Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Priscilla Sharon
Abstrak :
ABSTRAK
Suatu instalasi rumah sakit adalah bentuk pelayanan utama rumah sakit kepada masyarakat dan membutuhkan suatu sistem informasi yang handal dan akurat serta dapat meningkatkan pelayanannya kepada pasien, dalam hal ini RS. Sentra Medika Cibinong walaupun telah memiliki software / sistem informasi rumah sakit, dan pernah memiliki sistem informasi resep elektronik, tetapi sistem ini tidak berhasil dengan baik dan tidak dilanjutkan operasionalnya, sehingga proses pembacaan resep kembali ke sistem konvensional sehingga risiko terjadinya kesalahan pembacaan resep tetap ada akibat tulisan dokter yang sulit terbaca dan tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan melakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab tidak terpakainya sistem informasi resep yang pernah ada dan mengetahui arah pengembangan sistem informasi di instalasi farmasi RS. Sentra Medika Cibinong melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif berdasarkan pada analisa PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Eficiency, dan Service) untuk memudahkan identifikasi masalah dan menemukan jawaban atas tanggapan ataupun persepsi pengguna terhadap sistem informasi resep dan menangkap apa yang diinginkan oleh pengguna agar sistem informasi resep elektronik dapat digunakan oleh para pengguna tanpa adanya retensi, serta menghasilkan rekomendasi untuk menghasilkan pengembangan sistem informasi elektronik yang ?user friendly?.
ABSTRACT
A hospital installation is the main form of hospital service to the public and requires an accurate and reliable information system to provide an excellent service to the patients. Sentra Medika Cibinong Hospital, despite having an integrated hospital information system and had once implemented electronic prescription information system, has currently abandoned the electronic prescription information system due to unsuccessful implementation. As a result, the hospital has now returned to conventional prescription system which is prone to mistakes due to doctor's hand-writing that can sometimes be unclear or unreadable. The goals of this research are: 1. To analyze and evaluate the cause of the unsuccessful implementation of the electronic prescription information system 2. To learn the information system's direction of development in Sentra Medika Cibinong's pharmacy installation, through quantitative and qualitative approaches using PIECES analysis (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency and Service) 3. The PIECES analysis will simplify problem identification and help find answers based on the user's perception and response to electronic prescription information system 4. To capture the user's needs in order to provide an electronic prescription information system that can be utilized by the user without retention 5. To present a recommendation for developing a "user-friendly" electronic prescription information system.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fransisca Mayer
Abstrak :
[Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan yang terpadu harus mempunyai semua ukuran yang dapat menjamin peningkatan mutu. Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan gerbang awal rumah sakit yang perlu dilakukan penilaian mutu pelayanan kesehatan sehingga dapat mengurangi terjadinya komplain dan meningkatkan derajat kesehatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) RS di IGD RS Sentra Medika Cibinong. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dan kualitatif (mix method research) untuk memperoleh pemahaman yang baik. Hasil penelitian menyarankan agar pihak manajemen perlu membuat atau melengkapi kebijakan/ SPO terutama untuk hal yang berkaitan dengan pelayanan di IGD, termasuk dalam pengelolaan SDM untuk mengantisipasi jam pelayanan sibuk, membuat rencana diklat/ pelatihan, melengkapi sarana dan prasarana, serta membentuk tim penanggulangan bencana di IGD.;Hospital as an integrated health care facilities must have all the sizes that can guarantee its quality improvement. Emergency department as a starting gate hospitals need to do quality assessment of health services to reduce the occurrence of complaints and improve the health’s degree of the patients. The purpose of this research is to obtain the implementation of minimum services standard of the Sentra Medika Cibinong Hospital. Empirically types used are quantitative and qualitative study (mixed method research) to obtain a good understanding. Results of this research suggest to management needs to make the policy/ Standard Operating Procedures, especially for matters relating to the emergency services, included in the management of human resources in anticipation of the busy hour of service, create a training plan, completing the infrastructure, and build a disaster response team, Hospital as an integrated health care facilities must have all the sizes that can guarantee its quality improvement. Emergency department as a starting gate hospitals need to do quality assessment of health services to reduce the occurrence of complaints and improve the health’s degree of the patients. The purpose of this research is to obtain the implementation of minimum services standard of the Sentra Medika Cibinong Hospital. Empirically types used are quantitative and qualitative study (mixed method research) to obtain a good understanding. Results of this research suggest to management needs to make the policy/ Standard Operating Procedures, especially for matters relating to the emergency services, included in the management of human resources in anticipation of the busy hour of service, create a training plan, completing the infrastructure, and build a disaster response team]
Universitas Indonesia, 2015
T43492
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Angelia Suwignjo
Abstrak :
ABSTRAK
Kepemimpinan tranformasional menjadi faktor yang paling penting dalam membangun iklim keselamatan pasien demi pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dan mengurangi kejadian tidak diharapkan (KTD). Indikator kepemimpinan transformasional adalah stimulasi intelektual, motivasi inspirasional, idealisasi pengaruh, dan konsiderasi individual. Indikator dari iklim keselamatan pasien adalah komitmen manajemen, pemberdayaan pegawai, sistem pelaporan, sistem hadiah, dan identitas organisasi. Tujuan penelitian adalah memperoleh faktor-faktor kepemimpinan yang berpengaruh dalam iklim keselamatan pasien dan faktor kepemimpinan yang paling dominan berpengaruh dalam iklim keselamatan pasien di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong. Penelitian kuantitatif ini dirancang menggunakan metode cross sectional dengan menggunakan kuesioner dan pengamatan sebagai alat ukur. Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara faktor kepemimpinan, yaitu motivasi inspirasional dan idealisasi pengaruh terhadap iklim keselamatan pasien di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong Faktor kepemimpinan yang paling dominan dalam iklim keselamatan pasien adalah idealisasi pengaruh. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melakukan pelatihan-pelatihan dan menanamkan identitas organisasi melalui perkenalan visi misi, falsafah rumah sakit dari pimpinan kepada karyawan.
ABSTRACT
Transformational leadership as one of leadership style become the most important factor to build a patient safety culture in hospital environment and ensure the program will run succesfully to promote patient safety hospital services. The transformational leadership style indicator is intellectual stimulation, inspirational motivation, idealized influence, and individual consideration. Indicator of patient safety climate is management commitment, employee empowerment, reporting system, reward system and organizational identity. The aim of the study was to obtain every leadership factor that affect patient safety climate and which one is the most prominent leadership factor that influenced the patient safety climate in Sentra Medika Cibinong Hospital. This quantitative study was design with cross section design, the measurement tools for this study was questionnaires and observation. The result showed a significant correlation between the leadership factors such as inspirational motivation and idealization influence build the patient safety climate in Sentra Medika Cibinong Hospital. The prominent leadership factor that shown in this study is idealization influence. Conclusion of this study is idealization influence and inspirational motivation to empower the employee through training and instill organization identity from top management would be beneficial factor.
2014
T38599
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veronika Hanny Soetisno
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran faktor kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien berdasarkan karakteristik pasien (jenis kelamin, umur, wilayah tempat tinggal, suku, status marital, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, ruang perawatan, jaminan/jenis pembayaran), mengetahui hubungan antara faktor kualitas dengan kepuasan pasien rawat inap, dan mengetahui faktor kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Responden berjumlah 100 orang dan merupakan pasien yang dinyatakan sudah boleh pulang rawat inap di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan selama bulan Mei-Juni 2014 di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong. Data terkumpul dianalisis dengan metode analisis univariat, bivariat Uji Chi Square, dan analisis multivariat uji regresi linier berganda dengan menggunakan pemodelan Uji T-Test (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara faktor kualitas pelayanan hormat dan kepedulian, efektifitas dan kelanjutan, ketepatan, informasi, efisiensi, efektifitas - makanan, kesan pertama, dan keragaman staf dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis bivariat didapatkan bahwa karakteristik umur, status marital, pekerjaan, pendapatan, ruang perawatan dan jaminan/jenis pembayaran muncul sebagai faktor pengganggu (confounding) dari kualitas pelayanan. Selain itu juga didapatkan bahwa karakteristik responden bukan merupakan faktor confounding untuk kepuasan pasien. Dari analisis multivariat terbukti bahwa faktor kualitas pelayanan Keragaman Staf merupakan variabel yang paling dominan atau paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pasien. ......This research aims to describe the service quality factors in relation with patient satisfaction by patient characteristic (gender, age, region of residence, ethnicity, marital status, education, occupation, income, inpatient rooms, type of payment), to discover the relationship between service quality factors with inpatient satisfaction, and to discover the most dominant factor of service quality that influence the inpatient satisfaction. This research is a quantitative study with a cross-sectional study design. Respondent amounted to 100 people and is a patient who otherwise has been allowed to go home in the inpatient of Sentra Medika Hospital at Cibinong. Data collection using questionnaires conducted during the months of May-June 2014 in the inpatient Sentra Medika Hospital at Cibinong. The data collected were analyzed with univariate, bivariate Chi-Square Test, and multivariate linear regression modelling using the Independent Sample T-Test. The result showed that there is a significant relationship between service quality factors Respect and Caring, Effectiveness and Continuity, Appropriateness, Information, Efficiency, Effectiveness - Meals, First Impression, and Staff Diversity with the inpatient satisfaction. Based on the results of the bivariate analysis showed that the characteristic of age, marital status, occupation, income, inpatient rooms, type of payment appears as confounding factor of the service quality. It also found that the characteristic of the respondent is not a confounding factor for patient satisfaction. From the multivariate analysis proved that the service quality factor Staff Diversity is the most dominant variable or greatest effect on inpatient satisfaction.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42787
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library