Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tobing, Rachel Abigail
"Obat yang sudah beredar di pasaran harus tetap terjamin mutunya sehingga industri farmasi perlu melakukan Pengkajian Mutu Produk (PMP) secara berkala terhadap semua obat terdaftar dengan tujuan untuk membuktikan konsistensi proses, kesesuaian dengan spesifikasi bahan awal, bahan pengemas dan produk jadi, untuk melihat tren dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk produk dan proses dan dirangkum sebagai laporan Pengkajian Tahunan Atas Produk (PTAP). Tujuan laporan adalah untuk memahami cara pembuatan laporan PTAP di PT. Harsen Laboratories sesuai dengan prosedur tetap dan persyaratan yang terdapat di CPOB. Penyusunan laporan tugas khusus PTAP produk X Fe Tablet Salut Gula ini mengacu pada SOP terkait yang berlaku di PT Harsen Laboratories. Hasil seluruh pengkajian produk X Fe Tablet Salut Gula Tahun 2020 telah memenuhi persyaratan spesifikasi mutu produk jadi yang telah ditetapkan PT. Harsen Laboratories.

Drugs that are circulating in the market must have a quality guarantee, therefore the pharmaceutical industry needs to carry out a periodic Product Quality Assessments (PQA) for all registered drugs with the aim of proving process consistency, compliance with specifications for base materials, packaging materials and finished products, to see trends and identify necessary improvements of products and processes which will be summarized as an Annual Product Quality Review (APQR) report. The purpose of the report is to understand how to make a APQR report at PT. Harsen Laboratories in accordance with the standard procedures and requirements contained in GMP. The preparation of APQR report on product X Fe Sugar Coated Tablets refers to the relevant SOP at PT Harsen Laboratories. The results of all product reviews of X Fe Sugar Coated Tablets for 2020 have met the requirements for finished product quality specifications set by PT. Harrison Laboratories."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Friaini Zahra Murti
"Untuk meningkatkan pengetahuan dan memahami peran apoteker dalam Apotek dan Industri Farmasi maka dilakukan Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma Cibubur – Lapangan Tembak dan PT Harsen Laboratories. Metode yang digunakan untuk pembuatan tugas khusus ini adalah studi literatur mengenai obat penyakit kolera, mencari ketersediaan resep yang tersedia di apotek, pengkajian resep, studi literatur menggunakan CPOB 2018, serta Prosedur Tetap yang terdapat pada PT Harsen Laboratories. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma Cibubur – Lapangan Tembak penulis melakukan analisis resep penyakit Kolera berdasarkan resep yang didapatkan apotek. Berdasarkan hasil analisis resep penyakit Kolera, terapi yang diterima pasien rasional, aman, dan efektif. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Profesi Apoteker di PT Harsen Laboratories penulis melakukan pembuatan Pengkajian Tahunan Atas Produk untuk produk X kapsul tahun 2019. Berdasarkan hasil Pengkajian Tahunan Atas Produk, Produk X yang telah diproduksi sesuai dengan spesifikasi produk jadi yang ditetapkan oleh PT Harsen Laboratories.

Professional Pharmacist Work Practices (Internship) at Apotek Kimia Farma Cibubur - Lapangan Tembak and PT Harsen Laboratories aims to increase knowledge and understand the role of pharmacists in the Pharmacy and Pharmaceutical Industry. The method that used to make this study are literature study on cholera drugs, looking for the availability of prescriptions available at pharmacies, reviewing prescriptions, literature studies using CPOB 2018, and Standar Operating Procedur of Annual Product Quality Review at PT Harsen Laboratories. During internship at Apotek Kimia Farma Cibubur - Lapangan Tembak, the authors conducted a prescription analysis for cholera based on the prescription received by the pharmacy. Based on the analysis, therapy received by the patient is rational, safe, and effective. Internship at PT Harsen Laboratories the author made an Annual Product Quality Review for product X in 2019. Based on the results of Annual Product Quality Review, product X has been produced is in accordance with the finished good product specifications set by PT Harsen Laboratories."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Chrysanti Monita
"Program Praktek Kerja Profesi Apoteker bertujuan agar calon Apoteker memahami peran dan tanggung jawab seorang Apoteker dalam dunia kerja. Calon Apoteker juga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai penerapan ilmu farmasi di berbagai bidang. Peran Apoteker dalam melakukan praktik kefarmasian diantaranya yaitu pada Industri Farmasi, Apotek, dan Pedagang Besar Farmasi (PBF). Praktek Kerja Profesi Apoteker dilakukan di PT. Harsen Laboratories pada periode bulan Januari – Februari 2021, di Apotek Atrika pada periode bulan Maret – April 2021, dan PT. Kimia Farma Trading & Distribution periode bulan April 2021. Pada masing-masing tempat praktek kerja, dilakukan penyusunan tugas khusus yang dapat membantu calon Apoteker lebih memahami suatu topik bahasan terkait peran dan tanggung jawab Apoteker di suatu bidang. Tugas khusus pada praktek kerja di industri farmasi membahas mengenai validasi proses suatu produk. Pada praktek kerja di Apotek, tugas khusus yang disusun membahas rancangan Apotek pelayanan rujuk balik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kemudian, untuk tugas khusus pada pada praktek kerja di PBF membahas terkait validasi pengiriman produk rantai dingin. Praktik Kerja Profesi tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang membantu calon Apoteker dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan dalam mengemban tugasnya sebagai Apoteker kelak.

The Pharmacist Professional Internship Program aims to help the prospective pharmacist understand the roles and responsibilities of a pharmacist in the working world. Prospective pharmacists can also increase their knowledge and insight regarding the application of pharmaceutical science in various fields. The role of pharmacists in pharmaceutical practices includes the Pharmaceutical Industry, Pharmacies, and Major Pharmaceutical Supplier. Pharmacist Professional Internship were carried out at PT. Harsen Laboratories in the period January – February 2021, at Apotek Atrika in the period March – April 2021, and PT. Kimia Farma Trading & Distribution for the period of April 2021. In each place of practice, specific assignments were made to help prospective pharmacists understand a topic related to the roles and responsibilities of pharmacists in their respective fields. Specific assignments in the pharmaceutical industry discuss the validation of the process of a product. In the pharmacy, a specific assignment was prepared to discuss the design of the pharmacy for referral services in collaboration with BPJS Health. Then, for a specific assignment on the work practice at major pharmaceutical supplier, discussing the validation of cold chain product delivery. This Pharmacist Professional Internship Program is expected to provide experience that helps prospective pharmacists in developing knowledge and in carrying out their duties as pharmacists in the future."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Asmiladita Pridilla
"Sistem Mutu merupakan bagian dari Manajemen Mutu yang penerapannya bertujuan untuk memastikan bahwa mutu dari obat memang sudah terbentuk  ke dalam produk tersebut (BPOM, 2018). Sebagai bentuk penerapan sistem mutu, suatu industri farmasi harus melakukan evaluasi terhadap obat-obat yang sudah diproduksinya dalam bentuk Pengkajian Mutu Produk. Pengkajian Mutu Produk ini bertujuan untuk membuktikan konsistensi proses, kesesuaian dengan spesifikasi bahan awal, bahan pengemas, dan produk jadi, serta untuk melihat tren dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk produk dan proses (BPOM, 2018). Tugas ini bertujuan untuk mempelajari hingga menghasilkan suatu laporan Pengkajian Mutu Produk oleh PT. Harsen Laboratories (Pengkajian Tahunan Atas Produk/PTAP) terhadap satu produknya yaitu D Suspensi periode 2019-2020. Pembuatan laporan dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dari departemen terkait serta melakukan analisa secara statistika terhadap data dari departemen QC dan Produksi menggunakan software Minitab. Terdapat total 16 (enam belas) pengkajian yang dilakukan dalam pembuatan laporan PTAP ini. Hasil seluruh pengkajian yang dilakukan secara umum sudah sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan produk jadi yang ditetapkan oleh PT. Harsen Laboratories.

The Quality System is part of Quality Management, which implementation aims to ensure that the quality of the drug has indeed been formed into the product (BPOM, 2018). As a form of implementing a quality system, a pharmaceutical industry must evaluate the drugs it has produced in a Product Quality Review. Product Quality Review aims to prove process consistency, conformity with specifications for starting materials, packaging materials, and finished products and to see trends and identify improvements needed for products and processes (BPOM, 2018). This assignment aims to produce a Product Quality Review report by PT. Harsen Laboratories (Pengkajian Tahunan Atas Produk/PTAP) of D Suspension for 2019-2020. Reporting is done by collecting the required data from the relevant departments and statistically analyzing the data from the Quality Control and Production departments using Minitab software. There are 16 (sixteen) studies carried out in the preparation of this PTAP report. The results of all studies conducted in general follow the specifications and requirements of the finished product set by PT. Harsen Laboratories."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silfia Rizkiani
"Tujuan khusus dari penulisan ini Memahami cara pembuatan laporan PTAP di PT Harsen Laboratories sesuai dengan Protap dan persyaratan CPOB dan Mengetahui profil mutu salah satu produk obat yaitu M Kaplet salut selaput yang diproduksi oleh PT Harsen Laboratories selama periode tahun 2019. Pengkajian mutu produk umumnya dilakukan setiap tahun dan dituangkan dalam dokumen Pengkajian Mutu Produk (PMP) atau Product Quality Review (PQR), yang dimana merupakan suatu bagian dari evaluasi
The specific purpose of this paper is to understand how to make PTAP reports at PT Harsen Laboratories in accordance with the Protap and CPOB requirements and to know the quality profile of one of the medicinal products, namely M membrane coated caplet produced by PT Harsen Laboratories during the period of 2019. Assessment of product quality is generally carried out every time. years and set forth in a Product Quality Review (PQR) document, which is a part of post-production evaluation that analyzes medicinal products within 1 year. The scope of this PTAP report includes procedures for reviewing each product manufactured in one year. The minimum number of batches that a PTAP report can generate is 3 batches. This is based on the number of 3 batches which is the minimum amount of data that can be analyzed statistically validly. QA staff collects batch records consisting of Batch Processing Records (BMR), Batch Packaging Records (BPR), In Process Control (IPC) Reports and Product Analysis Reports that have been released or rejected disposition and ensure the batch is accompanied by the QA Manager initials. The QA staff creates a PTAP attachment template on Microsoft Excel by inputting the data listed in the BMR, BPR, IPC Report and Product Analysis Report according to the predetermined format. The IPC is processed and the results of product analysis are carried out using statistical methods and interpreting the statistics. The results obtained by PTAP made at PT Harsen Laboratories are in accordance with the CPOB requirements, the data displayed is adjusted to the type of product preparation, and the method of making reports has been listed both in the Protap and Production M of film coated caplets in the 2019 period meeting the requirements of the quality specifications that have been determined. It is necessary to record batch record pasca produksi yang menganalisa produk obat dalam jangka waktu 1 tahun. Ruang lingkup dari laporan PTAP ini meliputi prosedur untuk pengkajian setiap produk yang dibuat dalam satu tahun. Jumlah batch minimum yang dapat dibuat laporan PTAP adalah sebanyak 3 batch. Hal ini didasari jumlah 3 batch merupakan jumlah minimum data yang dapat dianalisis statistika secara valid. Staff QA mengumpulkan batch record yang terdiri dari Catatan Pengolahan Batch (BMR), Catatan Pengemasan Batch (BPR), Laporan In Process Control (IPC) dan Laporoan Analisa Produk yang telah dilakukan disposisi rilis atau ditolak serta pastikan batch tersebut sudah disertai dengan paraf Manager QA. Staff QA membuat template Lampiran PTAP pada Microsoft Excell dengan cara menginput data-data yang tercantum dalam BMR, BPR, Laporan IPC dan Laporan Analisa Produk sesuai format yang telah ditetapkan. Dilakukan pengolahan terhadap IPC dan hasil analisa produk dengan menggunakan metode statistik dan melakukan interpretasi terhadap statistika. Hasil yang diperoleh PTAP yang dibuat di PT Harsen Laboratories sudah sesuai dengan persyaratan CPOB, data yang ditampilkan disesuaikan dengan jenis sediaan produk, serta cara pembuatan laporan sudah tercantum baik dalam Protap dan Produksi M kaplet salut selaput pada peroide tahun 2019 memenuhi persyaratan spesifikasi mutu yang telah ditentukan. Perlu pencatatan peminjaman batch record dengan menginput data di sistem komputer untuk mencegah kehilangan batch record dan perlu dilakukan peningkatan mutu secara bertahap mulai dari kualifikasi dan validasi alat produksi.

The specific purpose of this paper is to understand how to make PTAP reports at PT Harsen Laboratories in accordance with the Protap and CPOB requirements and to know the quality profile of one of the medicinal products, namely M membrane coated caplet produced by PT Harsen Laboratories during the period of 2019. Assessment of product quality is generally carried out every time. years and set forth in a Product Quality Review (PQR) document, which is a part of post-production evaluation that analyzes medicinal products within 1 year. The scope of this PTAP report includes procedures for reviewing each product manufactured in one year. The minimum number of batches that a PTAP report can generate is 3 batches. This is based on the number of 3 batches which is the minimum amount of data that can be analyzed statistically validly. QA staff collects batch records consisting of Batch Processing Records (BMR), Batch Packaging Records (BPR), In Process Control (IPC) Reports and Product Analysis Reports that have been released or rejected disposition and ensure the batch is accompanied by the QA Manager initials. The QA staff creates a PTAP attachment template on Microsoft Excel by inputting the data listed in the BMR, BPR, IPC Report and Product Analysis Report according to the predetermined format. The IPC is processed and the results of product analysis are carried out using statistical methods and interpreting the statistics. The results obtained by PTAP made at PT Harsen Laboratories are in accordance with the CPOB requirements, the data displayed is adjusted to the type of product preparation, and the method of making reports has been listed both in the Protap and Production M of film coated caplets in the 2019 period meeting the requirements of the quality specifications that have been determined. It is necessary to record batch record lending by inputting data in a computer system to prevent loss of batch records and it is necessary to gradually increase the quality starting from the qualification and validation of production equipment."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sofiyatus Sholeha
"Pelaporan kegiatan pengadaan dan penyaluran obat dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali melalui sistem e-Report, sedangkan pelaporan obat mengandung NPP dan OOT dilaksanakan setiap bulan melalui sistem e-Napza. Pelaporan ini dilakukan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan yang menyediakan seluruh informasi terkait mutasi obat, sehingga memudahkan proses pengaturan dan pengendalian jika diperlukan. Tujuan dari penulisan ini adalah agar mampu memahami dan melaksanakan proses pelaporan obat melalui sistem e-Report dan obat mengandung NPP dan OOT melalui sistem e-Napza. Pelaporan obat menggunakan sistem e- Report dilakukan melalui web http://pbf.binfar.kemkes.go.id dengan mengisi
format template excel yang tersedia dalam web, lalu melakukan upload pelaporan. Jika terdapat data pelaporan yang ditolak, harus diperbaiki sesuai keterangan alasan penolakan laporan, lalu melakukan upload pelaporan kembali. Jika semua data
sudah diterima, maka dapat melakukan pengiriman laporan. Pelaporan obat mengandung NPP dan OOT menggunakan sistem e-Napza melalui web http://enapza. pom.go.id dilakukan setiap bulan sebelum tanggal 10. Saat akan melakukan pelaporan, harus memilih nama obat yang akan dilaporkan, dan mengisi data sesuai format template CSV yang tersedia pada web, jika format sudah sesuai maka dapat melakukan pengiriman laporan.

Reporting on medicine procurement and distribution activities is carried out
every 3 (three) months through e-Report system, while reporting of medicine containing NPP and OOT is carried out every month through the e-Napza system. This reporting is carried out as evidence of the activities implementation that provide all information related to medicine mutations, thereby facilitating the
process of regulating and controlling if necessary. The purpose of this paper is to
be able to understand and implement the medicine reporting process through the e- Report system and medicine containing NPP and OOT through the e-Napza system. Medicine reporting using the e-Report system is carried out via the web http://pbf.binfar.kemkes.go.id by filling in an excel template format available on the web, then uploading the report. If there is reporting data has been rejected, it must be corrected according to the explanation of the reasons for rejection of the report, then upload the report again. If all data has been received, then a report can be sent. Reporting of drugs containing NPP and OOT uses the e-Napza system via the web http://e-napza.pom.go.id conducted every month before the 10th. When reporting, you must choose the name of the drug to be reported, and fill in the data accordingly. CSV template format available on the web, if the format is appropriate, you can send reports.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Suatowijaya
"Validasi proses merupakan salah satu bagian yang termasuk dalam
manajemen risiko. Validasi proses dilakukan bertujuan untuk menjamin proses
produksi yang meliputi seluruh proses pengolahan sampai pengemasan akan
menghasilkan produk yang berkualitas dan bermutu sesuai acuan. Validasi proses
produk tablet placebo “A” dilakukan karena adanya perubahan spesifikasi pada
produk. Tujuan dari penulisan ini adalah memahami prosedur validasi proses dan
parameter kritis dari pembuatan produk tablet placebo “A”. Pelaksanaan dilakukan di
PT.Harsen Laboratories pada periode Agustus – Oktober 2020. Pembuatan
protokol validasi proses, kemudian melakukan validasi proses terhadap 3 batch
pertama produksi rutin kemudian mengambil data dan mengolah data kedalam
bentuk laporan validasi proses. Prosedur validasi proses pembuatan produk tablet
placebo “A” dimulai dari pembuatan protokol validasi proses produk tablet placebo
“A” kemudian juga membuat lembar kerja kemudian masuk ke tahap validasi
proses dimulai dari proses granulasi. Proses granulasi dibagi menjadi 3 tahap proses
yakni pencampuran awal, pengeringan dan pengayakan serta pencampuran akhir.
Setelah tahap granulasi dilanjutkan proses pencetakan tablet yang kemudian
dilakukan evaluasi tablet yang telah tercetak. Pada tahap validasi proses juga
mengisi lembar kerja yang digunakan untuk pembuatan laporan validasi proses
produk tablet placebo “A”. Parameter kritis pada validasi proses pembuatan
produk tablet placebo “A” ialah susut pengeringan, pemerian, dan keseragaman
kandungan pada proses granulasi. Pemerian, bobot rata-rata, waktu hancur,
kekerasan, diameter, ketebalan, kerapuhan, kadar, keragaman bobot pada proses
pencetakan. Pemerian, bobot rata-rata, waktu hancur, diameter dan ketebalan pada
proses penyalutan.

Process validation is one of the parts included in risk management. Process
validation is carried out to ensure the production process covering the entire
processing process until packaging will produce quality products and quality
according to the reference. Process validation of placebo tablet product "A" is done
because of the change in specifications on the product. The purpose of this writing
is to understand the process validation procedures and critical parameters of the
creation of placebo tablet products "A". The implementation is carried out at PT.
Harsen Laboratories in the period August – October 2020. Creating a process
validation protocol, then doing process validation on the first 3 batches of routine
production then taking the data and processing the data into the form of a process
validation report. The validation procedure of placebo tablet product creation
process "A" starts from the creation of placebo tablet product process validation
protocol "A" then also creates a worksheet and then goes to the validation stage of
the process starting from the granulation process. The granulation process is divided
into 3 stages of the process namely initial mixing, drying and sifting as well as final
mixing. After the granulation stage is continued the process of printing tablets
which is then evaluated tablets that have been printed. At the process validation
stage also fills in the worksheet used to create the placebo tablet product process
validation report "A". Critical parameters in the process validation making placebo
tablet products "A" is the shrinking drying, description and uniformity of the
content in the granulation process. Description, average weight, crushed time,
hardness, diameter, thickness, fragility, content, diversity of weights in the printing
process. average weight, crushed time, diameter and thickness in thelution process.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library