Ditemukan 28 dokumen yang sesuai dengan query
Monika Jayatri
"Skripsi ini membahas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan fasilitas sekolah yang dibeli dengan dana BOS di SMPN 11 Yogyakarta dan SMPN 1 Purworejo. Analisis pengelolaan yang dilakukan adalah mengenai penggunaan dana, pembukuan, pelaporan, dan sistem pengendalian internal di masing-masing sekolah. Sedangkan analisis mengenai pengelolaan fasilitas sekolah menganalisis langkah pengelolaan termasuk perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, penyimpanan, dan penghapusan fasilitas sekolah. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa performa pengelolaan dana BOS dan fasilitas terkait dana BOS di kedua sekolah belum berjalan terlalu baik. Ada beberapa kesalahan yang masih dilakukan oleh pengurus sekolah. Akan tetapi, asas akuntabilitas dan transparansi sudah dilaksanakan dengan cukup baik oleh kedua sekolah.
This paper discusses about the fund management of BOS and school facilities purchased using BOS funds, case study in SMPN 11 Yogyakarta and SMPN 1 Purworejo. Analysis is conducted on the use of funds, the accounting treatment and internal control systems at each school. Moreover, the analysis of the management of school facilities analyzes the accountability and transparency in the school facilities? management process including planning, procurement, maintenance, and removing of school facilities. From the analysis conducted, it is known that the performance of the BOS funds management and facilities purchased with BOS funds in both of schools is not well-performed. There are still some mistakes which have been made by school management. The principle of accountability and transparency has been well-implemented in both of schools."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Kenny Wiyarta Tionatan
"Tujuan penyusunan laporan magang ini adalah mengevaluasi prosedur-prosedur substantif KAP ABC, untuk menguji asersi occurrence, accuracy, cut-off, dan classification akun pendapatan PT DEF. PT DEF merupakan salah satu entitas klien KAP ABC yang bergerak di bidang usaha kepelabuhanan. Analisis yang dilakukan dalam laporan magang ini adalah evaluasi terhadap kesesuaian prosedur-prosedur tersebut dengan standar yang berlaku, dan terhadap pemenuhan asersi-asersi yang diuji prosedurprosedur tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa prosedur-prosedur tersebut telah sesuai dengan standar yang berlaku, dan seluruh asersi yang diuji prosedur-prosedur tersebut telah terpenuhi.
Purposes of this internship report is evaluating substantive procedures of KAP ABC for testing occurrence, accuracy, cut-off, and classification assertions of PT DEF`s revenue account. PT DEF is a KAP ABC`s client engaging in port-related business sector. Analysis done in this internship report is evaluating the conformity of those substantiveprocedures with existing standards, and fulfillment of assertions tested by those procedures. Results of the analysis show that those procedures have conformed to existing standards, and all assertions tested by those procedures, have been fulfilled."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Vidya Intani Athfalina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi persiapan dokumen dalam rangka persidangan banding pajak yang dilakukan oleh PT OH. Adapun salah satu proses yang dimaksud adalah proses pengajuan banding Pajak Penghasilan Badan dan PPN pada PT SLI dengan fokus pada bagian pembuatan Surat Bantahan hingga persiapan dokumen persidangan pada Pengadilan Pajak. PT SLI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pengeboran lepas pantai. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, PT OH telah melaksanakan pendampingan proses banding sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan baik.
This internship report aims to evaluate the process of preparation of documents in the context of a tax appeal hearing conducted by PT OH. One of the processes referred to, is the process of filing an appeal for Corporate Income Tax and VAT at PT SLI with a focus on the making of Rebuttal Letter to the preparation of court documents at the Tax Court. PT SLI is a company engaged in the field of the offshore drilling contractors. Based on evaluation conducted, PT OH has already implemented assistance to the appeal process in accordance with the applicable laws and regulations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Willa Anindya Ramadina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit pengujian pengendalian yang dilaksanakan oleh KAP BDS atas penjualan dan pembelian PT SSB untuk periode yang berakhir di 31 Desember 2021. PT SSB merupakan perusahaan dagang yang menjual produk mesin, komponen, perawatan, dan reparasi otomotif. Prosedur pengujian pengendalian yang dilaksanakan adalah inspeksi four-way-match atas atribut pengendalian yang sudah diidentifikasi pada dokumen pendukung transaksi penjualan dan pembelian untuk menguji efektivitas operasi pengendalian. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengujian pengendalian penjualan dan pembelian yang dilaksanakan sudah efektif dalam mencegah terjadinya salah saji di level asersi.
This internship report serves to evaluate the audit procedure of the test of control carried out by KAP BDS on the sale and purchase of PT SSB for the period ending on 31 December 2021. PT SSB is a trading company that provides automotive machine, components, maintenance, and reparation products. Test of control procedures aim to test the effectiveness of the identified control attributes in sales and purchasing activities in preventing and detecting misstatements at the assertion level. Based on the evaluation results, the sales and purchase control testing procedures are considered effective in preventing misstatements at the assertion level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Karina Candra Ningrum
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi prosedur audit saldo utang usaha yaitu
Search for Unrecorded Liablities pada PT Green yang merupakan perusahaan yang bergerak di industri
downstream gas bumi untuk laporan keuangan periode 31 Desember 2019. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan standar audit yang berlaku dengan prosedur audit berdasarkan
Audit Guide KAP Glow. Prosedur audit atas
Search for Unrecorded Liablities (SURL) dilakukan menggunakan dua metode pengujian yaitu
subsequent payment test dan
unpaid invoices test untuk menguji asersi manajemen yaitu
completeness, accuracy, cut-off, right and obligation, dan
valuation. Berdasarkan hasil evaluasi, dijelaskan bahwa prosedur audit atas SURL yang dilakukan oleh tim audit KAP Glow telah sesuai dengan standar yang berlaku serta memenuhi asersi manajemen yang terkait.
This internship report aims to evaluate the audit procedure of accounts payable, namely Search for Unrecorded Liabilities in PT Green, downstream company in natural gas industry, for the period ended December 31, 2019. The evaluation was carried out by comparing between the applicable audit standards and the audit procedures based on KAP Glow’s Audit Guide. The audit procedure for Search for Unrecorded Liabilities (SURL) is carried out using two testing methods, namely subsequent payment test and unpaid invoices test. The objective of those testing methods are to test management assertions which consist of completeness, accuracy, cut-off, right and obligation, and valuation. The evaluation results in that the audit procedure of Search for Unrecorded Liabilities (SURL) performed by the KAP Glow audit team were in accordance with applicable standards and fulfilled intended management assertions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhammad Hisyam Afif
"Laporan Magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaporan PPh Pasal 15 dan PPh Pasal 23. Proses yang dievaluasi adalah proses pengenalan objek pajak, penghitungan beban pajak, pembuatan Surat Keterangan Pemotongan Pajak, dan Pemantauan Jumlah PPh. Evaluasi dilakukan berdasarkan peraturan perundang- undangan yang mendasarkan kewajiban pelaporan PPh Pasal 15 & PPh Pasal 23 dan Standar Prosedur yang dimiliki oleh perusahaan. Metode penulisan laporan ini adalah membandingkan antara peraturan dan standar prosedur dengan praktek nyata yang dilakukan di tempat magang. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar proses pelaporan sudah sesuai dengan undang-undang dan Standar Prosedur, tetapi salah satu proses tidak sesuai dengan Standar Prosedur karena kurangnya pekerja dan tugas yang berlebihan. Laporan ini juga menjelaskan tentang refleksi diri penulis selama masa magang di PT. XYZ. Pengalaman menjadi landasan bagi proses pengembangan penulis di masa yang akan datang.
.This Internship report aims to evaluate the Withholding process of Income Tax Article 15 and Income Tax Article 23. The process that are evaluated is the tax object recognition process, the calculation of tax expense, the making of the Certificate of Withholding Tax, and Income Tax Monitoring Process. The evaluation was carried out by the rules and regulations that based the obligation of both Income Tax Article 15 & Income Tax Article 23 and the Standard of Procedure that are owned by the company. The method of this report is to compare between the regulations and the standard of procedure with the real practice that conducted in the internship. The evaluation result shows that most of the Withholding process is in accordance with the law and the Standard of Procedure, but one of the processes did not complies with the Standard of Procedure due to lack of worker and overwhelming task. This report also explains about the author’s self-reflection during the internship period at PT. XYZ. The experience become the foundation of the author’s development process in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Arianto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal atas pengelolaan Piutang PBB-P2 di Kabupaten Majene berdasarkan 5 Unsur SPI COSO. Pemerintah Kabupaten Majene mendapat kewenangan dari Pemerintah Pusat dalam melakukan pengelolaan Piutang PBB-P2 sejak tahun 2014. Dalam praktiknya mengalami kendala diantaranya jumlah Piutang PBB-P2 macet mencapai 61,29% dari total piutang PBB-P2 berdasarkan klasifikasi umur piutang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan wawancara dengan 2 Narasumber dan hasil kuesioner yang disebarkan kepada 5 Responden, menunjukkan hasil bahwa sistem pengendalian internal BAPENDA Kabupaten Majene dalam pengelolaan Piutang PBB-P2 belum efektif dengan adanya kelemahan pada unsur lingkungan pengendalian dan pemantauan. Selain itu, hal yang menjadi penghambat pelaksanaan pengendalian internal adalah kepatuhan wajib pajak yang rendah karena kurangnya informasi yang memadai mengenai Piutang PBB-P2, dan perhitungan Piutang PBB-P2 yang kurang akurat karena tidak didukung dengan rincian yang jelas dan belum adanya pemutakhiran NJOP
This study aims to evaluate the effectiveness of the internal control system for the management of PBB-P2 Receivables in Majene Regency based on the 5 Elements of COSO's SPI. The Majene Regency Government has received authority from the Central Government in managing PBB-P2 Receivables since 2014. In practice, it has experienced obstacles including the number of non-performing PBB-P2 receivables reaching 61.29% of total PBB-P2 receivables based on the age classification of receivables. This research was conducted using a qualitative descriptive method with a case study method. Based on interviews with 2 informants and the results of questionnaires distributed to 5 respondents, the results show that the internal control system for the Majene District BAPENDA in managing PBB-P2 receivables has not been effective due to weaknesses in the control and monitoring environment elements. In addition, things that hinder the implementation of internal control are low taxpayer compliance due to a lack of adequate information regarding PBB-P2 Receivables, and the inaccurate calculation of PBB-P2 Receivables because it is not supported with clear details and there is no NJOP update."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nurlina Hakim
"Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan Sistem Manajemen Kinerja dalam kerangka SAKIP serta menganalisis kendala utama yang menghambat penerapan SAKIP pada UPT BPOM dan solusi untuk meminimumkan kendala tersebut. Objek studi yang digunakan adalah Balai Besar/Balai POM, yang merupakan UPT BPOM di daerah yang melaksanakan tugas teknis operasional di bidang pengawasan obat dan makanan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus (problem solving). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode descriptive analysis, dilakukan dengan menggunakan kombinasi data primer (hasil dari wawancara semi terstruktur yang mendalam) dan data sekunder (hasil dari dokumentasi). Hasil penelitian adalah implementasi SAKIP pada UPT BPOM menunjukkan hasil yang baik dan menunjukkan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, namun demikian, terdapat beberapa aspek yang memerlukan perbaikan dan penyempurnaan. Kendala utama yang dihadapi adalah penetapan target kinerja belum semuanya berdasarkan basis data yang memadai, penggunaan berbagai macam aplikasi Monev yang tidak terintegrasi, dan pemanfaatan informasi kinerja yang belum maksimal. Penelitian ini akan membantu UPT BPOM menyempurnakan tata laksana sistem akuntabilitas kinerja, dengan berfokus pada penetapan target kinerja disertai data dukung memadai, pengembangan dan penyempurnaan aplikasi Monitoring dan Evaluasi, dan pembuatan kertas kerja rekomendasi untuk mengoptimalkan pemanfaatan informasi kinerja.
This study aims to analyze the implementation of the Performance Management System within the SAKIP framework and the main obstacles that hinder the implementation of SAKIP at UPT BPOM, and solutions to minimize these obstacles. The object of study used is the Balai Besar/Balai POM, which is the UPT BPOM in the regions that carry out operational technical tasks in the drug and food control field. This study uses a qualitative research methodology through a case study approach (problem-solving). The data were analyzed using the descriptive analysis method, combining primary data (results from in-depth semi-structured interviews) and secondary data (results from documentation). The results are that the implementation of SAKIP at UPT BPOM showed good results and result-oriented governance; however, several aspects needed improvement and refinement. The main obstacles faced are the setting of performance targets that are not all based on adequate databases, the use of various types of Monev applications that are not integrated, and the utilization of performance information that is not optimal. This research will help UPT BPOM improve the management of the performance accountability system, focusing on setting performance targets with adequate supporting data, developing and perfecting the Monitoring and Evaluation applications, and making recommendation working papers for utilizing maximum performance information."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rio Christanto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fenomena pengakuan dan pengukuran basis akrual dengan menggunakan dokumen nota dinas Fungsi Konsuler atas PNBP pelayanan pada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia berdasarkan kerangka akuntabilitas publik dan cost benefit analysis. Dokumen nota dinas Fungsi Konsuler merupakan dokumen resmi yang berisi rincian penerimaan PNBP pelayanan yang dihasilkan selama rentang periode pengakuan PNBP pelayanan. Pengakuan dan pengukuran dengan menggunakan dokumen tersebut menyebabkan nilai pendapatan-LO yang disajikan dalam Laporan Keuangan menjadi over atau understated karena terdiri dari 5 (lima) frekuensi atau periode pengakuan dan pengukuran, yaitu setiap hari, setiap minggu, setiap dua minggu, setiap bulan, dan setiap tiga bulan. Unit analisis adalah 5 (lima) unit kerja Perwakilan RI. Data diperoleh melalui wawancara dan analisa dokumen. Metode analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena pengakuan dan pengukuran PNBP pelayanan berdasarkan nota dinas telah sesuai dengan SAP dikarenakan transaksi yang terjadi telah berdasarkan keterjadian dengan pertimbangan biaya dan manfaat yang terjadi di Perwakilan RI. Selain itu, perlakuan pengakuan dan pengukuran yang dilakukan telah mempertimbangkan biaya dan manfaat berupa komponen berwujud dan tidak berwujud. Komponen biaya berwujud berupa biaya mutasi pegawai dan administrasi bank, sedangkan manfaat berwujud berupa jumlah transaksi yang sedikit, keterjadian jumlah transaksi pelayanan, dan selisih penyajian nilai Pendapatan LO tidak material. Komponen biaya tidak berwujud berupa biaya waktu dan psikologis, sedangkan manfaat tidak berwujud berupa kemudahan penginputan transaksi, fleksibilitas tugas, meminimalisir risiko salah saji, serta jumlah reviu yang sedikit.
This study aims to evaluate the phenomenon of recognition and measurement of accrual basis using Consular Function memorandum document on non-tax services revenue at the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia based on public accountability framework and cost benefit analysis. The Consular Function memorandum document is an official document that contains details of non-tax revenue generated during the period of non-tax revenue recognition. Recognition and measurement using this document causes the value of revenue-LO presented in the Financial Statements to be over or understated because it consists of 5 five frequencies, namely every day, every week, every two weeks, every month, and every three months. The unit of analysis is five Indonesia Representative mission. Data were obtained through interviews and documentation. The data analysis method uses descriptive qualitative techniques and content analysis. The results showed that the phenomenon of recognition and measurement of revenue services based on official notes was in accordance with SAP because the transactions that occurred were based on events with consideration of the costs and benefits that occurred in the Indonesia Representative mission. In addition, the recognition and measurement treatment carried out has considered the costs and benefits in the form of tangible and intangible components. The tangible cost component is in the form of mutation of employee and bank administration costs, while the tangible benefits are in the form of a small number of transactions, the occurrence of the number of service transactions, and the difference in the presentation of the LO Revenue value is not material. The intangible cost component is in the form of time and psychological costs, while the intangible benefits are in the form of ease of inputting transactions, flexibility of tasks, minimizing the risk of misstatement, and smaller number of reviews."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Chrisvareno Primadeo
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas evaluasi atas prosedur audit berupa pengujian rinci (tests of detail) atas akun beban operasi (operating expense) oleh KAP SKY pada PT RIM. PT RIM merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kimia. Beban operasi pada PT RIM mengalami kenaikan sebesar 20% dari tahun sebelumnya yang tergolong signifikan dan diperlukan pengujian untuk memastikan kebenaran dan kewajarannya. Evaluasi dilakukan atas prosedur pengujian rinci yang berfokus pada tahapan vouching dan mengacu pada standar audit yang berlaku di Indonesia. Hasil evaluasi mengenai prosedur audit yang berfokus pada tahapan vouching menunjukkan bahwa prosedur vouching yang dilakukan KAP SKY telah sesuai dengan standar audit yang berlaku di Indonesia.
This internship report aims to discuss the evaluation of audit procedures in the form of tests of detail on operating expense accounts by KAP SKY at PT RIM. PT RIM is a company engaged in the chemical sector. Operating expenses at PT RIM experienced an increase of 20% from the previous year which was classified as significant and required testing to ensure correctness and fairness. Evaluation is carried out on detailed testing procedures that focus on the vouching stage and refer to auditing standards that apply in Indonesia. Evaluation results regarding audit procedures that focus on the vouching stage indicate that the vouching procedures carried out by KAP SKY are in accordance with auditing standards in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library