Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Fatimah
"Prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh faktor yang berada dalam diri siswa dan faktor yang berada di luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa diantaranya adalah faktor psikologis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa faktor psikologis yang dianggap sangat memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Diantaranya adalah faktor self efficacy dan motivasi berprestasi. Siswa dengan self efficacy tinggi memperlihatkan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki self efficacy rendah (Zimmerman, 1990) dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan tergerak untuk melakukan usaha dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas I SMPN 45 Cengkareng_ Sampel berjumlah 190 orang yang diperoleh dengan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dengan gaya Likert skala 5 yang terdiri dari alat ukur self efficacy dan motivasi berprestasi. Sedangkan prestasi belajar matematika diambil dari nilai raport kelas I semester I.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self efficacy dan motivasi berprestasi memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP, sebesar 23,4%.
Saran yang diajukan untuk penelitian seianjutnya adalah: sebaiknya dilakukan penelitian yang lebih luas tentang prestasi belajar matematika, agar didapatkan gambaran faktor-faktor lain yang ikut memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar matematika. Mengenai sampel sebaiknya diambil dari beberapa sekolah sehingga lebih dapat digeneralisasikan."
Depok: Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18608
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadetta Yunita Santosa
"Penelitian mengenai “Analisa Isi Hand Tes pada Pekerja Seks Komersial di PRW Mulya Jaya” bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran lsi Hand Tes pada PSK dan untuk pengernbangan alat diagnostik psikologi yaitu Hand Test. Penelitian dilakukan ams dasar pentingnya hubungan antara lingkungan dan kecenderungan tingkah laku yang muncul pada masa kini pada PSK sertapengembangan alat diagnostik Hand Test pada kasus-kasus klinis diantarana kelompok PSK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif (perhitungan statistika) dan didampingi oleh metode wawancara pada tiga puluh enam siswi-siswi Mulya Jaya. Pengambilan kasus dilakukan dengan menggunakan data primer maupun Sekunder. Hasilnya secara umum memperlihatkan bahwa perbandingan antara respon Interpersonal, Enviromental, MaIac§ustive dan Withdrawal adalah 12 1 8 2 2 : 0.
Dengan respon Interpersonal menduduki jumlah respon terbanyak, namun jumlah respon untuk sub kategori skoring diduduki oleh respon active. Hal ini memperlihatkan bahwa kelompok subyek adalah individu-individu yang mampu untuk membina hubungan baik dengan orang lain dan mau melakukan usaha yang aktif untuk mencapai tujuannya. Sedangkan untuk respon kualitatif yang menonjol adalah skor oral dimana menunjukkan bahwa individu-individu cenderung untuk bergantung kepada orang lain. Saran-saran diajukan untuk memberi sumbangan bagi kemajuan dan perbaikan bagi PRW Mulya Jaya dan siswi-siswinya Serta metode penelitian."
Depok: Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T38478
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library