Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45055 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andie Hevriansyah
"ABSTRAK
Yayasan Abacu merupakan Yayasan yang membawahi beberapa unit kerja. Salah satunya Unit Pendidikan. Sebagai Yayasan Islam yang dikelola dengan prinsip Syariah, Yayasan Abacu juga menghadapi permasalahan pengelolaan Sumber Daya Insani. Penelitian ini mengidentifikasi pennasalahan komponen yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode pembagian kuesioner. Kuesioner tersebut terdiri atas 39 pertanyaan. Tehnik analisis yang akan digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif, sehingga dilakukan pengkodean (coding), yang selanjutnya di analisis dengan program SPSS versi 11,5 for windows.
Dari penelitian ini diketahui bahwa yang merupakan komponen produktivitas karyawan Yayasan Abacu adalah Motivasi Kerja. Komponen yang mempengaruhi produktivitas karyawan Yayasan Abacu adalah motivasi kerja sebesar 7,9%.

ABSTRACT
Abacu Foundation are the foundation which have a few business units, and one of them is Education Unit. The organization manage by the principle of Shar'e, Abacu Foundation facing the same problem, the problem is how to manage Islamic human resource. This research identify the component of the problem which influence productivity of employee.
The Data collected by survey. Quesioner contain 39 questions. The data analysis will be using descriptive technique analysis, and inferensi analysis. The kind of data which collected is qualitative, so that it's need to coding the data. Then, using SPSS version 11.5 for windows to analysis the data.
From this research found that the component of the productivity of employee is motivation. The component which giving effect the productivity of employee is motivation 7,9%.
"
2007
T20733
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farian
"Perhitungan unit cost modul pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menggunakan suatu perangkat lunak yang dirancang khusus belum pernah dilakukan. Suatu perangkat lunak untuk melakukan perhitungan unit cost ini telah dirancang menggunakan bahasa pemrogaman Java dengan manajemen sistem basis data MySQL. Penelitian- ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah perangkat lunak ini dapat digunakan sesuai dengan tujuan perancangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat lunak penghitung unit cost kompatibel dengan sistem operasi setingkat Windows XP atau diatasnya, dengan JVM versi 1.6 atau diatasnya. Perangkat lunak mampu melakukan perhitungan dengan tepat apabila dilakukan sesuai dengan langkah pengerjaannya. Masih terdapat fault dan kekurangan iitur yang harus diperbaiki dari perangkat lunak tersebut.
Calculation of unit cost of medical education module ini Fakultas Kedokteran Universitas indonesia (FKUl) using a software is never been done before. A software for calculate the unit cost has been designed using Java programming language with MySQL as the database management system. This study is performed to ensure that the software is can be use as the purpose of its design. The result of this study shows that the software is compatible to operating system Windows XP or higher and JVM version l.6 or higher. This software can perform right calculation if it?s done as the correct steps. There?re still faults and lack of features that have to be repaired in this software."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2009
T29422
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dhifani Lutya Azzahra
"Skripsi ini ingin melihat pengaruh dari pendidikan orang tua yang berhenti sekolah yang dilihat melalui lama sekolah ayah dan ibu terhadap pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan data cross-section dengan analisis data sekunder menggunakan regresi logistik (firthlogit) dari Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga (SAKERTI) gelombang 4 (2007) dan gelombang 5 (2014). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa lama sekolah dari ayah dan ibu tidak memengaruhi pendidikan anak di setiap jenjang pendidikan. Selain itu, terdapat faktor lain yang juga memengaruhi pendidikan anak seperti faktor dari anak itu sendiri dan faktor lain dari orang tua.

This thesis wants to see the effect of the education of parents who quit school seen through the years of schooling, father and mother on children's education. This study uses cross-section data with secondary data analysis using logistic regression (firthlogit) of wave 4 (2007) and wave 5 (2014) of the Indonesian Family Life Survey (IFLS). The study found that the years of schooling of fathers and mothers did not affect the education of children at every level of education. Also, other factors influence children's education, such as factors from the child itself and the other factors from parents.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alana Zalika Setioutomo
"Skripsi ini berfokus kepada pengaruh dari pengalaman mengambil pendidikan tinggi di luar negeri terhadap kinerja karyawan dalam bisnis. Kriteria yang didalami oleh studi ini mencangkup soft skills dan kemampuan teknikal yang karyawan miliki, dibandingan terhadap karyawan lain yang menyelesaikan seluruh pendidikan tinggi mereka dalam negeri. Studi ini menggunakan literatur dan wawancara sebagai referensi, sample dalam studi ini adalah para manajer dari sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan yang memiliki karyawan internasional dan lokal yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di luar negeri asal mereka dan juga lokal. Hasil dari studi ini menunjukan adanya dampak positif dari pendidikan internasional terhadap kinerja karyawan.

This study focuses on the impact of international education to employee performance at their workplace. The performance of employee is measured by the soft skills and hard skills they possess, comparing the employees who went abroad for educational purposes to employees that are locally educated. Many students seek to experience education in an international setting; moreover, tertiary educational institutions are also encouraging these students to pursue education outside their home country. Literature review and interviews are used to answer what impacts does international education experience bring to employee performance, sampling human resource managers from different companies hiring both international workers with abroad education experience and locals. The results show positive relationship between international educations to soft skill of employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Amelia
"Dalam konteks administrasi negara, peran sumber daya manusia atau aparatur negara menjadi salah satu unsur yang sangat vital bagi keberlangsungan kehidupan pemerintahan dan pembangunan negara. Oleh sebab itu, kualitas aparatur negara menjadi salah satu perhatian yang utama. Dalam meningkatkan kemampuan aparatur negara, maka dilaksanakan sebuah program pendidikan dan pelatihan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan pegawai sesuai dengan beban pekerjaan masing-masing. Melalui program pendidikan dan pelatihan ini, diharapkan terciptanya perubahan yang signifikan dalam produktivitas kerja pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III dengan produktivitas kerja pegawai di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan memiliki hubungan yang lemah dan tidak signifikan dengan produktivitas kerja pegawai di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Hal ini disebabkan karena ada hal lain yang mempengaruhi produktivitas kerja pegawai yaitu gaji, lingkungan kerja, latar belakang pendidikan, dan budaya kerja.

In the context of public administration, the role of human resources or the state apparatus becomes one of the elements that are vital to the continuity of government's existence and the development of state. Therefore, the quality of the state apparatus to be one major concern. In enhancing the ability of the state apparatus, implemented a program of education and training aimed at improving knowledge, ability, personnel skills according to their workload. Through education and training programs, it is hoped the creating of a significant change in man power productivity of employees.
This study aims to determine the relationship between education and leadership training with the labor productivity level III employee in the Ministry of Education and Cultural Affairs. This research is a survey with data collection techniques using questionnaires and interviews.
The results research showed that education and training has a weak and not significant relationship with productivity of employees working at the Ministry of Education and Culture. This is because there are other things that affect employee productivity, namely salary, work environment, educational background, and work culture.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Kristiyani
"Penelitian ini mengenai Persepsi Pemangku Kepentingan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Penelitian yang dilakukan Pada Sekolah Model Di DKI Jakarta, yaitu: SDN Cempaka Putih Barat 16 Jakarta Pusat, SDN Merunda 02 Pagi Jakarta Utara, SDN Meruya Selatan 06 Jakarta Barat, SDN Menteng Atas 04 Jakarta Selatan, dan SDN Kramatjati 24 Jakarta Timur. Penelitian ini akan mengkaji secara mendalam dan terperinci tentang implementasi kebijakan penyelenggaraan Pendidikan inklusif di Provinsi DKI Jakarta dan factor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan. Model implementasi kebijakan yang digunakan dalam menganalisis implementasi pendidikan inklusif adalah model yang dikemukakan oleh George C. Edward III. Model ini menjelaskan bahwa terdapat empat varibel yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan implementasi, yaitu: komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Karena penelitian ini mempertanyakan makna suatu obyek secara mendalam dan tuntas, dan keakuratan deskripsi setiap variable dan keakuratan hubungan antara satu varibel dengan variable lain, maka metode yang digunakan pada penelitian ini adalah perpaduan (mix) antara quantitative research dan qualitative research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dalam implementasi pelaksanaan pendidikan inklusif belum berjalan dengan baik, sumberdaya dalam penyelenggraan pendidikan inklusif yang belum memadai adalah sarana dan prasarana, disposisi penerimaan guru dan orang tua siswa normal terhadap anak berkebutuhan khusus sangat baik, sedangkan struktur organisasi masih dalam kategori cukup memadai.

Abstract
This research on Stake Holder Perception About The Factors That Influence The Succes Of Policy Implementation. Research conducted at the SDN Cempaka Putih Barat 16 Central Jakarta, SDN 02 Pagi Jakarta Merunda North, South Meruya SDN 06 Jakarta, SDN Menteng Atas 04 South Jakarta, and SDN Kramatjati 24 East Jakarta. This study will examine in depth and detail about the implementation of inclusive education policy in the provinces of DKI Jakarta and the factors that influence the success of policy implementation. Policy implementation model used in analyzing the implementation of inclusive education is a model put forward by George C. Edward III. This model explains that there are four variables that play an important role in achieving successful implementation, namely: communication, resources, disposition and bureaucratic structure. Because this study is questioned the meaning of an object in depth and thorough, and accurate description of each variable and the accuracy of the relationship between one variable with another variable, then the method used in this study is a mix method quantitative research and qualitative research. Results showed that communication in the implementation of inclusive education has not been going well, resource in inclusive education is inadequate infrastructure, teachers' acceptance and disposition of the parents is normal to children with special needs very well, while still in the category of organizational structure is quite adequate."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T29352
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Albertus Nirwanto
"Pembiayaan atas pelaksanaan wewenang dan urusan pendidikan yang dilaksanakan oleh daerah diberikan dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) sebagai bagian dari dana desentralisasi. Kota Surakarta sebagai salah satu daerah otonom di Indonesia juga mendapatkan alokasi DAK bidang pendidikan. Peneliti menemukan pelaksanaan DAK bidang pendidikan di Kota Surakarta tahun 2010 sudah efektif jika dilihat dari tingkat ketepatan waktu, ketepatan sasaran, pencapaian target, dan penyerapan anggaran. Efektifitas pelaksanaan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti komunikasi, sumberdaya, disposal, dan struktur bikrokrasi yang melingkupi pelaksanaan DAK. Meski dari segi output pelaksanaan DAK bidang pendidikan di Kota Surakarta sudah efektif, masih terdapat sejumlah masalah yang menyebabkan pelaksanaan DAK menjadi tertunda, seperti konsistensi kebijakan yang dijabarkan dalam petunjuk teknis dan intervensi lembaga legislatif. Selain itu, aturan dalam petunjuk teknis hendaknya lebih fleksibel sehingga daerah dapat menggunakan DAK sesuai dengan kebutuhannya masing-masing asalkan tetap sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai oleh DAK.

Funding of the implementation of the authority and the business conducted by the local education provided in the spesical allocation fund (DAK) as part of decentralized funds. Surakarta city as one of the autonomous regions in Indonesia are also getting education DAK. Researchers found the implementations of education DAK in Surakarta in 2010 have been effective when viewed from the level of timelines, accuracy target, achievement of targets, and the absorption of the budget. The effectiveness of this implementation is influenced by several factors, such as communication, resource, disposition, and bureaucratic structures and surround the implementation of the DAK. Although the output of the implementation of DAK in Surakarta is effective, there are a number of problems that led to the implementation of DAK to be delayed, such as the consistency of the policies discussed in the technical guidance and legislative intervention. In addition, the rules in the technical guidelines should be more flexible so that area can use the DAK in accordance with their respective needs as long as it remains in line with the objectives to be achieved by DAK."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Nugro Susilo
"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kementerian yang bertanggung jawab terhadap penyediaan layanan pendidikan bagi seluruh warga Negara Indonesia dengan berfokus kepada peningkatan kualitas dan relevansi keterjangkauan dan kesetaraan layanan pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dituntut untuk melaksanakan tugasnya secara transparan akuntabel efisien dan efektif dalam rangka menuju good governance Terkait hal tersebut salah satu yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah dengan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Keuangan SIMKEU namun jika dilihat dari tingkat penggunaan SIMKEU sampai dengan saat ini masih jauh dari memuaskan yaitu 67 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor faktor yang berpengaruh kepada penggunaan SIMKEU Kemdikbud Model penerimaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah integrasi dari Technology Acceptance Model TAM dan Delone and McLean IS Success Models Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling SEM dan analisis jalur Path Analysis Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa faktor faktor yang mempengaruhi penggunaan Sistem informasi manajemen keuangan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan antara lain yaitu CSE Computer Self Efficacy TRN Training SN Subjective Norm PEOU Perceived Ease Of Use PU Perceived Usefullness ATU Attitude Toward Using BIOU Behavioural Intention to Use dan SQ System Quality hal tersebut menggambarkan bahwa penggunaan SIMKEU dipengaruhi oleh minat sikap persepsi akan kegunaan dan kemudahan serta kemampuan dasar komputer yang dimiliki dan pelatihan yang diperoleh oleh pengguna Dari semua faktor yang mempengaruhi penggunaan SIMKEU faktor yang paling berpengaruh adalah BIOU Behavioural Intention to Use yang memiliki regression weight estimate sebesar 0 66 yang memiliki pengertian pengaruh BIOU terhadap ASU Actual System Usage sebesar 66 dengan tingkat kekritisan C R sebesar 6 632 dan Probability yang signifikan.

Ministry of Education and Culture is a ministry that is responsible for the provision of educational services for all citizens of Indonesia with a focus on improving the quality relevance accessibility and equality of educational services The Ministry of Education and Culture is required to carry out its duties transparently accountably efficiently and effectively in order towards good governance Related to this one that has been taken by the Ministry of Education and Culture is to develop a Financial Management Information System SIMKEU but when it rsquo s viewed from SIMKEU usage levels up to now is still far from satisfactory namely 67 This study aims to analyze the factors that influence the use of SIMKEU Kemdikbud Acceptance model that used in this study is the integration of the Technology Acceptance Model TAM and DeLone and McLean IS Success Models Whereas Analysis data that used is Structural Equation Modeling SEM and Path Analysis Based on the results of data analysis and hypothesis testing that has been done to know the factors that influence the use of financial management information system in the Ministry of Education and Culture among others namely CSE Computer Self Efficacy TRN Training SN subjective Norm Peou Perceived Ease Of Use PU Perceived Usefulness ATU Attitude Toward Using Biou Behavioral Intention to Use and SQ System Quality it is a portrait that the use of SIMKEU influenced by user rsquo s interests attitudes perceptions of usefulness and ease as well as basic computer skills training owned and acquired by the user The most influential factor in the use of SIMKEU is BIOU Behavioural Intention to Use which had a regression weight estimate of0 66 which means that the influence of Biou against ASU Actual System Usage by 66 with the critical level CR of 6 632 and a significant probability."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Cara Riantoputra
"Using data from the Indonesia Family Life Survey IFLS and World Values Survey WVS, this study analyzes the factors that influence indicators of charitable behaviour in Indonesia, differentiating between monetary contributions and time contributions. We find an unexpectedly strong negative relationship between income and charitability, suggesting that those who have the least are those who give the most. We also find evidence of a positive relationship between education and charitability. Finally, we report an inconclusive relationship between religiosity and charitability, challenging the popularly accepted notion of the altruistic and benevolent nature of religious individuals. This study is the first nationwide study of its kind in Indonesia and provides valuable insights into not only the variables that affect charitable behaviour, but also the mechanisms through which these variables are effectual.

Studi ini menggunakaan data dari Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia SAKERTI serta World Values Survey WVS untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi indikator perilaku beramal charitable behaviour di Indonesia, dengan membedakan antara kontribusi uang dan kontribusi waktu. Penelitian ini menemukan hubungan negatif antara pendapatan dan perilaku beramal, yang menandakan bahwa orang yang memiliki harta paling sedikit justru merupakan yang memberi paling banyak. Penelitian ini juga menemukan hubungan positif antara tingkat pendidikan beramal. Terakhir, tidak ditemukan hubungan signifikan antara religiusitas dengan perilaku beramal; hal ini menentang asumsi yang diterima secara umum bahwa orang beragama pasti berperilaku secara altruis. Penelitian ini adalah studi nasional pertama yang meneliti faktor-faktor yang mempengaruh perilaku beramal, dan juga menjelaskan mekanisme-mekanisme yang menggerakan faktor-faktor tersebut."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Viktor Kurahman
"Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan negara. Negara dengan sistem pendidikan yang baik, akan menghasilkan SDM yang berkualitas. Di samping dukungan pemerintah dalam hal peningkatan kualitas guru dan pembenahan sistem pengajaran, pendidikan anak juga di dukung oleh aspek ekonomi orang tua. Pendapatan rumah tangga akan menentukan fasilitas pendidikan anak yang dapat dibiayai oleh orang tuanya. Masalah ekonomi, pekerjaan orang tua, ketimpangan pendapatan rumah tangga menyebabkan perbedaan tingkat pendidikan bagi setiap anak.
Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan keluarga petani sawit terhadap lamanya pendidikan anak. Metode analisis yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang berpengaruh secara signifikan terhadap lama tahun anak bersekolah adalah tingkat pendidikan orang tua dan biaya pendidikan anak. sedangkan variebel pendapatan keluarga petani tidak berpengaruh terhadap lama tahun anak bersekolah. Hal ini dikarenakan adanya pandangan setiap orang tua yamg berbeda terlihat dari tingkat pendidikan keluarga petani sawit tersebut

Education is an important aspect in the development of the country. A country with a good education system will produce quality human resources. In addition to govermant support in terms of improving the quality of teachers and improving the teaching system, children’s education is also supported by the economic aspect of parents. Household income will determine children’s education facilities that can be financed by their parents.
Economic problems, parental work inequality in household income cause differences in the level of education for each child. This study examines the factors that influence the decisions of oil palm farmers’ families on the lenath of their children’s education. The analytical method used is simple linear regression. The results of the study indicate that the main factors that significantly influence the number of years a child is in school are the education level of the parents and the cost of the child’s education. While the variebel of farmer family income has no effect on the length of the child’s school year. This is because the views of each parent are different, which can be seen from the level of education of the oil palm farmer family.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>