Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadhil Patra Dwi Gumala
"Dalam tulisan skripsi ini akan dibahas tentang kepemimpinan Francisco Franco di Spanyol dari tahun 1939 sampai dengan tahun 1975. Dalam tulisan ini juga dijelaskan tentang bagaimana bentuk kepemimpinan Francisco Franco dan juga menjelaskan bagaimana dia bisa mempertahankan kekuasaannya selama 36 tahun di Spanyol, mulai dari kebijakan ekonomi, kerja sama internasional dan juga kebijakan politik. Beberapa teori digunakan dalam menjelaskan skripsi ini, seperti konsep kepemimpinan politik dan konsep fasisme. Dalam konsep pemikiran kebijakan politik, dijelaskan juga tentang hubungannya dengan konsep militerisme. Francisco Franco memimpin negara Spanyol pada tahun 1939. Dia memimpin Spanyol setelah kelompok nasionalis yang dipimpinnya mendapatkan kemenangan melawan kelompok Republik dalam perang saudara di Spanyol. Dalam perang saudara tersebut, Spanyol dibantu oleh negara ? negara yang mempunyai ideologi fasis, yaitu Jerman dan Italia. Kedua negara tersebut kemudian hancur dalam perang dunia II, namun Spanyol dan kepemimpinan Franco tidak mengalami kehancuran. Dalam kepemimpinannya di Spanyol, Francisco Franco sering melakukan penindasaan kepada rakyatnya untuk tetap bisa mempertahankan kekuasaan rezimnya. Segala bentuk yang menentang berjalannya rezim pemerintahannya, diredam dengan kekuatan militer. Meskipun kepemimpinan Franco telah melakukan banyak pelanggaran terhadap hak asasi manusia, namun rezim Franco tetap bisa bertahan memimpin Spanyol sampai akhir hayatnya pada tahun 1975.

This thesis will analyze the government policy of Francisco Franco in Spain during the period 1939 until 1975. For those purpose, there are also some explanation about the form of Franco?s political leadership and how he maintained. In leading Spain, Franco often used aggression and force on his people, but still managed to rule the country for 36 years. The thesis using qualitative method research by searching some secondary documents and study literature. This related to the concept of political leadership, its relation to military and militarism, and also fascism concept. According to this method, there are several research question which furthermore will be analyzed. In this thesis, the writer will analyze the strategies enforced by Franco to and maintain his leadership after the Spanish civil war from 1936-1939. This literature analyzes how Franco?s Government made an effort to maintain it?s regime by opposing any form of mutiny and also establishing regulations that favored the government. Some of the regulations in Franco?s regime analyzed in this literature consist of economic regulations, international affairs and also Franco?s political regulations in Spain. One of Franco?s failed regulations was his effort in establishment of the autarky system in Spain, but this system was stopped in order to solve Spain?s worsening economic situation at the time. Overall during his 36 year regime, Franco applied a facist policy concept in Spain. Franco applied a system based on the facist ideology to create loyalty to the country by denying individual rights, freedom and also enforcing economic and social regulations. Any form of rebellion and opposition was countered by military force. The Spanish people were forced into supporting the laws that were made by Franco?s government until it?s end in 1975. Franco?s regime ended with his illness and eventual death."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S5943
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fenti Irnawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang nutrisi kehamilan dengan berat lahir bayi. Metoda penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Berdasarkan rumus Isaac-Michael jumlah responden sebanyak 39 orang dengan karakteristik wanita yang sudah pemah hamil dan melahirkan minimal satu kali dan tidak menderita diabetes. Instrumen yang dinilai adalah tingkat pengetahuan ibu tentang nutrisi kehamilan yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis yang dipakai adaiah univariat dan bivariat: analisis korelasi sederhana Pearson.
Hasil penelitian univariat menunjukan karakteristik umur ibu, latar belakang pendidikan ibu, jumlah anak, riwayat kehamilan, riwayat aborsi, nilai IMT sebelum kehamilan, nilai tingkat pengetahuan dan berat lahir bayi. Analisis bivariat menunjukan tidak ada hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan ibu tentang nutrisi kehamilan dengan berat lahir bayi dengan p value 0.618.

This study aims to understand the relationship level of knowledge about mother nutrition pregnancy with birth weight babies. Method of research using cross-sectional approach. Based on the formula Isaac-Michael as the number of respondents with the characteristics of the 39 women who were pregnant and giving birth at least one time and not suffering from diabetes. Instruments assessed is the level of knowledge about maternal nutrition pregnancy developed by researchers. Analysis is used univariat and bivariat: Pearson simple correlation analysis.
Results of research showed the characteristics univariat maternal age, mothers educational background, number of children, pregnancy history, abortion history, the value of IMT before pregnancy, the level of knowledge and the value of birth weight infants. Bivariat analysis showed no significant relationship between levels of maternal nutrition knowledge with birth weight infants with p value 0,618.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5656
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Muslim
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S6028
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Resti Putri Wulandari
"Mahasiswa rentan mengalami stres dan gangguan tidur ketika menyelesaikan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan gangguan tidur pada mahasiswa skrips dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 99 mahasiswa skripsi di salah satu fakultas rumpun sciencetechnology Universitas Indonesia pada 28 April-18 Mei 2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen kuesioner, yaitu kuesioner tingkat stres Safaria & Saputra dan kuesioner gangguan tidur yang dimodifikasi dari SMH Questionnaire.
Analisis data menggunakan uji chi square menunjukkan 61,6% responden mengalami stres sedang dan tidak ada yang mengalami stres berat, 44,6% responden mengalami gangguan tidur, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan gangguan tidur pada mahasiswa skripsi (95% CI; p= 0.675; α= 0.05). Promosi kesehatan mengenai pencegahan stres dan gangguan tidur perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan stres dan gangguan tidur agar mahasiswa memiliki kesuksesan akademik.

Student was prone to stress and sleep disturbance when completing study. This study aimed to determine the relationship between the level of stress with sleep disturbance in college students with using descriptive correlation study design with a cross sectional approach. The sample used by 99 student research in one faculty of science-technology of University of Indonesia on 28 April to 18 May 2012. Sampling using proportional stratified random sampling technique. This study used two questionnaires instruments, is questionnaires Safaria & Saputra stress levels and sleep disturbance questionnaire modified from SMH Questionnaire.
Data analysis used chi square test showed 61.6% of respondents experienced stress and nothing is being severely stressed, 44.6% of respondents experienced sleep disturbance, and no significant association between levels of stress with sleep disturbance in student research (95% CI, p = 0675; α = 0.05). Health promotion on the prevention of stress and sleep disturbances need to be done for prevention of stress and sleep disorders in order to have an academic success.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43681
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Najat
"Kemampuan interaksi sosial dapat membantu dalam meningkatkan fungsi otak Tunagrahita yang merupakan salah satu tipe anak keterbelakangan mental dan dengan skor social quotient yang rendah. Meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak tunagrahita dapat melalui salah satu sarana, yaitu Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan interaksi sosial anak tunagrahita yang ikut Pramuka dengan yang tidak melalui desain penelitian komparatif, sehingga hasil akhir penelitian ini dapat membantu dalam melakukan peningkatan kemampuan interaksi sosial anak di masyarakat nantinya.
Penelitian ini mengkaji pengaruh antara variabel independen (Pembinaan Pramuka) terhadap variabel dependen (Kemampuan interaksi sosial anak Tunagrahita). Penelitian dilaksanakan pada 27 anak siaga SLB Nusantara dan SLBN Depok secara total sampling, menggunakan lembar observasi yang valid dan reliable diisi oleh enumerator yang sebelumnya dilakukan diskusi kecil untuk menyamakan persepsi.Uji yang digunakan adalah uji T-independen dan menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan interakasi sosial anak yang ikut pembinaan dengan yang tidak.

The ability of social interaction could help in improving brain function of children with mental retardation and social quotient scores were low. Improve social interaction skills of children with mental retardation could be through one means, namely Scouts. This study aimed to see differences in the ability of social interaction children with mental retardation who were not Scouts through comparative research design, so that the final results of this study could help in making a child's social interaction skills enhancement in public later.
This study examined the influence of the independent variable (Coaching Scouting) on the dependent variable (social interaction ability of children with mental retardation). The experiment was conducted on 27 children stand in SLB Nusantara and SLBN Depok in total sampling, used a sheet of valid and reliable observation by enumerators who had previously filled a small discussion to follow the same perception. Test used the T-independent test and lead to the conclusion that there were differences in the interaction of social skills training with children who did not participate.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46429
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saetia Listiana
"Merokok adalah perilaku yang kompleks hasil interaksi dari aspek kognitif,lingkungan sosial, kondisi psikologis, conditioning, dan keadaan fisiologis. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok antara lain faktor sosiodemografi, yaitu perilaku dan kebiasaan merokok keluarga dan teman, sikap dan keyakinan (beliefs) terhadap rokok, faktor kepribadian seperti konsep diri, citra diri (self image), locus of control, serta faktor perilaku (behavioral variables). Konsep diri adalah persepsi individu mengenai dirinya sendiri yang berisi kumpulan keyakinan dan perasaan individu terhapad dirinya, mengandung aspek deskriptif dan evaluatif, dan dibentuk melalui pengalaman dan interpretasi individu terhadap lingkungannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri mahasiswa perokok di Fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Indonesia. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional menggunakan sampel mahasiswa perokok di Fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Indonesia yang merokok yang dipilih dengan teknik insidental (incidental sampling). Instrumen yang digunakan adalah alat ukur konsep diri untuk mahasiswa dikembangkan oleh Dewi Maulina M.Psi (2004), dosen Psikologi Eksperimen Universitas Indonesia.
Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 52,6% mahasiswa perokok memiliki konsep diri yang negatif dan 47,4% mahasiswa perokok memiliki konsep diri yang positif. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri pada mahasiswa perokok.

Smoking is a complex behavior results from the interaction of cognitive, social, psychological condition, conditioning, and physiological state. Factors that influence smoking behavior among other sociodemographic factors, such as smoking behavior and family and friends, attitudes and beliefs (beliefs) on cigarettes, personality factors such as self-concept, self-image (self-image), locus of control, and behavioral factors (behavioral variables). Self-concept is the individual's perception of itself that contains a collection of individual beliefs and feelings toward him, containing descriptive and evaluative aspects, and is formed through experience and interpretation of the individual to its environment.
This study aims to describe the concept of student self-smokers in the Faculty of Social Sciences and Humanities cluster of University of Indonesia. The study design was a descriptive cross-sectional approach using a sample of smokers student at the Faculty of Social Sciences and Humanities cluster of University of Indonesia who smoked were chosen by engineering incidental (incidental sampling). The instrument used is a measure of self-concept for students developed by Dewi Maulina M.Psi (2004), professor of Experimental Psychology, University of Indonesia.
The results were analyzed using univariate analysis. The results showed for 52.6% of students smokers have a negative self concept, and 47.4% of students smokers have a positive self concept. Recommendations for further research is to identify the factors that influence self-concept in student smokers.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S45984
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Yasman
"Retensi perawat penting untuk memelihara stabilitas tenaga kerja keperawatan. Namun, angka turnover perawat yang tinggi mengindikasikan rendahnya retensi perawat di RSUD Cengkareng. Disisi lain kepemimpinan berkontribusi hampir pada seluruh kegiatan dalam organisasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan model kepemimpinan kepala ruangan menurut pandangan perawat pelaksana dengan retensi di RSUD Cengkareng. Penelitian menggunakan desain deskriptif korelasi. Sampel berjumlah 166 perawat pelaksana.
Hasil analisis menunjukkan proporsi perawat dengan tingkat retensi tinggi sebesar 50%. Model kepemimpinan situasional, transformasional, transaksional, visioner, dan servant mempunyai hubungan yang bermakna dengan retensi perawat (p<0.05). Model kepemimpinan yang paling berhubungan dengan retensi adalah model kepemimpinan transaksional (OR 2.881). Model kepemimpinan memberikan pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan kinerja perawat yang pada akhirnya akan meningkatkan retensi perawat.

Nurse retention is important to maintain the stability of nursing workforce. But, the high nurse turnover indicate low nurse retention in RSUD Cengkareng. Besides, leadership contributes to nearly every activity within organization. The research aims to determine the relationship of nurse unit manager?s leadership models from the viewpoint of nursing staff to retention in RSUD Cengkareng. The study used a descriptive correlation design. The sample consisted of 166 nurses.
The result showed high retention of nurse proportion in 50%. The situational, transformational, transactional, visionary, and servant leadership model had significant relationship with nurse retention (p<0.05). The leadership model which has high correlation to retention was transactional leadership (OR 2.881). Leadership model gives positive influence to job satisfaction, organizational commitment, and nurse performance which are finally increase nurse retention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T34601
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhidayat
"Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengimplementasian evidence based: pencegahan standar & massage + VCO pada pasien dengan resiko terjadi ulkus dekubitus. Klien teridentifikasi dengan lumbar canal stenosis dan memiliki resiko ulkus dekubitus ringan. Pemberian asuhan keperawatan dilakukan selama 5 hari, 2x sehari dalam 5 menit. Indikator terjadinya ulkus dekubitus melihat dari ciri terjadinya ulkus dekubitus grade 1, yaitu: Kemerahan, Perubahan sensasi, Perubahan suhu, dan Perubahan konsistensi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa selama 5 hari pemberian implementasi tidak teridentifikasi satupun tandatanda terjadinya ulkus dekubitus. Saran selanjutnya implementasi dapat diberikan pada klien dengan resiko ulkus dekubitus tinggi.

This study aims to knowing the implementation of evidence based nursing: standard preventing procedure & massage + VCO to patient with a risk for pressure ulcer. The patient who include to this study has lumbar canal stenosis and mild risk for pressure ulcer. The process of Nursing care within 5 days, twice a day in 5 minutes. The indicator for pressure ulcer is refer to characteristic of pressure ulcer stage 1, that is Redness, Alteration of Sensation, Alteration of Thermal, & Alteration of Consistency. The result show that there is no sign of the pressure ulcer indicator in 5 days. Next implementation we recommendation to doing an implementation in severe risk of pressure ulcer.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>