Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: CAPPLER Project, 2009
352.01 IND p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tanjungpinang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996
306.8 FUN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fadia Andini
"Riset ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi komunikasi krisis dari Boeing dan pengaruhnya terhadap reputasi perusahaan pada kasus kecelakaan Lion Air JT 610. Analisis ini merujuk kepada situational communication theory (SCCT) oleh Coombs (1995) yang bertujuan untuk memahami bagaimana respon stakeholder dari strategi manajemen krisis yang telah diimplementasikan oleh Boeing. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah penelitian sekunder dengan menggunakan sumber data dari beberapa jurnal akademik terkait komunikasi krisis perusahaan, artikel pemberitaan di media daring terkait Boeing 737-MAX maupun kecelakan Lion Air JT-610, film “Downfall: The Case Against Boeing”, dan website Boeing. Berdasarkan hasil temuan dari riset ini, dapat disimpulkan bahwa Boeing menggunakan gabungan 2 jenis strategi respon krisis primer berupa strategi penolakan (deny) dan strategi pengurangan (diminish) dengan 1 jenis strategi respon krisis sekunder berupa strategi penguatan (bolstering). Penggabungan strategi tersebut terbukti tidak efektif dalam merespon kasus kecelakaan Lion Air dan justru memperkuat evaluasi negatif stakeholders terhadap perusahaan Boeing sehingga berdampak buruk bagi reputasi perusahaan serta krisis yang berkelanjutan.

This research aims to examine communication strategy of The Boeing Company and the effects on their reputation in the case of the Lion Air JT 610 incident. This analysis refers to situational communication theory (SCCT) by Coombs (1995), which aims to understand how stakeholders respond to the crisis management strategy implemented by Boeing. The method used in this research is secondary research by using data sources from several academic journals related to corporate crisis communication, news article on online media related to the Boeing 737 MAX or the Lion Air incident, the film “Downfall: The Case Against Boeing,” and the Boeing website. Based on the findings in this research, it can be concluded that Boeing uses a combination of 2 types of primary crisis response strategies, denial strategies and diminish strategies, with 1 type of secondary crisis response strategy, bolstering strategies. The combination of these strategies proved ineffective to respond the Lion Air incident and strengthened the negative evaluation of stakeholders of The Boeing Company. Therefore, it harmed the company’s reputation and generated an ongoing crisis."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Azlifa Rheynata Dewi
"Pengaruh media digital menyebabkan perkembangan yang pesat di banyak industri, termasuk industri tata rias, yang akan dieksplorasi lebih lanjut dalam penelitian ini. Raine Beauty adalah salah satu merek lokal terkemuka terbaru yang diciptakan oleh Raisa Adriana, seorang penyanyi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis peran branding Raisa Andriana dalam berkembangnya bisnis Raine Beauty di Instagram. Untuk memenuhi tujuan makalah penelitian ini, penelitian ini menggunakan dua teori; Brand Awareness Theory dan Brand Recognition dan Brand Recall Performance. Data dikumpulkan menggunakan analisis data kualitatif melalui data analisis dan jurnal-jurnal terdahulu. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa personal branding Raisa membantu meningkatkan bisnis Raine Beauty dan kesadaran merek mereka dengan mempromosikan merek tersebut sekaligus menjalin dan menjaga hubungan antara para pengikutnya. Selain itu, jurnal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih kepada pembaca tentang bagaimana personal branding dapat mempengaruhi kesadaran merek suatu bisnis melalui engagement dan followers di Instagram.

The effect of digital media leads to growth of many industries, including the makeup industry, which will be explored more in this study. Raine Beauty is one of the newest leading local brands created by Raisa Adriana, a singer in Indonesia. This research paper focuses more on Raisa as a singer who utilizes her Instagram to promote Raine Beauty's business. The aim of this research is to observe, explore and analyze Raisa Andriana’s branding role in raising Raine Beauty’s business on Instagram. To fulfill this research paper’s objective, this study uses Brand Awareness Theory and Brand Recognition and Recall Performance. The data is collected through content analysis and past journals. The data analysis uses qualitative data analysis. The results of this study proved that Raisa’s personal branding helps to raise Raine Beauty's business and brand awareness by promoting the brand while also engaging and maintaining the relationship between her followers. Moreover, it also gives readers a further understanding that personal branding can affect brand awareness of a business through Instagram engagement and followers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Farhan Akhmad
"Vtuber is a term that is commonly used for an entertainer that utilises a motion tracking device to mimic the real person into a 3D virtual avatar. They utilise 3D models to mimic the movement of the real person’s that impersonate it. The rise of anime pop culture in Indonesia has helped the Vtuber industry thrive in the Indonesian market, one Indonesian Vtuber called Kobo Kanaeru has shown a rapid growth. The aim of this study is to explore the Vtuber’s self branding and social identification in order to answer the following research questions. This focuses on Kobo Kanaeru’s content on her platform which is focused on YouTube. This study will utilise qualitative methods, specifically discourse analysis to explore in-depth regarding the vtuber’s social identification within the media platform such as YouTube and Twitter. From her initial stream, people saw her potential from what she would offer as a Vtuber and their expectations were met spectacularly. Kobo Kanaeru showcases her creativity as not only a Vtuber but as content creator by utilising her talent in music to strengthen her self-branding. Kobo Kanaeru case study shows that there are indeed a lot of factors that contribute towards a Vtuber’s success.

Vtuber adalah istilah yang biasa digunakan untuk seorang entertainer yang memanfaatkan alat pelacak gerak untuk meniru orang sungguhan menjadi avatar virtual 3D. Mereka menggunakan model 3D untuk meniru gerakan orang sungguhan yang menirunya. Maraknya budaya pop anime di Indonesia telah membantu industri Vtuber berkembang pesat di pasar Indonesia, salah satu Vtuber Indonesia bernama Kobo Kanaeru telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi self branding dan identifikasi sosial Vtuber untuk menjawab pertanyaan penelitian berikut. Ini berfokus pada konten Kobo Kanaeru di platformnya yang berfokus pada YouTube. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif, khususnya analisis wacana untuk menggali lebih dalam mengenai identifikasi sosial vtuber dalam platform media seperti YouTube dan Twitter. Dari aliran awalnya, orang-orang melihat potensinya dari apa yang akan dia tawarkan sebagai Vtuber dan harapan mereka terpenuhi secara spektakuler. Kobo Kanaeru menampilkan kreativitasnya tidak hanya sebagai Vtuber tetapi sebagai pembuat konten dengan memanfaatkan bakatnya dalam musik untuk memperkuat citra dirinya. Studi kasus K"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Angel Gabriella
"CSR yang diwajibkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sejak 2012, memiliki dampak tidak hanya terhadap lingkungan, tetapi juga terhadap branding. Dalam branding, dikenal istilah eco-branding yang mengacu pada pembentukan reputasi baik dengan menggunakan frasa bernada ramah lingkungan. Danone-AQUA sebagai salah satu perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang menggunakan plastik sebagai bahan kemasan, mengusung program CSR bertajuk #BijakBerplastik. Melihat adanya dampak CSR terhadap eco-branding, penelitian ini bertujuan untuk melihat sentimen publik terhadap CSR tersebut, sekaligus untuk membuktikan apakah komunikasi corporate social responsibility campaign #BijakBerplastik berdampak terhadap pembangunan eco-branding Danone-AQUA. Studi menerapkan metode kualitatif deskriptif menggunakan sentimen analisis terhadap komentar-komentar audiens Instagram @SehatAQUA. Data dikumpulkan sebanyak 184 komentar yang diambil dari postingan Instagram @SehatAQUA yang menggunakan #BijakBerplastik pada periode 1 Januari – 30 September 2022. Studi ini berkesimpulan sentimen publik terhadap konten CSR Danone-AQUA masih didominasi oleh sentimen netral, dimana kampanye CSR belum berhasil menghasilkan sikap konsumen yang positif terhadap masalah dan pesan campaign karena adanya perbedaan lingkungan dan pola pikir pengguna (Leavy, 2017). Kegagalan tersebut menyebabkan masalah dan pesan tidak dapat diterima dengan baik.

CSR, which has been required by the Government of the Republic of Indonesia since 2012, has an impact not only on the environment but also on branding. In branding, the term eco-branding refers to the establishment of a good reputation by using environmentally friendly phrases. Danone-AQUA one of the bottled water companies that uses plastic as packaging material, carries out the #BijakBerplastik CSR program. Seeing the impact of CSR on eco-branding, this development research aims to look at public sentiment towards CSR, as well as to prove whether the #BijakBerplastik corporate social responsibility campaign communication has an impact on Danone-AQUA's eco-branding. The study applies a qualitative descriptive method using sentiment analysis on the comments of the @SehatAQUA Instagram audience. Data were collected from 184 comments taken from @SehatAQUA Instagram posts using #BijakBerplastik in the period January 1 – September 30, 2022. This study concludes that public sentiment towards Danone-AQUA's CSR content is still dominated by neutral sentiment, where CSR campaigns have not succeeded in producing positive consumer attitudes towards campaign issues and messages due to differences in the environment and user mindset (Leavy, 2017). The failure causes problems and messages cannot be received properly."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Windya Nazlaa Maharani
"Social media has become one of the most important things in this digital era. Dynamic, widespread and often real-time interactions have made it possible for social media to significantly change the landscape for managing brand images (Gensler et al., 2013). This research focuses more on beauty enthusiasts who use Instagram as their most used social media platform and have an interest in Indonesian local beauty brands. The aim of this research is to know the effect of reposting consumer photos on Rose All Day's Instagram feeds that are regular social media users as a form of testimony as part of their social media strategy for future consumer purchase intentions. To fulfil this paper’s objective, this study uses two theories; User-Generated Content and Theory of Planned Behavior. The data collection is collected through content analysis and past journals. The data analysis is using qualitative data analysis. The result of this study is that people become more interested in Rose All Day Cosmetics products after seeing a post of regular social media users wearing Rose All Day’s product that is reposted by the Rose All Day Cosmetics Instagram account and people will ask further questions or find out further information about the item that is being used in the picture.

Media sosial menjadi salah satu hal terpenting di era digital ini. Interaksi yang dinamis, tersebar luas, dan seringkali real-time memungkinkan media sosial mengubah lanskap pengelolaan citra merek secara signifikan (Gensler et al., 2013). Penelitian ini lebih fokus pada beauty enthusiast yang menggunakan instagram sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan dan memiliki ketertarikan pada brand kecantikan lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reposting foto konsumen pada feed Instagram Rose All Day yang merupakan pengguna media sosial reguler sebagai bentuk testimoni sebagai strategi media sosial mereka terhadap niat beli konsumen di masa mendatang. Untuk memenuhi tujuan makalah ini, penelitian ini menggunakan dua teori; User-Generated Content dan Theory of Planned Behavior. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis isi dan jurnal masa lalu. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini masyarakat menjadi lebih tertarik dengan produk Rose All Day Cosmetics setelah melihat postingan pengguna media sosial yang biasa memakai produk Rose All Day yang di repost oleh akun Instagram Rose All Day Cosmetics dan akan bertanya lebih lanjut atau mencari informasi lebih lanjut tentang item yang sedang digunakan dalam gambar."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Audrey Graciela Naftali
"Media sosial telah memfasilitasi penggunanya dengan ruang untuk berkomunikasi dengan orang lain dan mengungkapkan pendapat mereka kepada publik. Dengan media sosial, cancel culture semakin marak terjadi. Pasalnya, opini dari individu mudah tersebar menggunakan fitur status di media sosial. Pemanfaatan status untuk mempengaruhi orang lain itulah yang terjadi dalam peristiwa Dewa Kipas. Status Ali yang menjadi viral mengakibatkan aksi kolektif berupa cancelling dari netizen Indonesia terhadap Levy Rozman (@GothamChess). Menariknya, fenomena ini membawa dampak yang signifikan bagi pihak-pihak yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi terjadinya cancel culture yang dilakukan oleh netizen Indonesia di media sosial dan menganalisis implikasi dari tindakan dominasi netizen Indonesia dalam peristiwa Dewa Kipas. Metode kualitatif dengan analisis wacana digunakan untuk mengkaji studi kasus ini. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa konteks budaya Indonesia yang kuat berperan besar dalam tindakan cancel culture tersebut.

Social media has facilitated its users with a space to communicate with other people and express their opinion to the masses. With social media, cancel culture is being reinforced. The reason is because opinions from individuals are being spread easily using status features on social media. The utilization of status to influence other people is what happened with Dewa Kipas incident. Ali’s status that went viral led to collective action of canceling from Indonesian netizens towards Levy Rozman (@GothamChess). Interestingly, this phenomenon brought significant impact to the parties involved. This paper aims to Investigate the occurrence of Indonesian netizens’ cancel culture on social media and analyze the implication of Indonesian netizens’ predominance action in Dewa Kipas incident. Qualitative method with discourse analysis is being used to analyse the case. Through this research, it is found that Indonesians’ strong cultural context played a big role in the canceling act.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Nurhaliza
"Rare Beauty merupakan perusahaan di bidang industri kecantikan yang berdiri pada tahun 2019 oleh Selena Marie Gomez dengan visi dan misi menciptakan ruang yang aman dan ramah dalam hal kecantikan dan membantu setiap orang menerima diri dengan menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk mereka tidak merasa sendirian di dunia. Rare Beauty membangun Rare Impact yang merupakan bagian dari kegiatan CSR-nya yang peduli dengan advokasi isu kesehatan mental. Tujuan dari tulisan ini untuk menganalisis keberhasilan strategi CSR Rare Impact dalam memenuhi prinsip dan praktik CSR dan menganalisis komunikasi strategis CSR Rare Beauty dalam membangun citra positif sebagai perusahaan yang peduli terhadap advokasi kesehatan mental di platform digital. Dengan menggunakan analisis konten konvensional dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi pola komunikasi Rare Impact di platform Instagram, TikTok, dan Website Rare Beauty selama periode Oktober — November 2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa Rare Impact menerapkan seluruh prinsip dan praktik CSR, sehingga menciptakan sentimen positif masyarakat yang membantu membangun brand image Rare Beauty.

Rare Beauty is a company in the beauty industry founded in 2019 by Selena Marie Gomez with a vision and mission to create a safe and friendly space in terms of beauty and help everyone accept themselves by providing the tools they need to feel less alone in the world. Rare Beauty built Rare Impact which is part of its CSR activities that care about mental health advocacy issues. The purpose of this paper is to analyze the success of Rare Impact's CSR strategy in fulfilling CSR principles and practices and to analyze Rare Beauty's CSR strategic communication in building a positive image as a company that cares about mental health advocacy on digital platforms. Using conventional content analysis with a qualitative approach, this study identified Rare Impact's communication patterns on the Instagram, TikTok, and Rare Beauty Website platforms during the period October – November 2024. The results of the analysis show that Rare Impact applies all CSR principles and practices, thus creating positive public sentiment that helps build Rare Beauty's brand image. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zakry C. Halim
"Pemasaran musik di era digital telah mengalami transformasi yang cukup signifikan. Kehadiran media sosial Tiktok telah mengubah dinamika para musisi dan industri musik dalam menerapkan content marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran musik. NIKI, penyanyi internasional asal Indonesia turut menggunakan Tiktok sebagai media pemasaran album musiknya berjudul Buzz melalui serial konten Bitz of Buzz. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi musik di era digital dengan menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam penerapan content marketing oleh NIKI. Penelitian ini menggunakan metode analisis naratif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis implementasi pemasaran album Buzz melalui serial konten Bitz of Buzz di Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana pemasaran musik di era digital mengalami transformasi melalui penerapan content marketing di Tiktok. Melalui serial konten tersebut, terdapat pendekatan utama dalam content marketing seperti relevansi, interaktivitas, narasi, dan konsistensi yang mendatangkan keterlibatan dan membangun kedekatan dengan khalayak.

Music marketing in the digital era has undergone quite a significant transformation. The presence of social media Tiktok has changed the role and dynamics of musicians and the music industry in implementing content marketing as a music marketing communication strategy. NIKI, an international singer from Indonesia, also uses Tiktok as a marketing medium for her music album entitled Buzz through the Bitz of Buzz content series. This study aims to explore the transformation of music in the digital era by analyzing the marketing communication strategy in the implementation of content marketing by NIKI. Using a narrative analysis method with a qualitative approach, this study analyzes the implementation of Buzz album marketing through the Bitz of Buzz content series on Tiktok. The results of the study show how music marketing in the digital era has undergone a transformation through the implementation of content marketing on Tiktok. Through the content series, there are main approaches in content marketing such as relevance, interactivity, narrative, and consistency that generate engagement and build closeness with the audience."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>