Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174996 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Etty Martini
"ABSTRAK
Penelitian mengenai permintaan penelusuran literatur melalui surat telah dilakukan di Pusat Informasi SEAMEO BI0TR0P, Bogor, pada bulan Juli - Nopember 1994. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah permintaan penelusuran literatur melalui surat cukup efektif dan efisien bagi pemakai di luar lembaga SEAMEO BIOTROP dan tinggal di luar kota Bogor. Keefektifan berkaitan dengan ketepatan sedangkan efisiensi menyangkut biaya dan waktu.
Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner yang dikirimkan dengan bantuan jasa pas kepada responden. Kategori dalam penyusunan kuesioner dan penarikan sampel dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa 58% responden menyatakan literatur basil penelusuran sebagian tepat untuk kebutuhannya, 34% menyatakan tepat dan hanya 8% yang tidak tepat. Biaya yang dikeluarkan oleh 40% responden Rp. 10.000 kurang dari Rp. 20.000, 28% kurang dari Rp. 10.0.00, 22% Rp. 20.000 kurang dari Rp. 30.000, 8% Rp. 30.000 - kurang dari Rp. 40.000 dan hanya 2 % Rp. 40.000 - kurang dari Rp.50.000. Mengenai biaya tersebut, 70 % responden berpendapat sedang, 16% berpendapat murah, dan 14% berpendapat mahal. Jangka waktu antara permintaan sampai basil penelusuran diterima oleh 46% responden adalah 1 - kurang dari 2 bulan, 38% kurang dari 1 bulan, 10% 2 kurang dari 3 bulan, 4% 3 bulan - kurang dari 4 bulan dan hanya 2% lebih atau sama dengan 5 bulan. Mengenai jangka waktu tersebut, 48% responden berpendapat sedang, 34% lama dan 18% cepat.
Permintaan penelusuran literatur melalui surat di Pusat Informasi SEAMED BIOTROP sudah cukup efektif dan efisien bagi pemakai di luar lembaga SEAMEO BIOTROP dan tinggal di luar kota Bogor, tetapi untuk lebih meningkatkan layanannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: Pemakaian kembali formulir penelusuran literatur yang diantaranya berisi batasan bahasa, periode waktu, dan jenis bahan pustaka pada surat balasan. Penekanan biaya penelusuran dan fotokopi khususnya untuk para mahasiswa. Mempercepat proses penelusuran dan pengiriman surat balasan. Peningkatan kualitas fotokopi literatur hasil penelusuran.

"
1995
S14941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ernalia Sri Bintang
"Para ilmuwan dalam melakukan suatu penelitian memerlukan hasil penelitian dari ilmuwan lain yang dianggap ahli dalam bidangnya, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian yang dapat mengakibatkan pemborosan waktu dan biaya yang tidak perlu. Untuk mendapatkan informasi ilmiah diperlukan jasa pusat informasi ilmiah yang menyediakan berbagai jasa bagi para ilmuwan untuk mendapatkan informasi ilmiah. Salah satu cara mendapatkan informasi tersebut dilakukan dengan jasa penelusuran literatur. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) menyediakan jasa penelusuran literatur yang didukung oleh sarana yang cukup memadai seperti literatur sekunder yang cukup lengkap dan 9 tenaga penelusur dari berbagai disiplin ilmu yang telah mendapat bimbingan dalam bidang penelusuran. Untuk mengetahui efektivitas hasil penelusuran di PDII, diperlukan suatu penelitian apakah hasil penelusuran dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna dengan cara memesan fotokopi artikel lengkap dari daftar pustaka hasil penelusuran. Dari penelitian diketahui pengguna pada Januari 1988 sampai dengan Desember 1988 yang terbanyak adalah Mahasiswa & Pelajar yaitu 389 (75,53%) dari 515 pengguna. Bidang ilmu yang paling banyak diminta ialah ilmu terapan sebanyak 317 (60,84%) dari 521 permintaan penelusuran. Dari 521 permintaan penelusuran 4 permintaan tidak dilayani karena 2 permintaan dibatalkan pengguna dan 2 permintaan ditolak dan disarankan untuk mencari ke sumber lain karena tidak sesuai dengan misi PDII_-LIPI. Dari 517 hasil penelusuran yang dikirimkan kepada pengguna, diketahui 181 (35,01%) pengguna meminta artikel lengkap dan 336 (64,99%) pengguna tidak memesan dengan rincian alasan: 197 (38,10%) pengguna tidak memberikan alasan; 18 (3,48%) pengguna mengirimkan berita bahwa hasil penelusuran sesuai dengan penelitian yang dilakukan tetapi tidak memesan fotokopi artikel lengkap karena sudah mendapat dari sumber lain; 39 (7,55%) pengguna mengirimkan berita bahwa hasil penelusuran sesuai dengan penelitian yang sedang dilakukan, tapi tidak memesan fotokopi artikel lengkap karena terlalu mahal; 41 (7,93%) pengguna mengirimkan berita bahwa hasil penelusuran sesuai dengan penelitian yang dilakukan, tetapi tidak memesan artikel lengkap karena bahasa asli artikel tidak dimengerti karena dalam bahasa asing; 41 (7,93%) pengguna mengatakan hasil penelusuran menyimpang dan tidak tepat dengan penelitian yang sedang dilakukan, meminta yang lebih tepat dengan memberikan rincian subjek. Kendala yang dihadapi adalah mahalnya biaya pengadaan fotokopi artikel lengkap, dan jangka waktu pemesanan artikel lengkap ke luar negeri cukup lama yaitu antara 2 sampai 3 bulan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titis Sirnani Dritagalih
"Selain merupakan tempat dimana dilakukan kegiatan pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan sirkulasi bahan pustaka, perpustakaan iuga berfungsi sebagai tempat, gedung atau ruangan untuk menyimpan dan memelihara koleksi buku serta bahan pustaka lainnya. Kemajuan dunia percetakan yang menyebabkan terjadinya ledakan informasi, baik dalam bentuk tercetak maupun non tercetak, ternyata mempengaruhi setiap perpustakaan. Akibatnya harus ada penyesuaian dan pengaturan yang baik antara ruang perpustakaan dengan jumlah koleksi. Dalam melakukan perencanaan sebuah ruangan perpustakaan perlu diperhatikan aspek-aspek berikut: bentuk ruang, perabotan, warna dan penerangan, ventilasi, dan akustik. Bentuk ruang yang paling baik, bagi ruang perpustakaan adalah bentuk bujur sangkar dan empat persegi panjang. Kedua bentuk ruang ini memiliki kemudahan dalam penataan ruang, sistem penerangan, dan pola transportasi. Berlokasi di lantai 4 Pusat Informasi KOMPAS menempati ruangan seluas 1260 m2 dengan pembagian ruangan utama, yaitu ruang baca, ruang staf, dan ruang koleksi. Dengan berpedoman pada teori tentang kebutuhan luas ruang untuk tiap pemakai, ternyata ruang baca masih memiliki kelebihan ruangan yang cukup luas. Sehingga masih dapat menampung beberapa meja dan kursi tambahan. Demikian pula halnya dengan ruang staf. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, ruang staf masih memiliki ruangan cadangan untuk kira-kira 10 ruang staf lagi. Ruang koleksi Pusat Informasi KOMPAS yang berukuran 30 m x 17 m, menampung koleksi sejumlah 18.258 judul dengan 18.900 eksemplar. Menurut perhitungan yang dilakukan, ruangan ini menampung buku sebanyak 41 eksemplar/m. Angka ini didapat dengan membagi jumlah total koleksi dengan luas ruangan. Dibandingkan dengan angka yang diberikan dalam teori, ternyata ruangan inimasih dapat menampung kira-kira 5.745 eksemplar lagi. Bila diasumsikan pertambahan koleksi per tahun sebanyak 50 dari jumlah total koleksi maka diperkirakan ruangan ini masih dapat menampung penambahan koleksi sampai dengan kira-kira 6 tahun mendatang."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Irawati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi tentang jasa penyebaran informasi majalah oleh delapan perpustakaan perguruan tinggi negeri yang menjadi Pusat Layanan Disiplin Ilmu (Pusyandi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi yang menjadi Pusyandi, yaitu UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, UPT Perpustakaan Universitas Gajah Mada, UPT Perpustakaan Universitas Airlangga, UPT Perpustakaan IPB, UPT Perpustakaan ITB, UPT Perpustakaan ITS, UPT Perpustakaan IKIP Bandung, dan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yaitu pertama, wawancara tidak berstruktur terhadap kepala UPT Perpustakaan dan atau Kepala Bagian Layanan Majalah. Cara kedua yaitu pengumpulan data tertulis dari perpustakaan yang diteliti dan dokumen terbitan UKKP yang berhubungan dengan Pusyandi. Teknik analisis data yang dipakau dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan data yang di peroleh, diketahui bahwa koleksi majalah ilmiah berada di UPT Perpustakaan dan perpustakaan fakultas/jurusan. UPT perpustakaan telah memperoleh sejumlah majalah ilmiah terbitan luar negeri dari Dirjen Pendidikan Perguruan Tinggi (DIKTI) dan telah menyebarkan informasi majalah kepada perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Hanya UPT Perpustakaan UI, UNAIR, dan ITB yang menyatakan sanggup melanjutkan informasi tidak ada keseragaman dari biaya dann prosedur pelayanan. Pemanfaatan jasa penyebaran informasi oleh pemakai di luar lingkungan responden belum maksimal. Dari penelitian ini terungkap bahwa belum ada koordinasi antara UPT Perpustakaan dengan perpustakaan fakultas/jurusan dan juga perpustakaan perguruan tinggi lain di Indonesia, serta terdapat masalah kekurangan tenaga staf perpustakaan dan anggaran pengadaan majalah. Pusyandi belum berjalan seperti yang diharapkan.

"
1996
S15424
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulis Indiarto
"ABSTRAK
Penelitian ini berusaha mengetahui pemanfaatan layanan 'online' Pusdata Depperin yang difokuskan pada sudut pandang pemakai. Selain itu penelitian ini bertujuan menggambarkan kebutuhan pemakai Pusdata Depperin dan berusaha mengetahui kesesuaian antara kebutuhan informasi pemakai dengan informasi yang diberikan.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian survei. Pengumpulan datanya dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak kepada 95 responden yang merupakan anggota jasa layanan 'online', selain itu dilakukan juga wawancara kepada staf Pusdata Depperin. Hasil penelitian ini diolah dengan tabulasi frekuensi berjumlah 16 buah tabel, 2 diantaranya merupakan tabel silang. Setelelah data tersaji dalam bentuk tabel, kemudian data dianalisa guna pengambilan kesimpulan dengan menggunakan rumus persentase dan parameter untuk penafsiran nilai persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pemakai jasa 'online' adalah dari kalangan mahasiswa yang bukan merupakan target utama pemakai Pusdata. Selain itu sebagian besar pemakai dari kalangan mahasiswa tersebut menggunakan jasa layanan ini hanya untuk keperluan hiburan dan coba-coba. Sedangkan pemakai dari kalangan usahawan yang juga merupakan target utama telah menggunakan jasa ini untuk membantu tugas pekerjaanya.
Informasi mengenai jasa layanan 'online' Pusdata lebih banyak diketahui secara lisan dari teman. Ini berarti promosi yang dilakukan Pusdata belum maksimal, sehingga target utama pemakai dari Pusdata kurang terjaring. Tingkat keberhasilan pemakai dalam menemukan informasi masih belum maksimal, karena masih banyak pemakai yang merasa kadang-kadang saja menemukan informasi yang mereka cari. Jasa layanan yang diberikan oleh Pusdata secara terpasang ini sangat membantu mengurangi hambatan ruang dan waktu, sehingga pemakai merasa lebih praktis dalam mencari informasi. Namun dari data yang terkumpul dan dari jadwal pemutakhiran data dapat disimpulkan informasi yang disediakan dari Pusdata kurang mutakhir.

"
1995
S15705
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina L. Aprijanti
"Penelitian ini dilakukan selama enam bulan. Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan keperluan informasi para peneliti PUSLITTANAK Bogor, menggambarkan faktor-faktor yang menyebabkan para peneliti jarang memanfaatkan koleksi perpustakaan, dan memaparkan perilaku serta cara-cara peneliti memperoleh sumber-sumber informasi, dan pandangan mereka terhadap jasa informasi yang diselenggarakan PUSLITTANAK. Pada penelitian ini digunakan metode survei perpustakaan dan metode penumpulan data dengan care kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 33 orang peneliti, sedangkan jumlah peneliti di PUSLITTANAK 74 orang. Cara penyusunan kuesioner dan pemilihan sarnpel dijelaskan. Hasilnya menunjukkan bahwa informasi dari segi bentuknya yang banyak diperlukan diperoleh dari majalah ilmiah, sedangkan dari segi subjeknya informasi yang paling banyak diperlukan adalah tentang pemetaan tanah. Cara peneliti memperoleh informasi yang diperlukan adalah dengan mengunjungi perpustakaan di Iuar PUSLITTANAK. Perpustakaan yang paling sering dikunjungi para peneliti tersebut adalah PUSTAKA di Bogor. Selain itu juga dengan melakukan surat menyurat dengan para ahli atau lembaga baik di dalam maupun di Iuar negeri. Sedangkan faktor yang menyebabkan peneliti jarang memanfaatkan koleksi perpustakaan perpustakaan tersebut adalah karena belum dikenalnya semua jasa yang diberikan oleh perpustakaan PUSLITTANAK, selain itu perpustakaan juga kurang aktif memberikan penerangan mengenai jasa-jasa layanan yang dilakukan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosa Gitaria
"Penelitian mengenai fungsi dan peranan Pusat Infor_masi Nasional (PIN) dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan PIN, apa_kah sudah dilaksanakan sesuai dengan fungsi dan peranannya sebagai pusat informasi pembangunan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, penga_matan langsung, pencatatan jumlah pertanyaan yang diterima PIN, dan penyebaran kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa PIN tidak melaksanakan fungsi dan peranannya sebagai pusat informasi pembangunan dengan baik. PIN sedang mengalami masa kritis. Saran (solusi) yang diajukan berupa 2 alternatif. Pertama, membenahi PIN secara total dan yang kedua adalah membubarkannya. Keputusan yang diambil untuk menentukan alternatif mana yang akan dipilih harus berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang benar-benar matang agar tidak timbul masalah di kemudian hari."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15552
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiastuti
"Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui penilaian responden terhadap layanan kliping elektronik Kompas yang digunakan di perpustakaan tersebut, (2) mengetahui tingkat kepuasan pemakai terhadap berbagai aspek pelayanan, (3) mengetahui produk dari kliping elektronik berupa basil temuan dan waktu penelusuran yang diberikan, (4) mengetahui jenis/kelompok pemakai yang menggunakan jasa layanan kliping elektronik Pusat Informasi Kompas. Penelitian dilakukan dengan cara evaluasi karena dengan cara ini dapat diketahui berbagai fenomena yang terjadi pada pelayanan. Subjek penelitian adalah pemakai layanan kliping elektronik pada pangkalan data Kompas, yang datang Iangsung untuk menggunakan jasa layanan ini. Data yang dikunipulkan dengan metode angket dianalisis dengan menggunakan parameter intepretasi data. Saat ini PIK menyediakan layanan informasi berupa kliping manual, kliping elektronik, biodata, hokum, dan microfilm Kompas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai jasa layanan kliping elektronik adalah mahasiswa dengan tujuan untuk mencari bahan togas/penelitian. Secara umum penilaian terhadap aspek Iayanan kliping elektronik Kompas adalah positif, Dari 20 aspek yang diteliti, kecenderungan penilaian negatif hanya terdapat pada aspek penggunaan kata kunci dan jumlali komputer dalam menggunakan Iayanan kliping elektronik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S14854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wardhani Kusumawati
"Penelitian mengenai peran perpustakaan telah dilakukan di Perpustakaan Pusat Bank Indonesia, pada bulan November 1994 dan Desember 1994. Tuiuannya ialah untuk memperoleh gambaran seberapa besar peran Perpustakaan Pusat Bank Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi staf/karyawan. Urusan Ekonomi dan Statistik dan Urusan Sumber Daya Manusia Bank Indonesia, macam jasa yang diberikan, dan sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan Pusat Bank Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara penyusunan kuesioner dan pemilihan sampel dijelaskan. Data populasi penelitian diperoleh dari Kepala Seksi Perpustakaan Bank Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 84,15% menyatakan Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dengan jasa-Jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka, 95,12% responden menyatakan bahwa Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dapat menunjang tugas/pekerjaan mereka sehari-hari. Jasa peminjaman adalah jasa yang paling sering dimanfaatkan oleh 73% responden. Sumber-sumber informasi yang biasa digunakan adalah buku dan majalah berita. Perpustakaan Pusat Bank Indonesia sudah cukup bermanfaat dan cukup berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi staf/karyawan, tetapi untuk meningkatkan pemanfaatan dan peranannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut : (1) Komputerisasi sarana pelayanan dan sistem temu kembali secara terpasang. (2) Peningkatan kualitas staf perpustakaan, terutama dengan penambahan tenaga pustakawan profesional. (3) Penyiangan koleksi secara teratur, untuk koleksi yang sudah usang dan tidak relevan. (4) Perluasan ruang perpustakaan. (5) Pembuatan katalog induk, untuk mengetahui semua koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik perpustakaan pusat maupun. (6) Perpustakaan mini di kantor cabang dan perpustakaan kantor perwakilan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Dhiani
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>