Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172537 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tahun pertama perkuliahan merupakan salah satu stressor yang dapat menyebabkan mahasiswa baru menjadi stress. Koping seseorang dalam menghadapi stress terbagi menjadi dua yaitu koping konstruktif dan koping destruktif. Dukungan keluarga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi koping seseorang dalam menghadapi stress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan koping yang digunakan mahasiswa baru Reguler 2007 dalam menghadapi stress tahun pertama perkuliahan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia kampus baru Depok dengan jumlah responden 99 mahasiswa baru Reguler 2007. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisa chi square digunakan untuk menganalisa hubungan antar variabel yaitu dukungan keluarga dengan koping yang digunakan mahasiswa baru Reguler 2007. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan koping yang digunakan (pValue: 0,021; α: 0,05). Penelitian ini merekomendasikan kepada keluarga agar senantiasa memberikan dukungan kepada anggota keluarga yang sedang menjalani tahun pertama perkuliahan baik berupa dukungan emosi, instrumental, informasional, umpan balik, maupun spiritual.
Kata kunci: dukungan keluarga; koping; mahasiswa; stress; stressor"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5718
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Salah satu stressor yang dihadapi mahasiswa pada semester akhir program akademik
adalah penyusunan laporan penelitian. Stressor tersebut mengakibatkan mahasiswa
tampak mengalami stress. Mekanisme koping yang digunakan meliputi mekanisme
koping konstruktif dan mekanisme koping destruktif. Penelitian ini bertujuan
mengidentifikasi mekanisme koping mahasiswa FIK UI regular 2003 dalam menghadapi
stress saat penyusunan laporan penelitian. Jumlah responden dalarn penelitian ini
sebanyak 54 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana.
Kuesioner terdiri dari data demografi dan mekanisme koping rnahasiswa. Pada uji coba
kuesioner didapatkan r Alpha 0,8104 dan r tabel 0,36. Analisa data yang digunakan
adalah analisa univariat Dari hasil penelitian didapatkan sebesar 42,6% mahasiswa
menggunakan mekanisme koping konstruktif dan 57,4% mahasiswa menggunakan
mekanisme koping destruktif Saran bagi penelitian selanjutnya adalah perlu
penggunaan desain penelitian yang lain sehingga dapat mengeksplorasi faktor - faktor
yang berhubungan dengan mekanisme koping, area penelitian yang lebih luas dan
pengembangan instrumen yang lebih spesifik."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5580
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Mekanisme /coping merupakan segala upaya yang dilakukan dalam manajerial stres.
Mekanisme koping ini terbagi menjadi dua, yaitu: konstruktif dan destruktif (Potter & Perry 1997). Mekanisme koping konstruktif sangatIah bermanfaat bagi individu karena dapat mengembangkan potensi Serta mengasah keahlian diri bila berhadapan dengan suatu masalah. Sedangkan mekanisme koping destruktif menyebabkan kemunduran bagi individu tersebut dan sangat merugikan karena hal ini tidak akan dapat secara tuntas menyelesaikan masalah. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui perbedaan mekanisme koping mahasiswa Iaki-laki dan perempuan dalam menghadapi ujian. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengidentivikasi mekanisme koping dan perifaku mahasiswa FIK UI baik laki-laki dan perempuan menjelang ujian.
Penelifi mengikutsertakan 124 responden mahasiswa FIK UI tahap akademik yang
terdiri dari 62 mahasiswa laki-Iaki dan 62 makasiswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Perbandingan dengan analisa data Chi Square. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 91,94 % mahasiswa laki-laki yang memiliki mekanisme koping konstruktif dan 8, 06% destruktif. Sementara pada responden mahasiswa perempuan, didapat 96, 77% memiliki mekanisme koping konstruktif dan 3, 23% destruktif. X2 hitung yang diperoleh dari hasil penghitungan dengan rumus Chi Square sebesar 0.605. Hasil ini Iebih kecil dari X2 tabel (a = 0, 05 ) sebesar 3, 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan
mekanisme /coping antara mahasiswa FIK UI Iaki-laki dan perempuan dalam menghadapi ujian."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5043
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nicky Anelia
"Pendidikan profesi merupakan proses yang harus dilalui mahasiswa keperawatan untuk menjadi seorang perawat profesional. Selama menjalani masa ini mahasiswa dapat mengalami berbagai kesulitan yang dapat memicu munculnya stres. Respon terhadap stres dikenal dengan mekanisme koping. Setiap individu memiliki mekanisme koping yang bervariasi tergantung pada tingkat stres dan kondisi yang dialami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI tahun akademik 2011/2012. Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping. Penelitian ini memberikan gambaran kepada institusi pendidikan keperawatan, FIK UI, untuk dapat memperhatikan pelaksanaan pendidikan profesi ners serta memperkenalkan dan mengakrabkan mahasiswa dengan lingkungan klinik sebelum melakukan praktik klinik.

Professional education is a process that nursing students have to pass in order to become a professional nurse. During this time nursing students may find out many difficulties which trigger stress. Response to stress is known as coping mechanism. Each individual has a various coping mechanism that depends on the level of stress and conditions experienced.
The aim of this study was to determine the relationship between the level of stress with the coping mechanism on regular students of nurses profession program at FIK UI academic year 2011/2012. The design in this research was descriptive correlative. Sample was taken with total sampling. Number of sample in this study is 86 people.
The results showed that there is a relationship between the level of stress with coping mechanism. This study gave overview to the nursing education institutions, FIK UI, to give more attention to the implementation of professional education nurses, introduce and familiarize students with the clinical environment before they do clinical practice.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43722
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan koping yang tepat akan
mempengaruhi mahasiswa baru dalam menghadapi proses belajar mengajar yang pada
akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan unluk
mendapatkan gambaran tentang mekanisme koping yang digunakan oleh mahasiswa
baru reguler 2006 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam menghadapi
stres tahun pertama kuliah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
sederhana dengan responden 69 orang mahasiswa reguler 2006. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner untuk mengkaji stres, stresor, dan mekanisme koping. Data
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan
disribusi frekuensi dan prosentase dari variabel yang diteliti. Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa 58% mahasiswa menggunakan koping konstruktif dan 42%
menggunakan koping destruktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
pertimbangan bagi pembimbing akademik, khususnya pembimbing akademik
mahasiswa baru agar dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi sehingga
proses belajar mengajar tetap berjalan dengan Iancar."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5578
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa
"Pendidikan jenjang profesi dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang benar untuk menjadi perawat yang profesional. Namun ditemukan banyak faktor yang dapat memicu stres selama proses pembelajaran praktik klinik, karena mahasiswa dituntut untuk dapat memberikan asuhan keperawatan secara langsung dan akuntabel. Spiritualitas sebagai salah satu sumber koping yang memiliki aspek makna dan tujuan hidup serta keyakinan spiritual yang dikemukakan mampu mengurangi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat spiritualitas dengan tingkat stres mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI tahun akademik 2018/2019. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dan pendekatan secara cross-sectional, Penelitian ini memiliki 99 responden mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI dengan menggunakan metode total sampling. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini berupa Spirituality Attitude and Involvement List (SAIL) dan Perceived Stress Scale (PSS). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat spiritualitas dan tingkat stres dengan arah korelasi negatif dan memiliki kekuatan sedang (p = 0,031; α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan agar mahasiswa keperawatan dapat meningkatkan spiritualitasnya dengan menjalin hubungan baik dengan orang lain, lingkungan sekitar, dan dengan Tuhan atau kekuatan yang lebih tinggi.

Professional level education is needed to improve the knowledge, skills and attitudes to become professional nurses. However, there are many factors that can overcome stress during the clinical practice learning process, because students are required to be able to provide nursing care directly and accountably. Spirituality as a source of coping that has aspects of the meaning and purpose of life and the beliefs expressed can help deal with stress. This study aims to determine the relationship between the level of spirituality and the stress level of regular student profession programs FIK UI academic year 2018/2019. The design of this study used a descriptive correlative and cross-sectional design. This study had 99 respondents of regular student profession programs FIK UI using the total sampling method. The questionnaires used in this study included a List of Attitudes and Engagement Spirituality (SAIL) and Perception Stress Scale (PSS). The results of this study indicate the relationship between spirituality level and stress level with negative direction and have moderate strength (p = 0.031; α = 0.05). This research increases so that nursing students can improve their spirituality by establishing good relations with other people, the environment, and with God or a higher power."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Listia Sarini
"Tingginya tingkat stres saat praktik klinik menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku makan kurang baik dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat stres dengan perilaku makan mahasiswa FIK UI saat menjalani praktik klinik di Rumah Sakit. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan 171 sampel diambil secara stratified random sampling pada dua tingkatan mahasiswa praktik klinik. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kuesioner Perceived Stress Scale modifikasi dari Sheu,et.al 1997 dan Sakata rsquo;s Eating Behaviour. Analisis penelitian ini menggunakan uji t-test independen dan chi-square. Didapatkan hasil yang menunjukan adanya hubungan bermakna antara tingkat stres praktik klinik dengan perilaku makan. Didapatkan pula perbedaan yang bermakna antara stres pada mahasiswa program profesi Ners dengan S1 Reguler. Oleh karena itu diharapkan mahasiswa dapat mengatur manajemen stres agar tidak berdampak buruk pada perilaku makan.

Stress during clinical practice is one factor cause bad eating behaviour. It will bring bad effect for health and influence quality of life. This research aim to identify relation between level stress and eating behaviour of nursing student during clinical practice. The design of this research is cross sectional wich conducted toward 171 sample and using stratified random sampling methods for two level of nursing student. The data collection research using instrument in the form of questionnaire that is Perceived Stress Scale modified by Sheu, et.al 1997 and Sakata's Eating Behaviour. The analyzed of this research use chi square and anova. The result showed that there was differentiation stress between student in academic's level and profesional Ners's level p 0,001 dan 0,05 , also there was relationship between level of stress and eating behaviour during clinical practice p 0,001 dan 0,05. So, student necessary to manage their stress and avoid from bad impact in eating behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Amalia
"Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi adalah fungsi afektif keIuarga. Pada mahasiswa asal daerah, kemungkinan besar mereka mengalami hambatan-hambatan dalam pemenuhan fungsi afektif keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan prestasi belajar pada mahasiswa reguler FIK Ul asaI daerah. Penelitian ini melibatkan 70 responden dengan teknik stratified random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif.
Hasil penelitian menunjukkan 30 responden (47,6%) memiliki fungsi afektif keluarga yang adekuat dengan IPK sangat memuaskan. Sementara 33 responden (52,4%) dengan fungsi afektif keluarga yang tidak adekuat juga memperoleh IPK yang sangat memuaskan, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan koIerasi antara fungsi afektif keIuarga dengan prestasi belajar (p value = 0,467 ; α = 0,05).

Learning achievement is influenced by two factors, namely factors internal and external factors. One of the external factors that influence is a function family Affective. In the student from country side, most likely they experienced barriers in the fulfillment function family affective. This study aims to determine the relationship between family function affective with student achievement in the regular study FIX UI comes from country side. This study involved 70 respondents with a stratified random sampling technique. Descriptive correlative design usedin this research.
Research shows 30 respondents (47.6%) have a family affective function correlative with IPK adequate and have a very satisfactory IPK. While for 33 respondents (52.4%) with the families affective function who do not adequate also obtain a very satisfactory GPA, so that there can be no the relationship between family function affective with learning achievement (p value = 0.467, α = 0.05).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5770
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Etik Ratnika Sari
"Mahasiswa keperawatan yang berada pada masa remaja akhir yaitu sudah mampu mengenali permasalahan dan memikirkan apa yang menjadi penyebab serta sudah mampu memikirkan solusi untuk masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan data demografis Mahasiswa S1 Reguler FIK UI dengan Perilaku adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan 242 sampel diambil dengan stratified sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah di modifikasi dari penelitian olum,et.al (2020). Analisis penelitian ini menggunakan uji Kruskal-Wallis, Chi-Square dan Pearson Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden berada pada rentang usia 18-22 tahun, sebagian besar berjenis kelamin perempuan (92,6%), berasal dari suku Jawa (46,3%) dengan pendapatan lebih dari atau sama dengan rata-rata UMR (75,6%), serta sebagian besar berasal dari angkatan 2020 (26,8%). Sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik (54,9%), sikap yang positif (71,1), keterampilan yang baik (73,1%) serta perilaku yang baik (57,4%). Berdasarkan analisis bivariat bahwa usia memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku (p-value 0,002 ) dan angkatan masuk juga memilki hubungan yang signifikan dengan perilaku (p-value 0,010). Jenis kelamin , suku dan status sosial ekonomi tidak memilki hubungan yang signifikan dengan perilaku adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19.

Nursing students who are in their late teens are able to recognize problems and think about what is the cause and are able to think of solutions to these problems. This study aims to identify the relationship between the demographic data of the Regular S1 students of FIK UI and the behavior of adapting new habits during the COVID-19 pandemic. This study used a cross sectional research design with 242 samples taken by stratified sampling. This study uses knowledge, attitudes and skills instruments that have been modified from the research of olum, et.al (2020). The analysis of this study used the Kruskal-Wallis, Chi-Square and Pearson Chi-Square tests. The results showed that the respondents were in the age range of 18-22 years, most of them were female (92.6%), came from Javanese ethnicity (46.3%) with income more than or equal to the average UMR (75, 6%), and most of them are from the class of 2020 (26.8%). Most of the respondents have good knowledge (54.9%), positive attitude (71.1), good skills (73.1%) and good behavior (57.4%). Based on bivariate analysis that age has a significant relationship with behavior (p-value 0.002 ) and the entry force also has a significant relationship with behavior (p-value 0.010). Gender, ethnicity and socioeconomic status did not have a significant relationship with the behavior of adapting new habits during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hesti Purnamasari
"Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan sistem pembelajaran di perguruan tinggi, yaitu adanya penerapan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring, Akibatnya mahasiswa mengalami masalah penyesuaian diri. Strategi koping penting untuk membantu penyesuaian diri. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa strategi koping berhubungan dengan dukungan sosial, dan dukungan sosial dapat mempengaruhi penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti persepsi dukungan sosial dalam memediasi hubungan strategi koping dan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di masa pandemi Covid-19. Partisipan penelitian berjumlah 684 mahasiswa tahun pertama. Instrumen yang digunakan adalah College Adjustment Questionnaire (CAQ), Coping Flexibility Scale-Revised (CFS-R), dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Pengolahan data menggunakan simple mediation. Hasil menunjukkan hubungan antara strategi koping dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di masa pandemi Covid-19 dimediasi oleh persepsi dukungan sosial dari keluarga (=0.78), teman (=0.60), dan orang penting lainnya (=0.08), p<0.00. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi universitas untuk mengintegrasikan pengembangan keterampilan strategi koping dalam program tahun pertama, serta mendukung hubungan yang positif dan berkelanjutan dengan orang tua, keluarga, dan teman-teman baru yang telah terjalin sebelumnya untuk membantu proses penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama

The Covid-19 pandemic caused changes in the learning system in universities. The implementation of this system entitled Online Distance Learning. Because of the policy, undergraduate students experienced adjustment problems. Coping strategies are important to help with adjustment. Previous studies have shown that coping strategies were related to social support, also can influence the adjustment of first-year students. The purpose of this study was to examine perceptions of social support in mediating the relationship between coping strategies and adjustment of first-year students during the Covid-19 pandemic. The research participants were 684 first year students. The data were collected using The College Adjustment Questionnaire (CAQ), Coping Flexibility Scale- Revised (CFS-R), and The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Data processing using simple mediation. The results show that the relationship between coping strategies and the adjustment of first-year students during the Covid-19 pandemic is mediated by perceived social support from family (=0.78), friends (=0.60), and significant others (=0.08), p< 0.00. The implications of this research could be a consideration for universities to integrate the development of coping strategy skills in the first year program, as well as support positive and sustainable relationships with parents, family, and new friends that have been established previously to help the adjustment process of first year students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>