Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 186065 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ilham Prisgunanto
"katalog Induk Majalah KIM merupakan salah satu sarana penting wakil dokumen majalah sebagai alat bantu di dalam jaringan kerjasama antar perpustakaan. Penulisan skripsi ini bertujuan memberikan gambaran secara deskriptif tentang sikap pustakawan dan staf perpustakaan fakultas di lingkungan UI terhadap KIM pada umumnya dan KIM produk UPT Perpustakaan UI pada khususnya dalam rangka menuju SPUIT (sistem Perpustakaan UI Terpadu).
Penelitian skripsi ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode survai pendapat umum yang menggunakan pengukuran skala sikap (attitude scale). Populasi sasarannya adalah pustakawan dan staf perpustakaan yang berada di bagian majalah dan yang terlibat dalam pembuatan KIM produk UPT Perpustakaan UI. Analisa hasil penelitian ini berasal dari 12 perpustakaan fakultas ditambah satu UPT perpustakaan UI. Responden yang didapat sejumlah 30 orang.
Hasil yang diperoleh secara umum sikap pustakawan dan staf perpustakaan terhadap pelaksanaan KIM adalah positif. Dari empat (4) aspek yang diteliti dapat diuraikan sebagai berikut, aspek pertama pengenalan pustakawan dan staf perpustakaan terhadap pengetahuan KIM secara umum adalah positif, maka dapat dikatakan pustakawan dan staf perpustakaan di lingkungan UI telah mengenal sarana tersebut. Sedangkan untuk pengenalan KIM produk UPT Perpustakaan UI sebanyak 28 responden (93,34%) telah mengetahui. Aspek kedua pengenalan KIM sebagai sarana penunjang SPUIT (Sistem Perpustakaan UI Terpadu) adalah positif. Lebih lanjut aspek ketiga tentang pandangan dan sikap responden terhadap KIM non grafis dan kemungkinan KIM produk UPT Perpustakaan UI dalam bentuk peragaan komputer adalah cenderung positif. Aspek keempat menunjukkan bahwa pustakawan dan staf perpustakaan di lingkungan UI cukup mampu menggunakan KIM produk UPT Perpustakaan Ul yang ada sekarang ini. Dan penelitian ini diketahui bahwa semua pustakawan menginginkan KIM UPT perpustakaan UI dalam bentuk elektronis dan terpasang komputer (online)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
S15367
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bahrul Ulumi
"Bahan-bahan koleksi perpustakaan memerlukan perlindungan fisik maupun perlindungan hukum. Selama ini, perlindungan yang diberikan oleh perpustakaan masih sebatas perlindungan fisik yakni perlindungan untuk tidak merusak fisik bahan-bahan tercetak di koleksi perpustakaan. Sudah saatnya perpustakaan harus melindungi hak cipta karya-karya yang ada dalam koleksi khususnya karya tulis tercetak. Penelitian ini mengg pemahaman pustakawan dan pemustaka mengenai hak cipta, penegakan dan hambatan-hambatan dalam penerapan hak cipta, serta merumuskan saran untuk perbaikan dalam penegakan hak cipta di perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus di Perpustakaan UI dan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pustakawan dan pemustaka belum sesuai dengan yang diamanatkan oleh UUHC tahun 2002. Pemahaman terhadap hak cipta ini tercermin dalam mengeluarkan peraturan terkait penggandaan bahan-bahn di perpustakaan. Perpustakaan mengeluarkan peraturan penggandaan hanya sebatas untuk karya lembaga (institutional repository), sementara peraturan tersebut tidak mengatur koleksi bahan tercetak Iainnya seperti buku ataupun majalah. Berdasarkan penelitian, ada beberapa kendala penegakan hak cipta di Perpustakaan UI dan UNJ yaitu I) kurangnya sosialisasi hukum hak cipta di kalangan pustakawan, 2) tidak ada pendidikan dan pelatihan hak cipta di perpustakaan, 3) pasal-pasal dalam UUHC tahun 2002 yang mengandung pro dan kontra, dan 4) tidak ada kontrol dalam penegakan hak cipta. Saran pemecahan masalah dalam penegakan hak cipta adalah: adanya sosialisasi hak cipta bagi pustakawan maupun pemustaka, pendidikan bagi pustakawan dan pemustaka bahkan pendidikan ini bisa diberikan di bangku sekolah, pengeluaran peraturan mengenai karya cipta tercetak, dan kontrol dalam penegakan hak cipta di perpustakaan.

Library collections require physical protection and legal protection. During this, the protection provided by the library is still a physical protection. It hasn't provided legal protection for printed collection. The library must protect copyright works in the collection, especially printed collection. The research explores librarians and end users' understanding concerning copyright enforcement of constraints in the implementation of copyright, and formulate suggestions for improvements in the enforcement of copyright in the library. This type of research is a qualitative research method with a case study in UI Library and UNJ Library. Results of research show that the librarians and users do not comply with the mandate by UUHC 2002. The librarians and users' understanding of copyright issue is reflected in the regulations related to copyrighted materials in the library. Library regulations issued only for institutional repository, while the regulation does not set a collection of printed materials such as books or magazines. Based on the research, there are some constraints in the enforcement of copyright and UI Library UNJ namely 1) the lack of socialization of copyright law among the librarian, 2) there has not any education and training on copyright in the library, 3) articles in UUHC 2002 containing pro and contra, and 4)thee is no control in copyright enforcement. Problem-solving advice in copyright enforcement are: There must be a socialization of copyright law among librarians and end users, there must be an education or training concerning copyright law for librarians and end users, even this kind of education should be planted among school students, those libraries should release regulations concerning copyright law. There must a control for copyright law enforcement in the library."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T38857
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Halim
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia terhadap layanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Indonesia. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Rumus Persentase dan Skala Sikap Likert. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa sikap mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia terhadap aspek-aspek Iayanan sirkulasi: sistem terbuka (open access) adalah sangat positif; Prosedur keanggotaan perpustakaan, kegiatan browsing (melihat-lihat dan membaca-baca buku di rak), keterangan tentang peraturan layanan sirkulasi, sirkulasi terautomasi, proses peminjaman buku, proses pengembalian buku, cara penggunaan OPAC (Online Public Access Catalog), suasana di ruangan koleksi buku, sikap staf layanan sirkulasi, dan keterampilan staf layanan sirkulasi adalah positif; Jam buka perpustakaan, letak ruang koleksi buku, rambu-rambu petunjuk buku di rak, susunan atau letak buku di rak, lamanya waktu peminjaman buku, jumlah meja dan kursi baca di ruangan koleksi buku adalah cenderung positif; Jumlah uang denda atas keterlambatan pengembalian buku, jumlah katalog komputer (OPAC) adalah cenderung negatif; Jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam adalah negatif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S15171
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irza Rasjid
"ABSTRAK
Penulis tertarik membahas masalah motivasi kerja staf perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia karena menuruf: hemat penulis masalah pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia haruslah menjadi pokok permaslahan utama untuk mendapatkan produktivitas kerja yang maksimal. Dasar teori yang digunakan dalam penelitianti ini adalah teori dari Maslow, yang mengatakan bahwa manusia mempunyai 5 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi dan menurut Moenir 5 kebutuhan dasar ini dapat digunakan untuk memotivasi mereka dalam bekerja.
Yang menjadi permasalahan disini adalah bagaimana sebenarnya kondisi motivasi kerja staf perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia. Untuk itu dalam penulisan skripsi ini harus ditetapkan teriebih dahulu tujuan penelitiannya, yaitu memberikan gambaran mengenai motivasi kerja staf perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia, aspek mana yang paling mempengaruhi mereka dalam bekerja, dan usaha yang telah dilakukan kepala perpustakaan untuk memotivasi stafnya.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif, yaitu bertujuan untuk mengungkap gambaran masalah-masalah yang terjadi atau berlangsung pada saat ini. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah data kualitatif. Untuk analisis data, penulis menggunakan parameter tertentu yang dibuat sendiri oleh penulis berdasarkan buku karangan Masri Singarimbun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja staf perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia adalah tinggi, yaitu 56,86 (51-75 motivasi tinggi). Gaji dipilih sebagai aspek yang paling mempengaruhi mereka dalam bekerja dan kepala perpustakaan telah melakukan tugas mereka untuk memotivasi stafnya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15422
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Jumarlita
"Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana gambaran tingkat kepuasan kerja staf perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia secara umum dilihat dari berbagai aspek pengukuran kepuasan kerja, aspek kerja mana saja yang telah memberikan kepuasan kerja dan aspek mana yang belum memberikan kepuasan kerja dan bagaimana perbedaan tingkat kepuasan kerja diantara staf perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia yang berbeda tingkat pendidikan, status kepegawaian, unit kerja dan masa kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan penyebaran kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama didukung pula oleh wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh staf perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia yang berpendidikan minimal tingkat diploma bidang studi ilmu perpustakaan. Sedangkan metode penarikan sampel yang dipilih adalah total sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar staf perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia menyatakan puas terhadap pekerjaan mereka. Namun, hail tersebut tidak mutlak karena masih terdapat sebagian kecil yang justru menyatakan ketidakpuasannya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata aspek kepuasan kerja yang telah memberikan kepuasan kerja secara keseluruhan yaitu aspek sifat pekerjaan, kepemimpinan atasan dan kondisi kerja (lingkungan fisik), sedangkan aspek yang belum memberikan kepuasan kerja yaitu aspek hubungan antar rekan kerja, kesempatan mengembangkan karir serta aspek gaji dan tunjangan. Tidak terdapat perbedaan kepuasan kerja yang berarti antara staf perpustakaan yang berbeda tingkat pendidikan, status kepegawaian dan unit kerja. Namun berbeda dengan masa kerja atau pengalaman, semakin lama masa kerja semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerjanya secara keseluruhan, terutama pada aspek sifat pekerjaan serta aspek gaji dan tunjangan. Tingkat kepuasan kerja staf perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia yang ada scat ini dapat dikatakan cukup tinggi, tetapi untuk mempertahankan dan meningkatkannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: 1). Perbaikan sistem pemberian gaji dan tunjangan, khususnya pembayaran uang lembur, 2). Dibuatkan suatu aturan atau standar yang jelas yang digunakan untuk semua perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia mengenai job description staf perpustakaan, 3). Staf perpustakaan lebih diikutsertakan dalam rapat-rapat penting dengan para pimpinan yang berkaitan dengan kemajuan perpustakaan, 4). Perlu lebih ditambah pemberian kesempatan berupa beasiswa bagi para staf perpustakaan baik melalui pendidikan formal maupun nonformal seperti seminar atau pelatihan, 5). Hendaknya setiap perpustakaan memiliki peraturan atau kebijakan promosi dan kesempatan mengikuti pelatihan yang jelas dan diketahui oleh seluruh staf perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15258
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Devy Mujar Triandini
"Penelitian ini membahas tentang kompetensi soft skills pustakawan layanan sirkulasi menurut pandangan pemustaka. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut pemustaka kompentensi soft skills pustakawan sirkulasi belum terpenuhi karena kurangnya kemampuan mendengar, kemampuan komunikasi, interpersonal dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka, sehingga dapat disimpulkan masih kurangnya kompentensi pustakawan yang ada pada Perpustakaan Pusat UI. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan perlu melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pustakawan sirkulasi dalam memberikan pelayanan prima kepada pemustaka.

This research discusses about soft skills competencies for librarian staff in the central library of University of Indonesia from thr users poin of view. This is a case study research condicted using qualitative approach. The result of this research indicate that soft skills competency of librarian has not been met because of lack of listening skills communication skills, Interpersonal skills, and customer service. So it can be concluded that librarian in the central library University of Indonesia have lack of competency in giving a service for user. It is suggested that the central library should necesserily conduct soft skills training to increase primarily councluded circulation librarian in order to provide service excellent for user."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T38591
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Debora Eflina
"Skripsi ini mengenai persepsi staf pengajar terhadap tugas dan status pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi di Fakultas Sastra, FISIP dan Fakultas Psikologi-Ul. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap pentingnya perpustakaan fakultas bagi mereka, menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan, persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan, dan kontak/hubungan yang terjadi antara pustakawan fakultas dan staf pengajar di ketiga fakultas tersebut di atas. Teknik pengumpalan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan langsung kepada staf pengajar yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 72 responden yang diteliti, per_sepsi mereka terhadap pentingnya perpustakaan bagi penelitian dan pengajaran mereka cukup baik. Staf pengajar di FS Iebih menghargai koleksi perpustakaannya dibanding staf pengajar di FISIP dan F-Psi. Persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan pada umumnya positif walaupun staf pengajar yang mengerti tugas-tugas seorang pustakawan jumlahnya hanya sebagian dari seluruh responden. Persepsi staf pengajar yang mengerti dan yang tidak mengerti ada perbe-daan tugas pustakawan dan non pustakawan di perpustakaan tidak berbeda jauh, dan staf pengajar di FS dalam beberapa hal lebih mengerti tugas-tugas seorang pustakawan. Persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan pada umwnnya positif, sebagian staf pengajar setuju jika pustakawan memiliki status dan kedudukan yang sama dengan staf pengajar. Staf pengajar yang menyetujui per_samaan status dan kedudukan antara pustakawan dan staf pengajar lebih besar jumlahnya di FS (73,91% staf pengajar FS setuju tentang hal ini). Sebagian be_sar staf pengajar (81,94%) menganggap pustakawan sebagai profesional. Kon_tak/hubungan antara pustakawan dan staf pengajar belum berjalan efektif. Pada umumnya staf pengajar merasa tidak pernah mendapat informasi buku-buku baru di perpustakaan, belum ada kontak dalam Pendidikan Pemakai, dan jarang sekali terjadi kontak dalam hal pemilihan dan pengembangan koleksi dan pembuatan kebijakan untuk perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Riris Widawaty
"
ABSTRAK
Pemilihan buku di perpustakaan perguruan tinggi hendaknya merupakan kerja sama antara staf pengajar dan staf perpustakaan. Staf pengajar ikut dilibatkan dalam hal ini, karena merekalah yang lebih tahu bahan-bahan apa yang dipakai dalam proses belajar mengajar yang seharusnya dimiliki perpustakaan. Dengan mengambil 12 perpustakaan fakultas sebagai sampel, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kerja sama antara staf pengajar dan staf perpustakaan dalam pemilihan buku, masalah-_masalah yang dihadapi perpustakaan dalam melakukan hal tersebut dan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasinya.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengambil sampel secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara berdasarkan pedoman wawancara kepada Kepala dan Staf Pengadaan. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah, secara umum pemilihan buku yang dilakukan merupakan kerja sama antara staf pengajar dan staf perpustakaan yang dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu, staf pengajar mengajukan langsung buku yang telah dipilih kepada staf perpustakaan (FK dan FASILKOM), pemilihan buku yang dilakukan staf pengajar di bawah _
"
1998
S15627
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luluk Tri Wulandari
2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>