Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 94661 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ummi Salamah
"ABSTRAK
Rubrik konsultasi psikologi di media cetak merupakan salah
satu bentuk pelayanan psikologi yang menggunakan media massa
untuk mencapai khalayak luas. Salan satu pelopor dalam bidang
ruangan tanya jawab masalah psikologi secara tertulis ini adalah
rubrik Konsultasi dalam surat kabar Kompas Minggu yang diasuh
oleh Leila Budiman.
Pemuatan rubrik konsultasi psikologi dalam media massa cetak
di satu sisi menjadikan pelayanan psikolo^ memiliki pengaruh yang
lebih besar kepada masyarakat. Di sisi lain, rubrik konsultasi
psikologi memperkecil kemungkinan komunikasi dua arah.
Penggunaan bahasa tulisan yang bersifat satu arah dan sulit
mendapatkan umpan balik langsung membuat efektivitas pelayanan
psikologi sangat tergantung pada persepsi khalayak.
Sebagai pembaca, individu mempersepsikan apa yang ditangkap
oleh alat inderanya. Saat mempersepsikan sesuatu, informasi dari luar
yang diterima individu dicocokkan dengan konsep internal yang
dimilikinya. Saat pencocokan ini dilakukan, berarti individu telah
mempersepsikan sesuatu dan memberinya makna. Jadi makna
merupakan hasil pencocokan stimuli eksternal dengan konsep
internal (Fiske^ 1990: 25) atau merupakan hasil interaksi dinamis
antara persepsi pembaca dengan isi pesan (Fiske, 1990: 145).
Penelitian ini bertujuan mengetahui makna yang diberikan
pembaca mahasiswa terhadap rubrik Konsultasi Kompas Minggu.
Makna yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah makna yang
positif atau negatif. Seperti telah disebutkan sebelumnya, makna
merupakan hasil interaksi dinamis antara persepsi dan isi pesan
Proses persepsi itu sendiri menghasilkan penilaian terhadap obyek
yang dipersepsikan (Sereno dan Bodaken, 1975: 24-28) sehingga
makna yang dihasilkan juga mengandung penilaian (evaluasi)
terhadap sesuatu.
Penelitian ini menggunakan mahasiswa sebagai subyek
Pemilihan mahasiswa sebagai subyek didasari alasan bahwa pembaca surat kabar terutama adalah mereka yan§ cukup dewasa dan cukup
berpendidikan; dua kriteria yang dipenuhi oleh mahasiswa. Penelitian
ini melibatkan 100 orang subyek yang diambil secara insidental dari
berbagai perguruan ting^ di Jakarta.
Alat yang digun^an dalam penelitian ini adalah kuesioner
yang memakai skala 7 (tujuh) angka dengan 2 (dua) kata kata sifat
yang saling berlawanan (positif dan negatif) di kedua kutubnya. Alat
mi dikenal dengan nama semantic differential. Validitas alat diuji
dengan menggunakan teknik analisa faktor. Reliabilitas diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbach yang menghasilkan koefisien
Alpha 0.9497.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata subyek
memberi makna yang positif ternadap rubrik Konsultasi Kompas
Minggu. Artinya rubrik Konsultasi Kompas A4in^u cenderung untuk
dikaitkan dengan katasifat-katasifat yang positih Analisa tambahan
yang dilakukan menunjukkan bahwa antara mahasiswa Fakultas
Psikologi dengan mahasiswa fakultas non-psikologi, laki-laki dengan
perempuan, oan mahasiswa yang pemah datang langsung ke psikolog
dengan yang tidak pernah datang langsung tidak terdapat perbedaan
yang signifikan dalam makna yang diberikan.
Sebagai sebuah penelitian awal mengenai rubrik konsultasi
psikologi, penelitian ini masih mengidap banyak kelemahan dan
kekurangan. Penelitian lebih lanjut oisarankan melibatkan populasi
yang lebih besar dan beragam dan lebih memfokuskan diri pada isi
rubrik konsultasi psikologi."
1997
S2569
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Leila C.H. Budiman
Jakarta: Kompas, 1999
155.6 LEI g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Leila Ch. Budiman
Jakarta: Kompas, 1999, 2000
155.904 2 LEI b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Leila Ch. Budiman
Jakarta: Kompas, 1999
173 BUD m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Leila Ch. Budiman
Jakarta Kompas Media Nusantara 1991,
306.7 Bud l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Kussusanti
"ABSTRAK
Karakteristik isi pesan dalam rubrik konsultasi psikologi diduga mempengaruhi perubahan pada para pengguna rubrik itu. Karakteristik isi pesan ini meliputi (1) kejelasan kesimpulan, (2) pemberian ancaman, (3) pelepasan ketegangan atau pemberian jalan keluar, (4) kejelasan kata dan kalimat, (5) penggunaan teori dan prinsip, serta (6) pemberian dukungan. Dari sinilah peneliti tertarik melakukan studi mengenai hubungan rubrik itu terhadap pengetahuan, sikap dan tingkah laku penggunanya serta menghubungkannya dengan karakteristik isi pesan dalam rubrik itu. Analisa yang dilakukan dalam penelitian ini ialah analisa kualitatif ditunjang dengan analisa kuantitatif. Dalam penelitan eksplanatif ini digunakan metode penelitian survai (penelitian lapangan) serta metode analisa isi untuk mengukur karakteristik isi pesan dalam rubrik itu. Sampel survei yang diambil dalam penelitian ini adalah para pengguna rubrik konsultasi psikologi di NOVA Wanita Indonesia yang berdomisili di DKI Jakarta sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Solo, dan dan yakni sebanyak 25 orang. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan pengetahuan, sikap dan tingkah laku para pengguna rubrik konsultasi psikologi di NOVA dan Wanita Indonesia kecil sekali. Karakteristik isi pesan dalam rubrik itu juga terbukti tidak berhubungan dengan perubahan itu. Berdasarkan kecenderungan ini, ditarik kesimpulan bahwa rubrik konsultasi psikologi di NOVA dan Wanita Indonesia mengakibatkan efek penguatan (reinforcement) dan bukan efek perubahan (conversion). Hal ini disebabkan karena tiga faktor, yaitu (1) selective e>:posuref selective perception, selective retention, (2) kelompok dan norma kelompok, serta (3) sifat media massa. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada efek bumerang dari pesan dalam rubrik konsultasi psikologi terhadap para penggunanya."
1991
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aminah Swarnawati
"Maraknya acara konsultasi melalui media elektronik akhir akhir ini menarik minat peneliti untuk mengkajinya, terutama karena topik yang dibahas seringkali menyentuh wilayah yang bagi sebagian orang masih tabu untuk dibicarakan, apaiagi dibicarakan melalui media dan didengar oleh banyak orang.
Konsultasi melalui radio pada penelitian ini ada 2 (dua) jenis yaitu yang melibatkan expert sebagai pemberi solusi pada radio Pesona FM dan radio Trijaya FM dan non-expert pada radio TMI dan Muara FM. Perbedaan expert dan non-expert membuat perbedaan pada model konsultasinya dan topik yang dibicarakan. Pada expert, konsultasi langsung dijawab oleh expert, pengasuh acara lebih berfungsi sebagai moderator atau pemberi komentar tambahan, sedangkan pada non-expert, konsultasi terlebih dahulu dilempar pada khalayak untuk urun rembuk baru pada akhir session pengasuh acara membahasnya atau menarik kesimpulan. Dari segi topik yang dibicarakan, pada expert: topik lebih khusus yaitu masalah seks, sedangkan pada non-expert topik lebih beragam antara lain masalah pergaulan, pekerjaan, percintaan, konflik keluarga.
Konsultasi yang dilakukan melalui radio pada penelitian ini dilihat sebagai bentuk tindak self-disclosure dilihat dari segi fungsi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berkaitan dengan topik yang menyentuh masalah seks mempunyai dampak pada etika, yaitu masalah pantas - tidak pantas, bermoral - tidak bermoral dalam kerangka budaya Indonesia. Masalah etika menjadi penting karena walaupun diasuh oleh expert akan tetapi pembawa acara kadang-kadang memberikan komentar yang tidak pantas dan tidak mendukung terhadap penyelesaian masalah yang dikonsultasikan.
Hal yang menarik pada penelitian ini adalah bahwa selama ini pembahasan tentang self-disclosure selalu dalam lingkup komunikasi interpersonal yang dicirikan terjadi dalam hubungan yang penuh keakraban atau keintiman dan idealnya dalam komunikasi dyadic, akan tetapi pada penelitian ini justru melalui media. Dengan sendirinya unsur-unsur keintiman tidak ada lagi, begitu pula komunikasi yang terjadi bukan komunikasi dyadic karena melibatkan lebih dari dua orang, paling tidak terdiri dari Wien, konselor dan khayalak. lmplikasi tentu saja pada bagaimana teori-teori interpersonal menjawab fenomena ini. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Novianty Marlan
"Tesis ini membahas konseptualisasi metafora emosi dalam rubrik konsultasi majalah mingguan wanita Femina. Masalah yang diketengahkan dalam tesis ini adalah pengungkapan verbal emosi dalam rubrik konsultasi majalah Femina yang berbentuk metafora, serta pengaruh latar belakang masyarakat bahasa Indonesia terhadap konsep metafora emosi bahasa Indonesia. Tujuan penulisan tesis ini untuk mengungkapkan konseptualisasi metaforis emosi dalam bahasa Indonesia dan menunjukkan pengaruh latar belakang budaya penutur dalam pembentukan metafora emosi bahasa Indonesia, apakah bersifat universal atau bersifat khas? Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua majas digunakan untuk ungkapan emosi. Pembentukan metafora emosi menunjukkan konsep yang bersifat universal.

This thesis discusses the conceptualization of metaphorical emotion in consultation weekly women's magazine Femina. Objectives of the thesis is to reveal metaphorical emotion's concepts in bahasa Indonesia and shows the influence of speakers cultural background in the conceptualization of metaphorical emotion language, whether this concept is are used to express universal or typical? Results of research indicate that not all figurative language emotion and thw conceptualization of metaphorical emotions has universal character."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T25898
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sutjiati Octavia
"Rubrik Surat Pembaca merupakan sarana untuk menyampaikan pendapat. Rubrik ini umumnya disediakan oleh media cetak--termasuk majalah--untuk menampung segala pendapat dari para pembacanya. Karena banyaknya surat yang masuk ke tangan redaksi dan adanya pembatasan oleh pihak redaksi, maka setiap surat yang masuk akan diedit. Hanya surat yang lolos seleksi akhirnya akan dimuat dalam rubrik Surat Pembaca. Majalah Tempo maupun Bdiun memiliki kebijaksanaan tersendiri untuk menampung semua surat yang masuk ke tangan redaksi. Namun demikian, kedua majalah berita ini mengharapkan lewat rubrik Surat Pembaca, redaksi dapat turut melaksanakan fungsinya sebagai alat kontrol sosial. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu ingin gambaran mengenai keanekaragaman surat-surat Tempa dan Editor serta kebijaksanaan redaksi dalam memberikan pembaca menangani rubrik Surat Pembaca. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dan sampel yang dipilih yaitu berdasarkan sampel random dari surat-surat yang dimuat pada rubrik Kontak Pembaca Tempo dan Dari Pembaca Editor selama tahun 1990. Semua surat yang berjumlah 221 buah tersebut dikategorisasikan ke dalam isi, masalah, dan identitas pengirimnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terlihat bahwa rubrik Surat Pembaca bukan lagi mencerminkan sekedar kontak antara pembaca dengan redaksi. Ruangan ini akhirnya merupakan wadah untuk menampung segala pendapat baik berhubungan dengan kepentingan redaksi maupun tidak. Masalah yang dipersoalkanpun makin meluas. Kecenderungan yang terjadi adalah para pembaca memanfaatkan rubrik Surat Pembaca untuk mengkritik keadaan yang dianggap kurang beres. Hal ini menunjukkan masyarakat telah memperlihatkan kesadaran hukum dan hak-haknya sebagai anggota masyarakat. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa isi dan masalah yang dimuat menggambarkau segala persoalan yang terjadi dalam masyarakat. Surat yang paling menyolok adalah surat yang bernada memberi informasi masalah sosial."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>