Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yulia Dwi Susanti
"Penjualan produk fesyen merupakan penjualan dengan tingkat kompetisi yang sangat tinggi dimana inventris merupakan faktor penting yang mempengaruhi permintaan produk dan keuntungan perusahaan. Produk fesyen merupakan produk dengan siklus hidup yang sangat singkat dimana suatu produk dapat digantikan dengan produk yang baru dalam jangka waktu yang sangat cepat. Kendala berupa kelebihan stok maupun kekurangan stok merupakan masalah yang sering terjadi. Perkiraan permintaan yang akurat untuk produk-produk tersebut sangat penting dalam mendorong operasi bisnis yang efisien dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Metode peramalan yang akurat sangat diperlukan dalam meramalkan produk fesyen karena beragamnya produk fesyen, selain itu produk fesyen memiliki data historis yang terbatas karena siklus hidupnya yang pendek. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan metode peramalan yang berbeda untuk menganalisis tren permintaan produk ini. Dalam penelitian ini, skema peramalan dilakukan meggunakan metode hibrida klastering K-Means untuk melakukan agregasi terhadap beberapa jenis produk fesyen pada produk lama/produk historis, klasifikasi decision tree untuk meramalkan produk baru berdasarkan karakteristik produk lama, serta metode moving average untuk meramalkan penjualan berdasarkan time series pada produk baru.

Indonesian local fashion products are currently common in Indonesia because of highly level of competition where many business owner start their business in fashion local, higher demand from Indonesian citizen, efficient product development timeline and increasingly product diversity. The significant growth of Indonesian fashion local product has caused of a competitive business with the scope of Indonesian fashion local business. Accurate demand forecasting of such products become important in driving effective business especially in local fashion product and achieving a sustainable competitive advantage. In this study, forecasting demand of Indonesian local fashion product using hybrid method clustering K-means algorithm, classification method decision tree and moving average was conducted. Five independent variable/attribute descriptive was conducted to classify the item using decision tree classification method. They are color, size, material, price, and motif. In this research, the forecasting was performed as mid-term forecasting method. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prawira Adi Putra
"Perkembangan e-commerce di Indonesia terus menjadi pusat perhatian Asia Tenggara. Dengan prediksi pertumbuhan hingga US $ 300 miliar pada tahun 2020, banyak e-commerce bertujuan untuk menciptakan nilai baru dalam produk / layanan baru. Hal ini menjadi kesempatan bagi program kolaborasi e-commerce startup untuk meningkatkan peluang e-commerce tumbuh lebih besar. Beberapa e-commerce telah meluncurkan program kolaborasi dengan hasil yang signifikan dan berkualitas. Pengambilan keputusan dalam kolaborasi e-commerce cenderung intuitif, terpusat, dan tidak menggunakan alat manajemen strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kritis sebagai pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan kolaboratif antara perusahaan e-commerce dengan partner kolaborasi. Studi dilakukan dengan mengembangkan kuesioner kepada pengambil keputusan dalam kolaborasi e-commerce. Metode studi menggunakan kerangka kerja TOE, AHP dan TOPSIS. Objek penelitian ini adalah perusahaan e-commerce yang melakukan pemilihan program metode pembayaran. Sementara penelitian terbatas pada pemeringkatan faktor, studi lebih lanjut dapat dikembangkan untuk pemilihan program kolaborasi lainnya atau pengembangan kerangka strategi kolaborasi.

The development of e-commerce in Indonesia continues to be the center of attention of Southeast Asia. With a predicted growth of up to US $ 300 billion by 2020, many e-commerce aims to create new value in new products/services. Opportunity raises for the e-commerce startup collaboration program to increase the opportunities for e-commerce to grow bigger. Several e-commerce sites have launched collaborative programs with significant and quality results. Decision-making in e-commerce collaborations tends to be intuitive, centralized and does not use strategic management tools. This study aims to identify critical factors as the primary consideration in collaborative decision-making between e-commerce companies and collaborative partners. The study was conducted by developing a questionnaire for decision-makers in e-commerce collaboration. The study method uses the TOE Framework, AHP, and TOPSIS. The object of this research is an e-commerce company that selects a payment method program. While research is limited to ranking factors, further studies can be developed to select other collaborative programs or develop a collaborative strategy framework. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Akmaludin Sahid
"Pemerintah Indonesia memliki target bebas karies 2030 diaman berdasarkan data pada tahun 2018, rata-rata indeks DMF-T gigi permanen di Indonesia adalah 7.1 dan masih belum memenuhi untuk target tahun 2020 yaitu sebesar 4.1, selain itu peresentase masyarakat di Indonesia yang memiliki kesadaran untuk melakukan pengobatan gigi masih tergolong rendah yaitu sebesar 16.3% pada tahun 2018. Sehingga terdapat tuntutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada bidang kedokteran gigi agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pengobatan di dokter gigi. Penelitan ini bertujuan untuk mendapatkan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelyanan  pada klinik gigi yang ada di Jakarta sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dari pasien dan mendorong masyarakat Indonesia untuk berobat ke dokter gigi. Penelitian ini menggunakan dimensi kualitas pelayanan berdasarkan SERVQUAL yaitu Tangibility¸ Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy kemudian ditentukan 30 faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan gigi, survei dilakukan terhadap pasien pada 100 klinik di Jakarta untuk mendapatkan kesenjangan dalam kualitas layanan dan kemudian mengintegrasikan kessenjangan tersebut terhadap Model Kano sehingga didapat prioritas terhadap faktor-faktor tersebut dalam rangka peningkatan kualitas layanan pada klinik gigi di Jakarta

The Indonesian government has a caries-free target of 2030, and based on data in 2018, the average DMF-T index of permanent teeth in Indonesia is 7.1 that still does not meet the 2020 target of 4.1, besides that the percentage of people in Indonesia who have the awareness to do dental treatment is still relatively low at 16.3% in 2018. So there is a demand to improve the quality of services in the field of dentistry in order to improve the quality of dental health and public awareness to perform treatment at the dentist. This study aims to find out the factors that can affect the quality of services at dental clinics in Jakarta so that it is expected to increase patient satisfaction and encourage Indonesian people to seek treatment at the dentist. This study uses the dimensions of service quality based on SERVQUAL, namely Tangibility¸ Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy then determined 30 factors that affect the quality of dental health services, a survey was conducted on patients at 100 clinics in Jakarta to find gaps in service quality and then integrate these gaps into Kano model so that priority is obtained for these factors in order to improve service quality at dental clinics in Jakarta. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dika Fajar Pratama Setiadi
"Saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019. Kemudian pemerintah mengkategorikan beberapa proyek tersebut ke dalam proyek strategis nasional. Beberapa proyek strategis nasional terutama di sektor minyak bumi dan gas termasuk dalam kategori megaproyek. Megaproyek merupakan proyek dengan nilai lebih besar dari 1 miliar USD. Megaproyek terkenal akan kompleksitas pekerjaan dan terkenal dengan kinerja proyek yang sangat buruk. Hal ini tergambarkan dari kondisi eksekusi megaproyek saat ini yang terdapat berbagai keterlambatan, permasalahan biaya, dan permasalahan kualitas pekerjaannya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja megaproyek saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kritis yang berpengaruh terhadap kinerja megaproyek dan mengetahui hubungan sebab akibat dari masing-masing subfaktor dengan metode Decision Making Trial and Evaluation Laboratory berbasis Analytic Network Process (DANP). Hasil menunjukkan bahwa komunikasi antar tim proyek dan tingkat kompetensi tim proyek menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja megaproyek strategis nasional saat ini. Setelah itu dibuat strategi mitigasi untuk faktor-faktor tersebut.

Currently, the government is aggressively carrying out infrastructure development in accordance with the National Medium-Term Development Plan (RPJMN) 2015-2019. Then the government categorized some of these projects into national strategic projects. Several national strategic projects, especially in the oil and gas sector, are included in the megaproject category. Megaprojects are projects with a value greater than 1 billion USD. Megaprojects are familiar with the complexity of their work and also very poor project performance. This is illustrated by the current state of megaproject execution, which has various delays, cost problems, and problems with the quality of the work. Therefore, it is necessary to identifying the critical factors that affect the current performance of the megaproject. This paper aims to determine the factors that influence megaproject performance and determine the relationship between each factor using Decision Making Trial and Evaluation Laboratory based on the Analytic Network Process method. The results show that communication between the project team and the level of competence of the project team are the most influencing factors for the current national strategic megaproject performance. After that mitigation strategy are made to minimize the impact of that factors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lalita Padmapuspita
"Teknologi informasi membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya perkembangan e-commerce. Namun, e-commerce yang saat ini berjamur adalah ecommerce B2C dan C2C padahal B2B e-commerce memiliki banyak potensi dan manfaat. B2B e-commerce sebagai sistem informasi antar organisasi yang memungkinkan pembeli dan penjual yang berpartisipasi secara online untuk bertukar informasi tentang harga dan penawaran produk. Sama halnya dengan model e-commerce lain, B2B e-commerce menawarkan dari pencarian produk hingga pembayaran produk dapat dilayani di dalam platform. Menurut survei DailySocial pada tahun 2018, hanya sekitar 36% yang pernah menggunakan B2B e-commerce. Selain itu, dengan adanya anomali akibat dari pandemi COVID-19 yang berakibat banyak yang beralih ke online, perusahaan B2B e-commerce menargetkan peningkatan penggunaan mereka lebih dari 25% di tahun 2021 ini. Untuk itu, perlu adanya penelitian terhadap faktor pendukung untuk mengembangkan B2B e-commerce di Indonesia khususnya untuk meningkatkan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan DeLone and McLean Information System Success Model yang telah ditambahkan beberapa variabel ke dalam modelnya untuk mengetahui faktor pendukung yang membuat pengguna menggunakan B2B e-commerce. Model ini divalidasi melalui kuesioner dan studi literatur. Setelah kuesioner publik disebarkan, hasilnya diolah melalui Structural Equation Modelling (SEM). Hasilnya memperlihatkan bahwa variabel-variabel kualitas layanan (SEQ), keuntungan yang dipersepsikan (PV), kegunaan atau manfaat B2B e-commerce (U), kepuasan pengguna B2B e-commerce (US), tekanan eksternal yang dirasakan (PEP), dan niat untuk menggunakan B2B e-commerce memiliki hubungan direct dan indirect yang signifikan terhadap penggunaan sebenarnya dari B2B e-commerce. Selain itu, metodologi pairwise digunakan untuk mengetahui faktor pendukung keberhasilan perkembangan B2B ecommerce di Indonesia menurut para ahli dan diketahui bahwa tiga faktor pendukung untuk keberhasilan perkembangan B2B e-commerce ialah infrastuktur TI, layanan pelanggan, dan pemasaran & branding.

Information technology brings many changes in everyday life, one of them is the development of e-commerce. However, e-commerce that is currently booming is B2C and C2C e-commerce, even though B2B e-commerce has many potentials and benefits. B2B e-commerce as an inter-organizational information system that allows buyers and sellers who participate online to exchange information about prices and product offerings. As with other e-commerce models, B2B e-commerce offers from procure to pay for products that can be served on the platform. According to a DailySocial survey in 2018, only around 36% have ever used B2B e-commerce. In addition, with the anomaly resulting from the COVID-19 pandemic which resulted in many sectors switching to online, B2B e-commerce companies are targeting an increase in their use of more than 25% by 2021. For this reason, it is necessary to understand the supporting factors for developing B2B e-commerce in Indonesia, especially to increase its use. This study uses the DeLone and McLean Information System Success Model which has added several variables to the model to determine the supporting factors that make users use B2B e-commerce. This model was validated through a questionnaire and literature study. After the public questionnaire is distributed, the results are processed through Structural Equation Modeling (SEM). The results show that the variables of service quality (SEQ), perceived value (PV), usefulness or benefits of B2B e-commerce (U), B2B e-commerce user satisfaction (US), perceived external pressure (PEP), and intention to use B2B e-commerce has a significant direct and indirect relationship to the actual use of B2B e-commerce. In addition, the pairwise methodology is used to determine the supporting factors for the successful development of B2B e-commerce in Indonesia according to experts and it is known that three supporting factors for the successful development of B2B e-commerce are IT infrastructure, customer service, and marketing & branding. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library