Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59789 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hamel, Gary
Yogyakarta: Baca!, 2007
658.401 2 HAM lt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hamel, Gary
Yogyakarta: Baca , 2007
303.484 HAM lt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Wicaksono
"Pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah mendisrupsi kegiatan ekonomi dan bisnis di semua sektor dunia, sehingga menjadi tantangan dan ancaman bagi perusahaan dalam menjaga kelangsungan bisnis dan kinerja keuangannya. Perusahaan menghadapi risiko financial distress jika tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan kondisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak disrupsi teknologi terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kelangsungan bisnis. Studi kasus dilakukan terhadap operator jalan tol di Indonesia yaitu PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) yang menghadapi situasi disrupsi akibat perubahan teknologi dan kebijakan transaksi tol di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif dengan metode kualitatif untuk menganalisis model bisnis dan strategi perusahaan, serta menggunakan metode kuantitatif untuk menghitung proyeksi keuangan dan mengukur kinerja perusahaan menggunakan rasio keuangan, serta indikator Altman Z-Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan mengalami penurunan yang signifikan dan berpotensi mengalami financial distress jika manajemen tidak memiliki strategi adaptasi yang efektif dalam menghadapi disrupsi teknologi.

The rapid development of technology in recent years has disrupted economic and business activities in all sectors of the world, thus becoming a challenge and threat to companies in maintaining their business continuity and financial performance. Companies face the risk of financial distress if they cannot adapt quickly to changing conditions. This study aims to analyze the impact of technological disruption on corporate financial performance and business sustainability. A case study was conducted on the toll road operators in Indonesia, namely PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), which is facing a disruptive situation due to changes in technology and toll transaction policies in Indonesia. This research uses a qualitative descriptive case study approach to analyze the company's business model and Strategy. It uses a quantitative method by calculating financial projections and measuring company performance using financial ratios. The results of the study show that the company's financial performance has decreased significantly and can potentially be exposed to financial distress if management does not have an effective adaptation strategy in dealing with technological disruptions. This contributes to providing an overview of the impact of technological disruption on the company's performance and business continuity, thus encouraging company management to develop an effective adaptation strategy plan in dealing with various changes."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alphasius Omega Dixon
"Penelitian tentang dampak inovasi terhadap competitive advantage telah banyak dibahas. Salah satu variabel inovasi yang relevan adalah business process innovation. Inovasi tidak muncul secara tiba-tiba dalam sebuah organisasi. Diperlukan beberapa faktor pendukung, seperti iklim yang mendukung inovasi dan structural empowerment. Membahas lebih lanjut tentang structural empowerment, beberapa penelitian secara khusus menguji pengaruhnya terhadap innovative behaviour. Hubungan antara structural empowerment dan organizational performance juga telah diamati. Dalam konteks industri saat ini, perusahaan dituntut untuk lebih agile dan kreatif dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat dan cepat. Selain itu, tren industri 4.0 juga membawa banyak perubahan pada pola persaingan di pasar. Perusahaan harus mampu beradaptasi dengan proses bisnis baru, terlepas dari industrinya. Structural empowerment merupakan salah satu hal terpenting yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi organisasi dan daya pemecahan masalah. Studi ini mengkaji hubungan antara structural empowerment, innovative behaviour dan business process innovation, yang pada akhirnya mengarah pada tingkat competitive advantage suatu organisasi. Ini menghubungkan teori structural empowerment dan inovasi, yang selalu dilihat sebagai sesuatu yang terpisah dalam pengaruhnya terhadap competitive advantage. Dalam melakukan uji empiris, diambil data dari 97 manajer atau ketua tim melalui survei online. Metode SEM-PLS digunakan untuk melihat hubungan yang terjadi antar konstruk. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara structural empowerment, innovative behaviour, business process innovation, dan competitive advantage.

Research on the impact of innovation on competitive advantage has been widely discussed. One of the relevant innovation variables is business process innovation. Innovation does not appear suddenly in an organization. Several supporting factors are needed, such as a climate that supports innovation and structural empowerment. Discussing more about structural empowerment, several studies specifically examine its effect on innovative behavior. The relationship between structural empowerment and organizational performance has also been observed. In the current industrial context, companies are required to be more agile and creative in facing fierce and fast market competition. In addition, the industry 4.0 trend also brings many changes to the competition patterns in the market. Companies must be able to adapt to new business processes, regardless of the industry. Structural empowerment is one of the most important things needed to increase organizational efficiency and problem solving agility. This study examines the relationship between structural empowerment, innovative behavior and business process innovation, which ultimately leads to an organization's level of competitive advantage. This links the theory of structural empowerment and innovation, which have always been seen as separate things, especially in regards to their effect on competitive advantage. In conducting the empirical test, data were taken from 97 managers or team leaders through an online survey. The SEM-PLS method is used to see the relationship between constructs. The results showed a positive influence between structural empowerment, innovative behavior, business process innovation, and competitive advantage."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The complication of pregnancy and labor is not always predictable before it was happened , so pregnant woman must have access nearly Basic Emergency Obstetric Services. Puskesmas were hoped to give basic emergency services. Increased the pregnancy woman access to Puskesmas will decrease Maternal Mortality Rate and Child Mortality Rate fast. The objective of the research asses the innovation of basic obstetric and neonatal emergency services (PONED) at the Puskesmas and comprehensive obstetric and neonatal emergency services (PONEK) at the hospital. The function of PONED puskesmas and PONEK hospital were influenced by human resource, facility, drugs."
BUPESIK
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
David Julianto Simanungkalit
"Perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan daerah diharapkan mampu semakin meningkatkan pelayanan yang dihasilkan oleh daerah. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah diharapkan mamu meningkatkan daya saingnya dengan melaksanakan inovasi daerah. Berdasarkan data Global Innovation Index, peringkat negara sangat inovatif juga akan berpengaruh terhadap peningkatan daya saing sebagaimana data yang tertera dari Global Competitiveness Index. Di Indonesia, telah dihasilkan beberapa kebijakan terkait inovasi daerah untuk meningkatkan pelaksanaan inovasi di daerah yang berfungsi untuk meningkatkan inovasi dan daya saing dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan inovasi pada bidang lainnya. Sejak kebijakan tersebut dilaksanakan, peringkat Indonesia pada Global Innovation Index belum menunjukkan peningkatan yang signifikan begitu juga dampaknya terhadap daya saing pada Global Competitiveness Index. Berbagai masalah menjadi penyebabnya, termasuk implementasi kebijakan yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan sejauh ini belum maksimal. Untuk itu dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana Badan Penelitian dan Pengembangan melaksanakan kebijakan tersebut untuk mewujudkan peningkatan inovasi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan inovasi daerah sekaligus melihat faktor-faktor yang berpengaruh dalam implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigm post-positivisme dengan metode kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan inovasi daerah telah dilaksanakan melalui beberapa program yaitu, penyusunan indeks inovasi daerah, replikasi inovasi daerah, penilaian, dan pembinaan inovasi daerah. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan ketersediaan sumber daya, diantaranya yaitu dana dan kualitas serta kuantitas aparatur dalam menjalankan program inovasi daerah. Sehingga diharapkan agar pelaksanaan program inovasi daerah tersebut dilaksanakan dengan peningkatan kolaborasi dari beberapa pemangku kebijakan yaitu, Kementerian/Lembaga, Akademisi, Dunia Usaha, dan Masyarakat sehingga tujuan program inovasi daerah tersebut dapat terwujud.

It is hoped that the change in the paradigm of regional government administration is able to further improve the services produced by the regions. To achieve this, the regions are expected to be able to increase their competitiveness by implementing regional innovations. Based on data from the Global Innovation Index, a highly innovative country ranking will also have an effect on increasing competitiveness, as shown in the data from the Global Competitiveness Index. In Indonesia, several policies related to regional innovation have been produced to increase the implementation of innovation in the regions which function to increase innovation and competitiveness in governance, public services, and innovation in other fields. Since this policy was implemented, Indonesia's ranking in the Global Innovation Index has not shown a significant increase nor has its impact on competitiveness on the Global Competitiveness Index. Various problems are the cause, including the implementation of policies implemented by the Research and Development Agency so far has not been optimal. For this reason, a study was conducted to see how the Research and Development Agency implemented these policies to realize increased regional innovation. This study aims to analyze the implementation of regional innovation policies as well as to see the factors that influence the implementation of these policies. This study uses a paradigm post-positivism with qualitative methods, where data collection is carried out by in-depth interviews and document studies. The results show that the implementation of regional innovation policies has been implemented through several programs which are regional innovation index preparation, regional innovation replication, assessment, and regional innovation coaching. The implementation of this activity is carried out with due regard to the availability of resources, including funds and the quality and quantity of personnel in carrying out regional innovation programs. So it is hoped that the implementation of the regional innovation program will be carried out with increased collaboration from several policy makers that are Ministries/ Institutions, Academics, the Business World, and the Community so that the objectives of the regional innovation program can be realized. "
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reek Mustika
"PenelitiPenelitian ini melihat bagaimana proses translasi yang terjadi ketika inovasi teknologi portal intranet diterapkan di Kementerian Kominfo.Konsep difusi inovasi dan actor network theory digunakan dalam penelitian ini. Pendekatannya adalah kualitatif, dengan metode studi kasus. Unit analisis yang diteliti berupa aktor manusia dan non-manusia. Aktor manusia yaitu inisiator dan beberapa pengguna portal intranet, kemudian aktor non-manusia antara lain aplikasi intranet dan forum diskusi yang berada di portal intranet.
Hasil penelitian menunjukkan proses translasi terjadi melalui tahap problematisasi di mana inisiator menawarkan inovasi intranet pada aktor-aktor. Dilanjutkan dengan tahap interressement di mana portal intranet didesain inisiator sebagai single gateway bagi aplikasi e-government. Enrollment berupa pembelokkan akses untuk mengakses internet dengan cara login terlebih dahulu menuju portal intranet dan terakhir adalah mobilisasi yang terjadi ketika portal intranet Kominfo digunakan sebagai wadah untuk berbagi ilmu dan forum diskusi. ANT sebagai teori yang dapat mengungkap relasi persoalan antar aktor, menekankan pada translasi dalam proses terbentuknya jaringan (network).

This research is explain how translation process occured when internet portal technology innovation is implemented in the Ministry of Communication and Information. Diffusion innovation and Actor Network Theory concept are used in this research. Qualitative approach with study case method is used for this research. The object of analyst to be examined are human actors and non-human. The human actor is an initiator and several internet portal users and the non-human such us internet application and discussion forum which is on the internet portal.
The research result shows translational process occurs through the problematization phase where the initiator offers intranet innovation to the actors. Followed by interessement phase where the intranet portal designed by initiator as a single gateway for e-government applications. Enrollment is in the form of diverting the internet access by logging on to the intranet portal and mobilization that occurs when Kominfo intranet portal is used as a place for sharing knowledge and discussion forums. ANT as a theory which can reveal the relationship problems between actors, emphasizing the translation in the formation process of the network.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rieky Zainal
"TELKOM mengelola bisnis secara wholesale untuk melayani kebutuhan Other Licensed Operator (OLO) yang membutuhkan jasa interkoneksi dengan operator domestik lainnya. Salah satu jasa layanan interkoneksi yang dimiliki TELKOM adalah penyelenggaraan layanan Sambungan Langsung Internasional (SLI) berbasiskan akses clear channel dan Voice over IP (VoIP). Dalam menjalankan bisnis SLI, TELKOM dihadapai dengan adanya Grey Operator yang melakukan praktek ilegal by passing trafik incoming international tanpa melalui jalur penyelenggara jasa internasional resmi. Grey Operator tersebut memanfaatkan peralatan yang teknologinya tersedia di pasar yang dinamakan dengan SIMBOX.
Penelitian ini menganalisis pengaruh teknologi SIMBOX dalam bisnis layanan incoming (IC) internasional SLI TELKOM disertai dengan analisis pengendalian risiko bisnis dibandingkan dengan rencana kerja perusahaan ke depan dengan menggunakan pendekatan statistik dan simulasi Monte Carlo berbasiskan aplikasi Crystal Ball. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan yang dilakukan Perusahaan sudah mempertimbangkan faktor risiko akibat dampak dari teknologi SIMBOX.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Grey Operator (SIMBOX Operator) berpengaruh terhadap kinerja layanan IC internasional SLI TELKOM. SIMBOX Detector yang dikembangkan oleh TELKOM belum optimal dalam mengantisipasi risiko SIMBOX Operator (efektifitas 34%) sehingga TELKOM diestimasikan mengalami revenue lost sebesar 16% hingga 17% dari total pendapatan IC internasional TELKOM dalam tahun 2013 dan 2014. Dari hasil output Crystal Ball, target kinerja layanan bisnis incoming internasional SLI TELKOM di tahun 2013 memiliki probabilitas risiko tidak tercapainya kinerja baik dari sisi pendapatan dan produksi karena target kinerja yang diberikan Perusahaan lebih tinggi. Selain berdampak kerugian bagi TELKOM, SIMBOX Operator ini juga mengakibatkan kerugian bagi customer dan Negara.

TELKOM manages wholesale business to serve the needs of Other Licensed Operators (OLO), which require interconnection services with other domestic carriers. One of the interconnection services owned by TELKOM is International Direct Dialing (IDD) based on clear channel access and Voice over IP (VoIP). In SLI business, TELKOM faced with the Grey Carriers which operate illegal incoming international call traffic without passing through legal international service providers. Grey operator utilizes technological tools on the market called SIMBOX.
This study analyzes the influence of SIMBOX technology in incoming international (IC) TELKOM SLI business services include analysis of business risk control compared with the company's work plan ahead by using a statistical approach and Monte Carlo simulation-Crystal Ball based applications. This study aims to determine whether the plan made by the Company are considered risk factors due to the impact of SIMBOX technology.
The results of this study indicate that The Grey Operator (SIMBOX Operator) affect the performance of the TELKOM SLI IC international services. SIMBOX Detector developed by TELKOM has not been optimal in anticipating the risk of SIMBOX Operator (effectiveness by 34%) and TELKOM had estimated revenue lost by 16% to 17% of total IC international revenue TELKOM in 2013 and 2014. The result of Crystal Ball, TELKOM SLI IC international business services target performance in 2013 has a risk probability of not achieving the target performance in terms of Company?s revenue and production because the Company granted performance targets higher. Besides the impact for TELKOM, this SIMBOX Operator also result in a loss for the customer and the State.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35020
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Saputri Agustina
"Perubahan gaya hidup yang sangat dinamis disertai dengan perkembangan teknologi
telekomunikasi mendorong munculnya berbagai layanan baru untuk bisa memenuhi
kebutuhan yang terus berkembang dalam berbagai format. Hal ini mendorong peningkatan
kebutuhan bandwith, storage sebagai tempat peyimpanan aplikasi layanan dan penyediaan
multi-format untuk multi perangkat bagi para operator layanan multimedia termasuk operator
telekomunikasi. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi dan perubahan teknologi yang
digunakan dalam bisnis telekomunikasi yang awalnya menggunakan teknologi IPTV
kemudian berevolusi menggunakan teknologi OTT (over the top). OTT adalah teknologi
yang memungkinkan layanan/konten yang dihantarkan memberikan kualitas tinggi dan bisa
di nikmati melalui berbagai jenis perangkat telekomunikasi dan disampaikan melalui jaringan
operator, tetapi secara langsung tanpa melibatkan operator. Beberapa contoh layanan OTT
yang banyak kita tahu adalah Google, Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube dan iTune.[1]
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka dilakukan analisis dan pembuktian bahwa
implementasi Teknologi OTT pada jaringan FTTH untuk peningkatan business services
sebagai solusi bisnis telekomunikasi pada saat ini, dengan metode kompetitive analysis yaitu
membandingkan Teknologi OTT untuk menggantikan teknologi sebelumnya yang dianggap
sudah tidak sesuai lagi dengan tren pelanggan. Serta membandingkan layanan yang di
berikan oleh PT.Moratelindo menggunakan Teknologi OTT dengan para pesaing dalam
bisnis yang sama di Indonesia. Dalam pelaksanaan analisis menggunakan CPM (Competitive
Profile Matrix) yaitu dengan cara membandingkan key success factor PT.Moratelindo dalam
memberikan layanan ke pelanggan dengan satu-satunya pesaing di Indonesia pada saat ini
yaitu PT.Telkom serta pesaing dari Negara tetangga Singapura, dan terbukti bahwa
PT.Moratelindo memberikan layanan dengan melakukan implementasi Teknologi OTT pada
jaringan FTTH menjadi yang terbaik pada saat ini di Indonesia.
Dari analisa yang dilakukan menghasilkan perbaikan dari roadmap sebelumnya, bukan hanya
dari sisi teknologi saja akan tetapi dari produk yang akan di berikan ke pelanggan. Dari
roadmap yang telah di buat menunjukan bahwa dalam minimal dua tahun kedepan teknologi
OTT masih bisa di manfaatkan dan di explore lebih luas lagi sehingga PT.Moratelindo
optimis dalam menetapkan target pencapaian dalam business service dengan menggunakan
teknologi OTT tersebut dalam peningkatan keuntungan dan jumlah pelanggan.

Lifestyle changes are accompanied by a very dynamic development of telecommunications
technology to a wide variety of new services to meet the evolving needs in a variety of
formats. This prompted an increased need for bandwidth, storage as a service applications
with storage and provision for multi-format, multi-device multimedia services for operators
including telecom operators. Therefore, the need for innovation and change in the technology
used in the telecommunications business initially using IPTV technology then evolved using
technology OTT (over the top). OTT is a technology that allows the service / content
delivered providing high quality and can be enjoyed through various types of
telecommunications devices and delivered over the network operator, but directly without
involving the operator. Some examples of OTT services which we know is a lot of Google,
Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube and iTunes. [1]
Based on the above background, the analysis and proof that the implementation of OTT
Technology on FTTH network to increase business telecommunication services as a business
solution at this time, the method of analysis that compares competative OTT technology to
replace the previous technology is considered to be no longer compatible with the trend
customers. And compare the service that is given by PT.Moratelindo using OTT technology
with competitors in the same business in Indonesia. In the implementation of the analysis
using CPM (Competitive Profile Matrix) is by way of comparing PT.Moratelindo key success
factor in delivering services to customers with the only competitor in Indonesia at this time,
namely PT Telkom as well as competitors from neighboring countries Singapore, and proved
that PT . Moratelindo provide services to implement OTT Technology on FTTH network to be
the best at this time in Indonesia.
An analysis of the yield improvement roadmap before, not only in terms of technology alone
but of the products that will be provided to the customer. Of the roadmap that has been made
to show that in at least the next two years is still OTT technology can be utilized and explore
more broadly so PT.Moratelindo optimistic in achieving targets set in business service using
the OTT technology to increase corporate profits.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34985
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mukhammad Syarifuddin
"Penelitian ini menganalisa dampak perubahan tarif bunga penagihan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan. Penulis memanfaatkan peristiwa perubahan tarif dari tarif sebesar 2 persen per bulan menjadi tarif sekitar 0,50 persen per bulan sejak 2 November 2020, untuk masuk ke dalam desain regresi diskontinuitas menggunakan data tunggakan pajak. Teori ekonomi klasik memprediksi bahwa penalti yang rendah cenderung menimbulkan perilaku tidak patuh. Namun, hasil studi ini menunjukkan bahwa perubahan tarif bunga penagihan berpengaruh positif signifikan terhadap respon pembayaran, tetapi tidak berpengaruh pada jumlah pengurangan/penghapusan sanksi administrasi. Hal ini memberi kesimpulan bahwa kepatuhan pajak tidak selalu linier dengan tarif penalti yang tinggi.

This study estimates the impact of changes in late payment penalties determined by the Minister of Finance. The author exploited a rate change event from 2 per cent per month to about 0.50 per cent per month since November 2, 2020, to enter into the discontinuity regression design using tax delinquencies data. Classical economic theory predicts that low penalties lead to disobedient behaviour. However, the results of this study indicate that changes in late payment penalties have a significant positive effect on payment response but do not affect the number of reduction/write-off penalties. This study concludes that tax compliance is not always linear with high penalty rates."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>