Ditemukan 4068 dokumen yang sesuai dengan query
Goode, William J.
New York: Prentice-Hall, 1964
308.8 GOO f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Harmondsworth, Middlesex: Penguin Education, 1973
306.85 SOC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Thomlison, Barbara
Australia : Brooks/Cole Thomson Learning, 2002
362.82 THO f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Alissa Dian Bratajaya
"Family caregiver bagi lansia dengan demensia sangat rentan terhadap stress. Family caregiver seringkali tidak mengetahui apa yang sedang mereka hadapi dan mengalami kebingungan dalam menghadapi pasien mereka sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari keluarga. Skripsi ini bertujuan untuk melihat peran anggota keluarga dalam melakukan perawatan untuk lansia dengan demensia dan bentuk dukungan yang diberikan untuk family caregiver. Peneliti menggunakan metode etnografi dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap dua keluarga dengan lansia penderita demensia. Skripsi ini menggambarkan perjuangan family caregiver dalam melakukan perawatan untuk pasien mereka. Penelitian ini menemukan bahwa keluarga seringkali tidak menyadari kebutuhan dari family caregiver dan cenderung membiarkan family caregiver untuk melakukan perawatan dengan dukungan sosial yang minim. Dukungan sosial yang diterima oleh family caregiver dapat berbentuk dukungan emosional, kognitif, dan material, meskipun dukungan tersebut tidak selalu dapat diterima oleh caregiver. Dukungan-dukungan tersebut tidak selalu dibutuhkan oleh caregiver karena masing-masing individu memiliki situasi dan kondisi yang berbeda. Keluarga harus dapat memahami situasi dan kondisi yang dihadapi oleh family caregiver agar dapat memberikan dukungan yang tepat.
Family caregivers for elders with dementia are susceptible with stress. Family caregiver often unaware with what they face and come through confusion in dealing with their patient, therefore they needs support from various parts, and one of them is from their families. This thesis aims to see the role of family members on treatment for elderly with dementia and their support for family caregiver. The researcher uses ethnographic methods with interviews and observation on two families with elder with dementia. This thesis describe family caregiver’s struggle on their journey for give treatment and care for their patient. From this research, the researcher find that families are often not aware of the family caregiver’s need and tend to let family caregiver do treatment and care on their own without or with minimal amount of support. Social support that they receives are in the form of emotional support, cognitive support, and material support, although those support are not always acceptable for the caregiver. Not all of the supports that given to them are something they need because each individual has different situation and condition. In order to be able to provide appropriate support, family members must be able to understand the situations and conditions faces by family caregiver."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Newbury Park: Sage Publications, 1988
362.82 VAR
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Hartman, Ann
London: Sage, 1979
362.734 HAR f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Goode, William J.
Jakarta: Bina Aksara, 1991
306.85 GOO S
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Goode, William J.
Jakarta: Bumi Aksara, 1991
306.85 GOO s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Anya Fazahra
"Penelitian ini membahas tentang hubungan antara self-efficacy dan dukungan sosial keluarga dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia. Mahasiswa selama bertahun-tahun melalui berbagai tahapan dalam studinya. Pada tahap akhir, mahasiswa memiliki kewajiban untuk membuat karya tulis ilmiah berupa tugas akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Dalam penyusunan tugas akhir, proses-proses yang perlu dilalui, mulai dari perencanaan, pelaksanaan penelitian, analisis data penelitian, hingga penulisan tugas akhir menjadi hal yang cukup menyita waktu dan menguras tenaga mahasiswa. Untuk menghadapi situasi ini, mahasiswa perlu memiliki keyakinan akan kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas akhir dan penguatan yang diperoleh dari orang- orang terdekat, seperti keluarga. Penelitian ini dilakukan pada rentang waktu dari bulan Februari–Juni 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei dengan mendistribusikan pertanyaan dalam bentuk kuesioner kepada sampel. Sampel ditarik dengan teknik total sampling dan data berhasil dihimpun dari total delapan puluh (80) orang responden yang merupakan mahasiswa tingkat akhir Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia. Uji korelasi Kendall's tau-b dilakukan untuk menganalisis data yang menghasilkan adanya hubungan positif yang signifikan antara variabel self-efficacy dan variabel resiliensi akademik. Dengan menggunakan metode yang sama, hasil analisis dari variabel dukungan sosial keluarga dan variabel resiliensi akademik tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa self-efficacy memiliki peran dalam tingkat resiliensi akademik mahasiswa tingkat akhir Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia. Sedangkan, dukungan sosial keluarga tidak menjadi faktor yang memprediksi tingkat resiliensi mahasiswa tingkat akhir Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangsih tidak hanya pada aspek akademis, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam rencana intervensi untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa tingkat akhir.
This research discusses the relationship between self-efficacy and family social support and academic resilience in final year students of the Bachelor Program of Social Welfare, University of Indonesia. Undergraduate students pursue higher education for years by going through various stages in their studies. At the final stage, students have the obligation to write a scientific paper in the form of a final assignment as one of the graduation requirements. In creating the final assignment, the processes that need to be gone through, starting from planning, conducting research, analyzing research data, to writing the final assignment are quite time-consuming and exhausting for the students. To face this situation, students need to have efficacy in their abilities to complete their final assignments and receive reinforcement from those closest to them, such as family. This research was conducted over the period from February to June 2024. This research uses a quantitative approach and uses a survey method by distributing questions in the form of a questionnaire to the sample. The sample was drawn using a total sampling technique and data was collected from a total of eighty (80) respondents who were final year students of the final year students of the Bachelor Program of Social Welfare, University of Indonesia. The Kendall's tau-b correlation test was carried out to analyze data which resulted in a significant positive relationship between the self-efficacy variable and the academic resilience variable. Using the same method, the results of the analysis of the family social support variable and the academic resilience variable did not show significant results. These findings indicate that self-efficacy has a role in the level of academic resilience of final year students of the Bachelor Program of Social Welfare Studies, University of Indonesia. Meanwhile, family social support is not a factor that predicts the level of resilience of final year students of the Bachelor Program of Social Welfare Studies, University of Indonesia. The results of this research can be a contribution not only to the academic aspect but can also be applied in intervention plans to increase the academic resilience of final year students."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Melani Lutfiana
"Angka pengangguran pada lulusan perguruan tinggi menjadi salah satu masalah yang dapat menyebabkan terjadinya krisis seperempat abad jika tidak ditangani dengan serius. Jika dilihat dari usia, lulusan perguruan tinggi termasuk pada kategori usia dewasa awal. Krisis seperempat abad merupakan sebuah krisis yang dialami oleh seorang individu ketika mereka memasuki usia dewasa awal, yang terjadi pada rentang usia 18 hingga 29 tahun. Apabila krisis ini dibiarkan secara berlanjut, maka akan berdampak pada kesehatan mentalnya. Krisis ini dapat diminimalisir salah satunya dengan memberikan dukungan sosial keluarga, sebagai lingkup terdekat individu. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat krisis seperempat abad dan dukungan sosial keluarga, serta untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat krisis seperempat abad pada lulusan perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2024 dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan skala Quarter Life Crisis yang sudah dimodifikasi, dan Social Support Network Scale (SSNS) sebagai alat ukur. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui media komunikasi WhatsApp, Instagram, dan Twitter. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang merupakan lulusan perguruan tinggi di wilayah Jakarta lulusan tahun 2023-2024. Berdasarkan hasil temuan, mayoritas lulusan perguruan tinggi di wilayah Jakarta periode tahun 2023-2024 memiliki tingkat dukungan sosial keluarga pada kategori sedang, dan memiliki tingkat krisis seperempat abad pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat krisis seperempat abad dengan arah hubungan keduanya adalah positif dengan kekuatan hubungan lemah.
The unemployment rate among college graduates is one of the problems that can cause a quarter-life crisis if not handled seriously. When viewed from age, college graduates are included in the early adulthood category. A quarter-life crisis is a crisis experienced by an individual when they enter early adulthood, which occurs between 18 and 29. If this crisis is allowed to continue, it will have an impact on their mental health. This crisis can be minimized, one of which is by providing family social support, as the individual's closest circle. Therefore, this study aims to determine the level of quarter-life crisis and family social support, as well as to determine the relationship between family social support and the level of quarter-life crisis in college graduates. This study was conducted in June 2024 using a quantitative method. The sample in this study used the nonprobability sampling method with the convenience sampling technique. This study uses a modified Quarter Life Crisis scale, and the Social Support Network Scale (SSNS) as a measuring tool. Data collection was carried out by distributing questionnaires through WhatsApp, Instagram, and Twitter communication media. The respondents in this study were 150 people who were college graduates in the Jakarta area graduating in 2023-2024. Based on the findings, the majority of college graduates in the Jakarta area for the period 2023-2024 had a level of family social support in the moderate category and a level of quarter-life crisis in the moderate category. The study results showed a relationship between family social support and the level of quarter-life crisis with the direction of the relationship between the two being positive with a weak relationship strength."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library