Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 178253 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Perpustakaan digital merupakan fenomena yang menarik dalam dunia perpustakaan. Perpustakaan Indonesia merespons dengan cepat terhadap perkembangan tersebut. Pengkajian bertujuan untuk mengidentifikasi perpustakaan yang ada di Indonesia, jenisnya, dan fitur yang disediakan.Identifikasi dilakukan dengan penelusuran menggunakan mesin pencari Ixquick. Penelusran mendapatkan 16 perpustakaan digital tersebut, 10 perpust PT. dan sisanya perp. khusus' Enam jenis fitur umumnya tersdia pada perpustakaan digital untuk membantu pengguna dalam mengakses informasi yang tersedia, yang meliputi fitur keanggotaan, pencarian, link, dwi bahasa, artikel dan folder/arsip."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vivit Wardah Rufaidah
"evaluasi didefinisikan sebagai proses sistematies untuk menentukan kegunaan, manfaat, nilai dan harga dari sesuatu. Dalam perpustakaan digital evaluasi berarti proses untuk menentukan apakah maksud dan tujuan dari perpustakaan digital dapat tercapai. TLA adalah satu cara untuk mengetahui secara menyeluruh bagaimana pengguna menggunakan atau memanfaatkan suatu perpustakaan digital. Sistem Transaction logging biasanya merupakan sebuah fitur sistem otomosi perpustakaan yang dapat digolongkan dalam 2 kategori: 1) Sistem yang menghitung transaksi yang mereka lakukan, dan 2) sistem yang menyimpan teks hasil transaksi.Selain mengevaluasi menggunakan transaction log analysis (TLA), Online survey dapat juga dijadikan komplemen pada penggunaan suatu web site atau situs. TLA dapat merekam perilaku pengguna pada saat online dan survey dapat merekam motivasi, tujuan, sikap dan tingkat kepuasan. Dengan mengkombinasi transaction log analysis dan online survey pencatatan akan lebih komprehensif. Dengan menghimpun data dengan pencatatan/logs diharapkan dapat membantu kita mengetahui apa yang pengguna perpustakaan digital lakukan di perpustakaan kita, dan kemudian dapat membuat kebijakan mengenai bagaimana mempertemukan kebutuhan pengguna dengan meningkatkan kualitas pencarian dengan memperbaiki setiap interface pada sistem kita. Transaction log analysis akan sangat berguna bila digunakan untuk mengkaji perilaku pengguna perpustakaan digital atau situs yang kita punya. Dari pencatatan tersebut kita dapat mengevaluasi perpustakaan digital atau situs yang kita miliki dengan mengetahui dari pencatatan tersebut, siapa pengguna kita, informasi apa yang pengguna butuhkan, bagaimana perilaku pencarian/akses pengguna, mengapa pengguna memerlukan informasi tersebut."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
B. Mustafa
"Dibahas mengenai peluang membangan sisitem layanan perpustakaan digital menggunakan salah satu FOSS (Free pen Source Software), yaitu Joomla dengan componentnya yang sesuai kebutuhan. Salah satu componentnya yang dapat digunakan untuk membuat Joomla standar memiliki tambahan fitur layanan perpustakaan digital adalah component Docman (alias Document Manager). DOCMAN dapat digunakan untuk mengelola dan menayangkan dokumen digital via internet, sehingga dapat ditelusur berdasarkan berbagai kriteria untuk kemudian dokumen tersebut dapat ditampilkan dan diunduh (download). Diuraikan kelebihan Joomla sebagai salah satu aplikasi CMS (Content management System) yang banyak diketahui oleh umumnya SDM TI (Teknologi informasi), sehingga perpustakaan mudah memperoleh bantuan jika menghadapi kendala dalam menggunakan software jenis ini. Dijelaskan bahwa bahkan pada saat Joomla selesai diinstal langsung terbentuk suatu website standar yang sudah lengkap dan sudah memenuhi kebutuhan minimal sebagai suatu website. Lain dari pada itu, tersedia banyak addons (ekstensi berupa modules, component, template, atau mambot) untuk menambah fitur-fitur lain pada Joomla standar yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan khusus misalnya layanan perpustakaan digital dan fungsi perpustakaan lainnya."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Nur Astiwi
"Dibahas mengenai peluang membangun sistem layanan perpustakaan digital menggunakan salah satu FOSS (Free Open Source Software) yaitu Joomla dengan komponenya yang sesuai kebutuhan. Salah satu komponen yang dapat digunakan untuk membuat joomla standar memiliki tambahan fitur layanan perpustakaan digital adalahcomponent DOCMAN (alias document manager). DOCMAN dapat digunakan untuk mengelola dan menayangkan dokumen digital via internet sehingga dapat ditelusur berdasarkan berbagai kriteria kemudian dokumen tersebut dapat ditampilkan dan diunduh. Diuraikan kelebihan Joomla sebagai salah satu aplikasi CMS (Content Management System) yang banyak diketahui oleh umumnya SDM TI (Teknologi Informasi) sehingga perpustakaan mudah memperoleh bantuan jika menghadapi kendala dalam menggunakan software jenis ini. Dijelaskan bahwa pada saat Joomla selesai diinstal langsung terbentuk suatu website standar yang sudah lengkap dan sudah memenuhi kebutuhan minimal sebagai suatu website. Lain daripada itu tersedia banyak addons (ekstensi berupa modules, component, template atau mambot) untuk menambahkan fitur-fitur lain pada Joomla standar yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan khusus misalnya layanan perpustakaan digital dan fungsi perpustakaan lainnya."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2011
020 VIS 13:3 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizatu Mukminah
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pemanfaatan koleksi digital oleh siswa di Perpustakaan
MAN Insan Cendekia Serpong. Tujuannya untuk mengetahui apakah koleksi
perpustakaan digital telah dimanfaatkan dan hambatan apa yang dihadapi
pemustaka dalam memanfaatkan layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan dengan
penyebaran kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
layanan koleksi digital di perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong sudah
dimanfaatkan siswa untuk memenuhi kebutuhan informasi. Namun, pemustaka
masih menemukan hambatan dalam layanan tersebut yaitu kurangnya kecepatan
koneksi, kurang lengkap koleksi dan jumlah komputer yang terbatas. Hasil
penelitian ini menyarankan pembenahan dari segi layanan dan kemampuan
pustakawan.

ABSTRACT
This under graduate thesis discusses the use of digital collections by students in
the Library of MAN Insan Cendekia Serpong. This study aims to determine
whether the digital library collection has been utilized and the obstacles faced
users in utilizing such services. This study uses a quantitative method with a case
study approach. The data obtained by questionnaires and interviews. Based on the
results of the study show a collection of digital services in libraries MAN Insan
Cendekia Serpong been used to meet the information needs of students. However,
users still find obstacles in such services is the lack of connection speed, less
complete collection and a limited number of computers. The results of this study
suggest improvements in terms of service and the ability of librarians"
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwit Ratnasari
"Skripsi ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap informan terkait dengan pengembangan Perpustakaan Digital Universitas Terbuka.. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan sistem pencarian. Observasi dilakukan dengan dua cara. Pertama, mengobservasi tampilan antarmuka pengguna situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Kedua, mengobservasi pengguna untuk mengetahui tingkat stress dalam menavigasi situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka dengan melakukan navigation stress test. Hasil penelitian menyatakan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka belum memenuhi prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya.

This thesis describes about information architecture on Open University Digital Library website. The research usesqualitativeapproach with observation and interview method associated with the development of Open University Digital Library. Analysis of the digital library is based on four fundamental components of an information architecture include organization system, labeling system, navigation system, and search system. Observation carried out in two ways. First, observe the user interface of the Open University Digital Library website. Second, observe the user to determinate the level of stress in navigating at Open University Digital Library website by conducting navigation stress test. The result of this research showed that the digital library website of Open University Digital Library not met the fundamental components of an information architecture. To put one thing in a nutshell, the librarian needs to improve and develop theirquality of digital library to provide easy-access to information for its users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45771
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Robertus Nursuksma
"LONTAR adalah aplikasi library online milik UI yang digunakan internal untuk kepentingan UI. Saat ini kinerja dari LONTAR dikeluhkan oleh para pengguna karena lambat pada periode waktu tertentu. Hal ini memicu keingintahuan penulis untuk mengetahui dan mencoba mengukur kinerja dari LONTAR. Pengujian kinerja dilakukan dengan memanfaatkan tools dari Rational yaitu Rational Robot dan Rational TestManager. Pengujian ini menganggap aplikasi LONTAR, beban jaringan dan database LONTAR sebagai satu kesatuan objek pengujian, dengan kata lain tidak melakukan segregasi faktor penyumbang cepat-lambatnya response time yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk mengetahui persentase atau nilai beban kinerja yang disumbangkan oleh komponen-komponen seperti jaringan, struktur aplikasi dan server LONTAR terhadap kinerja LONTAR. Pengukuran kinerja telah dilakukan pada aplikasi dalam mode read-only yaitu pada fungsi pencarian dari LONTAR, dan dijalankan pada periode dimana sistem dalam keadaan minim gangguan dari luar yaitu malam hari. Kesimpulan yang didapatkan adalah kinerja LONTAR dan jaringan pada malam hari masih cukup baik, oleh karena itu terdapat kemungkinan kinerja yang lambat disebabkan oleh faktor lain yang hanya muncul pada saat non-malam hari seperti bandwith jaringan yang berkurang dan sebagainya. Hal-hal ini membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan tidak akan dibahas pada laporan proyek akhir ini.

LONTAR is a digital online library which is owned and has been used internally by University of Indonesia. Currently, LONTAR's performance has been critized by its users because of slow response time. Performance test has been conducted with Rational Robot and Rational TestManager. The test assumed the following components: LONTAR application, network and database as a single tested object. Each component contributions to overall system performace has not been investigated yet. Performance test was conducted on the application in read-only mode by testing the inquiry function from LONTAR. It relates to the select operation which cost less than update and deletion in the system, and logicaly faster than those operations. To reduce disturbance on the system, the testing was conducted in the night time when network load is relatively small and the application is not too busy serving the users. The result of performance test is LONTAR's performance is still on acceptable condition. This rises the possibility from another factors which might affect the performance on day time, such as low bandwith because of viruses and worms. Those hidden factors would need to be investigated in more detail which beyond the scope of this final project."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan Digital Universitas terbuka mengembangkan pelayanan digital library untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sejauh mana dosen UT mengetahui keberadaan perpustakaan digital Puslata UT, 2) Mengetahui sejauh mana pemanfaatan perpustakaan digital Puslata UT oleh para dosen UT di kantor pusat, 3) mengetahui frekuensi pemanfaatan perpustakaan digital Puslata UT oleh para dosen UT di kantor pusat, 4) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pengguna perpustakaan digital dalam menggunakannya, 5) mengetahui bagaimana tanggapan para dosen terhadap perpustakaan Digital Puslata UT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah para dosen UT dengan jumlah responden 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen UT 94,1 % mengetahui perpustakaan digital Puslata UT. Hampir setengahnya 31,4% pemanfaatan perpustakaan digital diperuntukkan untuk mendukung penelitian yang sedang dilakukan oleh para dosen dan 20% memperkaya pengetahuan. Frekuensi pemanfaatan sebagian besar 69% menjawab 1-2 kali dalam seminggu, hal ini terkait dengan kendala yang dihadapi oleh para dosen UT di kantor pusat, sebagian besar 35% mengalami kendala jaringan dan 35% kendala konten atau isi dari koleksi digital yang terbatas sedangkan 56,82% dosen mengatakan layanan perpustakaan digital cukup baik. Melalui penelitian ini disarankan perlu adanya penambahan bandwidth terhadap jaringan internet di Puslata yang diikuti dengan penambahan koleksi digital dan perlunya sosialisasi serta penyebarluasan perpustakaan digital Puslata UT di setiap pertemuan di lingkungan dosen. "
VIS 16:3 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Fauzan Jamaludin
"Situs Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) adalah sistem informasi
perpustakaan digital akademik yang dimiliki oleh Universitas Indonesia atau bisa disebut juga Library Automation and Digital Archive (LONTAR), yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia sebagai salah satu unit pendukung pengajaran dan penelitian. Dikembangkan mulai dari tahun 2003, situs Perpustakaan UI hingga saat ini belum pernah dilakukannya penelitian terkait evaluasi usability. Selain itu, situs Perpustakaan UI memiliki bounce rate yang tinggi apabila dibandingkan dengan perpustakaan digital Perguruan Tinggi Negeri lainnya, sehingga perlunya diadakan evaluasi pada situs Perpustkaan UI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengguna dan kesulitan apa saja yang dimiliki oleh pengguna selama menggunakan situs Perpustakaan UI. Pengguna yang akan diteliti di penelitian ini adalah mahasiswa dan juga alumni dari Universitas Indonesia. Evaluasi usability dan perancangan desain perbaikan dilakukan dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design. Evaluasi dilakukan dengan survei daring, usability testing, dan juga contextual interview dengan metode kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya dihubungkan dengan prinsip Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil penelitian dari survei daring dan usability testing serta contextual interview dapat menghasilkan tiga persona dan menunjukkan bahwa usability dari situs Perpustakaan UI yang sekarang perlu dilakukannya perbaikan. Rancangan desain perbaikan yang telah dibuat terbukti menyelesaikan permasalahan usability yang ada, diukur dari completion rate dan time-based efficiency yang meningkat secara signifikan pada situs Perpustakaan UI.

The Universitas Indonesia Digital Library website is an academic digital library information system owned by the Universitas Indonesia (UI) or can be called the Library Automation and Digital Archive (LONTAR), which is used by the Universitas Indonesia students as one of the learning and research support units. Developed since 2003, the UI Digital Library website has never been done any research on usability evaluation, to date. In addition, the UI Library website has a high bounce rate when compared to the other Public Universities Digital Library, so there is a need to conduct an evaluation on the UI
Library website. This research was conducted to find out what is needed by the user and what kind of difficulties that user has while using the UI Library website. Users who will be examined in this research are the students and the alumni of Universitas Indonesia. Usability evaluation and design improvements is carried out using the User-Centered Design Approach. Evaluations are carried out with the online survey, usability testing and also contextual interviews with quantitative and qualitative methods which are then linked to the principle of Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. The results of the online survey, usability testing and contextual interview produced three personas of users and show that the usability of the UI Library website needs to be improved. The design improvements that have been made, has been proven to solve the existing usability problem measured by completion rate and time-based efficiency which have increased significantly on the UI Library website.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>