Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 214683 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diorita Fitrianti
"Kegiatan membaca dan menulis di dalam perpustakaan membutuhkan pencahayaan. Pencahayaan yang baik akan menciptakan kenyamanan bagi pengguna perpustakaan. Pencahayaan juga perlu diatur sedemikian rupa agar tidak merusak keutuhan buku.
Skripsi ini membahas mengenai pencahayaan pada perpustakaan, yang dikhususkan pada area rak penyimpanan buku, area membaca, dan area digital. Pembahasan ini dikaji melalui studi kasus pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau.
Didapati kesimpulan bahwa pencahayaan yang baik dapat dilihat dari minimalnya silau dan bayangan yang tercipta agar tidak mengganggu performa visual pengguna perpustakaan. Penyusunan lampu pada area rak penyimpanan buku dan posisi duduk pengguna perpustakaan pada area membaca dan area digital juga perlu diperhatikan.

Some activity, like reading and writing at library need lighting . A good lighting will create comfort zone for the librarian. Those lighting need to properly arranged so that keep all books from damage and still on good condition.
This mini thesis is discussed about a good lighting system at library, especially for book stacks area, reading area and digital area. This discussion is investigated in each case studies such as National Library of Republic Indonesia and Soeman HS Library at Province of Riau, Indonesia.
The conclusion founded that a good lighting system at library is decreasing glare and shadow to avoid librarian visual perform disturbance. Arranging lamps in book stacks area and sit position of reader in reading area and digital area also need special attention.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52254
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gistya Fiscana
"Penelitian ini membahas tentang manajemen sumber daya manusia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tujuannya untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan, serta kendala-kendala yang ditemui dalam menjalankan manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kualitatif, yaitu studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah dilaksanakan secara terstruktur dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

This research is about human resources management in the national library of Indonesia. The purpose of this research is to review the functions of the human resources management implementation in the national library of Indonesia, from planning, organizing, actuating and controlling, and to find if there are any problems in implementing these functions. This research used qualitative approach and descriptive research methods. This research used case studies as its main strategy. The outcome of this research shows that all the functions of human management in the national library of Indonesia has been excellent and comply with the current procedures."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45964
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Farah Indrianti
"Perpustakaan di zaman ini sudah banyak yang memiliki fungsi lain selain fungsi utamanya yaitu untuk membaca dan belajar. Kedua fungsi tersebut memiliki kebutuhan aural yang berbeda. Untuk itu diperlukan pertimbangan akustik dalam mendesain sebuah perpustakaan. Skripsi ini membahas permasalahan akustik yang sering dirasakan oleh pengguna perpustakaan. Metode yang dilakukan dalam mengetahui permasalahan akustik adalah dengan pendekatan soundscape. Pendekatan ini dilakukan untuk menganalisis persepsi dan pengalaman pengguna pada suatu ruang. Setelah mendapatkan permasalahan akustiknya, dapat dianalisis kriteria akustik yang diperlukan untuk mendesain suatu perpustakaan. Kriteria akustik yang dibutuhkan bagi perpustakaan di era modern adalah dengan mempertimbangkan penggunaan material yang dapat menyerap gelombang bunyi dan susunan tata letak ruang yang dapat memisahkan dua fungsi dengan kebutuhan akustik yang berbeda.

Libraries in this era have many other functions besides their main function, namely to read and study. The two functions have different aural needs. For this reason, acoustic considerations are needed in designing libraries. This thesis discusses acoustic problems that are often felt by library users. The method used to find acoustic problems is the soundscape approach. This approach is used to analyze the user's perception and experience in a space. After finding the problem in acoustic, the acoustic criteria needed to design a library can be analyzed. The acoustic criteria needed for libraries in the modern era is to consider the use of materials that can absorb sound waves and the arrangement of space layouts that can separate two functions with different acoustic needs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aritonang, Esrom
"Skripsi ini membahas tentang karya dan kehidupan Soeman Hs. Memahami kehidupan pengarang Soeman Hs, yang telah menghasilkan beberapa novel, sate buku kumpulan cerpen, dan beberapa sajak, ternyata lebih terfokus pada bidang pendidikan. Kesibukan di bidang ini, menjadi kesibukan utama dirinya sampai di usia lanjut.
Hal ini bukan berarti ia tidak disinggung oleh para kritikus. Berbagai pendapat dilontarkan tentang karyanya. Ada yang menyebutnya jenis cerita detektif, sebagian menyebutnya karya yang dipengaruhi unsur-unsur cerita detektif. Mengenai kedudukannya di sejarah kesusastraan Indonesia, ada yang menggolongkannya angkatan Balai Pustaka, ada yang Pujangga Baru.
Masih terdapat kerancuan untuk memahami Soeman Hs dan karyanya. Oleh karena itu, dibutuhan suatu pengkajian yang mem_beri semacam pemahaman umum bagaimana kehidupan Soeman Hs, apa pendapat kritikus tentang dirinya, bagaimana gambaran utama karya-karyanya, dan kaitannya dengan karya sezamannya. Inilah fokus utama skripsi ini."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S10744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tuty Hendrawati
"Penerapan otomasi di perpustakaan dapat menimbulkan dampak yang sangat luas, terutama pada sistem kerja, perubahan manajerial organisasi, serta tanggapan pegawai, maupun tanggapan pemustaka (Pengunjung dan anggota perpustakaan). Oleh karena itu untuk mengetahui tanggapan dari pegawai perpustakaan Nasional terhadap implementasi Sistem Informasi Integrated Library System (INLIS), maka peneliti termotivasi untuk melakukan kajian penerimaan pegawai Perpustakaan Nasional terhadap penggunaan sistem informasi INLIS. Model yang digunakan pada penelitian ini merupakan penggabungan dari model UTAUT Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ) yang dikembangkan oleh Venkatesh (2003) dengan model integratif multi level abstraksi (Koh et.al., 2010), serta menggabungkan model Task Technology Fit (Zhou et. al., 2010) dan symbolic adoption (Nah et. al, 2004).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan yang dapat mempengaruhi pegawai dalam menggunakan Sistem informasi INLIS. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, yang merupakan hasil dari penyebaran kuesioner kepada para pegawai perpustakaan yang berhubungan langsung dengan Sistem informasi INLIS. Analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS (Analysis of Moment Structure) dan melakukan Analisis Jalur (Path Analysis).
Berdasarkan hasil analisis terhadap model peneltian yang diuji membuktikan bahwa faktor kualitas informasi (Information Quality) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan atas perolehan informasi (Information Satisfaction) sebesar (CR : 9.982 dan P : 0.000), serta Kapuasan perolehan informasi (Information Satisfaction) memiliki pengaruh positif terhadap harapan pegawai atas performa (Performance Expectancy) sistem INLIS sebesar (CR : 8.367 dan P : 0.000). Adapun faktor yang memiliki pengaruh positif secara lansung terhadap mental penerimaan pegawai (Symbolic Adoption) dalam mengadopsi sistem INLIS adalah harapan atas performa sistem INLIS (Performance Expectancy) sebesar (CR : 2.024 dan P : 0.043) dan faktor harapan upaya pengguna sistem INLIS (Effort Expectancy) sebesar (CR : 3.348 dan P : 0.000). Selain itu pula terdapat faktor Technology Characteristic yang memiliki pengaruh positif terhadap Task Technology Fit sebesar (CR : 3.716 dan P : 0.000).

Application of library automation have a very wide effect, especially on a job system, changes in managerial organization, employee responses, and user responses (Visitors and members of the library). Therefore, to determine the response of the National Library employee on the implementation of the Integrated of National Library and Information System (INLIS), the researchers were motivated to conduct a research on a users acceptance of National Library employee on the use of INLIS. The model in this study is a unity of the UTAUT model (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) developed by Venkatesh (2003) with a model of integrative model of multi-level abstractions (Koh et al, 2010), as well as combining a models of Task Technology Fit ( Zhou et. al., 2010) and symbolic adoption (Nah et. al, 2004).
The aims of the study is to determine the acceptance factors that may affect the employee in using INLIS. This study is using a primary data, which is a result of the questionnaires which has distributed to employees who deal directly with INLIS library information system. Analysis of the data using Structural Equation Modelling (SEM) on the program AMOS (Analysis of Moment Structure) and perform Path Analysis.
Based on the analysis of the research that tested, the model proves that Information Quality factor has a positive impact on information satisfaction of (CR : 9.982 dan P : 0.000), as well as Information Satisfaction had a positive influence on employee expectations on Performance Expectancy of INLIS system (CR : 8.367 dan P : 0.000). The factors that have a positive effect on mental of acceptance (Symbolic Adoption) in adopting the INLIS system is the expectation of INLIS performance (Performance Expectacion) (CR : 2.024 dan P : 0.043) and the expectation factors of the users effort of INLIS System (Effort Expectancy) (CR : 3.348 dan P : 0.000). Beside that, the Technology Characeteristic factors has a positive influence on the Task Technology Fit (CR : 3.716 dan P : 0.000).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Ayudyaningsih
"Penelitian ini membahas Perpustakaan Hijau UI dengan fokus pada sistem pencahayaan dan ventilasi alami serta dampaknya terhadap kenyamanan, produktivitas, dan keberlanjutan lingkungan yang dilihat dari sudut pandang pemustaka dan koordinator fasilitas perpustakaan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data berlangsung dari bulan September hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan, aspek kenyamanan psikospiritual dan sosiokultural paling kuat, karena didukung oleh pencahayaan alami di pagi hari. Namun, pencahayaan buatan di sore hari memerlukan perbaikan. Dari sisi ventilasi alami, menjaga sirkulasi udara tetap baik. Tetapi, suhu tinggi pada musim kemarau (29–32°C) mempengaruhi kenyamanan fisik dan lingkungan pemustaka, sehingga kedua aspek ini masih memerlukan peningkatan. Dari aspek keberlanjutan lingkungan, Perpustakaan UI berhasil memenuhi standar bangunan hijau. Namun, perlu ada upaya lebih lanjut dalam pengelolaan suhu, optimalisasi pencahayaan buatan, dan pengelolaan limbah. Kesimpulan penelitian ini adalah, kenyamanan psikospiritual dan sosiokultural memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas pemustaka. Sebaliknya, kenyamanan pada aspek fisik dan lingkungan lemah. Dari perspektif keberlanjutan, Perpustakaan UI telah menerapkan 5 dari 7 standar keberlanjutan yang ditetapkan oleh IFLA.

This study examines the Green Library of UI, focusing on natural lighting and ventilation systems and their impacts on comfort, productivity, and environmental sustainability from the perspectives of library users and facility coordinators. Data were obtained through observations, interviews, and document analysis, using a qualitative research method with a case study approach. Data collection took place from September to December 2024. The findings indicate that psychosocial and sociocultural comfort aspects are the strongest, supported by natural lighting in the morning. However, artificial lighting in the afternoon requires improvement. In terms of natural ventilation, it helps maintain good air circulation. Nevertheless, high temperatures during the dry season (29–32°C) affect the physical and environmental comfort of users, necessitating further enhancements in these areas. Regarding environmental sustainability, the Green Library of UI has successfully met green building standards. However, further efforts are needed in temperature management, artificial lighting optimization, and waste management. The study concludes that psychosocial and sociocultural comfort significantly influence user productivity. Conversely, physical and environmental comfort aspects remain weaker. From a sustainability perspective, the library has implemented 5 out of 7 sustainability standards established by IFLA."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Rasiono
"Skripsi ini membahas tentang layanan perpustakaan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada Perpustakaan Nasional RI yang tentunya berhubungan dengan koleksi dan fasilitas perpustakaan. Latar belakang penelitian ini adalah butir pasal lima ayat tiga Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjelaskan bahwa masyarakat yang memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan dan pewujudan inovasi dalam pembentukan ketersediaan aksesibilitas dan fasilitas dalam bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan bagi seluruh pemustakanya baik yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen,dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan beberapa kendala penting yang dihadapi oleh Perpustakaan Nasional dalam menyediakan fasilitas dan memberikan layanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, antara lain: kebijakan, anggaran, perencanaan gedung, sumber daya manusia, pertimbangan pengembangan, dan pemustaka berkebutuhan khusus itu sendiri.
Sedangkan upaya yang akan dilakukan sebagai inovasi yaitu: Perpustakaan Nasional akan membangun gedung layanan baru sebesar 24 lantai, melakukan sentralisasi perpustakaan dengan menggabungkan sistem layanan terbuka dan tertutup, menyediakan lantai khusus dengan segala koleksi yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, menyediakan lantai khusus dengan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, meningkatkan mutu pelayanan khususnya bagi pemustaka berkebutuhan khusus, dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pustakawan maupun petugas yang ada berkenaan dengan pemustaka berkebutuhan khusus.

This thesis discusses about library services for special needs at the National Library of Indonesia which is certainly related to the collection and library facilities. The background of this research is the point section five, verse three of Undang-Undang 43 of 2007 about the library which explains that people who have disabilities and/or physical, emotional, mental, intellectual, and/or social are entitled to library services which costumized to the abilities and limitations.
The purpose of this study is to understand the planning and realization of innovation in the establishment of the availability and accessibility of facilities in the form of services provided by the library for everyone. The type of research used in this study is a qualitative research with case study strategy. Data collected through interviews, observation, document analysis,and triangulation of data. These results indicate that found some important obstacles faced by the National Library in providing the facilities and providing the services to the library user with special needs, such as: policy, budgets,building planning, human resources, development considerations, and library user with special needs itself.
The efforts or services innovations of National Library are: the National Library will build a new 24 floors buiding, the National Library will conduct a centralization of library services by combining open access and closed access systems, the National Library will provide a special floor for people with special needs, the National Library will provide an education and training for librarians and existing officers, etc.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danang Dwijo Kangko
"Penelitian ini mengenai tanggapan pustakawan dan pemustaka terhadap penerapan Library 2.0 di Perpustakaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan dan pemustaka Perpustakaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia belum siap dalam menerapkan Library 2.0 karena kurangnya pengetahuan mengenai Web 2.0 dan Library 2.0. Ketidaksiapan tersebut membuat penerapan Library 2.0 di Perpustakaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengalami kendala yang berkaitan dengan masalah portal Library 2.0 dan sarana lainnya, sumber daya manusia yang belum memenuhi kriteria Librarian 2.0; kurangnya partisipasi pemustaka; serta perlunya pendanaan yang cukup untuk penerapan Library 2.0.

The focus of this study is how far the implementation between librarian and library user in using Library 2.0 in the Library of the Ministry of Health Republic of Indonesia. This research is qualitative and the data were using study case method. The purpose of this study is to identify several problems in the Library of the Ministry of Health Republic of Indonesia in using Library 2.0 also little information about Web 2.0 and the human resources which is under criteria from using Library 2.0; not enough participation from library user; includes funding to manages Library 2.0."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S294
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Riris Afrida Sesilia
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pustakawan fungsional memberikan layanan rujukan secara bertanggung-jawab yang dipahami dalam konteks etika pustakawan rujukan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukan bagaimana pemahaman pustakawan fungsional dalam memberikan layanan rujukan yang mengacu pada kesadaran terhadap etika pustakawan rujukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pustakawan fungsional memberikan layanan rujukan tetapi pustakawan merasa belum maksimal secara teoritis karena mereka bukanlah pustakawan rujukan yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Republik Indonesia. Pustakawan Fungsional sudah menerapkan etika pustakawan rujukan yaitu membantu pemustaka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan rujukan, menelusurkan informasi dan memberikan bimbingan pemakai kepada pemustaka baru.
Perpustakaan Nasional RI memiliki Pedoman Teknis Layanan Umum, buku ini menjadi dasar bagi pustakawan dalam memberikan layanan rujukan. Tetapi prosedur penelusuran informasi yang berlaku di Perpustakaan Nasional RI menyulitkan pemustaka.

This focus of this research is about how functional librarians provide reference services responsibly which is understood in the context of a reference librarian ethics according to user needs. The purpose of this research is to show how an understanding of the functional librarian in providing a referral service that refers to the awareness of ethical reference librarian. This research used a qualitative approach with case study analysis method.
The results of this study indicate that functional librarians provide reference service, but the librarian was not maximized because they are not theoretically determined reference librarians based on the Decree of the Republic of Indonesia. Functional librarians have applied ethics that reference librarians assist users in answering reference questions, ran user information and provide guidance to new users.
National Library has a Public Service Technical Manual, this book became the basis for the librarian in providing reference services. But the information search procedures which apply in the National Library complicate for the user.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42478
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Agus Iswar
"Tesis ini membahas tentang layanan publik yang ada di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Salemba. Pembahasan meliputi regulasi, tata kelola layanan, dan kualitas layanan itu sendiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepuasan pengguna yang dikemukakan oleh Kotler. Metode yang digunakan adalah LibQual dengan menyebar kuesioner ke 150 responden dengan 22 butir pernyataan. Metode LibQual ini terdiri dari 3 dimensi yang menjadi parameter kualitas layanan, yaitu dimensi affect of service (kemampuan pustakawan), dimensi information control (kemudahan akses informasi), dan dimensi library as place (perpustakaan sebagai sebuah tempat).
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan atau memaparkan variabel yang menjadi objek penelitiannya. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dua sumber yaitu data primer yang diperoleh melalui angket metode simple random sampling dengan jumlah responden 150 orang, dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak pengelola Perpustakaan Nasional RI, observasi di lapangan, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Undang-undang tentang perpustakaan sudah ada meskipun belum sampai pada Peraturan Pemerintah. Meskipun begitu, Perpusnas terus berusaha meningkatkan kualitas layanannya. Hasilnya, pengguna Perpustakaan Nasional RI telah merasa puas terhadap kualitas ruang layanan, keandalan staf, dan akses informasi yang ada.

This thesis study public service in National Library of Republic of Indonesia, Salemba. This studying encourage regulation, service organization, and quality service itself. This one use customer satisfaction theory issued by Kotler. Use LibQual methode by sharing quetionairs to 150 respondens within 22 statements. This methode contains 3 dimensions that become service quality parametres : affect of services (librarian?s attitude & skill), information control (information access amenity) and library as a place.
This research use descriptive approache that describes its research object. Data has taken from 2 sources : primary data that reached by quetionairs with simple random sampling methode to 150 respondens, and secondary data that reached by interview, observation and literature study. This research informs that Act of National Library has not Government Ordinance. Nevertheless, National Library of Republic of Indonesia has been attempting to enhance their services quality. The result, users are satisfied with service quality that courage library room, librarian?s attitude and skill and information access amenity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>