Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isni Nur Aini
"ABSTRAK
Kemiskinan seringkali merupakan faktor utama kegagalan akademik siswa yang ditandai dengan prestasi belajar yang rendah. Rendahnya prestasi belajar siswa miskin, terutama karena mereka tidak memiliki self regulated learning (SRL). Penelitian ini dilakukan terhadap seorang siswa SMP yang berasal dari keluarga miskin dan memiliki prestasi belajar rendah, dengan menggunakan desain penelitian single subject multifactor baseline (a-b) design. Program intervensi diberikan selama 1 bulan sebanyak 9 sesi, dengan menerapkan model SRL dari Zimmerman, Bonner, dan Kovach (1996). Penerapan model ini bertujuan meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan strategi belajar untuk memperbaiki SRL siswa. Program intervensi dilaksanakan melalui tahap self evaluation and monitoring, goal setting and strategy planning, strategic implementation and monitoring serta strategic outcome and monitoring. Hasil penelitian membuktikan bahwa program peningkatan manajemen waktu dan strategi belajar terbukti efektif untuk memperbaiki self regulated learning siswa SMP yang berasal dari keluarga miskin. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan skor alat ukur Self Regulated Learning Interview Schedule (SRLIS) dan peningkatan pengetahuan serta strategi yang digunakan siswa dalam belajar sesudah dilakukan intervensi.

ABSTRACT
Poverty frequently becomes the main factor of student academic failure as marked by low academic achievement. Low academic achievement shown by poor students is mainly caused by lack of self regulated learning (SRL). This research is conducted on a junior high school student from a poor family with low academic achievement, using single subject multifactor baseline (A-B) research design. This one-month intervention program comprises of 9 sessions adopting SRL model from Zimmerman, Bonner, and Kovach (1996). The model aims to improve the student's time management skills and learning strategies in order to increase his SRL. Intervention undergoes stages of self evaluation andmonitoring, goal setting and strategy planning, strategic implementation and monitoring and also strategic outcome and monitoring. This research shows that this time management skills and learning strategies program is effective to increase self regulated learning of a junior high school student from a poor family. This is evident in the increase of Self Regulated Learning Interview Schedule (SRLIS) scores and improvement of knowledge and strategies used by the student in his study in post intervention."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
T38480
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kezia Emanuella Setyani
"Childhood emotional maltreatment ditemukan menjadi faktor risiko bagi resiliensi mahasiswa baru. Padahal, mahasiswa baru membutuhkan resiliensi agar mereka dapat menyesuaikan diri di perguruan tinggi dengan lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari suatu faktor protektif yang dapat menguatkan resiliensi pada mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran moderasi perceived social support dalam hubungan childhood emotional maltreatment dan resiliensi. Partisipan terdiri dari 206 mahasiswa baru dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Resilience Scales for Adults (RSA), Childhood Trauma Questionnaire (CTQ), dan Multidimensional Scale of Social Support (MSPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived social support tidak memoderasi hubungan antara childhood emotional maltreatment dan resiliensi pada mahasiswa baru (β = 0.0014, t (206) = 0.1313, p > 0.05). Hasil penelitian juga menemukan bahwa childhood emotional maltreatment berpengaruh pada resiliensi (β= -1.2628, t(206)= -2.0266, p < 0.05) dan begitu pula perceived social support (β = 1.3070, t (206) =3.5226, p < 0.05). Dapat disimpulkan bahwa childhood emotional maltreatment dan perceived social support masing-masing berpengaruh pada resiliensi, namun perceived social support tidak ditemukan memoderasi hubungan childhood emotional maltreatment dan resiliensi pada mahasiswa baru.

The experience of emotional maltreatment in childhood was found to be a risk factor for first-year college students’ resilience while first-year college students need resilience in order to adjust to college better. Therefore, it is very important to look for a protective factor that can strengthen the resilience in first-year college students. This study aims to analyze the moderating role of perceived social support in the relationship between childhood emotional maltreatment and resiliency. Participants in this study consist of 206 first-year college students from all universities in Indonesia. The measuring instruments of this study are Resilience Scales for Adults (RSA), Childhood Trauma Questionnaire (CTQ), dan Multidimensional Scale of Social Support (MSPSS). The result shows that perceived social support does not moderate the relationship between childhood emotional maltreatment and resiliency among first-year college students (β = 0.0014, t (206) = 0.1313, p > 0.05). This study also found that childhood emotional maltreatment has an effect on resiliency (β= -1.2628, t (206) = -2.0266, p < 0.05) and so does perceived social support (β = 1.3070, t (206) =3.5226, p < 0.05). It can be concluded that childhood emotional maltreatment and perceived social support each have an effect on resilience, but perceived social support was not found to moderate the relationship between childhood emotional maltreatment and resilience in first-year college students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Ratna Indriani
"ABSTRAK
Ketika pilihan seorang pemelajar cenderung pada sesuatu yang mendukung tercapainya tujuan akademis daripada sesuatu yang hanya mendatangkan kesenangan sesaat, maka ia dikatakan melakukan penundaan gratifikasi akademis (PGA) (Bembenutty & Karabenick, 1998). Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh variabel antisipasi pilihan masa depan (APM) dan interpretasi aksi (lA) terhadap PGA. Selain itu, diuji pula interaksi antara kedua variabel tersebut dalam mempengaruhi PGA. Eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain faktorial2 (APM vs Tanpa APM) x 2 (Komitmen vs Kemajuan) dengan melibatkan 82 orang mahasiswa tingkat awal sebagai subjek penelitian.Variabel APM dimanipulasi dengan memberikan bentuk pilihan sekuensial pada satu kelompok (kondisi APM) dan pilihan tertutup pada kelompok lain (kondisi tanpa APM). Variabel lA dimanipulasi dengan melakukan pembingkaian interpretasi komitmen dan interpretasi kemajuan n1elalui pernyataan pembingkai dalam
sebuah kuesioner. Hasilnya, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari variabel APM dan lA terhadap perilaku PGA. Tidak ditemukan pula interaksi antara variabel APM dan lA dalam mempengaruhi perilaku PGA. Kelemahan pada desain penelitian ditengarai menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tidak signifikannya hasil penelitian. Selain itu, kemungkinan adanya pengaruh variabel sensitivitas terhadap penundaan, perbedaan strategi belajar, dan kekuatan pengaturan diri didiskusikan pula pada pembahasan hasil penelitian.

ABSTRACT
Academic delay of gratification refers to students' postponement of immediately available opportunities to satisfy impulses in favor of pursuing chosen important academic rewards or goals that are temporally remote but ostensibly more valuable (Bembenutty & Karabenick, 1998). An experiment was designed to test the effects of anticipation of similar future choices and framing of goal pursuit on students' decision to delay academic gratification and their interaction. A 2 x 2 factorial design based upon two levels of the participant's anticipation condition (with anticipation vs without anticipation) and two levels of framing condition (commitment vs progress) was employed. The anticipation of similar future choices was manipulated by presenting choices in a sequence to participants in 'with anticipation' condition and isolated choices to participants in 'without anticipation' condition. The framing of goal pursuit was manipulated by different framing statements in a questioner. Eighty two participants involved in this study. The study found no significant effects of anticipation of similar future choices and framing of goal pursuit on participants' decision to delay academic gratification. Some weaknesses in experimental design were discussed. Moreover, effects of other variables such as sensitivity to delay, learning strategies, and self-regulatory strength were also involved in the discussion."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38349
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yovita Litani Putri Valentine
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognisi dan pendekatan belajar deep serta surface approach pada siswa SMP. Keterampilan metakognisi disebut sebagai suatu faktor personal yang memiliki peran penting dalam menentukan pendekatan belajar individu. Secara spesifik, penerapan Kurikulum Merdeka fase D pada jenjang SMP di Indonesia menuntut siswa untuk lebih menerapkan deep approach. Maka dari itu, penelitian ini melibatkan 192 partisipan siswa SMP dengan rentang usia 12-15 tahun yang berasal dari SMP swasta X di Bekasi dan SMP negeri Y di Jakarta. Hasil penelitian utama menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognisi dan deep approach dengan r(192) = 0,597, p<0,001 (p<0,01, one-tailed) dengan effect size yang termasuk large effect (r≥0.5). Artinya, semakin tinggi keterampilan metakognisi siswa SMP, semakin tinggi kecenderungannya menerapkan deep approach. Hal ini sesuai untuk menjalani kondisi kurikulum pendidikan setingkat SMP yang diterapkan saat ini. Dengan mengetahui hubungan antara kedua variabel, harapannya guru dan orang tua/wali dapat menerapkan metode belajar konstruktivistik, Problem-Based Learning (PBL), atau metode lainnya yang dapat membantu meningkatkan keterampilan metakognisi siswa SMP sehingga tujuan belajar tercapai secara optimal.

This study aims to determine the relationship between metacognitive skills with deep and surface learning approaches in junior high school students. Metacognitive skills are referred to as a personal factor that has an important role in determining individual learning approaches. Specifically, the implementation of phase D of Kurikulum Merdeka at the junior high school level in Indonesia requires students to apply a deep approach. Therefore, this study involved 192 junior high school student participants aged 12-15 years from a private junior high school X in Bekasi and a public junior high school Y in Jakarta. The main result showed a positive and significant relationship between metacognitive skills and deep approach with r(192) = 0.597, p<0.001 (p<0.01, one-tailed) and a large effect size (r≥0.5). That is, the higher the metacognitive skills in junior high school students, the higher the tendency to apply the deep approach. This is appropriate to undergo the conditions of the current junior high school education curriculum. By knowing the relationship between the two variables, it is hoped that teachers and parents/guardians can apply constructivistic learning methods, Problem-Based Learning (PBL), or other methods that can help improve the metacognitive skills of junior high school students so that learning goals are achieved optimally.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library