Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120481 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yudi Mulyadi
"PT. TGI merupakan perusahaan pembuatan pompa jenis industri dengan sistem produksi job order. Diperkirakan dimasa yang akan datang permintaan akan pompa akan meningkat. Dengan meningkatnya permintaan pompa tersebut, maka kebutuhan material ataupun komponen-kornponen pompa akan meningkat sehingga diperlukan penanganan material yang baik.
Sistem informasi penanganan material yang dilaksanakan Departemen Logistik/Gudang PT. TGI masih secara manual sehinga untuk menghubungkan dan mengetahui status material didalam departemen terkait dirasakan kurang efektif. Hal ini dikarenakan banyaknya material yang ditangani pada waktu yang bervariasi.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menganalisa proses penanganan material di departemen Iogistik/gudang PT. TGI berdasarkan data yang ada pada perusahaan maupun wawancara langsung. Dari hasil analisa proses tersebut kemudian dirancang sistem informasi manajemen penanganan material di departemen logistik. PT. TGI yang berbasiskan komputer.
Dengan demikian penanganan material di departemen logistik PT. TGI dapat lebih cepat, akurat dan dapat diandakan. Sistem informasi manajemen penanganan material di departemen logistik PT. TGI yang terkomputerisasi ini juga dapat menolong para pengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang ada pada proses penanganan material."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S49922
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihite, Josep Franklin
"PT. DKB merupakan perusahaan pembangunan bangunan baru kapal dengan sistem produksi job order. Diperkirakan dimasa yang akan datang permintaan akan bangunan baru kapal akan meningkat. Dengan meningkatnya permintaan bangunan baru kapal ini, maka kebutuhan material ataupun komponen-komponen kapal akan meningkat sehingga diperlukan penanganan pengadaan material yang baik.
Proses pengadaan material yang dilaksanakan Departemen Logistik PT. DKB belum memiliki peta aliran dan proses dengan baik sehingga jika terjadi kesalahan prosedur atau ketidaktepatan waktu akan sulit untuk diketahui. Disamping itu penanganan sistem informasi pengadaan material masih secara manual sehingga untuk menghubungkan dan mengetahui status material di dalam Departemen Logistik maupun antar departemen yang terkait dirasakan kurang effektif. Hal ini dikarenakan banyaknya material yang diperlukan pada waktu yang bervariasi dan banyaknya perusahaan pemasok serta banyaknya proyek yang ditangani sekaligus pada waktu yang bersamaan.
Pada skripsi ini akan dilakukan pemetaan aliran dan proses yang dilalui dalam pengadaan material berdasarkan data yang ada pada perusahaan, dengan demikian diharapkan pengadaan material bisa lebih efektif dengan didukung adanya sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi. Pemetaan aliran dan proses ini diharapkan menolong para pengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang ada pada proses pengadaan material.
Pemetaan aliran dan proses yang didukung sistem informasi manajemen ini masih sederhana sehingga perlu dikembangkan untuk dapat menangai masalah yang lebih kompleks lagi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49621
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sophan Sophian
"Fungsi pemeliharaan haruslah dianggap sebagai bagian yang terintegrasi dari semua komponen yang ada pada sistem perusahaan, baik dalam rangka kegiatan operasi maupun pelayanan kepada konsumen. Untuk itu diperlukan adanya peningkatan kualitas kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan baik dari segi personil maupun sistem yang dikembangkan. Oleh karenanya diperlukan pembakuan sistem dan prosedur kerja secara menyeluruh sehingga dalam pelaksanaannya dapat lebih terorganisir dengan rapi dan dapat dievaluasi tingkat perkembangannya.
Dalam sistem pemeliharaan yang dilaksanakan di Departemen Engineering PT Texmaco Jaya Pemalang, prosedur kerja yang ada untuk setiap kegiatan hanya mengacu pada pola kerja yang telah biasa dilaksanakan. Tidak adanya sistem dan prosedur yang baku dalam kegiatan pemeliharaan ini mengakibatkan kurang terstrukturnya pola kerja setiap teknisi dalam penanganan suatu masalah yang berkaitan dengan pemeliharaan. Di samping itu manajemen data yang ada, yang diperlukan dalam rangka mendukung kegiatan pemeliharaan ini masih dilaksanakan secara manual dimana hal ini berakibat pada tingkat keefektifan waktu penyediaan informasi yang dibutuhkan.
Berkaitan dengan masalah tersebut di atas, maka penulis mencoba untuk merancang sebuah sistem informasi manajemen pemeliharaan yang diarahkan kepada pelaksanaan TPM (Total Productive Maintenance) sebagai sarana dalam peningkatan kualitas pemeliharaan melalui penentuan standar sistem dan prosedur kegiatan pemeliharaan dengan mengacu pada kondisi yang telah ada. Selain itu sebagai pendukung penyediaan informasi yang dibutuhkan, maka dibuat pula sebuah manajemen database yang terkomputerisasi yang diharapkan mampu menjadi acuan dalam analisa kondisi pemeliharaan secara menyeluruh baik bagi teknisi maupun pihak menajemen perusahaan. Adapun pengolahan data dalam manajemen basis data yang dipakai pada skripsi ini adalah Microsoft Access 97 for Windows 95 dan sistem yang dirancang ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan.
Dengan adanya sistem informasi menajemen pemeliharaan yang dikembangkan ini, maka diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kegiatan pemeliharaan serta kualitas pelaksanaannya yang akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing perusahaan secara umum sehingga mampu bertahan dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat dewasa ini."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49871
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdianto Munir
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36488
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Yunisyah R.
"Peningkatan efektifitas dan efisiensi pada suatu sistem adalah suatu hal yang mutlak harus terus diupayakan agar perusahaan dapat bertahan dan memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu cara peningkatan ini adalah dengan mengevaluasi proses yang terjadi pada sistem saat ini dan merancang sistem yang lebih baik.
Kantor pusat PT CCBI (Coca Cola Bottling Indonesia) menerapkan metode Material Requirements Planning (MRP) untuk melakukan perencanaan pemesanan material agar kebutuhan material bagi masing-masing operation yang dimiliki perusahaan terpenuhi. Tetapi sistem informasi manajemen untuk metode tersebut masih bersifat semi manual sehingga proses yang dilakukan membutuhkan waktu yang lama serta tingkat kesalahan yang lebih tinggi. Kedua hal ini memungkinkan terjadinya perencanaan pemesanan material yang kurang akurat.
Untuk itu dilakukan pemetaan proses untuk mengetahui secara rinci sistem informasi manajemen (seluruh komponen yang terkait untuk membuat keputusan) untuk MRP ini dan hasilnya dianalisis sehingga dapat diketahui hal-hal apa saja yang masih kurang efektif dan efisien pada sistem ini. Setelah itu maka dilakukan perancangan ulang sehingga didapatkan suatu sistem yang memungkinkan penemuan perencanaan pemesanan material menjadi lebih akurat (efektif) dan waktu pengerjaan menjadi lebih cepat (efsien).

Improvement of effectivity and efficiency in a system is something that absolutely have to always be endeavored so that the company could exist and win in business competition. One way to do this improvement is to evaluate processes in the existing system and design a better system.
National Office PT CCBI use Material Requirements Planning (MRP) method to plan material ordering so that material requirements for each operation of the company could be fulfilled. However, the management information system for this method is still semi manual so that there is much time needed to do process in the system and the error possibility is higher. These both factors may cause less accuracy of the material order planning.
To solve the problem above a process mapping to get the detail of the management information system (all of the components involved to making decision) of this MRP is developed and analysed so that ineffective and inefficient process in this system could be known. After that, a redesign is developed to create a system that could make the material order planning more accurate (effective) and the processing time could be faster (efficient).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S50110
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Rio Basa Sesko
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Priawan Djokosoetono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Damayanti
"Along with the development of information technology, when the computer is no longer a luxury thing, it is common for government's institutions to optimize computer's usage to support their operational activities. One of its additional values is to obtain time and energy efficiency, ease and simplicity in organizing internal data for the purpose of increasing their employees' performance. Information technology in E-government field has the capacity in actuating this additional value, with its characteristic for having no limit of time, distance, and territorial border. As one of government institution in educational field, The Center of Education and Training (Pusdiklat), Ministry of Public Works is continually trying to offer additional values in every aspects of its services, such as, increasing operational performance quality and efficiency in organizing Widyaiswara's data. Therefore, Pusdiklat PU took the initiative to develop an application of the web based Widyaiswara's Management Information System (SIMWI) to make it accessible by Widyaiswara in every areas by utilizing the internet connection. In this research, the writer tried to analyze by using the System Development Life Cycle approach to produce SIMWI application design for Pusdiklat PU. From this analysis, it is hoped that the physical form of the application planning will meet the purpose of the E-Government developing project. In the end of this paper, the writer tried to make conclusions and gives recommendations for successful achievement of final objectives of implementing the application in Pusdiklat PU."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Purnomo
"PT. Unindo Jaya (PT. UJ) merupakan perusahaan jasa pemasok (supplier) yang bergerak dibidang penyediaan peralatan mekanik (mechanical), peralatan listrik (electrical), pemipaan, dan peralatan eksplorasi minyak bumi, guna memenuhi permintaan pasar perusahaan minyak yang ada di Indonesia.
Industri jasa memiliki kekhasan yang menentukan sukses atau tidaknya dalam suatu persaingan nanti. Karakteristik yang dimaksud antara lain adalah adanya mutu layanan yang baik, waktu pengiriman produk yang tepat waktu, kesesuaian antara produk dengan permintaan, dan pekerja yang bermotivasi. Ketiga karakteristik terakhir menentukan karakteristik yang pertama. Skripsi dengan judul Rancangan Sistem lnformasi Mancyemen Untuk Departemen Tender Di PT. Unindo Jaya disusun guna membantu terpenuhinya tingkat kehandalan ketiga karakteristik tersebut.
Dengan adanya sistem informasi yang dikembangkan, maka diharapkan tingkat akurasi dalam pengolahan data sebagai pendorong tercapainya tingkat keandalan perusahaan dalam mengamankan waktu pengiriman produk sampai ke tempat tujuan, kesesuaian antara produk dengan yang diminta, dan terpeliharanya motivasi para pekerja.
Sistem informasi yang dikembangkan berisikan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan oleh Kepala Departernen Tender, yaitu :
1. Informasi tentang rincian permintaan produk dari pelanggan, yang meliputi apa produk yang dipesan, durasi waktu yang dibutuhkan, nama produk, jumlahnya, dansebagainya
2. Informasi nilai transaksi
3. Informasi tender yang sedang berjalan
4. lnformasi total biaya permintaan
5. Informasi keuntungan yang diperoleh
Perancangan sistem informasi dilakukan untuk menggantikan sistem manual yang berlaku selama ini, dimana sistem yang ada sudah tidak memadai lagi untuk digunakan terutama bila kondisi frekuensi permintaan-penawaran harga produk yang cukup tinggi.
Pengolahan data dalam basis data dilakukan melalui Sitem Manajemen Basis Data (Data Base Management System, DBMS). DBMS yang dipakai dalam skripsi ini adalah Microsoft Access 97 For Windows 95. sistem yang dikembangkan dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36829
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sianipar, Budhi Rinaldi
"Ketersediaan bahan baku merupakan suatu keharusan bagi sebuah perusahaan agar proses produksi dapat betjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan perusahaan. Untuk menjaga ketersediaan bahan baku. dibutubkan suatu proses pengadaan bahan baku yang optimal, yang dapat dicapai dengan cara menerapkan suatu alur kegiatan pengadaan bahan balm yang efektif, efisien, serta terstruktur dengan baik. Peraneangan alur kegiatan pengadaan bahan baku yang optimal sebaiknya didukung oleh beberapa komponen seperti adanya pengkodean bahan baku, perbitungan tingkat aman persediaan bahan baku, perhitungan jumlah.

According to the company's production planning, material availability is a must to maintain the process of production. Therefore, a company needs an optimum material provisions process, which can be achieved by implementing an effective efficient, and well structured of material provisions workflow. .An optimum materia( provisions workflow should be supported by several important components like the use of material code, minimum stock calculation, material order quantity calculation, and also a computerized Database Management Information System regarding to the material provisions. These components have been confinned to optimize the material provisions process hy decreasing the time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S50140
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>