di dalam kampusnya dan menjadikan FTUI sebagai ?Digital Campus?. Untuk mewujudkannya FTUI menyediakan berbagai infrastruktur berbasis ICT yang dua diantaranya dikelola oleh humas, salah satunya adalah Jendela Informasi ? 04 (JI-04), sebuah papan pengumuman yang berbentuk papan pengumuman elektronik. Karena media ini belum pernah di evaluasi dan cukup unik, peneliti tertarik untuk mengetahui efektivitasnya melalui dampak komunikasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme produksi dan pengaruh kualitas media dan kualitas pesan terhadap dampak komunikasi (JI-04). Selain itu, penelitian ini bermanfaat bagi perkembangan kajian media baru dan praktis bagi Humas FTUI untuk mengembangkan medianya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma positivis pada pendekatan kuatitatif yang bersifat eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FTUI S1 Reguler yang masih aktif berkuliah dan beraktivitas di lingkungan kampus FTUI pada jam pengoperasian JI-04. Sampelnya adalah mahasiswa program S1 reguler dari tujuh departemen FTUI yang masih aktif berkuliah tersebut dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang.
Teknik pengumpulan data dilakukan secara primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara mendalam. Data sekunder diperoleh melalui companyprofile dan kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dilakukan pengujian statistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 12.0.
Dari hasil survei dan analisis yang dilakukan diketahui bahwa frekuensi membaca JI-04 adalah 1-3 kali dalam seminggu, yang paling strategis adalah yang di Lobby FTUI, informasi paling favorit adalah informasi beasiswa, kualitas media, kualitas pesan, dan dampak komunikasinya sudah baik. Juga terbukti kualitas media dan kualitas pesan berpengaruh pada dampak komunikasinya.
Kualitas media dan kualitas pesan memang memiliki pengaruh terhadap dampak komunikasi. Namun, setelah dilakukan uji regresi linier berganda ternyata kualitas pesan lah yang signifikan dalam mempengaruhi dampak komunikasi, sedangkan kualitas pesan tidak signifikan.
Melihat hasil tersebut, Humas Fakultas Teknik Universitas Indonesia harus terus memfokuskan dalam meningkatkan kualitas pesan di JI-04 sehingga dampak komunikasinya dapat terus meningkat.

This research is based on the fact that globalization era has caused effect in many sectors. It also effects the comunication sector. Globalization needs quick and real time communication. Nevertheless, nowadays public relations start using the ICT (Information Communication Technology) based media as their tool in delivering information to public.
Realizing this thing, as one of the faculty in number one university in Indonesia, Faculty of Engineering University of Indonesia developing these information media in the campus and making it as ?Digital Campus?. Faculty of Engineering provide many ICT based infrastructures to reach their mission to be a digital campus, two of them are maintained by public relations office of FTUI, one of them is electronic bulletin board named Jendela Informasi ? 04. This media has never been evaluated before and quite unique, researcher interested knowing the effectivity through the communication effect.
This research is aim to discover the production mechanism of this media and the Influence of media quality and message quality to communication effect of the electronic bulletin board (JI- 04).Beside that, this research also has significances in developing media information and practically few recommendations for public relations office of FTUI to develop its media.
Type of research use is positivist paradigm with quantitativeexplanative approach. Data gathering is conducted by using survey method through the distribution of questionnaires. The population of this research is Faculty of Engineering University of Indonesia?s Bachelor degree student that still active studying and doing activities at FTUI campus during the operational hours of JI-04. This research?s sample has been limited to 94 students from the regular Bachelor degree program from seven different departments.
Data collecting technique is done by primary and secondary data collecting. Primary data collecting is done through surveys by distributing questionnaires while the secondary data collecting is completed through company profile and literature studies. The data processing technique useis by processing primary data from questionnaires by using Statistic Product and Service Solution (SPSS) 12.0.
From survey and analysis? results, it can be concluded that reading frequency of JI-04 is 1-3 times a week, the most strategic place to put this media is FTUI?s lobby, the most favorite information is the information about scholarship, media quality, message quality, and communication effect is already in a good stage. It is proved in this research that media quality and message quality have influence to communication effect.
Media quality and message quality do have influence to communication effect, however, after testing the variables using the multiple regression test, it is proved that message quality is the one more significant influencing the communication effect.
Based on that result, public relations office of FTUI has to keep focusing to develop message quality in JI-04 so that the communication effect can also eventually developed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zie Zie Zia Sabtama
"ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengaruh Kualitas SMS Gateway sebagai media informasi
terhadap Kepuasan dan Komitmen Pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten
Bogor. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) menganalisis berapa banyak
peningkatan kepuasan dan komitmen pelanggan dalam menggunakan SMS Gateway
berdasarkan persamaan regresi linier 2) menganalisis berapa kuat hubungan antara
kualitas pelayanan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya dengan kepuasan pelanggan
dan 3) menganalisis berapa kuat hubungan antara kepuasan pelanggan atas
penggunaan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya atas kualitas pelayanan SMS
Gateway beserta dengan komitmen pelanggan 4) menganalisis berapa besar pengaruh
kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisis
berapa besar pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan SMS Gateway
terhadap komitmen pelanggan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sedangkan untuk
pengolahan data menggunakan pengukuran skala likert. Adapun untuk analisis data
menggunakan persamaan regresi linier, korelasi pearson dan koefisien penentu
dengan bantuan software SPSS. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 100
orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kualitas pelayanan SMS Gateway
terhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu (z hitung) yaitu
sebesar 8,4672 dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu
sebesar 9,365. Sedangkan pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas SMS Gateway
terhadap komitmen pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,93
dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,55.
Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa nilai z hitung lebih besar daripada nilai
z table dimana nilai z tabel adalah sebesar 5,18. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan dan
komitmen pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.
ABSTRACT
This thesis analyzes the influence of SMS Gateway Quality service as information
media toward Customer’s Satisfaction and Commitment at PDAM Tirta Kahuripan
Kabupaten Bogor. The purpose of this research are. 1) to analyze the improvement of
customer’s satisfaction and commitment after using SMS Gateway by Linier
Regression Equation 2) to analyze how strong the correlation between SMS Gateway
quality service with it’s aspects and PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor
customer’s satisfaction and 3) to analyze how strong the correlation between
customer’s satisfaction with it’s aspects and customer’s commitment 4) to analyze
how strong the influence of SMS Gateway quality service with it’s aspects toward
customer’s satisfaction and the influence of customer’s satisfaction with it’s aspects
toward customer’s commitment .
This research uses survey method for data gathering, whereas uses likert scale, linier
regression, pearson correlation, determinant coeficcien and SPSS Software for data
processing. The total respondent of this research are 100 respondents. The result of
data processing shows that determinant coefficien value (z value) of SMS Gateway
quality service toward customer’s satisfaction is 8,4672, whereas it’s aspect is 9,365.
The result of data processing shows that determinant coefficien value (z value) of
customer’s satisfaction toward customer’s commitment is 6,93, whereas it’s aspect is
6,55. The result shows that z value is higher than z table where z table value is 5,18.
It can be concluded that there is strong influence of SMS Gateway quality service
toward customer’s satisfaction and commitment at PDAM Tirta Kahripan Kabupaten
Bogor."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35153
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Umbi iles-iles (Amorphophallus muelleri Blume) mengandung glukomanan yang sangat tinggi dengan kadar mencapai 15-65 persen. Pemanfaatan iles-iles di Indonesia masih sangat terbatas karena terkendala oleh kandungan kalsium oksalat yang tinggi. Kalsium oksalat dalam iles-iles menyebabkan rasa gatal, iritasi dan gangguan kesehatan bila dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kadar glukomanan dan menurunkan kandungan kalsium oksalat dalam tepung iles-iles menggunakan mesin penepung stamp mill. Mesin stamp mill digunakan karena tidak menimbulkan panas sehingga mampu mempertahankan sifat-sifat glukomanan. Penelitian dirancang secara deskriptif eksploratif untuk mempelajari pengaruh berat chip iles-iles 1,5 kg menghasilkan tepung terbaik dengan komposisi: kadar glukomanan 81,86 persen, kalsium oksalat 0,095 persen, protein 3,585 persen, abu 4,197 persen, kadar air 9,29 persen, dan viskositas 23416 mPa.s. Penepungan dengan stamp mill terbukti mampu meningkatkan kadar glukomanan sekaligus menurunkan kandungan senyawa non-glukomanan khsususnya kalsium oksalat pada tepung iles-iles yang selama ini menjadi kendala pemanfaatannya sebagai bahan pangan di Indonesia. "
Jakarta: Divisi R & D Perum BULOG, 2012
630 PANGAN
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Perpustakaan UGM, 2016
MINF 25:1 (2016)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Novie Patu Sibilang
"Studi ini menguji pengaruh kualitas laba pada perbedaan presisi informasi di antara investor ketika laba diumumkan. Mengikuti Utama (1996) penelitian ini menggunakan kepemilikan institusi untuk mengukur perbedaan presisi informasi diantara investor sebelum pengumuman laba. Penelitian ini menemukan  adanya hubungan kuadratik antara respons pasar (volume dan frekuensi perdagangan) dengan kepemilikan institusi. Dengan demikian terdapat perbedaan presisi informasi di antara investor saat laba diumumkan. Perbedaan semakin besar seiring bertambahnya kepemilikan institusi dan mencapai perbedaan tertinggi ketika komposisi kepemilikan institusi sebesar 50% atau sama banyak dengan kepemilikan individu. Temuan utama dari penelitian ini mendapati bahwa laporan laba dengan kualitas tinggi ketika diumumkan akan mengurangi perbedaan presisi informasi di antara investor dibandingkan dengan laporan laba dengan kualitas rendah. Selain itu, ketika kualitas laba yang dipublikasi meningkat dari waktu ke waktu akan meminimalkan perbedaan presisi tersebut. Ini menyiratkan bahwa meskipun investor institusi secara sistematis memiliki informasi privat dengan tingkat presisi yang lebih tinggi dibandingkan investor individu, namun bilamana kualitas laba yang dipublikasi dari waktu ke waktu tinggi maka presisi informasi individu akan meningkat menyebabkan perbedaan presisi diantara kedua kelompok akan menurun. Ketika perbedaan presisi informasi diantara kelompok investor menjadi kecil maka respons pasar terhadap publikasi informasi akan berkurang.  Temuan penelitian ini mendukung pernyataan Barron & Karpoff (2004) bahwa kualitas informasi akuntansi dapat mempengaruhi perbedaan presisi informasi di antara investor. Temuan ini juga konsisten dengan proposisi Kim dan Verrecchia (1991) bahwa pasar merespons pengumuman publik dan respons pasar meningkat secara proporsional dengan besarnya perbedaan presisi. Regresi Ordinary Least Square (OLS) digunakan untuk menganalisis hasil. Mengikuti Yuniasih, R. (2005) penelitian ini dibuat pada konteks pasar modal Indonesia untuk periode antara 2011-2014."
Depok: Universitas Indonesia, 2019
D2694
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: LPKM Universitas Tarumanegar,
384 BETAMKI
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: 2007
BT
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Jakarta : Humas Perum Pegadaian Kantor Pusat, 2006, 1998
384 WPJ
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung : Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN)
050 GR 4 (1991)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>