Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Novia Pujiastuti
"Penelitian ini membahas representasi kekuatan Uni Soviet dalam eksplorasi ruang angkasa pada masa Perang Dingin melalui kartu pos «Советская Космонавтикa» [Sovetskaja Kosmonavtika] yang dipublikasikan pada tahun 1972. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk-bentuk kekuatan Uni Soviet dalam eksplorasi ruang angkasa pada masa Perang Dingin melalui gambar yang ada pada kartu pos «Советская Космонавтикa» [Sovetskaja Kosmonavtika]. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang dipadukan dengan the circuit of circle milik Stuart Hall. Melalui the circuit of circle milik Stuart Hall ditemukan bentuk-bentuk kekuatan Uni Soviet dalam eksplorasi ruang angkasa dan pengembangan teknologi oleh ilmuwan Uni Soviet pada masa Perang Dingin. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa kartu pos «Советская Космонавтикa» [Sovetskaja Kosmonavtika] merepresentasikan bentuk kekuatan Uni Soviet dalam eksplorasi dan pengembangan teknologi ruang angkasa serta terjadi pergeseran makna eksplorasi ruang angkasa yang merupakan bentuk pengembangan sains menjadi alat untuk menunjukkan kekuatan politik di ranah internasional dan penyebaran komunisme ke seluruh dunia.

This research examines the representation of the Soviet Union’s power in space exploration during the Cold War through images on «Советская Космонавтикa» [Sovetskaja Kosmonavtika] postcard published in 1972. The aim of this research is to discover the form of Soviet Union’s power in space exploration through images on «Советская Космонавтикa» [Sovetskaja Kosmonavtika] postcard. This research uses library study method combined with Stuart Hall’s the circuit of culture. Through the circuit of culture discovered the form of Soviet Union’s power in space exploration and technology development by Soviet scientists during the Cold War. The results of this research prove that «Советская Космонавтикa» [Sovetskaja Kosmonavtika] postcard represents the form of Soviet Union’s power
in space exploration and there were shift of space exploration meanings into a form of showing international political power and spreading communism to the world.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Reisha Anindyapradha Rusli
"Penelitian ini menganalisis representasi maskulinitas pada tokoh utama pria yang digambarkan dalam film Вокзал Для Двоих (Stasiun Untuk Berdua) karya Eldar Ryazanov yang dirilis pada tahun 1983. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan potret ciri maskulinitas yang ditampilkan pada tokoh Platon Sergeyevich Ryabinin sebagai tokoh utama pria dalam film ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teori yang digunakan untuk menganalisis representasi pada adegan dan dialog film adalah teori representasi Stuart Hall yang didukung oleh teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini adalah tokoh Platon Sergeyevich Ryabinin dalam film Вокзал Для Двоих (Stasiun Untuk Berdua) (1983) mampu menunjukkan ciri-ciri maskulinitas berdasarkan tujuh ciri-ciri maskulinitas yang diungkapkan oleh Janet Saltzman Chafetz, yaitu penampilan fisik, fungsional, seksual, emosi, intelektual, interpersonal, dan karakter personal lain dari tokoh tersebut.

This study analyzes the representation of masculinity in the male main character depicted in Eldar Ryazanov's film Вокзал Для Двоих (Railway Station for Two), which was released in 1983. This study aims to describe and interpret the portrait of masculine characteristics shown in Platon Sergeyevich Ryabinin as the leading male character in this film. The method used in this research is a qualitative approach in the form of the descriptive analytical method. The theory used to examine representations in film scenes and dialogues is Stuart Hall's representation theory and supported by Roland Barthes' semiotic theory. This research shows that through both parts of the film Вокзал Для Двоих (Railway Station for Two) (1983), Platon Sergeyevich Ryabinin as the male lead character exhibits masculine characteristics based on seven characteristics expressed by Janet Saltzman Chafetz, namely physical appearance, functional, sexual, emotional, intellectual, interpersonal, and other personal characteristics of the character."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rajiv Adhran Maulana
"Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana tokoh superhero Супермен digambarkan sebagai Советский Человек dalam film dengan judul Супермен: Красный Сын. tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menemukan karakteristik atau tipe-tipe Советский Человек yang direpresentasikan oleh Супермен melalui cuplikan-cuplikan dan dialog dalam film Супермен: Красный Сын. Dengan teori Representasi Stuart Hall serta metode Analisis Konten Krippendorff penelitian ini menemukan karakteristik atau tipe-tipe Советский Человек yang direpresentasikan Супермен dalam film tersebut.

The focus of this research is how the superhero character Супермен is described as the Советский Человек in the film with the title Супермен: Красный Сын. The purpose of this research is to find the characteristics or ideal types of Советский Человек represented by Супермен through scenes and dialogues in the film Супермен: Красный Сын. With Stuart Hall's Representation theory and Krippendorff's Content Analysis method, this research finds the characteristics or ideal type of Советский Человек represented by Супермен in the film."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Nurul Izza
"Animasi secara umum digunakan sebagai media hiburan. Akan tetapi, Uni Soviet menggunakan animasi sebagai media propaganda yang memadukan produksi citra visual, narasi, dan suara untuk membangun framing musuh dan menggiring persepsi publik terhadap Amerika Serikat pada era Perang Dingin. Penelitian ini membahas representasi Amerika Serikat dalam film animasi ?????????/Millioner/Jutawan yang dibuat oleh Uni Soviet sebagai bentuk propaganda. Artikel ini bertujuan menunjukkan cara Uni Soviet merepresentasikan Amerika Serikat sebagai hal yang negatif dalam upaya melakukan propaganda. Teori representasi Stuart Hall menunjukkan bahwa makna diproduksi oleh bahasa. Berdasarkan pemaparan representasi Amerika Serikat dalam animasi/Millioner/Jutawan diketahui bahwa animasi tersebut memiliki peran sebagai alat propaganda Uni Soviet untuk mengkritik imperialisme Amerika Serikat dan membentuk opini publik terhadap penggambaran Amerika ke arah yang lebih negatif. Amerika Serikat digambarkan sebagai negara kaum borjuis yang antagonis, kapitalis, industrialis, ceroboh, dan serakah.

Animation is generally used as a medium of entertainment. However, the Soviet Union used animation as a propaganda medium that combined the production of visual images, narration, and sound to build enemy framing and lead public perception of the United States during the Cold War era. This research discusses the representation of the United States in the animated film /Millioner/The Millionaire made by the Soviet Union as a form of propaganda. This article aims to show how the Soviet Union represented the United States as negative things in an effort to carry out propaganda. Stuart Hall’s representational theory suggests that meaning is produced by language. Based on the presentation of the representation of the United States in the animation ?????????/Millioner/The Millionaire it is known that the animation has a role as a propaganda tool for the Soviet Union to criticize US imperialism and shape public opinion towards a more negative depiction of America. The United States is portrayed as a country of antagonistic, capitalist, industrialist, careless, and greedy bourgeoisie."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Jumiati. A
"Perkembangan komik di Rusia tidak terlepas dari globalisasi yang memiliki kemampuan dalam
mengusung perpindahan arus budaya global. Hal tersebut menjadi penyebab adanya
percampuran antara budaya lokal dan budaya luar. Bubble Comics adalah salah satu penerbitan Rusia yang banyak mengeluarkan komik bertemakan pahlawan super versi Rusia dengan
mengadaptasi budaya komik dari Amerika dan Eropa. Dalam artikel ini, rumusan masalah yang
akan dibahas adalah bagaimana identitas budaya tokoh pahlawan direpresentasikan dalam
komik Бесобой. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi identitas budaya yang
ditampilkan dalam komik Бесобой. Artikel ini mengkaji identitas budaya dalam komik
Бесобой seri 1—50 dengan menggunakan konsep cultural identity milik Stuart Hall. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa komik Rusia, terutama Bubble Comics, tetap mengangkat
nilai budaya Rusia di dalam ceritanya meskipun mengadopsi budaya komik Amerika dan
Eropa. Identitas budaya dari karakter komik Бесобой sebagai pahlawan Rusia digambarkan
dalam bentuk kesamaan nilai budaya yang dimiliki oleh karakter masyarakat Rusia, terutama
Moskow.

The comic’s development in Russia is inseparable from globalization which has the ability to carry the movement of global culture. This is the cause of the interfusion between local culture and foreign culture. Bubble Comics is one of the Russian publications that releases Russian versions of superhero-themed comics by adapting comic culture from America and Europe. In
this article, the formulation of the problem that will be discussed is how the cultural identity of the hero is represented in the Бесобой comics. The aim of this article is to explore the cultural identity featured in Бесобой comics. This article examines cultural identity in the Бесобой comics series 1—50 by using Stuart Hall’s concept of cultural identity. The results of this research indicate that Russian comics, especially Bubble Comics, still carry Russian cultural values in their stories even though they adopt American and European comic culture. The cultural identity of the comic character Бесобой as a Russian hero is depicted in the form of similar cultural values shared by the characters of Russian society, especially Moscow.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Sarifa Az- Zahra
"Kekerasan seksual dalam konflik merupakan fenomena yang akrab dalam sejarah peperangan dan konflik dunia. Berdasarkan laporan Human Rights Watch dan PBB, kekerasan seksual kembali terjadi pada konflik Rusia-Ukraina 2022. Berbagai media massa, seperti media Inggris The Guardian dan media Rusia RIA Novosti, menyajikan topik ini dengan cara yang berbeda dalam artikel-artikelnya. Dalam pandangan konstruktivisme, perbedaan cara penyajian berita itu merupakan hal yang wajar karena berita bukanlah cermin realitas, melainkan hasil konstruksi dari proses pembingkaian. Lalu, bagaimana media The Guardian dan RIA Novosti membingkai kekerasan seksual dalam konflik Rusia-Ukraina selama 24 Februari–31 Desember 2022? Bertujuan untuk mengetahui bagaimana bingkai atas topik tersebut ditampilkan oleh The Guardian dan RIA Novosti, penelitian ini menganalisis artikel-artikel dari kedua media dengan model pembingkaian milik Robert Entman. Dari temuan penelitian ini, dapat dimaknai bahwa The Guardian membingkai topik kekerasan seksual dalam konflik Rusia-Ukraina 2022 sebagai masalah HAM dan transnasional, sedangkan RIA Novosti membingkai topik tersebut sebagai tuduhan palsu terhadap Rusia.

Conflict-related sexual violence is a familiar phenomenon inside the world's history of war and conflict. Based on Human Rights Watch and the UN's reports, sexual violence was occurring again in the 2022 Russia-Ukraine conflict. Various mass media, such as British media The Guardian and Russian media RIA Novosti, delivered this topic differently in their news articles. From the view of constructivism, the difference in the way of delivering news is prevalent because news is not a mirror of reality but the result of a construction from a framing process. Then, how did The Guardian and RIA Novosti frame sexual violence in the Russia-Ukraine conflict from 24 February–31 December 2022? Aiming to know how the frame of the topic was served by The Guardian and RIA Novosti, this study analyzes articles from both medias using Robert Entman's framing model. From the findings of this study, it can be interpreted that The Guardian framed the topic of sexual violence in the 2022 Russia-Ukraine conflict as a human rights and transnational issue, while RIA Novosti framed it as a false accusation against Russia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Aulia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kesenjangan kelas sosial yang terdapat dalam film Серебряные Коньки/Sepatu Luncur Perak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Untuk menggambarkan kesenjangan kelas sosial yang terdapat dalam film Серебряные Коньки/Sepatu Luncur Perak, teori yang digunakan adalah teori representasi milik Stuart Hall. Gambaran kesenjangan kelas sosial yang terdapat dalam film tersebut dianalisis melalui enam adegan melalui penggunaan konsep stratifikasi sosial. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat kesenjangan kelas sosial yang dilihat dari indikator power (kekuasaan), privilege (hak istimewa), dan prestige (nilai kehormatan) yang hanya dimiliki oleh kelompok kelas atas. Indikator tersebut berdampak pada timbulnya kekerasan, diskriminasi, dan perbedaan gaya hidup pada masyarakat kelas bawah. Kesenjangan kelas sosial yang direpresentasikan melalui film Серебряные Коньки/Sepatu Luncur Perak menggambarkan adanya permasalahan sosial yang disebabkan oleh perbedaan posisi sosial seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.

The aim of this research is to find out the representation of the social class inequality in the movie Cеребряные Kоньки/Silver Skate. The method used in this research is the qualitative descriptive method. In order to describe the social classs inequality in the movie Cеребряные Kоньки/Silver Skate, the representation theory of Stuart Hall is used. The representation of the social class inequality in this movie is analyzed in six scenes through the use of the social stratification concept. Based on this research, it can be known that there is a social class inequality that is seen from the indicators of power, privilege, and prestige, which the upper-class group only owns. Those indicators influenced the rise of violence, discrimination, and difference in lifestyle of the lower class. The social class inequality that is represented through the movie Cеребряные Koньки/Silver Skate describes the social issues resulting from the social position of a person in social life."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gustav Gallennius
"Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis kerakusan manusia yang terdapat dalam tiga cerita pendek karya Anton Chekhov melalui sifat dan perilaku tokoh terhadap makanan dan minuman. Tiga cerita pendek yang menjadi korpus penelitian ini adalah Сирена (Sirena), Tiram (Ustritsy), dan Orang Perancis Bodoh (Gluppy Frantsuz). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif melalui kutipan di dalam cerita pendek. Melalui pendekatan gastronomi sastra dalam menganalisis penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kerakusan timbul dari poshlost dan keinginan daging yang berada dalam diri manusia. Kehadiran tokoh lain yang berperan sebagai katalisator kerakusan membuat para tokoh terjebak dalam kenikmatan semu dalam menikmati makanan maupun minuman dan hingga jatuh ke dalam jurang kerakusan.

This study aims to analyze gluttonny shown in Anton Chekhov’s three short-stories through the behaviour and actions of the characters towards cuisine. The three short-stories are Сирена (Sirena), Oysters (Ustritsy), and Silly Frenchman (Gluppy Frantsuz). This study uses descriptive analysis method by analyzing the quotations in the short-stories. Through gastronomic literature approach within analyzing this research, it can be concluded that gluttony arises from poshlost and the carnal apettite inside human beings. In addition, character acted as catallisator of gluttonny existed in order to create temporary pleasure for the characters as they enjoy their food and ultimately falling into the gluttonous bottomless pit."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alvandi Bagastha Mufid
"Video musik sebagai produk budaya populer mampu menyampaikan pesan kepada para penontonnya dengan cepat, baik berupa opini, informasi, perspektif, dan kritik. Perspektif yang hendak disampaikan berkaitan dengan suatu hal yang seringkali luput dari kesadaran umum. Dalam sejarah, perkembangan video musik di Rusia dimulai ketika penampilan musik dilakukan juga dalam pementasan sebuah opera. Dengan kemajuan zaman dan perkembangan digital, video musik memasuki ranah baru melalui platform Youtube, seperti yang dilakukan Otkazniki.ru dalam kampanye video musik Мамы не из рекламы atau Mama Bukan Dari Iklan yang mencoba menggambarkan dan menyampaikan pesannya kepada masyarakat terkait peran mama atau ibu dalam keluarga, khususnya dalam mengasuh anak dan kegiatan domestik rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan didukung oleh teori Camera Lucida milik Roland Barthes, yaitu studium dan punctum. Hasil penelitian ini adalah representasi Mama atau ibu yang disampaikan dalam film tersebut memiliki sifat yang positif dan menggambarkan kasih sayang yang tulus dari seorang ibu.

Music videos as a product of popular culture can convey messages to the audience quickly, in the form of opinions, information, perspectives, and criticisms. The perspective to be conveyed is related to something that often escapes public awareness. Historically, the development of music videos in Russia began when musical performances were also performed in the performance of an opera. With the advancement of the times and digital developments, music videos have entered a new realm through the Youtube platform, as did Otkazniki.ru in the music video campaign Мамы не из рекламы or Mama Not From Advertising which tries to describe and convey its message to the public regarding the role of mama or mother in the family, especially in raising children and domestic household activities. This research uses a descriptive-analytical method and is supported by Roland Barthes' Camera Lucida theory, namely the studium and punctum. The result of the research is that the representation of Mama or mother conveyed in this film has a positive nature and describes the sincere love of a mother."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raisya Rahmawati
"Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan KTT G20 yang diselenggarakan pada tanggal 15—16 November 2022. Pertemuan KTT G20 membahas berbagai isu, termasuk eskalasi politik antara Rusia dan Ukraina. Penelitian ini membahas citra Presiden Joko Widodo yang diambil dari sepuluh berita Lenta.ru dan RIA Novosti selama November 2022. Metodologi riset yang digunakan adalah analisis bingkai dari Robert N. Entman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran sikap Presiden Joko Widodo dalam menghadapi eskalasi politik Rusia dan Ukraina berdasarkan pemberitaan Lentra.ru dan RIA Novosti selama November 2022. Hasil dari penelitian ini adalah kedua kanal berita Rusia tersebut menggambarkan Presiden Joko Widodo sebagai sosok yang peduli, peka terhadap isu global, serta mampu mencerminkan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dengan tidak berpihak dengan Rusia maupun Barat.

Indonesia hosted the G20 Summit on 15—16 November 2022 which discussed various issues including the political escalation between Russia and Ukraine. This research examines the depiction of President Joko Widodo in ten Lenta.ru and RIA Novosti news stories during November 2022. The research methodology used is framing analysis from Robert N. Entman. This research intends to identify the portrayal of President Joko Widodo's attitude in facing the political escalation of Russia and Ukraine based on the news from Lentra.ru and RIA Novosti during November 2022. The results of this research are that the two Russian news channels depicted President Joko Widodo as a caring figure, sensitive to global issues, as well as being able to reflect Indonesia's free and active foreign policy without siding with Russia or the West."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>