Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4402 dokumen yang sesuai dengan query
cover
McGrath, Rita Gunther
Boston: Harvard Business School Press, 2000
658.4 MCG e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
McGrath, Rita Gunther
Boston: Harvard Business School Press, 2000
658.4 MCG e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Syahrani Amrullah
"Selaras dengan kebutuhan dan perkembangan industri digital dalam era globalisasi ini, aspek teknologi informasi dan komunikasi dinilai banyak manfaat di berbagai bidang, perkembangan ini tidak terlepas dari peran kepemimpinan entrepreneurial . Model kepemimpinan entrepreneurial (entrepreunerial leadership) sering diabaikan oleh perusahaan terutama petahana, karena efek inersia. Seiring perusahaan tumbuh besar, mereka cenderung berhadapan dengan kekuatan inertia (Tornatzky dan Fleischer 1990). Penelitian ini dilakukan di PT Telekomunikasi Indonesia yang merupakan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah dan sebagai incumbent pada industri telekomunikasi telah banyak melakukan inovasi, namun kemampuan untuk mengembangkan inovasi tersebut masih rendah. Faktor yang mempengaruhi antara lain kepemimpinan entrepreneurial  merupakan kemampuan untuk memerankan sumber daya pengelolaan lainnya untuk mencari peluang dan mencari keuntungan (Ireland, 2003), kapabilitas inovasi dan pada gilirannya kinerja inovasi itu sendiri. Untuk memperoleh kinerja inovasi yang baik, perusahaan memerlukan kepemimpinan entrepreneurial  yang didukung oleh kapabilitas inovasi. Temuan utama penelitian ini menunjukkan kepemimpinan entrepreneurial berpengaruh dalam pembentukan kapabilitas inovasi dan pada performa inovasi perusahaan, terutama perusahaan petahana. Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep kepemimpinan entrepreneurial dan secara manajerial memberikan arah kepada manajer dalam menerapkan kepemimpinan entrepreneurial. Dengan demikian tingkat manajerial dapat menstimulasi terciptanya kapabilitas inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja inovasi perusahaan. Penelitian ini menguji hipotesisnya dengan menggunakan SEM PLS.

In line with the needs and developments of the digital industry in this era of globalization, information and communication technology aspects are valued for many benefits in various fields, this development is inseparable from the role of entrepreneurial leadership. The entrepreneurial leadership model (entrepreneurial leadership) is often overlooked by companies especially incumbent, as it focuses on mining old business. One industry that is expected to have competitiveness is the telecommunications industry. PT Telekomunikasi Indonesia, which is a state-owned telecommunications company and as an incumbent in the telecommunication industry has made many innovations, but the ability to develop innovation is still low. Factors that influence, among others, entreurpreneurial leadership are the ability to portray other management resources to seek opportunities and seek profit (Ireland, 2003), innovation capabilities and in turn innovation performance itself. To achieve good innovation performance, companies need innovative capabilities supported by business strategy and organizational capability in strategically managing human resources and knowledge. The main purpose of this research is to explain the link between entrepreneurial leadership, innovation capacity, and innovation performance. It is expected that this research has theoretical and managerial contribution, to know the entreurpreneurial leadership relationship through innovation capability to innovation performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52138
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Muhajir
"Tesis ini akan mendeskripsikan peran kepemimpinan kewirausahaan dan gaya kepemimpinan yang terintegrasi pada Purna PSP3 dalam pembangunan ekonomi di pedesaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan case study dengan tehnik wawancara mendalam dan observasi. Hasil Analisis ditemukan bahwa gaya kepemimpinan kewirausahaan yang terintegrasi pada Purna PSP3 Desa Cempaka dengan a Gaya kepemimpinan tranformasional, b Gaya Kepemimpinan berorientasi tim, dan c Gaya kepemimpinan berbasis nilai value . Kepemimpinan kewirausahaan oleh purna PSP3 Desa Cempaka dengan aspek pengambilan risiko, visioner, inovasi, pro-aktif dan kreatifitas dan kepemimpinan kewirausahaan memiliki peran penting dalam manajerial usaha yang berkembang terutama dalam meningkatkan ekonomi desa dalam memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya dengan melibatkan sumber daya manusia dalam menjaga stabilitas dan pembangunan ekonomi desa.

This thesis will describe the role of entrepreneurial leadership and leadership styles are integrated on PSP3 graduate in economic development in rural areas. The method used in this research is qualitative method with case study approach with in depth interviews and observation techniques. Analysis founded that the entrepreneurial leadership style are integrated in PSP3 graduate at Cempaka village with a Transformational leadership style, b Team oriented leadership style, and c Value based leadership style. Entrepreneurial leadership by PSP3 graduate at Cempaka village with aspects of risk taking, visionary, innovative, pro active and creative. Entrepreneurial leadership has an important role in managerial thriving business, especially in improving the rural economy in exploiting the natural resources it has to involve human resources in maintain stability and rural economic development."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisafira Lintang Lestari
"

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial learningdan social supportterhadap entrepreneurial intentionpada mahasiswa yang telah mempelajari mata kuliah entrepreneurship di Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari tiga perguruan tinggi tersebut dengan total sampel sebanyak 165 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda hierarkis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari entrepreneurial learning dan social support terhadap entrepreneurial intention dan dimediasi oleh theory of planned behavior yang terdiri dari attitude towards entrepreneurship,subjective norms, dan perceived behavioral control.


This study aims to determine the effect of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention in students who have studied entrepreneurship courses at Bogor Agricultural University, Bandung Institute of Technology, and University of Indonesia. The data collection technique used was a survey by distributing questionnaires with a total sample of 165 respondents. Hypothesis testing is done by using hierarchical multiple regression analysis. The results of this study indicate that there is a significant influence of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention and is mediated by the theory of planned behavior consisting of attitude towards entrepreneurship, subjective norms, and perceived behavioral control.


 

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasia Putri Astiningsih
"Saat ini, perekonomian Indonesia cukup diuntungkan dengan semakin berkembangnya perusahaan rintisan dari berbagai sektor usaha. Namun, perusahaan rintisan juga mengalami beberapa permasalahan, salah satunya tingginya tingkat turnover karyawan. Fenomena ini dapat berawal dari adanya intensi karyawan untuk berpindah pekerjaan dan keluar dari perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat intensi turnover karyawan yaitu kepemimpinan kewirausahaan serta tingkat komitmen afektif yang dimiliki oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hubungan antara kepemimpinan kewirausahaan dengan intensi turnover yang dimediasi oleh faktor komitmen afektif yang dimiliki oleh karyawan generasi Z. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 137 karyawan generasi Z yang bekerja di perusahaan rintisan, Instrumen yang digunakan adalah ELQ, Turnover Intention Scale, dan Skala Komitmen Afektif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis mediasi sederhana model 4 dengan software program PROCESS Hayess SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan tidak langsung (indirect effect) yang signifikan antara kepemimpinan kewirausahaan, komitmen afektif, dan intensi turnover (c = -0.122, p < 0.01) dan hubungan langsung (direct effect) yang signifikan antara kepemimpinan kewirausahaan dan intensi turnover (c’ =-0.131, p < 0.01). Oleh karena itu, komitmen afektif dapat berperan sebagai mediator secara parsial pada pengaruh kepemimpinan kewirausahaan terhadap intensi turnover.

At present, the Indonesian economy is quite benefiting from the growing development of startups from various business sectors. However, start-up companies also experience several problems, one of which is high turnover rates employees. This phenomenon can originate from the intention of employees to change jobs and leave the company. There are several factors that can affect the level of turnover intention employees, namely entrepreneurial leadership and the level of affective commitment possessed by employees. This study aims to describe the relationship between entrepreneurial leadership and turnover intention which is mediated by affective commitment factors owned by generation Z employees. The number of participants in this study were 137 generation Z employees who worked in startup companies. The instrument used was ELQ, Turnover Intention Scale, and the Affective Commitment Scale. The analysis technique used in this study is a simple mediation analysis technique model 4 with software the PROCESS Hayess SPSS program. The results showed that there was an indirect relationship (indirect effect) significant relationship between entrepreneurial leadership, affective commitment, and turnover intention (c = -0.122, p < 0.01) and a direct relationship (direct effect) significant relationship between entrepreneurial leadership and turnover intention (c’ = -0.131, p < 0.01). Therefore, affective commitment can act as a mediator partially on the effect of entrepreneurial leadership on turnover intention."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Syaiful Panigoro
"Pentingnya pekerja migran bagi perekonomian Indonesia dapat dilihat dari banyaknya remitansi yang diberikan oleh mereka selama bekerja di luar negeri. Namun, ketika mereka kembali ke Indonesia, sangat sedikit yang menggunakan pendapatan mereka saat bekerja di luar negeri untuk memulai bisnis di kampung halaman mereka. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh yang paling signifikan bagi pekerja migran pasca kerja untuk mulai berwirausaha di kampung halamannya. Untuk mengetahui pengaruh opportunity recognition dan entrepreneurial self-efficacy terhadap intensi berwirausaha para mantan pekerja migran Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran moderasi subjective norms dan perceived behavioral control terhadap hubungan antara opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha. Data dikumpulkan dari 302 responden para mantan pekerja migran Indonesia yang tinggal di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada Juni 2020. Analisis regresi hierarki digunakan untuk menguji efek moderasi dan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opportunity recognition berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha, tetapi entrepreneurial self-efficacy tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha. Di sisi lain, subjective norms memiliki pengaruh terhadap hubungan antara opportunity recognition dan intensi berwirausaha. namun tidak untuk entrepreneurial self-efficacy. Sedangkan perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh terhadap hubungan antaraopportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha.

The importance of migrant workers to the Indonesian economy can be seen from the number of remittances given by them while working abroad. Still, when they return to Indonesia, very few use their income while working abroad to start a business in their hometown. This study will analyze the most significant influences for post migrant workers to start becoming entrepreneurs in their hometowns. To investigate the impact opportunity recognition and entrepreneurial self-efficacy on entrepreneurial intention of former Indonesian migrant worker. This paper also examines the moderating role of subjective norms and perceived behavioral control. Data were collected from 302 respondents of post Indonesian migrant worker at West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara in June 2020. Hierarchical regression analysis was used to test the moderating effect and the proposed hypotheses using SPSS software. The result showed that opportunity recognition show a significant positive impact on entrepreneurial intention, but entrepreneurial self-efficacy does not show a impact on entrepreneurial intention. On the other hand, subjective norms have an influence on the relationship between opportunity recognition and entrepreneurial intentions. but not for entrepreneurial self-efficacy. Meanwhile, perceived behavioral control has no effect on the relationship between opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosari Sariasih
"ABSTRAK
Dalam kondisi lingkungan dinamis dan cenderung turbulent, perusahaan harus
bertahan dan memimpin pasar dengan sustainable competitive advantage.
Dikarenakan turbulensi, perubahan pasar semakin sengit, cepat dan terkadang
unpredictable. Dengan demikian, perusahaan memerlukan tingkat market
orientation yang tinggi untuk memahami pasar. Secara internal, seluruh anggota
perusahaan perlu mengembangkan Entrepreneurial Attitude Orientation yang
seringkali dianggap hanya ada di perusahaan start ups. EAO dapat pula muncul di
perusahaan besar dalam bentuk yang berbeda. Interface kewirausahaan dengan
pemasaran dikenal dengan Entrepreneurial Marketing (EM). Ada dugaan bahwa
tingginya kadar MO dan tingginya EAO akan mengakibatkan EM yang tinggi
pula. Penelitian ini dimaksudkan menggali hal tersebut.

ABSTRACT
In dynamic and turbulent environment, company needs to survive and lead the
market by achieving sustainable competitive advantage. Due to the turbulence,
changes in market become severe, faster, and sometimes unpredicted. Thus,
company needs a high market orientation to understand the market. Internally, all
company members need to improve Entrepreneurial Attitude Orientation which is
often misinterpreted to apply only in startup business ventures. EAO might appear
in big companies, in different forms. The interface between entrepreneurial and
marketing is known as Entrepreneurial Marketing (EM). It is suspected that higher
MO and EAO level will impact on higher EM. This research intends to dig this
matter."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T34710
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggraeni Asha Haryanto
"Entrepreneur dengan passion dianggap lebih sukses dibandingkan yang tidak memilikinya (Baum & Locke, 2004; Cardon, Zietsma, Saparito, Matherne, & Davis, 2005; Moses, 2001). Dengan adanya passion dapat memberikan individu rasa senang dan kesanggupan untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai secara sepenuh hati. Dengan adanya entrepreneurial passion, entrepreneur dapat menghadapi kesulitan-kesulitan yang mereka temukan selama menjalani bisnis (Bird, 1969). Dengan entrepreneurial passion tersebut dapat mengantarkan mereka untuk bisa mempertahankan bisnisnya dalam jangka panjang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari entrepreneurial passion terhadap entrepreneurial behavior. Entrepreneurial passion (EP) akan diukur melalui dimensi EP for inventing, EP for founding, dan EP for developing. Lalu, entrepreneurial behavior akan diukur menggunakan dimensi business planning, financing the new firm, dan interaction with the external environment. Total responden valid yang didapatkan berjumlah 107 responden dengan kriteria mahasiswa Universitas Indonesia berstatus aktif dan sedang memiliki bisnis saat data penelitian ini diambil. Hasil analisis terhadap data yang didapatkan dari responden tersebut menunjukkan bahwa entrepreneurial passion berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap entrepreneurial behavior.

Entrepreneurs with passion are considered more successful than those without it (Baum & Locke, 2004; Cardon, Zietsma, Saparito, Matherne, & Davis, 2005; Moses, 2001). Having passion can give individuals a sense of joy and the ability to do something they like wholeheartedly. With entrepreneurial passion, entrepreneurs can face the difficulties they encounter while running a business (Bird, 1969). This entrepreneurial passion can lead them to be able to maintain their business in the long term. This research aims to analyze the influence of entrepreneurial passion on entrepreneurial behavior. Entrepreneurial passion (EP) will be measured through the dimensions EP for inventing, EP for founding, and EP for developing. Then, entrepreneurial behavior will be measured using the dimensions of business planning, financing the new firm, and interaction with the external environment. The total number of valid respondents obtained was 107 respondents with the criteria being that students at the University of Indonesia had active status and were owning a business when the data for this research was taken. The results of the analysis of the data obtained from these respondents show that entrepreneurial passion has a significant positive effect on entrepreneurial behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astried Ayoe Hapsarie
"Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kewirausahaan yang didapat oleh mahasiswa Ekstensi jurusan Manajemen Bisnis dan Manajemen Small Medium Entreprise selama masa perkuliahannya terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan yang diberikan pada mahasiswa Ekstensi jurusan Manajemen Bisnis dan Manajemen Small Medium Entreprise dapat memberikan pengaruh terhadap intensi wirausaha mahasiswanya lewat terlebih dahulu mempengaruhi sikap positif mahasiswa terhadap kewirausahaan dan meningkatkan kontrol perilaku kewirausahaan.

The focus of this study is to analyze the influence of entrepreneurial education to entrepreneurial intentions among Management of Business and Management of Small Medium Entreprise's extension students who get the entrepreneurial educations on their studies. The entrepreneurial education that is given to Management of Business and Management of Small Medium Entreprise's extension students can give influence to student's entrepreneurial intention by increasing their positive attitude toward entrepreneurship and their perceived behavioral control. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45612
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>