Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
Irma Utari Aditirto
"Istilah Gereformeerd berasal dari kata Latin reformare yang berarti membentuk lagi, pada permulaan reformasi istilah ini digunakan untuk menyembut gereja-gereja yang memisahkan diri dari agama Roma Katolik, tetapi di kemudian hari istilah ini menjadi sebutan untuk membedakan aliran Protestantisme yang berorentasi pada ajaran reformator-reformator seperti Zwingli, Bullinger, Bucher dan Calvin dari Protestantisme Luther. Dewasa ini istilah Gereformeerd digunakan untuk gereja-gereja yang menganut ajaran Calvin yang bermula di Swiss dan kemudian tersebar di Eropa dan berbagai penjuru Dunia lain berkat emigran dan pekabaran injil. Gereja-gereja Gereformeerd tidak saja mencakup gereja-gereja yang menggunakan nama Gereformeerd atau Reformed, tetapi juga yang memakai sebutan Pressbyterian. Jumlah pengikut agama Gereformeerd di seluruh dunia pada tahun tujuh puluhan 65 juta orang..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hari Astuti
"Dalam bab ini penulis akan mengemukakan alasan pemilihan judul, metodepenulisan skripsi dan sistimatikanya skrip_si. Pada tahun tiga puluhan muncul suatu aliran di dalam kesusastraan yang disebut aliran magis-realisme. Aliran yang semula tumbuh di dalam kesusastraan Jarman itu kemudian me_nyebar ke kesusastraan negara-negara Eropa lainnya, tidak terkecuali kesusastraan Belanda. Aliran ihi berusaha menggabungkan.dua kutub yang berbeda, yaitu kutub kenyataan dan kutub ketidaknyataan. Yang dirnaksud dengan ketidaknyataan di sini adalah kenyataan yang tidak tampak oleh kita, tetapi dapat dirasakan keberadaannya dalam jiwa kita yang paling dalam. Penggabungan kedua unsur di atas menimbulkan gejolak magis yang selanjutnya diharap_kan dapat menolong manusia untuk sejenak menempati dunia ba_ru yang tidak nyata, tetapi penuh kesempurnaan. Usaha ini dilakukan dengan maksud agar manusia bisa melarikan diri dari kenyataan yang tidak enak dan rnencari sesuatu yang lain yang dapat membahagiakannya. Kenyataan yang tidak enak tersebut"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15935
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bonny Larasati
"Skripsi ini mencoba menganalisa salah satu karya dari pengarang Belanda, Anton Koolhaas, yang berjudul Tidak Ada Lapisan Lemak Babi Dalam Perang_kap (Er Zit Geen Spek in de Val). Buku ini merupakan kumpulan cerita binatang Anton Koolhaas, yang terbit tahun 1958, karyanya yang ketiga mengenai binatang dan memperoleh hadiah Van der Hoogt Prijs van de Maatschappij der Nederlandse Letterkunue.Penulis mencoba menganalisa satu per satu cerita binatang yang ada didalam kumpulan cerita Tidak Ada Lapisan Lemak Babi Dalam Perangkap dan unsur-unsur apa yang ditemukan dari cerita-cerita itu, yang kemudi.an dihubungkan untuk ditarik kesimpulannya.Dari analisa perspektif yang penulis temukan adalah perspektif pencerita yang serba tahu. Pencerita tidak hanya mengenal tokoh-tokohnya dari luar tetapi yang mengenal betul jalan pikiran mereka. Pencerita sering kali memberikan komentarnya dan juga mengadakan perpindahan sudut pandang yang cepat antara pencerita dan para tokoh.Dari analisa gaya yang penulis temukan adalah bahwa percakapan yang terjadi antara tokoh-tokoh dalazn cerita memberikan kesan humor."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15896
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ade Yolanda Latjuba
"Nana Vi jftigers pertama kali dilancarkan dalam maja_lah Cobra nomor ke 4 terbitan Amsterdam, yang mermuat lapo_ran pameran seni eksperimental yang bertaraf internasional, dan yang diselenggarakan pada malam tanggal 5 November 1949 di Stedelijk Museum di Amsterdam. Dalam nomor terbitan tersebut Lucehert menyajikan satu sajak peristiwa (gelegenheidsgedicht) yang amat menarik, dan sejak waktu itu nama 'Vijftigers ini sering dikaitkan dengan puisi ekeperimental. VijftiVers (kelompok angkatan lima puluh) adalah suatu gerakan dalam kesusastraan Belanda yang menganggap penting proses kreatif. Kelompok ini menentang suasana borjuis yang ada dalam kesusastraan Belanda; mereka lehih menaruh perhatian pada eksperimen kata, eksperimen kalimat, bunyi, tipografi, di samping juga asosiasi dan beeldspraak ('kiasan') mereka lebih bersifat otonom. Di atas semua itu mereka juga anti puisi tradisional. Pemunculan gerakan ini di negeri Belanda, boleh dibilang merupakan permulaan dari ..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15868
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ishak Rafick
"
ABSTRAKSkripsi ini terdiri atas lima bab. Bab I adalah pendahuluan. Disini rasanya penulis tidak perlu lagi menjelaskan tentang apa isi pendahuluan tersebut, karena itu adalah masalah klasik yang sudah sama-sama kita ketahui. Bab II membahas tentang agama Gereformeerd terutama yang berhubungan dengan sejarah agama tersebut, keempat pokok ajarannya yang universal, yang penulis anggap selalu ada pada setiap agama. Keempat pokok ajaran itu adalah: ajaran tentang Tuhan, tentang manusia, tentang hidup, dan tentang kerja. Dalam bab ini juga penulis telusuri perkembangan dan kedudukan agama ini di Belan_da. Bab ini memang dimaksudkan untuk membangun pondasi yang kuat agar kita mudah memahami dunia nyata Maartent Hart yang ingin dituliskannya secara persis. Bab III membahas jejak langkah Maarten t Hart. Disini akan dilukiskan lingkungan sosialnya, kehidupan masa kecilnya sampai remaja, dan perkembangan keperca-yaannya terhadap agama. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dari semua itu adalah pendidikan dan perkembangan karirnya sebagai penulis akan dibahas juga dalam bab ini. Bab IV akan membahas buku Het vrome Volk secara struktural terutama yang berkenaan dengan unsur-unsur yang paling menarik, seperti:tokoh dan penokohan, su_dut Pandang, dan latar. Juga yang tidak mungkin kita lupakan begitu saja adalah tema dan motif akan ditelaah juga di sini. Orang yang mengikuti secara seksama bab demi bab skripsi ini sampai dengan bab IV tentunya akan mampu menangkap unsur-unsur pengalaman pribadi di dalam karya Maarten 't Hart tersebut. Dia juga sekaligus akan me_ngetahui betapa erat hubungan semua itu dengan agama Gereformeerd yang dianutnya. Namun meskipun demikian, skripsi ini masih tetap memerlukan sebuah bab penutup, yakni bab V, kesimpulan. Di sinilah akan penulis perlihatkan kembali 'benang merah' itu secara lebih jelas.
"
1989
S15895
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rorimpandey-Roring, Juliana E.
"Buku De Voorstad Groeit karangan Louis Paul Boon- di_terbitkan tahun 1942. Ditulisnya setelah dibebaskan dari tahanan perang Jerman pada akhir tahun 1940.1) Buku ini muncul ditengah-tengah Perang Dunia Kedua, dan berhasil meraih penghargaan 'Leo Kryn' pada tahun 1942 itu juga.2) Setelah karya pertamanya itu berhasil meraih hadiah, maka selanjutnya karya-karyanya yang lain terus mengalir, dan kembali dapat meraih beberapa penghargaan sastra, se_perti hadiah 'Henriette Roland Hoist' untuk karya syair epiknya berjudul De Kleine Eva uit de Kromme Bijlstraat pada tahun 1956. Kemudian hadiah 'Karel Barbieri untuk karyanya yang memuat bahan sejarah, berjudul De Bende van Jan de Lichte, pada tahun 1963, dan hadiah 'Constan_tijn Huygens'untuk seluruh hasil karyanya pada tahun 1966. Dan pada tahun 1971, hadiah 'Dirk Martens' untuk karyanya Pieter Daens of Hoe in de Negentiende Eeuw de Arbeiders van Aalst Vochten Tegen Armoede en Onrecht. Pada tahun 1972, Boon mendapat dukungan dari: 'vereniging van Vlaamse Letterkundigen', 'Vlaamse Pen-Club', 'Nederlandse ..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15931
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dini Saraswati
"Penulis tertarik oleh sebutan yang diberikan kepada Louis Couperus sebagai 'de unieke man van 't Noodlot' pria unik Nasib (De Jong, Dr. A.J:. dan Hiegenlich, Jacob : 11). Sedangkan Noodlot itu sendiri berarti nasib buruk atau nasib celaka (Wojowasito 1978: 427). Dalam Neder_lands Koenen dijelaskan lebih lanjut, Noodlot adalah ke_kuatan yang belum pernah dikenal sebelumnya dan kekuatan yang tak terelakkan, Sering kali dengan pikiran tentang sesuatu yang buruk atau jahat (halaman: 427). Sebutan Couperus itu memang tidak berlebihan karena dalam banyak karyanya ternyata unsur nasib ikut berperan dalam kehi_dupan para tokohnya. Misalnya raja pada Binoc1e, di mana unsur itu bukanlah sekedar 'bumbu penyedap' dalam men_ciptakan ketegangan cerita, tetapi telah menyatu dalam alam bawah sadar para tokohnya. Ketegangan-ketegangan yang tercipta bukan lagi ketegangan yang diada-adakan te_tapi ketegangan itu hidup karena para tokohnya telah terjerat oleh keyakinan adanya nasib dalam kehidupan mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15802
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Saren, Christine Salome
"Mensje van Keulen adalah seorang pengarang Belanda yang relatif muda pada saat ia pertama kali membuat karya_nya. Nama samarannya adalah Josien Meloen, sedangkan nama sesungguhnya adalah Mensje Francina Van der Steen. Marga Van Keulen berasal dari pernikahannya dengan Lon van Keulen, seorang fotografer. Nama Mensje diambil dari nana neneknya yang berasal dari Friesland. Mensje lahir pada tanggal 10 Juni tahun 1946 di Den Haag. ia menempuh pendidikannya di sekolah Katolik. Sete_lah tamat ia melanjutkan pendidikannya di Akademi Seni Pu_pa Amsterdam, yakni Academie voor Beeldende Kunsten. Walaupun tidak tamat. Kemudian ia pergi ke London untuk be_lajar seni. Dasar dari karyanya merupakan kesan-kesannya selama ia tinggal di Den Haag. Dalam karyanya is selalu menyibuk_an diri dengan kehidupan masyarakat kelas bawah yang dipenuhi dengan kesengsaraan, ketidakbahagiaan dan kemiskin_an serta problema lainnya yang membelenggu kehidupan mere_ka. Mensje juga melukiskan orang-orang yang tidak berarti yang dipenuhi rasa jemu dan suasana yang tidak menyenang_kan dalam hidupnya. Debutnya yang pertama dimulai pada tahun 1972 dengan sebuah roman kecil berjudul Bleekers zomer (musim panas Bleekers). Pada waktu itu semua orang merasa senang dengan munculnya pengarang muda wanita dalam dunia roman..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15920
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Felina Sugiharto
"Berdasarkan suatu perbandingan antara dua karya Willem Elschot, Lijmen-Het Been dan Kaas, maka tersusunlah karya tulis ini. Kedua karya Elschot ini, diperbandingkan dari sudut : tokoh-tokoh utama, tema, dan motif. Kedua karya ini mempunyai tokoh utama yang sama, ialah Laar_mans, yang mudah sekali dipengaruhi oleh orang lain yang lebih kuat dan Boorman yang kuat sekali.Lijmen - Het Been, merupakan suatu cerita tentang realita dunia perdagangan yang penuh dengan kelicikan dalam memikat kor_bannya. Laarmans tidak berhasil sebagai lijmer merupakan akhir cerita Lijmen - Het Been ini. Kaas menceritakan dunia perdagangan pula, dimana tokoh Laarmans muncul kembali dalam karya Elsschot ini. Laarmans men_jadi seorang pedagang keju yang sama sekali buta organisasi perdagangan. Ia gagal, tetapi berhasil memupuk cintanya kembali dengan istri dan anak-anknya. Semuanya dipaparkan ELsschot dengan sederhana, menarik dan realitis"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15940
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maila Sonja Tahar
"Dalam Twee Vrouwen ini kepada pembaca disajikan segala kebebasan seks yang dilakukan tokoh-tokoh cerita. Berawal dari Laura, setelah bercerai dengan Alfred, kadangkala dia suka membawa laki-laki menginap di rumahnya. Disambung dengan hubungan lesbiannnya dengan Sylvia. Setelah itu Sylvia menyalin pula hubungandengan Alfred. Di sini Sylvia telah melakukan hubungan biseksual. Sedangkan Alfred dapat diibaratkan sebagai seorang suami yang tidak setia kepada istrinya. Pada akhir cerita Muclisch menghancurkan semua hubungan yang tidak normal itu. Sylvia meninggal akibat penganiayaan Alfred, sedangkan Alfred harus mendekam dalam penjara. Akibat percintaan Laura dengan Sylvia, Laura tidak saja harus kehilangan Sylvia, tetapi juga kehilangan ibunya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15973
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library