Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Feoni Youmil Karismawati Ws.
"Penelitian ini membahas mengenai kolaborasi antara writing center dan layanan referensi di Perpustakaan Sampoerna University. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan pustakawan dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa dan tutor writing center mengenai potensi kolaborasi kedua layanan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah memanfaatkan layanan di writing center, tutor writing center, dan pustakawan Perpustakaan Sampoerna University. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pustakawan siap dengan kolaborasi tersebut dilihat dari SDM dan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Mahasiswa dan tutor pun menjelaskan bahwa kolaborasi layanan tersebut akan berkesinambungan dan menghasilkan suatu yang positif dalam membantu mahasiswa dalam penulisan karya ilmiahnya, namun harus didukung oleh kebijakan yang jelas dan terstruktur.

This study discusses the collaboration between writing center and reference service in Library of Sampoerna University. This study aims to see the readiness of librarians and to describe the perceptions of students and tutors of writing center about the potential collaboration of both services.
The research is conducted using qualitative research method with descriptive studies. Informants in this research are students who have utilized the writing center, tutor of writing center, and librarian in Library of Sampoerna University. Sample selection technique is done by using purposive sampling technique.
The results in this study show that librarians are ready for the collaboration, viewed from the human resources and collections owned by the library. Students and tutors explain that the collaboration of these services will be sustainable and it enables students to write paper easier as long as is supported by a clear and structured policy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68881
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzano Rahmatul Mukhlisin
"Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat di perguruan tinggi yang berguna untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. Perpustakaan memiliki beberapa layanan yang diberikan kepada pengguna seperti koleksi, layanan referensi, internet, dan lain sebagainya. Layanan yang terdapat di Perpustakaan perguruan tinggi harus menunjang kebutuhan pengguna yakni civitas akademika perguruan tinggi. Pelayanan yang maksimal dari perpustakaan pengguna yang hadir akan merasa puas, dan pengguna perpustakaan akan hadir dan bertambah jumlahnya. Selain layanan koleksi dan referensi terdapat beberapa indikator yang menentukan tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan, seperti sarana dan prasarana serta pustakawan. Sarana dan prasarana yang baik akan dapat menambah tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan. Namun faktor yang paling penting untuk membangun tingkat kepuasan pengguna berasal dari pustakawan. Pustakawan perlu menciptakan hubungan yang baik dengan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan Perpustakaan FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah survei, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 70 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dan menggunakan skala likert. Penelitian ini mengusulkan agar Perpustakaan FKIP UHAMKA untuk terus meningkatkan kepuasan penggunanya dengan menambah koleksi, sarana dan prasarana, serta pustakawan untuk tetap ramah kepada pengguna.

The college library which located in universities is a vital actor in Nourishing the internalization of the Tri Dharma of higher education. The library has several services provided to users such as collection services, reference services, internet. Services included in college libraries must support the needs of users, namely the college academics. With maximum service from the library, users presence will be satisfied, and library users attendance will increase in number. In addition to collection and reference services, there are indicators which determine the level of user satisfaction with the library itself. Indicator such as facilities and infrastructure as well as librarians. Good facilities and infrastructure will lead to improvement of user satisfaction. Moreover, the most important factor to build user satisfaction comes from the librarians. Librarians need to maintain healty relationships with the users. This thesis aims to determine the level of user satisfaction with library services of FKIP UHAMKA. The research method used is a quantitative. The type of research used is a survey, and the technique of collecting data uses a questionnaire distributed to 70 respondents. Sampling uses slovin techniques and uses a Likert scale. This thesis suggests that FKIP UHAMKA improving their collections, facilities and infrastructure, and librarians performance to increase user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haznam Fahriza Widhiansyah
"Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP dan FIA UI yang pernah atau sering menggunakan layanan MBRC. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penarikan sampel secara purposive dengan kriteria responden yang telah disebutkan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Pertanyaan pokok dalam kuesioner diadopsi dari metode LibQual+TM yang memiliki 4 dimensi dan 21 indikator kualitas layanan MBRC. Kuesioner menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Adapun metode analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, Importance Perormance Analysis (IPA), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam rangka upaya peningkatan kualitas layanan MBRC secara berkala dan selalu berorientasi kepada pengguna. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) sebesar 51,03% yang mengindikasi bahwa responden cukup puas terhadap pelayanan MBRC. Hasil diagram IPA menunjukkan bahwa kebanyakan indikator masuk kedalam kuadran III yang berarti MBRC perlu memperhatikan kembali kualitas layanannya karena yang masuk ke kuadran ini adalah indikator yang memiliki kinerja yang tidak terlalu istimewa dengan tingkat kepuasan yang relatif rendah.

The focus of this study discusses the level of satisfaction from users of the quality of Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI services. The population in this study was FISIP and FIA UI students who had or often used MBRC services. The sampling method used in this study is a purposive sampling method with the criteria of the respondents mentioned. The instrument in this study used a questionnaire. The main questions in the questionnaire were adapted from the LibQual + TM method which has 4 dimensions and 21 MBRC service quality indicators. The questionnaire uses a Likert scale with 5 answer choices. The analytical methods used include descriptive statistical analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and User Satisfaction Index (IKP). The usefulness of this research is expected to be a reference in order to improve the quality of MBRC services on a regular basis and always be user-oriented. The results of the discussion of this study resulted in the value of the User Satisfaction Index (IKP) of 51.03% which indicated that respondents were quite satisfied with the service of MBRC. The IPA diagram results show that most indicators fall into quadrant III, which means that MBRC needs to pay attention to the quality of its services because those who enter this quadrant are indicators that have not too special performance with a relatively low level of satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Faiz
"Perpustakaan merupakan institusi yang berperan memberikan informasi yang dikemas dalam berbagai bentuk media. Informasi yang disajikan oleh perpustakaan sangat dibutuhkan pemustaka untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Maka dari itu, dibutuhkan layanan prima perpustakaan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Namun di tengah era pandemi, kegiatan fisik menjadi suatu hambatan karena adanya protokol kesehatan yang menyebabkan layanan beralih ke bentuk digital. Perpustakaan harus melakukan inovasi layanan, salah satunya adalah pemanfaatan konten media sosial untuk menjangkau pemustaka. Perpustakaan FK UI memanfaatkan konten media sosial ini sebagai bagian inovasi layanan. Untuk melakukan promosi dan memastikan informasi tersampaikan kepada pemustaka melalui media sosial baik di twitter maupun instagram, dibutuhkan manajemen konten yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perpustakaan FK UI mengelola konten di media sosial untuk promosi dan memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Hal tersebut dikarenakan konten yang disajikan melalui media sosial merupakan gambaran sebuah perpustakaan. Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan bentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui zoom dan observasi dengan memantau media sosial. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa manajemen konten media sosial yang dilakukan oleh Perpustakaan FK UI lebih diterapkan di media sosial twitter dan instagram. Pustakawan mengelola konten dari tahun sebelumnya kemudian konten sudah dikerjakan dengan matang pada satu bulan sebelum konten tersebut dibagikan pada pemustaka. Manfaat yang diberikan oleh media sosial terhadap Perpustakaan FK UI seperti memudahkan pengguna dan pemustaka menjadikan media sosial sebagai komponen penting.

Libraries are institutions that play a role in providing information packaged in various forms of media. The information presented by the library is needed by users to meet their information needs. Therefore, it takes excellent library services that are useful to meet the needs of users. However, in the midst of the pandemic era, physical activity has become an obstacle due to health protocols that have caused services to switch to digital form. Libraries must innovate services, one of which is the use of social media content to reach users. The FK UI library utilizes this social media content as part of service innovation. To promote and ensure that information is conveyed to users through social media, both on Twitter and Instagram, proper content management is needed. The purpose of this study was to find out how the FK UI Library manages content on social media for promotion and meeting the information needs of users. This is because the content presented through social media is a picture of a library. The research method is a qualitative method with a descriptive form. Data collection is done by interviewing through zoom and observation by monitoring social media. The results showed that the management of social media content carried out by the FK UI Library was more applied to Twitter and Instagram social media. Librarians manage content from the previous year and then the content has been done carefully one month before the content is shared with users. The benefits provided by social media to the FK UI Library such as making it easier for users and users to make social media an important component."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sakawuni Maghfira Firdestia Bunga
"Artikel ini membahas peran akun Twitter @literarybase dalam meningkatkan minat baca pengikutnya. Akun @literarybase adalah akun berjenis autobase yang membahas hal berkaitan dengan literasi dan sastra di Twitter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan survei sebagai teknik pengumpulan data. Survei dilakukan pada bulan Juni 2021 menggunakan kuesioner dan disebarkan kepada pengikut akun @literarybase dengan jumlah yang didapatkan sebanyak 288 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @literarybase memiliki peran yang sangat besar sebagai tempat untuk meningkatkan minat baca pengikutnya. Hal ini terlihat dari 67.4% responden yang mengikuti akun @literarybase karena ingin mendapatkan rekomendasi bacaan dari pengikut lainnya. Namun, sebesar 48.3% responden menyatakan bahwa mereka jarang melakukan diskusi buku. Secara garis besar, akun @literarybase telah menerapkan prinsip pembangunan minat baca Springer, Harris, dan Dole (2017) dengan baik. Tetapi penerapan prinsip teaching interest self-regulation strategies masih belum seefektif tiga prinsip lainnya. Adapun saran dari penulis, tindakan yang dapat dilakukan oleh admin akun @literarybase untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan diskusi secara lebih intensif dengan para pengikutnya mengenai aplikasi reading tracker dan review buku. Admin akun @literarybase juga dapat mengadakan kegiatan diskusi dan baca buku bersama dengan tujuan untuk lebih meningkatkan lagi keaktifan para pengikutnya terkait dengan literasi dan sastra.

his article discusses the role of the Twitter account @literarybase in increasing the reading interest of its followers. The @literarybase account is an autobase that discusses literacy and literature on Twitter. This study uses quantitative methods with descriptive analysis and surveys as data collection techniques. The survey was conducted in June 2021 using a questionnaire and distributed to followers of the @literarybase account with a total of 288 respondents. The results show that the @literarybase account has a very big role as a place to increase followers' reading interest. This can be seen from 67.4% of respondents who follow the @literarybase account because they want to get reading recommendations from other followers. However, 48.3% of respondents stated that they rarely conduct book discussions. In general, the @literarybase account has applied the principles of Springer, Harris, and Dole (2017) reading interest development well. However, the application of the principle of teaching interest self-regulation strategies is still not as effective as the other three principles. As for suggestions from the author, the action that the @literarybase account admin can take to overcome this is to hold more intensive discussions with his followers about reading tracker applications and book reviews. The admin of the @literarybase account can also hold discussion activities and read books together with the aim of further increasing the activity of his followers related to literacy and literature."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Medina
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pengelolaan perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Jakarta Utara dalam penerapan fungsi manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan keliling Jakarta Utara yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating),dan pengawasan (controlling) serta mendeskripsikan kendala dalam pengelolaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian menunjukan pengelolaan perpustakaan keliling Jakarta Utara telah dilakukan. Hal ini nampak dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan untuk mencapai sasaran dan tujuan dari Perpustakaan Umum Jakarta Utara sedangkan hambatan yang dialami adalah kurangnya jumlah dan kopetensi sumber daya manusia, kurangnya anggaran, dan titik layanan yang sulit terjangkau.

ABSTRACT
This mini thesis discusses about the management of bookmobile in North Jakarta Public Library within an implementation of the management function. The purpose of this study is to describe the management of bookmobile in North Jakarta including planning, organizing, actuating, and controlling also to describe the obstacle of it. This study used a qualitative approach to case study method. Data collected by observation, interviews, and document analysis. The results of this study shows that the management of bookmobile in North Jakarta has been done. It appears from the activities which have been made to achieve the goals and objectives of the North Jakarta Public Library, while the obstacles are lack of the number and competency of human resources, lack of budget and its service points which is difficult to reach.
"
2015
S61180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadawiyah
"ABSTRAK
Perpustakaan tidak dapat hidup sendiri atau bekerja sendiri. Perpustakaan memerlukan sebuah kerjasama dengan perpustakaan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Tujuan penelitian adalah untuk memahami, menjelaskan, mendeskripsikan, serta menganalisis kerjasama perpustakaan dalam membangun kinerja pustakawan di Kementerian Sosial RI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Kerjasama internal Perpustakaan terdiri dari 3 bentuk yaitu : pengadaan, pertukaran dan redistribusi, dan pemberian jasa dan informasi. Kerjasama internal perpustakaan dapat membangun kinerja pustakawan karena ke empat informan tersebut telah melakukan target kerja mereka dan membangun kinerja pustakawan dalam sebuah kerjasama perpustakaan

ABSTRACT
Library can not live alone or work alone. A library needs to work with other libraries to grow, to meet dynamic and changing environments, including user needs. The main objective of this research is to understand, explain, describe, and analyze the library cooperation towards perfomances of librarians in the Ministry of Sosial Affairs environments. This study used a qualitative approach with a case study method. Internal cooperation Library consists of three activities that are observed : acquisition, exchange and redistribution then the provision of services and information. Internal library collaboration can build library perfomance in library cooperation. The result of this study is that perfomances of librarians in Ministry of Sosial Affairs environments could be constructed through the networks and cooperation, which is related to their job perfomances.
"
2015
S62445
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfia Octaviani
"Penelitian ini membahas mengenai penyelenggaraan deseleksi koleksi di Perpustakaan DPR RI dengan melihat salah satu kegiatan yang berada dalam bagian pengembangan koleksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kegiatan deseleksi koleksi di Perpustakaan DPR RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala perpustakaan, dan pustakawan yang turun langsung dalam kegiatan ini.
Hasil dari penelitian ini adalah deseleksi koleksi di Perpustakaan DPR RI sudah berjalan dengan baik walau masih terdapat beberapa aspek yang tidak dilakukan sehingga menghambat kinerja dari kegiatan tersebut. Deseleski koleksi di Perpustakaan DPR RI memiliki dampak terhadap kredibilitas koleksi di perpustakaan serta tata ruang perpustakaan yang menjadi lebih luas sehingga dapat digunakan untuk menambah fasilitas menunjang di perpustakaan. Akan tetapi perpustakaan DPR RI perlu untuk membuat kebijakan mengenai deseleksi koleksi sebagai standar atau acuan yang digunakan dalam menjalankan kegiatan ini yang nantinya dapat di pertanggung jawabkan.

This research discusses collection deselection in the library of House of Representatives of the Republic of Indonesia by looking at one of the activities in the collection development section. The purpose of this research is to find collection deselection activities in Library of the House of Representatives of the Republic of Indonesia. This research uses qualitative approach with case study. The research information is the head of the library, and the librarian who came down directly in this activity.
The result of this research is deselection collection at the House of Representatives of the Republic of Indonesia. Library has been running well although there are still some aspects that can not be done from the activity. Collection Deselection in the Library of the Republic of Indonesia Parliament has an impact on the credibility of collections in the library and the library's spatial structure which is becoming wider so that it can be used to add supporting facilities in the library. However, libraries of the House of Representatives of the Republic of Indonesia need to make rules about collection deselection as a standard or reference used in activities that can be responsible.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library