Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193589 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hening Pratiwi
"Guru berperan penting dalam proses perkembangan suatu masyarakat. Penelitian ini berfokus pada faktor yang mempengaruhi profesionalisme seorang guru yaitu iklim sekolah. Iklim sekolah yang kondusif akan membentuk ability dan motivation bagi profesionalisme guru. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran deskriptif mengenai iklim sekolah, dan profesionalisme guru di SMA 78 dan SMA 112 yang dijelaskan berdasarkan perbedaan tingkat pendidikan, usia, golongan/ kepangkatan dan jenis kelamin. Tujuan khusus penelitian ini untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan berarti antara iklim sekolah dan profesionalisme guru.
Penelitian menggunakan metode deskriptif dan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 111 orang yang merupakan seluruh guru yang ada di SMA 78 dan SMA 112. Tekhnik analisa data dengan menggunakan analisis Product Moment atau Pearson Correlation, Independent sample T-Test dan one way Anova. Pengolahan data dilakukan dengan Microsoft Office Exell 2007 dan program SPSS versi 17.0 Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa profesionalisme guru mempunyai hubungan yang positif dan signifikan.
Hasil ini memberikan arti bahwa semakin tinggi iklim sekolah maka akan semakin tinggi pula tingkat profesionalisme guru, dan sebaliknya semakin rendah iklim sekolah akan semakin rendah profesionalisme guru. Sedangkan hasil pengujian perbedaan rata-rata antara iklim sekolah dan profesionalisme guru di SMA 78 dan SMA112 menunjukan bahwa rata-rata iklim sekolah dan profesionalisme guru SMA 112 lebih tinggi dari iklim sekolah dan profesionalisme guru SMA 78.

Teachers play an important role in the development of a society. This study focuses on factors that affect the professionalism of a teacher of the school climate. School climate that is conducive to forming ability and motivation for the professionalism of teachers. In general, this study aims to obtain a descriptive overview of the school climate, and the professionalism of teachers in SMA 78 and SMA 112 are described based on differences in educational level, age, class / rank and gender. Specific objectives of this study to test whether there is a positive and meaningful relationship between school climate and teacher professionalism.
Research using descriptive and correlational methods with quantitative approach. The number of respondents as many as 111 people who are all teachers in high school 78 and SMA 112. Techniques of data analysis by using analysis or Pearson Product Moment Correlation, Independent sample T-test and one way Anova. Data processing is done by Microsoft Office Exell 2007 and SPSS version 17.0.
The results of hypothesis testing showed that the professionalism of teachers have a positive and significant relationship. This result gives the sense that the higher the school climate will be the higher the level of teacher professionalism, and conversely the lower the school climate will lower the professionalism of teachers. While the test results mean the difference between school climate and the professionalism of teachers in SMA 78 and SMA 112 showed that the average climate of the school and 112 high school teachers 'professionalism is higher than the climate of schools and 78 high school teachers' professionalism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T22900
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mahadevintha Luberizky
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara kompetensi dan kompensasi dengan kinerja guru. Pelayanan kualitas kinerja guru di sekolah berpengaruh pada mutu pendidikan sekolah tersebut karena guru sebagai frontline worker yang bekerja dan berinteraksi secara langsung dalam proses pembelajaran siswa dan hasil hidup mereka. Salah satu faktor yang berkaitan dengan tinggi rendahnya kinerja guru tergantung pada faktor internal, yakni kompetensi diri dan faktor eksternal, yaitu kompensasi yang diterima. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari 2024 dengan total responden 42 guru mata pelajaran yang aktif mengajar di SMP dan SMA Vianney melalui instrumen kuesioner dalam bentuk Google Form. Hasil penelitian melalui uji korelasi Kendall’s tau-b dari nilai correlation coefficient kedua variabel tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan di tingkat kekuatan sedang antara kompetensi (T = 0.468, p < 0.05) dan kompensasi (T = 0.412, p < 0.05) pada kinerja guru. Maka semakin tinggi kompetensi guru maka kinerja guru juga tinggi. Sedangkan itu, kompensasi juga memiliki hubungan positif dengan kinerja guru, yang bekerja sebagai faktor motivasi bagi guru untuk meningkatkan kinerjanya.

This study aims to describe the relationship between competence and compensation with teacher performance. The quality of teacher performance services in schools affects the quality of education at the school because teachers are frontline workers who work and interact directly in the student learning process and their life outcomes. One of the factors related to the high or low performance of teachers depends on internal factors, namely self-competence, and external factors, namely the compensation received. The research uses a quantitative approach with a descriptive type of research. Data collection was carried out in February 2024 with a total of 42 subject teachers actively teaching at Vianney Junior High and Senior High Schools through a questionnaire instrument in the form of a Google Form. The research findings, using Kendall’s tau-b correlation test, with the correlation coefficient values for the two variables, indicate a significant positive relationship of moderate strength between competence (T = 0.468, p < 0.05) and compensation (T = 0.412, p < 0.05) on teacher performance. Thus, the higher the teacher's competence, the higher the teacher's performance. Similarly, compensation also has a positive relationship with teacher performance, serving as a motivational factor for teachers to improve their performance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeremiah Purwoto
"Ketidakpuasan bentuk tubuh merupakan evaluasi negatif yang dilakukan pada satu atau beberapa bagian tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor individu dan faktor lingkungan dengan ketidakpuasan bentuk tubuh yang dilakukan dengan studi cross-sectional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 48,3% siswi mengalami ketidakpuasan bentuk tubuh. Beberapa variabel yang memiliki hubungan bermakna dengan ketidakpuasan bentuk tubuh adalah status gizi, diet penurunan berat badan, rasa percaya diri, pengaruh kritik orang tua, dan pengaruh teman sebaya. Penulis menyarankan agar orang tua dan sekolah dapat sama-sama mendidik siswi melalui penyuluhan dan promosi gizi agar siswi mengetahui bentuk tubuh ideal, menerapkan gaya hidup sehat, dan memiliki rasa percaya diri.

Body dissatisfaction is a negative evaluation towards one or several body parts. This study aims to determine the relationship of both individual factors and environmental factors with body dissatisfaction of female high school students. The result of this study shows that 48,3% of female students are dissatisfied with their body. Variables which are related to body dissatisfaction are nutritional status, weight-loss diet, self-esteem, critics from parents, and critics from peer group. The researcher suggests for both parents and school to educate female student through counseling and nutritional promotion, thus female student would acknowledge the ideal body shape, to live a healthy lifestyle, and have a good self-esteem.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Desita
"Remaja lebih banyak menghabiskan waktu mereka di sekolah, sehingga interaksi dengan orang-orang di sekolah dapat memengaruhi perkembangan sosial emosional remaja. Dalam hal keberhasilan akademik siswa di sekolah, pihak yang paling memengaruhi siswa ialah guru. Seringkali untuk keberhasilan akademik siswa, guru memberikan harapan yang diwujudkan dalam perilaku yang berbeda terhadap siswa di kelas. Berdasarkan beberapa penelitian, harapan guru yang berbeda dapat menjadi salah satu faktor risiko munculnya salah satu masalah kesehatan mental yang umum terjadi pada remaja, yaitu kecemasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat apakah terdapat hubungan antara kecemasan dan harapan guru pada siswa SMA di DKI Jakarta. The Hopkins Symptom Checklist HSCL-25 digunakan untuk mengukur kecemasan dan Expectations for Students Achievement ESA subskala Related Teacher Practices digunakan untuk mengukur harapan guru yang dipersepsikan oleh siswa. Penelitian dengan desain one-shot study dilakukan pada lima SMA di lima kota besar DKI Jakarta. Sebanyak 764 siswa SMA kelas 1 berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kecemasan dan harapan guru yang dipersepsikan siswa SMA di DKI Jakarta. Hal itu menunjukkan bahwa siswa SMA di DKI Jakarta tidak lagi mempersepsikan harapan guru atau peran guru sebagai hal yang membuat diri mereka merasa cemas, sehingga faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kecemasan siswa SMA di DKI harus lebih diteliti lebih jauh.

Adolescents as students spend their times more in school, so interaction with people in school could also affect their socio emotional development. In achieving academic achievement, teacher has big role for adolescents in school. Teacher usually gives expectation in form of different behavior and attitude for each student in class. Based on previous researches, different teacher expectation towards students could be one of risk factor of common adolescents mental health problem, anxiety. Aim of this study is to see relationship between anxiety and teacher expectation on high school students in Jakarta. This study used The Hopkins Symptom Checklist HSCL 25 to measure anxiety and Expectations for Students Achievement ESA Related Teacher Practices subscale to measure perceived teacher expectation. This one shot study conducted in five high schools in five urban cities of Jakarta. 764 first grade high school students participated on this study. Result indicated that there is no relationship between anxiety and teacher expectation on high school students in Jakarta. This finding revealed that high school students in Jakarta don rsquo t perceive teacher rsquo s role or spesifically teacher expectation as risk factor of high anxiety that found on this study. Therefore, other school based risk factors should be studied in the future to figure out the threat of adolescents mental health. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67473
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laura Andiny
"Penelitian ini mencoba melihat perbedaan self-efficacy antara guru yang mengajar di SMA 'Plus' dengan guru yang mengajar di SMA Non 'Plus'. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA 'Plus' dan guru-guru SMA non 'Plus' di DKI Jakarta. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner skala Likert. Kriteria partisipan dalam penelitian ini adalah guru tetap yang mengajar di SMA 'Plus' ataupun SMA non 'Plus', hanya mengajar satu mata pelajaran, dan telah mengajar lebih dari satu tahun. Partisipan yang berhasil didapatkan berjumlah 104, dengan rincian sebanyak 57 partisipan dari SMA 'Plus' dan 47 partisipan dari SMA Non 'Plus'.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan self-efficacy yang signifikan antara guru SMA 'Plus' dengan guru SMA non 'Plus'. Hal ini berarti dalam penelitian ini, tingkat self-efficacy guru tidak berbeda pada lingkungan mengajar yang berbeda. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya mencoba melihat perbedaan self-efficacy pada guru di lingkungan sekolah yang berbeda, selain SMA 'Plus' dan SMA Non 'Plus'."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
155.2 AND p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adeline Elizabeth
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana situasi dan kondisi pengajaran Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing kedua dalam tingkat Sekolah Menengah Atas di Indonesia. Dalam penulisan ini, penulis melakukan studi kasus di SMA Negeri 78, Kemanggisan, Jakarta Barat. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, didapatkan hasil mengenai situasi juga kondisi pengajaran Bahasa Mandarin, peran guru, siswa, dan buku ajar dalam kegiatan kelas Bahasa Mandarin. Selain itu, penulis juga mendeskripsikan capaian pemelajaran Bahasa Mandarin di kelas XI, SMA Negeri 78. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus yang terdiri dari penelitian lapangan dan studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan adanya kesesuaian metode pengajaran yang digunakan oleh pengajar dengan kurikulum sekolah dan strategi pengajaran di luar metode pengajaran yang digunakan oleh pengajar karena adanya perbedaan capaian kemampuan Bahasa Mandarin di setiap kelas Bahasa Mandarin.

ABSTRACT
The focus of this study is to discuss about how the situation and condition of teaching Mandarin as second foreign language in senior high school level in Indonesia. In this thesis, the author conducted a case study at SMA Negeri 78, Kemanggisan, West Jakarta. From the results of research, obtained the results about the situation as well as conditions of teaching Mandarin, the role of teachers, students, and textbooks in the activities of Mandarin class. In addition, the author also describes the achievements of Mandarin learning in the class XI, SMA Negeri 78. This research uses case study research method consisting of field research and literature study. The results conclude that there is a suitability of teaching methods used by teachers with school curricula and teaching strategies beyond the teaching methods used by teacher due to differences in the achievement of Mandarin abilities in every Mandarin class. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nabila Ramadhani Yunandar
"Sistem pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi guru untuk mengajar secara efektif. Penelitian ini ingin menguji peran dan efektivitas guru. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa guru perlu memiliki Distance learning as an impact of COVID-19 pandemic becomes a challenge for teacher effectiveness. The current study examined the role of psychological capital as a mediator of the relationship between openness to experience and teacher effectiveness. This study involved 172 senior high school teachers in Jabodetabek as respondents who are currently conducting distance learning. The mediation analysis results revealed a significant indirect effect between openness to experience and teacher effectiveness through psychological capital, [.668, 1.369]. These findings prove that psychological capital mediates the relationship between openness to experience and teacher effectiveness. Therefore, teachers should have high openness to experience to increase psychological capital so teacher effectiveness will also increase. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lilis Irianti
"Tesis ini membahas tentang pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme pengawas sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif dengan data kuantitatif. Latar belakang masalah mengindikasikan bahwa kompetensi dan motivasi kerja pengawas sekolah belum cukup optimal baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten Ciamis secara khusus. Untuk itu, tesis ini bertujuan menganalisis serta mengkaji seberapa besar pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme pengawas sekolah.
Hasil yang didapat secara statistik menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara kompetensi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme pengawas secara simultan, dengan nilai r Square sebesar 0,627dan taraf signifikansi 0,000 < α 0,05. Di sisi lain, dinas pendidikan perlu menekankan kembali pentingnya peningkatan profesionalisme untuk menunjang terealisasinya tujuan pendidikan nasional.

This thesis discusses about the influence of competence and performance motivation toward school superintendents? professionalism. This research belongs to associative research with quantitative data. Factual problem indicates that the competence and performance motivation of school superintendents is not good enough at national, provincial and regional level (Ciamis region in particular). Therefore, this thesis is aimed to analyze and discuss how big/ how significant the influence of performance motivation and competence toward school superintendents? professionalism.
The result of the research, statistically, shows that there?s a positive ang significant influence of competence and performance motivation toward school superintendents? professionalism, with r square value (r determinant) 0,627 and significance level 0,000 < α 0,05. In the other side, Education Board has to re-encourage the importance of improving professionalism to gain the National education goal.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T29803
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Supriyono
"ABSTRAK
Sistem supervisi akademik pengawas sekolah adalah kegiatan pengawasan akademik yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan terhadap guru dalam melaksanakan tugasnya, agar lebih profesional dan kompeten dalam bidangnya.
Sistem pengawasan terdiri tiga dimensi kegiatan, yaitu memantau, menilai, dan membina. Profesiolalisme guru adalah merupakan sikap mental yang senantiasa mendorong untuk mewujudkan diri sebagai guru profesional yang kompetensi dalam bidangnya. Kompetensi profesionalisme guru terdiri dari empat dimensi yaitu pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara sistem supervisi akademik pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem supervisi akademik pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Padang Ratu Lampung Tengah. Jenis penelitian adalah eksplanatif dengan dua variabel, yaitu sistem supervisi akademik pengawas sekolah sebagai variabel bebas dan profesionalisme guru sebagai variabel terikat. Data diperoleh menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian diketahui bahwa sistem supervisi akademik pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru. Demikian pula hasil analisis regresi berganda terhadap masing-masing dimensi variabel bebas, seluruh dimensi supervisi akademik berpengaruh secara serempak terhadap masing-masing dimensi profesionalisme guru. Secara parsial, dimensi supervisi akademik pengawas sekolah yang berpengaruh signifikan terhadap masingmasing dimensi profesionalisme guru adalah dimensi menilai dan dimensi membina/melatih terhadap dimensi kompetensi pedagogik profesionalisme guru; Dimensi menilai pengawas sekolah dalam melakukan supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap dimensi kompetensi profesional profesionalisme guru; Dimensi membina/melatih dari kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap dimensi kompetensi kepribadian profesionalisme guru; Dimensi membina/melatih dari kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap dimensi kompetensi sosial profesionalisme guru.
Kata Kunci: sistem supervisi akademik, profesionalisme guru

ABSTRACT
Supervision academic system of school supervisor is the action supervision academic that is done by supervisor of education unit toward the teacher in professional carrying out their duties. There are three actions in dimensions supervision system, they are supervising, scoring, and guiding. The teacher professionalism is the expression of attitude than gain to the professional.
There are four dimensions of teacher professionalism. They are pedagogic, professional, character, and social. The formulation problem in this research is whether there is influences between the supervision academic system of school supervisor towards the teacher professionalism. The aim of research to analyze the influence of the supervision academic system of school supervisor toward the teachers professionalism at state SMA 1 Padang Ratu Central Lampung. The kind of the research is explanative with two variable, supervision academic system of school supervisor is as in independent variable and teachers professionalism is as dependent variable. The data?s are abstained by using questioners, and then the analyzed using simple regression analysis and multiple regression.
The result of research is known that the supervision academic of school supervisor influences significantly toward the teacher professionalism, and so the result of the double analysis regression toward to each dimension independent variable the all dimension of supervision academic influence compactly toward to each the dimension of the teacher professionalism partially. The dimensions of supervision academic of school supervisor that influence significantly toward each dimension of scoring and dimension of guiding toward the dimension of pedagogic competence. The dimension of scoring of school supervisor in doing supervision academic influence significantly toward the dimension of teacher professionalism; dimension of guiding from actions supervision academic of school supervisor influence significantly toward the dimension of the teacher character professionalism; dimension of guiding from the activities supervision academic of school supervisor influence significantly toward the dimension of social.
Key word : supervision academic system, teacher professionalism.
"
2011
T29523
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S8299
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>