Ditemukan 37 dokumen yang sesuai dengan query
Naila Rahma
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Electronic Document and Record Management System (EDRMS) untuk kebutuhan pengelolaan rekod elektronik di Subbagian Persuratan dan Kearsipan KKP. Di Subbagian Persuratan dan Kearsipan, pemanfaatan teknologi informasi diaplikasikan kedalam kegiatan kearsipan. Topik ini diangkat karena hasil observasi awal menunjukkan bahwa Subbagian Persuratan dan Kearsipan KKP menggunakan tiga sistem berbeda dalam pelaksanaan pengelolaan rekod elektroniknya, yang dimana ketiganya tidak terintegrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi-terstandarisasi, dan observasi partisipatif yang didasari oleh persyaratan EDRMS yang diterbitkan ICA. Hasil dari penelitian ini adalah EDRMS yang digunakan Subbagian Persuratan dan Kearsipan dalam melakukan pengelolaan rekod elektronik sudah cukup sesuai dengan persyaratan ICA, dan pemanfaatannya sudah sesuai dengan kebutuhan para arsiparis. Ditemukan juga beberapa kendala yang muncul karena implementasi EDRMS diantaranya adalah masalah sumber daya manusia, efektifitas penginputan rekod, tidak lengkapnya rekod yang dikelola dalam SIKap, dan infrastruktur yang terkadang bermasalah.
This research analyzes the implementation of Electronic Document and Record Management System (EDRMS) to manage KKPs electronic records. In Subbagian Persuratan dan Kearsipan, information technology is used to automate archival activities. This topic is discussed because based on early observation, KKP archival division uses three different systems which are not integrated between one and another. This research uses a qualitative approach, with case study as the method. Data was collected through interviews and participative observations which were based on EDRMS requirements set by ICA. Findings of this research shows that the EDRMSs used by KKP in order to maintain its electronic records are overall aligned with ICA requirements and accommodates the archivists needs. There are also several obstacles in implementing the EDRMs such as lack of archivists, how uneffective the input process is, how not all records are managed in SIKap, and KKP infrastructure which may cause problems at certain times.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sandy David
Abstrak :
Kemajuan teknologi yang diiringi dengan peredaran informasi yang begitu cepat tampaknya belum dapat diiringi dengan kemampuan individu dalam mencari dan menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dibutuhkan kemampuan untuk mencari, menemukan, dan menggunakan informasi dalam mengatasi peredaran informasi yang seringkali membuat kita kesulitan. Skripsi ini membahas tentang kemampuan literasi informasi pustakawan dalam menelusur informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal. Penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung terhadap pustakawan sebagai narasumber dan observasi langsung di tempat penelitian. Narasumber berjumlah enam orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel diukur dengan menggunakan teori model literasi informasi BIG 6. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa coding dari hasil wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pustakawan sekolah tersebut memiliki kemampuan literasi informasi yang mapan sesuai dengan model literasi informasi BIG6 dan mampu memberikan informasi yang sesuai terhadap apa yang dibutuhkan oleh pengguna.
......Technological advances accompanied by such rapid information circulation do not seem to be accompanied by the ability of individuals to find and find information that suits their needs. It takes the ability to search, find, and use information in overcoming the circulation of information that often makes us difficult. This thesis discusses the literacy information capability of librarians in tracking the information in accordance with the needs of users in order to provide maximum service. This research uses direct interview method to librarian as resource and direct observation in place of research. Resource persons were six persons selected using purposive sampling technique. The variables were measured using the BIG 6 information literacy model theory. Analysis technique that used in this research is in the form of coding from result of interview with informant. The results of this study prove that the school librarian has a well-established literacy information capabilities in accordance with the BIG6 information literacy model and able to provide appropriate information to what is required by the user.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Qonita Sholiha
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini membahas tentang evaluasi sistem otomasi manajemen rekod e-Library di Record Management Kangean Energy Indonesia Ltd. Evaluasi yang dilakukan pada e-Library mencakup implementasi sistem berdasarkan tujuan pembuatannya dan evaluasi kesesuaian e-Library dengan persyaratan sistem otomasi manajemen rekod. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kesesuaian e-Library dengan tujuan awal pembuatan sistem dan evaluasi kesesuaiannya dengan persyaratan sistem otomasi manajemen rekod. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode evaluasi. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Adapun data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasinya, e-Library telah mencapai tujuan khususnya pada kemudahan temu kembali. Dari ke lima persyaratan sebagian besar telah dipenuhi, namun salah satu fungsi utama dalam pengelolaan rekod pada sistem belum terpenuhi yaitu fungsional penyusutan. Secara manual penyusutan belum dilakukan sehingga sistem belum dapat mengakomodasi penyusutan rekod. Dalam rangka optimalisasi fungsi sistem sebaiknya pihak Record Management mempertimbangkan untuk melakukan penyusutan terhadap rekod.
ABSTRACT
This study discusses the evaluation of the record management automation system (e-Library) at Kangean Energy Indonesia Ltd. The evaluation includes the implementation of the system based on its development objectives and the suitability of e-Library with the requirements of the records management automation system. This research uses descriptive qualitative approach with evaluation method. Data were obtained from structured interviews and observations. Furthermore, the primary data is processed by qualitative data processing techniques. The results show, the implementation of e-Library has achieved its development goals, especially on ease on record retrieval. The findings also show that from the five requirements used as a reference, one of the main functions, ie functional retention has not been met. This is due to manual retention has never been done, so the system has not been able to accommodate record retention. In order to optimize the function of the system, Record Management Kangean Energy Indonesia Ltd should consider retention records.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Agnes Felicia Putri
Abstrak :
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yng membahas mengenai pemanfaatan perpustakaan oleh siswa dengan menggunakan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan koleksi, layanan dan fasilitas Perpustakaan Rumah Ibadah oleh pengguna di Perpustakaan Santo Ignasius. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat adalah pemanfaatan perpustakaan Santo Ignasius Gereja Katolik Santo Stefanus masih rendah, maka dari itu perpustakaan harus meningkatkan keterbaruan koleksi, latar belakang pendidikan SDM petugas perpustakaan, fasilitas penunjang, serta kegiatan promosi perpustakaan.
......This research is a qualitative research that discusses the library use by students with using case study as its method. The data is collected by observation, interview and data analysis. This study aims to explain how the users use the collection, service and facilities in the House of Worships Library at the St. Ignatius Library. Based on the results of the research, the conclusion is that the use of St. Ignatius Library of St. Stephens Catholic Church is still low. Therefore, the library should improve the novelty of their collections, educational background of library personnel, supporting facilities, and library promotion activities.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Neka Rusyda Supriatna
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai peran perpustakaan Chandra Widodo yang merupakan perpustakaan khusus milik PT Industri, dalam memenuhi kebutuhan informasi karyawan. PT Industri bergerak dibidang Engineering, Procurement, dan Construction (EPC). Perpustakaan Chandra Widodo memiliki koleksi arsip inaktif (dokumen proyek) sebagai repositori institusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah peran perpustakaan Chandra Widodo tidak hanya memenuhi kebutuhan informasi yang berguna bagi karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan informasi akan hiburan dan aktualisasi diri.
ABSTRACT
This thesis discusses the role of Chandra Widodo library, a special library
of PT Industri to fullfill the information needs of PT Industri?s employees. PT
Industri?s is an institution that works in Engineering, Procurement and
Construction (EPC). Chandra Widodo library has inactive archive (project
document) as institutional repository. This research is a qualitative research using
an ethnographic approach. The result is the role of Chandra Widodo library not
only supplies information needs for employees to completing their work, but also
to meet the information needs for entertainment and self-actualization.;
2016
S65686
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arista Bayu Paramarta
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi di Perpustakaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi di Perpustakaan Kementerian Keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pendekatan analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan model PDCA atau Plan, Do, Check, dan Act di mana peneliti ingin melihat strategi promosi di Perpustakaan Kementerian Keuangan secara runtun dan sistematis dimulai dari perencanaan hingga perencanaan kegiatan tersebut setelah selesai dilakukan, apakah harus diperbaiki atau dipertahankan sebagai acuan kedepannya.
This research aims to determine how the implementation of promotional strategies in the Library of the Ministry of Finance Republic of Indonesia. The purpose of this research is to describe how the promotional strategy in Library of the Ministry of Finance. This research is a qualitative study with using the case study method. The analytical approach in this study is use PDCA model or Plan, Do, Check, and Act where researchers wanted to see the promotion strategy in Library of the Ministry of Finance with systematic planning stage to the planning of these activities once completed, is to be evaluated or maintained as a reference for future.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64406
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Khalista Vania Hapsari
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai kebijakan transfer arsip dinamis inaktif dari perusahaan ke pusat rekod komersial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan transfer arsip adalah kegiatan yang memerlukan dokumen sebagai perwujudan dari tanggung jawab dan pembuktian bahwa kegiatan arsip akan, sedang, maupun sudah dilakukan perusahaan. Perusahaan menyimpan arsip mereka di pusat rekod komersial dengan alasan untuk perluasan ruang serta pelestarian informasi dan dokumen tentang organisasi mereka. Saran penelitian ini adalah perusahaan sebaiknya membuat kebijakan yang baku (tertulis) tentang transfer arsip dinamis inaktif perusahaan mereka.
This undergraduate-thesis describes the transfer policy of inactive dynamic archive from organization to a commercial record center. This research is qualitative research using case study method. The result of this research shows archive transfer is an activity which need document as a form of responsibility and a verification that the archive activity will, be, or already did. The reason of an organization keeps their archive in the commercial record center in term of room expansion and to preserve information & document about their organization. The researcher suggests that an organization should make a formal written policy concerning about archive transfer.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63757
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hani Kusumaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
United Nations Information Centre (UNIC) menyediakan layanan referensi e-mail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan yang sering diajukan penggunan layanan referensi e-mail perpustakaan dan efektivitas dan efisiensi layanan referensi e-mail yang digunakan perpustakaan UNIC dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu pengguna mahasiswa dan non-mahasiswa. Jumlah pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC periode Maret 2014 sampai dengan Maret 2016 berjumlah 45 pengguna. Sedikitnya jumlah e-mail yang masuk memberi gambaran bahwa UNIC dalam memberikan informasi telah menjalani fungsinya sebagai pusat informasi bagi masyarakat sehingga pengguna tidak butuh lagi menghubungi pustakawan untuk menemukan sebuah. Pertanyaan referensi yang diterima melalui e-mail Selama bulan Maret 2014 sampai Maret 2016 adalah sebanyak 45 pertanyaan referensi. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna adalah pertanyaan research questions. Tidak adanya pertanyaan mengenai bibliographic verification dikarenakan seluruh website UN merupakan sumber yang sudah terpercaya, sehingga apabila ada pengguna yang mencari data langsung dari website resmi UN semua data tersebut adalah orisinil. Layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC sudah efektif dan efisien bila dilihat dari parameter pelayanan referensi digital berdasarkan Guidelines for Behavorial Performance of Reference and Information Services Providers tahun 2013 yang diterbitkan RUSA.
ABSTRACT
United Nations Information Centre (UNIC) provides email reference service. The purpose of this study is to identify the type of the questions that are frequently asked by the e-mail reference service of the library and the effectiveness and efficiency of email reference service that is used in UNIC library in meeting the information needs of its users. The method used is quantitative and using document analysis for the data collection techniques. User's e-mail reference service in UNIC library can be categorized into two, the students and non-students. The number of users that use e-mail reference library of UNIC in the period of March 2014 until March 2016 reached to 45 users. The least amount of incoming emails illustrate that the method that UNIC in providing information has been undergoing its function as an information center for the community, so that users no longer need to find a contact librarian. Reference questions received via e-mail during the month of March 2014 to March 2016 is as much as 45 reference questions. Questions that are frequently asked by users is the question of research questions. The absence of a question about bibliographic verification is because all UN website is a source that is reliable. E-mail reference service in UNIC library are already effective and efficient viewed from the digital reference service parameters based on the Guidelines for Behavorial Performance of Reference and Information Services Providers in 2013, published by RUSA.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64938
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marissa Octrinanda
Abstrak :
Penelitian ini membahas pemanfaatan e-journal yang disediakan perpustakaan oleh sivitas akademik fakultas ekonomi dan bisnis Universitas trisakti, yaitu mahasiswa dan dosen. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis dan menginterpretasi pamanfaatan e-journal yang disediakan perpustakaan oleh sivitas akademik berdasarkan user-centered-access dan web access, serta faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pemanfaatan e-journal.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pemanfaatan e-journal oleh sivitas akademik fakultas ekonomi dan bisnis universitas trisakti dan faktor-faktor yang mendorong dan menghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan wawancara dalam pengumpulan data.
Peneliti menyimpulkan bahwa para sivitas akademik sebagai pengguna e-journal sudah mampu memahami pemanfaatan e-journal dari awal mengakses, menelusur, mencari, dan menggunaka e-journal yang ditemukan. Namun, kekurangannya adalah ketersediaan kebutuhan informasi dari beberapa subjek dan artikel yang tidak tersedia, tidak bisa diakses.
......This study discusses about the use of e-journal supplied libraries by academic faculty by faculty of economics and business university of trisakti, namely students and lecturer. The problem studied in this research is to analyze and interpret the use of e-journal is provided by academic faculty library based on user centered-access and web-access, as well as the factors that drive and impede the use of e-journal.
This study aims to provide an overview the use of e-journal by academic faculty the faculty of economic and business university of trisakti and factors driving and impeding the use it. The method that used is qualitative case study and interviews in data collection.
The researchers concluded that the academic faculty as e-journal users have been able to understand the use of e-journal from the start accessing, searching, searching, and make use of e-journal were found. However, the drawback is the availability of the information needs of some subjects and articles that are not available, it can not be accessed.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64758
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Faisal Hazami
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas penerapan arsitektur informasi pada perpustakaan digital iJakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara terhadap informan. Analisis berdasarkan empat komponen utama dalam arsitektur informasi yaitu sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi, dan sistem pencarian. Observasi dilakukan dengan dua cara yaitu observasi langsung ke dalam perpustakaan digital dan observasi pengguna yang dimana diminta untuk menggunakan perpustakaan digital iJakarta. Hasil penelitian menyatakan bahwa perpustakaan digital iJakarta belum sepenuhnya menerapkan semua komponen arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pengelola perpustakaan digital iJakarta untuk mengembangkan dan meningkatkan arsitektur informasi sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna.
ABSTRACT
This paper discusses application of information architecture in iJakarta digital library. This paper using qualitative approach, observation and interview for data collection. This analysis based on four main components of information architecture: organization system, labelling system, navigation system, and search system. Observation is done by two ways: direct observation into digital library and users observation who asked to use iJakarta digital library. The result indicate that iJakarta digital library hasn?t been fully implement all components of information architecture. Based on these results, is advisable to business iJakarta digital library to develop and improve the information architecture so facilitaties to users.
2016
S65742
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library