Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 198908 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arief Hediyanto Roehadi
"Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pemahaman konsep CSR pada manajemen dan karyawan kantor pusat UUS BNI dengan menggunakan pendekatan CSR empat aspek (aspek ekonomi, hukum dan regulasi, etika sesuai syariah dan kedermawanan) yang diperkenalkan oleh Carroll (1979).
Dalam penelitian ini akan diungkap apakah ada perbedaan tingkat pemahaman konsep CSR di setiap level manajemen, tingkat pendidikan dan masa kerja serta probabilitas pemahaman CSR dalam keempat aspeknya yang dipengaruhi posisi manajemen, pendidikan dan masa kerja. Non parametrik Kruskall Wallis digunakan untuk mengungkapkan apakah ada perbedaan tingkat pemahaman konsep CSR di setiap level manajemen, tingkat pendidikan dan masa keija. Kemudian untuk mengetahui probabilitas pemahaman CSR dalam keempat aspeknya yang dipengaruhi posisi manajemen, pendidikan dan masa kerja digunakan model ekonometri dengan empat variabel terikat dummy atau kategorik, yang disebut Model Multinomial Logit.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep CSR dalam aspek ekonomi pada tingkatan masa kerja, terdapat perbedaan pemahaman konsep CSR dalam aspek hukum dan regulasi pada tingkatan manajemen dan masa kerja, terdapat perbedaan pemahaman konsep CSR dalam aspek kedermawanan pada tingkatan masa kerja, semakin lama masa kerja, maka kecenderungannya akan mempunyai pemahaman CSR dalam aspek ekonomi yang lebih baik, semakin tinggi posisi atau semakin lama masa kerja, maka kecenderungannya akan mempunyai pemahaman CSR dalam aspek hukum dan regulasi yang lebih balk dan semakin lama masa kerja, maka kecenderungannya akan mempunyai pemahaman CSR dalam aspek kedermawanan yang lebih baik.

The main objective of this research is to evaluate the UUS BM management and employees' perceptions of CSR concept, using Carroll's (1979) approach, which introduced four aspects of CSR.
This research attempts to seek whether there are disparities on CSR perceptions in every position, education and working service year level. Kiuskall Wallis non-parametric is used to test whether there are disparities as stated above. Moreover, econometric model with four dependent dummy or category variables, known as Multinomial Logit Model, is used to test whether the level of position, education and working service year influence the probability of CSR perception in its four aspects.
This research's results conclude that there are perception disparities on CSR's economic aspect in different working service year, on CSR's laws and regulation aspect in different position and working service year level, on CSR's philanthropic aspect in working service year level. The longer working service year level tends to have better perception of economic aspect, while the higher position or longer working service year level tends to have better perception of laws and regulation aspect, and the longer working service year level tends to have better perception of philanthropic aspect."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2007
T 20764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Noviera
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis praktek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dalam unit PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) di PT Taspen (Persero). Hasil evaluasi dan analisis tersebut digunakan dalam persiapan penyusunan roadmap unit ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan unit PKBL. Pelaksanaan kegiatan dianalisis dan dievaluasi dengan mengacu pada beberapa konsep dan teori yang terkait dengan TJSP.
Diketahui bahwa unit ini memiliki laporan tahunan tersendiri (Success Story). Selain itu, ringkasan mengenai kegiatan serta keuangan unit PKBL tersebut juga diungkapkan dalam Laporan Tahunan perusahaan (Annual Report). Hal ini mengindikasikan adanya transparansi dan dapat memberi pengaruh positif pada Laporan Tahunan PT Taspen karena terlihat mulai menjadi laporan yang terintegrasi dan komprehensif. Selain itu diketahui bahwa Program Kemitraan unit PKBL PT Taspen telah memenuhi karakteristik TJSP dan mengarah pada TJSP strategis sementara untuk program Bina Lingkungan sendiri belum memiliki karakteristik TJSP dan kurang memiliki keterkaitan dengan TJSP strategis.

This research is conducted in order to evaluate and analyze the CSR practice in Partnership and Community Development Programs (PCDP) unit of PT Taspen (Persero). The evaluation and analysis results are used in the preparation of the Roadmap for this unit. This research used qualitative method in order to explain the activities conducted in this unit. The activities are analyzed and evaluated based on some concepts and theories related to Corporate Social Responsibilites (CSR).
Based on the result it is known that this unit has their own annual report, namely Success Story. Not only that, the summary of unit activities and finance also disclosed in the company's Annual Report. It indicates the transparency and this can give positive impact for the company's Annual Report as it has tendency to become a comprehensive and integrated reporting. Another result shows that the Partnership Program (PP) already fulfill the CSR characteristic and tends to be strategic CSR while Community Development Program doesn't have the CSR characteristic and has less or even no connectivity with strategic CSR.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T31455
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rininta Octarini
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas program Corporate Social Responsibility di
perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods. Metode yang digunakan
adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana
implementasi sebuah program CSR dapat membentuk reputasi perusahaan di mata
stakeholder-nya dan juga membentuk perilaku masyarakat terkait kesehatan gigi
dan mulut. Melalui penelitian ini diketahui implementasi program ini sudah
sangat baik, namun belum ditunjang oleh strategi komunikasi yang dapat
membentuk perubahan perilaku masyarakat. Meskipun demikian, program CSR
terbukti dapat membentuk reputasi perusahaan di mata para peserta program.
Untuk masa mendatang, penelitian ini dapat disertai dengan melakukan evaluasi
perencanaan dan evaluasi proses untuk dapat memperkaya hasil penelitian
terhadap reputasi dan tercapainya tujuan CSR.

ABSTRACT
This research discusses the CSR Program in the consumer goods
company. The research uses qualitative method in order to describe how the
implementation of a CSR program could form the reputation of a company by its
stakeholder and also in shaping societies’ behavior. The research discovered that
the implementation of the program is already been well-executed but haven’t been
supported by a communication strategy that could help shape the societies’
behavior. However, the CSR program is proved to have been successful in
forming the corporate reputation on its participant. In the future, this research
should be equipped with a planning and process evaluation in order to enrich the
result of the research related on reputation and reaches the CSR purposes."
2014
T42098
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farras Mutawakkil
"Corporate Social Responsibility (CSR) upaya mendorong percepatan kemandirian ekonomi bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai sumber ketahanan ekonomi masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerapan CSR yang dikenal Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT X yang dibantu oleh UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UKM Center FEB UI) yang memediasi perusahaan dengan UMKM penerima dana PKBL. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (a case study- descriptive qualitative design) melalui observasi, wawancara, dan penggunaan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa PKBL PT X diimplementasikan sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/7/2017 dengan nilai kinerja yang tinggi berdasarkan tingkat efektivitas dan kolektibilitas penyaluran dana.

Corporate Social Responsibility (CSR) in an effort to accelerate economic independence for micro, small and medium enterprises (MSMEs) as a source of economic resilience for middle to lower income communities implemented as stipulated in SOE Minister Regulation PER-02/MBU/ 7/2017. This research was conducted to analyze the application of known CSR in State-Owned Enterprises as a Partnership and Community Development Program (PKBL) of PT X assisted by the UKM Center of the Faculty of Economics and Business, University of Indonesia (UKM Center FEB UI) which mediated companies with MSMEs recipients of PKBL funds in Depok city. In this study qualitative methods were used with a case study approach (a descriptive qualitative design) through observation, interviews, and secondary data use. The results showed that PKBL PT X was implemented in accordance with SOE Minister Regulation PER-02/MBU/7/2017 with high performance values based on the level of effectiveness and collectibility of funds distribution."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Assyvah Adinda Salvira
"Studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh corporate governance dan financial performance terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan sektor perbankan di Indonesia pada periode 2014 hingga 2021. Sampel terdiri atas 15 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel dengan metode estimasi fixed effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance berupa foreign director dan government ownership serta financial performance berupa liquidity memengaruhi pengungkapan CSR perusahaan perbankan di Indonesia secara signifikan. Selain itu, corporate governance berupa board size dan female director serta financial performance berupa Return on Equity (ROE) tidak memiliki kemampuan dalam memengaruhi pengungkapan CSR perusahaan perbankan di Indonesia.

This study aims to analyze the effect of corporate governance and financial performance on Corporate Social Responsibility disclosure of banking companies in Indonesia for the period of 2014 to 2021. The sample used in this study includes 15 banking companies that are listed in the Indonesia Stock Exchange. This study uses panel data which is processed using fixed effect panel data regression. The results imply that corporate governance as foreign directors and government ownership and also financial performance as liquidity is significant towards CSR disclosure. Moreover, the results indicate that corporate governance, such as board size and female directors and also financial performance, such as Return on Equity (ROE) does not have the ability to affect CSR disclosure of banking companies in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fibrina Diamanti Fahardini
"Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan paradigma post-positivist yang membahas evaluasi efektivitas program Corporate Social Responsibility (CSR) Bangkit Bersama PJB Muara Karang yang ada pada PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Muara Karang (PT PJB UPMKR). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penguatan secara kuantitatif.
Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teknik survey dan in depth interview, serta studi kepustakaan/literatur. Penekanan evaluasi adalah pada evaluasi input, output dan outcome program Bangkit Bersama PJB Muara Karang. Responden pada penelitian ini adalah stakeholder penerima manfaat program CSR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR Bangkit Bersama PJB Muara Karang ini telah terkonsep baik namun memiliki kekurangan yang kiranya dapat diperbaiki ke depannya. Namun yang terpenting, program CSR yang telah dilakukan sudah memberi dampak positif bagi masyarakat.

This research is a descriptive study with post-positivist paradigm that addresses the evaluation of the effectiveness of Corporate Social Responsibility (CSR) program Bangkit Bersama PJB Muara Karang in PT Pembangkitan Jawa Bali Muara Karang Power Plant (PT PJB UPMKR). This study is a qualitative research with quantitative reinforcement.
The method used is the case study method with survey techniques and in-depth interviews, and library research / literature. The emphasis of the evaluation is the evaluation of inputs, outputs and program outcomes of Bangkit Bersama PJB Muara Karang program. Respondents in this study were beneficiaries of CSR stakeholders.
The results showed that the CSR program Bangkit Bersama PJB Muara Karang been conceptualized well but has shortcomings that would be corrected in the future. But most importantly, CSR programs that have been undertaken have a positive impact for the community.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42450
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayusriasih
"Tesis ini membahas mengenai pembentukan loyalitas masyarakat khususnya masyarakat sekitar kantor pusat PT Televisi Transformasi Indonesia melalui kegiatan Corporate Social Responsibility. Penclitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif dengan disain deskriptif- evaluative. Dari basil penelitian ini dampak kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan bam mencapai tingkat pembentukan citra dan belum mencapai tingkat loyalitas masyaralcat. Oleh karenanya dari penelitian ini disarankan kcgiatan CSR yang dilakukan lebih terencana, bersifat mendalam, adanya kontak langsung dengan masyarakat serta pelaksanaan kegiatan yang seutuhnya dan konsisten.

This thesis, study about the developing loyal society trough Corporate Social Responsibility especially from to the people around head quarter of PT Televisi Transformasi Indonesia. This research trough to qualitative research designed descriptive-evaluative. Through this research, known that impact of CSR that done by new company could develop the image of the company but not yet reached the level of loyalties of society. There for based on this research is suggested that activity of CSR more planned, depth, and there’s an existence of direct contact with society and also consistency activity."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33847
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alifia Fara Maharani
"Penelitian ini menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dan tarif pajak efektif perusahaan perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan cara pengujian statistik melalui model regresi data panel yang diolah menggunakan aplikasi STATA 12.0. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik dokumentasi dan content analysis. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 10 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian tahun 2013-2017. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah CSR Indeks yang dihitung menggunakan pedoman GRI-G4, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah Profitabilitas dan Tarif Pajak Efektif. Penelitian ini juga didukung oleh variabel kontrol, antara lain ukuran perusahaan, Capital Adequacy Ratio, Loans to Deposits Ratio, Non Performing Loan, Leverage, dan Capital Intensity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap profitabilitas namun cenderung tidak memiliki pengaruh terhadap tarif pajak efektif perusahaan.

This study examined the effect of corporate social responsibility (CSR) disclosure on profitability and effective tax rate at bank listed in Indonesia Stock Exchannge by statistical tests through panel data regression models which are processed by STATA 12.0. This study used secondary data with documentation techniques and content analysis. The sample of this study consisted of 10 banks listed in Indonesia Stock Exchange during period 2013-2017. The independent variable used in this study is CSR Index and refers to GRI-G4 Guidelines, while the dependent variables in this study is Profitability and Effective Tax Rates. This study is also supported by control variables, including SIZE, Capital Adequacy Ratio, Loans to Deposits Ratio, Non Performing Loans, Leverage, and Capital Intensity. The results showed that CSR disclosure has a positive effect to profitability but has no effect to effective tax rate."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taajun Nisail H.
"Dalam membuat suatu kebijakan, dibutuhkan suatu bentuk perencanan yang strategis di dalam mewujudkannya. Tesis ini membahas latar belakang, proses dan juga faktor pendukung-penghambat perencanaan strategis PT. Bank Muamalat Tbk dalam mendirikan yayasan Baitulmaal Muamalat sebagai pelaksana kegiatan Corporate Social Responsibility. Hasil penelitian menjelaskan bahwa PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk memiliki proses dan tahapan perencanaan strategis yang sesuai dengan teori perencanaan strategis di dalam Corporate Social Responsibility di dalam penelitian ini, meskipun tanpa adanya panduan khusus di dalam proses pelaksanaannya.
It is need a strategic planning in realizing a policy. This thesis discusses the background, process, and supporting and barrier factors of PT Bank Muamalat Tbk strategic planning in establishing Baitulmaal Muamalat foundation as the implementing of Corporate Social Responsibility. The result of this study is that PT Bank Muamalat Indonesia Tbk has strategic planning process and steps in Corporate Social Responsibility which is appropriate with the theory of strategic planning in this research, although without special guidance in it is process implementation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30780
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Danang Ajianto Adhi Pratama
"Skripsi ini meneliti mengenai inisiatif Corporate Social Responsibility PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Tujuan penelitian, adalah untuk melihat inisiatif pelaksanaan CSR dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan CSR di PT Bank Rakyat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa inisiatif pelaksanaan CSR di PT Bank Rakyat Indonesia berdasarkan visi dan misi serta kebijakan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN. Selain itu faktor pelaksanaan CSR di PT. Bank Rakyat Indonesia, diketahui dari upaya memenuhi kewajiban serta adanya dorangan dari dalam bahwa CSR selain memberikan bantuan juga ada dukungan bisnis.

The focus of this study is to describe initiative of the implementation of Corporate Social Responsibility at PT Bank Rakyat Indonesia. The purpose is to decribe initiative of CSR program and influence factor during of CSR implementation program at BRI. The data were collected by literature study and means of interview. The output showed that implementation CSR at BRI based on vision and mission, and also the rules from government especially BUMN ministry of Indonesia. The implementation focussing charity and support business."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47463
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>