Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Praptiwi Kumala Dewi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fungsi humas pemerintah sebagai jembatan penghubung antara pemerintah dengan publiknya. Humas menggunakan media humas sebagai alat penyampai pesan terkait dengan kebijakan maupun peraturan untuk mencapai tujuan program komunikasi yang telah dirancang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media humas terhadap tujuan program komunikasi melalui hipotesis. Penelitian ini menggunakan metode proporsional simple random sampling. Sampel dari populasi dalam penelitian ini adalah publik eksternal yang merupakan pemohon dokumen sertifikasi sebanyak 97 orang yang berada di lingkungan kantor pelayanan UPT BBKP Tanjung Priok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer melalui kuisioner dan juga data sekunder dari arsip atau dokumen. Penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif, dengan menggunakan korelasi product moment, analisa regresi, uji t dan uji F. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini terdiri atas 21 hipotesis. Dengan menggunakan teknik pengolahan dan analisa data, penelitian ini menemukan hubungan yang positif dan berpengaruh antara media humas dengan tujuan program komunikasi. Media humas yang berpengaruh secara signifikan terhadap tujuan program komunikasi adalah identitas lembaga, broadcast media dan internet.
ABSTRACT
This research is motivated by the government's public relations function as a mediator between the government and the public. Public Relations using the media as a public relations tool messenger associated with policies and regulations to achieve the purpose of the communication program that has been designed. The purpose of this study was to determine how the media influences public relations program for the purpose of communication through hypothesis. The aim of this research is to find out how the effect of public relations against program purposes of communication those hypotheses. The method of this research is proportional simple random sampling. The population and sample in this research is the external public as the applicant's certification documents as much as 97 people who were officer Environment Ministry UPT BBKP Tanjung Priok. And the data used are the primary by questionnaire and also the secondary from archive or document. This research was quantitative analysis, using correlation product moment analysis of regression, ttest and F-test. There were 21 hypothesis tested in this study. By using the techniques of processing and data analysis, the study found a positive relationship between the public relation media with the purpose of communications program. Media public relations influential significantly against program purposes communication is the identity institutions, a broadcast media and the internet.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35849
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sadhriany Pertiwi Saleh
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan simbol-simbol populer yakni simbol kotak-kotak dan simbol metal dalam kampanye politik Jokowi – Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemanfaatan simbol-simbol populer dalam kampanye politik Jokowi - Ahok tersebut mendorong aspek awareness dan acceptance publik pada pesan politik untuk mendukung pasangan Jokowi – Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta 2012. Objek penelitian diteliti menggunakan konsep Komunikasi Organisasi untuk melihat bagaimana tim kampanye berkomunikasi dengan publiknya. Penelitian ini juga menggunakan konsep Komunikasi Politik untuk melihat bagaimana penyampaian pesan bermuatan politis melalui media simbol-simbol populer seperti simbol kotak-kotak dan simbol metal. Penggunaan simbol ini diteliti menggunakan konsep interaksi simbolik, dan bagaimana pemanfaatan simbol populer mendorong awareness dan acceptance publik diteliti menggunakan konsep evaluasi program kehumasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dimana data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara dan studi dokumentasi yang diteliti menggunakan teknik Evaluasi Program Kehumasan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan simbol populer dalam kampanye, mampu mendorong terciptanya awareness dan acceptance publik pada pasangan Jokowi – Ahok, yang juga mendorong kesuksesan kampanye.
ABSTRACT
This research is motivated by the use of popular symbols in Jokowi and Ahok‟s political campaign in 2012 DKI Jakarta‟s Gubernatorial Election. This study aims to determine the effect of the use of the popular symbols in order to push the awareness and the acceptance of the Jakarta‟s public who‟s participated in 2012 DKI Jakarta Gubernatorial Election, and how the awareness and acceptance aspect contributed for the success of the campaign. The research method used is the evaluative research of public relation program by. Ronald D Smith, and the nature of the research is descriptive research. The approach used is qualitative data techniques in the form of interview with the informant and respondents. Results of this study indicate that the use popular symbols had specifically affected the awareness and acceptance of the public, which also contributed to reach the success of Jokowi – Ahok‟s political campaign in DKI Jakarta Gubernatorial Campaign of 2012.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T34899
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marissa Karenina
Abstrak :
Tesis ini membahas strategi komunikasi pemasaran sebuah perguruan tinggi dalam memasarkan program pendidikan strata satu yang diselenggarakan karena adanya perjanjian kerjasama dengan ST1E Bisnis Indonesia. Teori komunikasi pemasaran yang merupakan gabungan antara dua kajian yaitu teori komunikasi dan teori pemasaran menjadi landasan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa LPK Widya Bhakti menerapkan program komunikasi sesuai teori namun tidak secara menyeluruh, dan menyarankan agar lembaga pendidikan melakukan komunikasi pemasaran terpadu, membuat dan merencanakan program evaluasi agar terlihat apakan program komunikasi yang diterapkan sudah berhasil atau belum. ......The focus of this study is the marketing Communications strategy of a higher institution (college) in marketing their bachelor program which was operated in result of an agreement with STIE Bisnis Indonesia. The theories used as base are communication theory and marketing theory. This research is a case study through a qualitative descriptive interpretive approach. The researcher found that the college did not fully implement as stated in the theory. It has not applied an integrated marketing Communications and suggests that the college need to develop an evaluation plan in order to know if the college had succeeded in implementing its marketing Communications program.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25733
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Krisna Anindyka
Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang melakukan penyesuaian nilai-nilai budaya organisasinya, termasuk di antaranya adalah AJB Bumiputera 1912. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai budaya organisasi perusahaan yang baru (SEMANGAT: Sinergi, Empati, Moral, Aktif, Nasionalis, Gigih, Apresiatif dan Teladan) terhadap komitmen organisasional dengan studi kasus pada pegawai kantor pusat AJB Bumiputera 1912. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori model perubahan budaya organisasi oleh Lundberg. Metode penelitian yang digunakan adalah positivisme dengan sifat penelitian adalah eksplanatif. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data berupa penyebaran kuesioner kepada 118 responden dengan model skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan nilai-nilai budaya organisasi terhadap komitmen organisasional. ......This research is triggered by a number of companies that have made adjustments to its cultural values of the organization, including Bumiputera 1912 Mutual Life Insurance Company (MLIC). This study aims to determine the effect of the new corporate cultural values (SEMANGAT: Synergies, Empathy, Moral, Active, Nationalist, Persistent, Appreciative, Exemplary) on organizational commitment employees of AJB Bumiputera 1912 head office. This research theoretical approach was on the organizational culture change model by Lundberg. The research method used positivism because the nature of the research is explanatory. The approach used quantitative data collection techniques in the form of questionnaires with Likert scale models to 118 respondents. Results of this study indicate that there is positive and significant effect of organizational culture values on organizational commitment.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefani Dewinatalia
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh kredibilitas dari social media influencers sebagai endorser dan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) terhadap perilaku konsumen milenial dalam mengadopsi layanan penyewaan pakaian online. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan responden milenial yang berdomisili di Jabodetabek. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk pada kredibilitas endorser yang mencakup attractiveness dan expertise secara positif memengaruhi behavioural intentions yang pada akhirnya akan memengaruhi actual behaviour. Sebaliknya, trustworthiness tidak memengaruhi behavioural intention. Model UTAUT yang mencakup performace expectancy, effort expectancy, dan social influence secara positif memengaruhi behavioural intentions, sedangkan facilitating conditions memengaruhi actual behaviour pada konsumen dalam mengadopsi layanan penyewaann pakaian online. ......This thesis examines the effect of social media influencers’ credibility as endorsers and the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model on millennial consumer behavior in adopting online clothing rental services. The approach used in this study is a quantitative approach with millennial respondents who live in Greater Jakarta. The method of data analysis was carried out using descriptive analysis and path analysis to prove the hypothesis in this study. The results of the study show that constructs on endorser credibility which include attractiveness and expertise positively influence behavioral intentions which will ultimately affect actual behavior. Conversely, trustworthiness does not affect behavioral intention. The UTAUT model which includes performance expectancy, effort expectancy, and social influence positively influences behavioral intentions, while facilitating conditions affect the actual behavior of consumers in adopting online clothing rental services.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Dewi Ayuningrum
Abstrak :
Tingginya jumlah angka milenial di lingkungan kerja dengan karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan generasi pendahulunya melatarbelakangi penelitian ini. Memahami karakter dari setiap generasi merupakan urgensi tersendiri untuk mendukung kinerja perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi Employer Branding yang tepat bagi perusahaan BUMN khususnya untuk karyawan milenial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peranan keterlibatan dalam kegiatan CSR terhadap Employer Branding, khususnya yang telah dilakukan oleh milenial BUMN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian kualitatif, melalui wawancara mendalam kepada milenial BUMN yang pernah melakukan kegiatan CSR perusahaan. Hasil penelitian menemukan bahwa CSR merupakan salah satu strategi yang tepat sesuai dengan karakter milenial yang cenderung memiliki jiwa sosial yang tinggi. ......The high number of millennials in the work environment with different characteristics compared to previous generations is the background of this research. Understanding the character of each generation has its own urgency to support company performance. Therefore, it is necessary to have the right Employer Branding strategy for BUMN companies, especially for millennial employees. The purpose of this study is to explore the role of involvement in CSR activities towards Employer Branding, especially that have been carried out by millennial BUMN. The method used in this study is a qualitative research method, through in-depth interviews with millennials of BUMN who have participated corporate CSR activities. The results found that CSR is one of the right strategies in accordance with millennial character that tends to have a values about social issues.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadila Zahara Faradysa
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Generasi Z terhadap strategi komunikasi pemasaran Dear Me Beauty yang melibatkan keragaman dan inklusi, khususnya pada dimensi ras dan etnis, gender, serta usia. Persepsi tersebut dipengaruhi oleh latar belakang, pengalaman, serta budaya. Sebagai generasi yang tumbuh di tengah lingkungan yang lebih beragam, membuat Generasi Z memiliki rasa toleransi yang tinggi dan vokal dalam memperjuangkan keragaman serta mengurangi praktik diskriminasi di lingkungannya. Penelitian ini ditelaah dengan menggunakan Teori Komunikasi Pemasaran yang inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam serta observasi digital khususnya pada akun resmi @dearmebeauty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki persepsi positif terhadap strategi komunikasi pemasaran Dear Me Beauty yang melibatkan keragaman dan inklusi. Dimensi ras dan etnis menjadi perhatian pertama dan memiliki persepsi positif. Dimensi gender secara keseluruhan generasi Z persepsi positif namun sebagian di antaranya berpendapat bahwa penggunaan kosmetik pada pria masih dianggap tabu bagi masyarakat Indonesia.  Dimensi usia secara keseluruhan memiliki pandangan positif. Generasi Z memberikan dua sudut pandang dilihat dari kombinasi dimensi usia dan gender. Pada representasi wanita paruh baya yang menggunakan produk kecantikan mendapatkan persepsi positif dan dukungan penuh. Sedangkan pada representasi pria paruh baya yang menggunakan produk kecantikan memiliki dua pandangan yang berbeda. Sebagian besar memberikan persepsi positif, namun sebagian lainnya mengatakan bahwa pemilihan model pria paruh baya kurang tepat dalam memasarkan produk kecantikan, khususnya kosmetik. ......This study aims to determine Generation Z's perceptions of the Dear Me Beauty marketing communication strategy which involves diversity and inclusion, especially in the dimensions of race and ethnicity, gender, and age. These perceptions are influenced by background, experience, and culture. As a generation that grew up in a more diverse environment, Generation Z has a high sense of tolerance and is vocal in fighting for diversity and reducing discriminatory practices in their environment. This research is examined using inclusive Marketing Communication Theory. This study used a qualitative approach with a case study research met; data collection techniques were carried out through in-depth interviews and digital observation, especially on the official @dearmebeauty account. The results of the study show that Generation Z has a positive perception of the Dear Me Beauty marketing communication strategy, which involves diversity and inclusion. The dimensions of race and ethnicity are the first concern and have positive perceptions. The overall gender dimension of Generation Z is positive, but some of them argue that the use of cosmetics on men is still considered taboo in Indonesian society. The overall age dimension has a positive outlook. Generation Z provides two perspectives from a combination of age and gender dimensions. In the representation of middle-aged women who use beauty products, they get positive perceptions and full support. Meanwhile, the representation of middle-aged men who use beauty products has two different views. Most gave a positive perception but some others said that the selection of middle-aged male models was inappropriate in marketing beauty products, especially cosmetics.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doddy Zukifli Indra Atmaja
Abstrak :
Tesis ini meneliti pengaruh kualitas layanan yang diberikan oleh lembaga birokrasi/organisasi pemerintah terhadap kepuasan yang didapat pengguna jasa layanannya. Di dalam tesis ini dibahas mengenai bagaimana komunikasi organisasi dan komunikasi interpersonal yang tercakup dalam kelima variabel kualitas layanan, yaitu Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Tangibles (bukti langsung) dan Empathy (perhatian), mempengaruhi kepuasan pengguna jasa layanan. Objek penelitian ini adalah Direktorat Belmawa yang merupakan salah satu unit Direktorat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang salah satu tugasnya adalah untuk menyetarakan ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri. Responden penelitian adalah 340 orang yang diambil sebagai sampel dari 15.000 lebih lulusan perguruan tinggi luar negeri yang telah menyelesaikan masa studinya dan menyetarakan ijazahnya di Direktorat Belmawa saat ini. Metode penelitian menggunakan metode penelitian eksplanatori korelasional yang dilakukan dengan dukungan penelitian survai. Proses perhitungan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPPS versi 20.0. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, dari kelima variabel kualitas layanan, responden memberikan kepercayaan paling besar kepada dimensi Reliability/Kehandalan. Sementara itu, responden memberikan tingkat kepuasan paling tinggi akan layanan yang diberikan oleh Direktorat Belmawa dari sisi variabel waktu. Hubungan antara masing-masing variabel dimensi kualitas layanan dengan kepuasan berada pada tingkat cukup kuat, dan berlangsung secara searah/positif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel kualitas layanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pengguna jasa layanan organisasi pemerintah berada pada tingkat cukup kuat. Sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kualitas layanan yang diberikan. ......This thesis examines the effect of the quality of services provided by the bureaucratic institution/governmental organizations to the satisfaction of the user acquired its services. In this thesis discussed how organizational communication and interpersonal communication are included in the five variables of service quality, namely Reliability, Responsiveness, Assurance, Tangibles, and Empathy, affect satisfaction service users. Object of this study is Belmawa Directorate, which is one unit of the Directorate of the Directorate General of Higher Education where one of its jobs is to equalize higher education certificate graduates from abroad. The respondents were 340 people which is taken from more than 15.000 graduates of foreign universities who have completed their study and equalizes the number of certificate in Directorate Belmawa. Research method used explanatory correlational research conducted with the support of survey research. Calculation process using multiple regression analysis with the help of software SPPS version 20.0. The result showed that, from the five variables of service quality, most of the respondents gave credence to the variable of Reliability. Meanwhile, respondents gave the highest satisfaction level of service offered by the Directorate Belmawa to the variable of time. The correlation between each variables of service quality with satisfaction show at the level strong enough, and takes place in the same direction/positive. Conclusion of the study indicates that service quality variables jointly influence the satisfaction of governmental organization service users are at the level strong enough. While the remaining are influenced by other factors outsides the quality of services provided.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T36055
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Endang Mudiastuti
Abstrak :
Tesis ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas komunikasi organisasi dengan melihat pengaruh iklim komunikasi, struktur organisasi, dan pengaruh budaya organisasi terhadap komunikasi organisasi. Berdasarkan pada teori Creswell, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan penentuan responden melalui teknik acak bersusun. Uji validitas menggunakan analisa faktor eksploratori sehingga terbentuknya faktorfaktor baru bersifat acak, yang selanjutnya dapat diintreprestasi sesuai dengan faktor atau komponen atau konstruk yang terbentuk. Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah kualitas komunikasi organisasi dipengaruhi oleh struktur organisasi dan budaya organisasi, namun tidak dipengaruhi iklim komunikasi yang terjadi di lingkungan organisasi.
This thesis to determine the factors that influence the quality of organizational communication by looking at the influence of communication climate, organizational structure, and the influence of organizational culture on organizational communication. Based on the theory of Creswell, this study uses quantitative methods, to determine the respondents through random layered technique. Test validity using exploratory factor analysis so that the formation of new factors are random, which can further diintreprestasi according to factors or components or constructs formed. Analysis of the data using linear regression. The results were influenced by the quality of organizational communication and organizational culture organizational structure, but not influenced climate communication that happens within an organization.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35571
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Arisiswanti
Abstrak :
Teknologi Informasi dipandang tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari orang muda sampai dengan tua mulai mengenal teknologi ini, begitu pula tidak hanya di dunia pendidikan saja akan tetapi juga di dunia perkantoran. Beragam jenis teknologi informasi banyak diminati oleh masyarakat dunia, dimulai dari telepon seluler, internet, teleconference, dan lain ragamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya internet terhadap kepuasan karyawan dalam mendapatkan informasi. Analisis tidak melihat pada hasil yang dicapai akan tetapi untuk mengukur bagaimana dan seberapa efektif karyawan dalam mendapatkan kepuasan informasi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana TIK seperti internet, dan media sosial lainnya. Selain itu, penelitian ini untuk menelaah apakah efek dari penggunaan internet dapat memberikan hasil positip terhadap pekerjaan atau malah memberikan efek negatif serta untuk mengukur sejauh mana karyawan efektif berkomunikasi dengan dunia luar kantor dengan menggunakan teknologi ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap pegawai Pusbindiklat Peneliti LIPI dengan pendekatan Uses and Gratification serta beberapa teori lainnya yang ditentukan berdasarkan sampling. Dari hasil analisis, pengaruh literasi informasi terhadap tingkat kepuasan karyawan menunjukan bahwa dapat diliat dari manfaat dari internet yang diperoleh oleh karyawan memiliki pengaruh secara signifikan dibanding dengan dimensi variabel lainnya, kegiatan lain seperti mengakses data dan informasi melalui internet serta pengaruh dari tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan utama menunjukan tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap penciptaan ide/gagasan, penyelesaian pekerjaan sesuai tujuan serta kebiasan bekerja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karyawan yang memetik manfaat dari internet ada di setiap lini, dan hasilnya dapat langsung dirasakan oleh mereka, baik peningkatan terhadap pekerjaan, hubungan sosial ataupun pola komunikasi antar staf dan pimpinan. ......Information technology is seen as a world which is currently experiencing rapid growth. Ranging from young to old people getting to know these technologies, as well as in the world of education is not only alone but also in the world of office. Various types of information technology in great demand by the people of the world, starting from mobile phones, internet, teleconferencing, and other varieties. This study aims to analyze the role of information and communication technology (ICT), especially the Internet on employee satisfaction in getting information. Analysis did not look at the results achieved but to measure how and how effective employee satisfaction in getting information by leveraging ICT infrastructure such as the Internet, and other social media. In addition, this study to examine whether the effect of the use of the Internet can provide positive results to the job or even have negative effects as well as to measure the extent to which employees communicate effectively with the outside world using this technology office. This study uses kuantiatif method using measurement through questionnaires to employees Pusbindiklat Peneliti LIPI with the Uses and Gratification approach as well as some other theories. The expected outcome of this research is to provide input and ideas for the management of human resources in fostering and support for employees. From the analysis, the authors obtain information about the influence of literacy on the level of employee satisfaction showed that the results obtained by the employee benefits significantly, other activities such as accessing data and information via the internet as well as the influence of the level of education and main occupation showed no significant influence on the creation of idea / ideas, as well as the completion of the work for the purpose for working habits. It can be concluded that employees who have benefited from the internet is in every line, and the results can be directly felt by them, either increase the employment, social relationships or patterns of communication between staff and management.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35595
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>