Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferry Handjojo
Abstrak :
ABSTRAK
Dengan dikeluarkannya serangkaian deregulasi oleh pe merintah sejak 1 Juni 1983 yang dilkuti oleh deregulasi lain, yaitu Pakto 1988, Pakjan 1990 dan Pakfeb 1991, telah menyebabkan persaingan yang semakin ketat dalam industri perbankana Persaingan terjadi dalam hal merebut dana na sabah, produk?produk perbankan baru, suku bunga yang kom petitif, perubahan situasi dan sellers oriented menjadi buyers oriented, serta penggunaan teknologi informasi dan komputer sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan. Dengan demikian walaupun memberi kesempatan untuk meningkatkan usaha, deregulasi di bidang perbankan juga menuntut para pengusaha bank untuk meningkatkan kewaspadaan disamping mutu pelayanan, karena dengan deregulasi berarti akan ter jadi peningkatan persaingan antar bank, menipisnya margin keuntungan serta rneningkatnya biaya overhead.

Melihat kondisi diatas, maka kekuatan bank dalam memenangkan persaiflgafl untuk memperoleh dana masyarakat akan tergantung dan tingkat kepercayaan masyarakat terha dap bank, bauran produk, banyaknya jaringan atau kantor cabang yang dimilik.i dan persepsi masyarakat terhadap customer service bank yang bersangkutan. Sehingga diferen siasi produk perbankan memegang peranan penting dalam memenangkan persaingan. Tulisan ini menganalisis strategi diferensiasi produk kartu bank (bankcard) pada PT Bank Bali serta faktor-faktor yang menunjang keberhasilan proses diferensiasi tersebut.

Dari hasil analisis terlihat bahwa proses diferensia si produk kartu bank (bankcard) pada PT Bank Bali cukup berhasil, terlihat pada pertumbuhan tabungannya sebesar 18,53% lebih besar dan pertumbuhan tabungan nasional sebesar 14,06% pada periode yang berakhir pada 31 Desember 1994. Di tengah persaingan yang semakin ketat, dimana banyak bermunculan produk?produk sejenis, BaliAccess mempunyal keunggulan kompetitif karena kedudukannya sebag first mover dan nama Bank Bali yang sudah dikenal dan diidentikkan dengan kartu debet.

Untuk menunjang keberhasilan diferensiasi produk BaliAccessnya, PT Bank Bali melakukan kerjasama dengan Maestro untuk penerimaafl kartu debetnya secara interna? sional, selain itu di dalam negeri dengan meningkatkan kerjasama dengan berbagal merchant. Sedangkan untuk mem perluas jaringan ATM internasionalnya Bank Bali bekerja sama dengan Cirrus dan di dalam negeri dengan Alto dan Jaringan ATM Bersama.

Untuk mengantisipasi persaingan dimasa yang akan datang Bank Bali perlu mempertimbangkan penggunaan yang le?bih luas dan kartu debetnya, misalnya untuk membayar ta-gihan melalui jasa home banking, pembayaran telepon, dsb. Selain itu juga dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi, misalnya perkembangan kartu plastik dan pembayaran dengan E-Cash.

1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library