Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ahmad Fauzi
Abstrak :
PT. Fast Moving Customer Goods adalah perusahaan industri yang bergerak di bidang perawatan rumah tangga (household) dan kesehatan personal (hyangiene). Data perusahaan menunjukkan bahwa ada nearmess 72, first aid case 10 dan minor case 2 sepanjang tahun 2013. Menurut informasi yang didapatkan dari tim K3 perusahaan menyatakan bahwa program K3 sudah diterapkan namun kasus kecelakaan masih terjadi sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menjelaskan kesadaran pekerja terhadap aspek-aspek kepemimpinan & komitmen K3, kebijakan K3, dan manajemen risiko K3 pada PT. Fast Moving Customer Goods tahun 2014. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dan observasional melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompik terfokus (FGD).
Hasil penelitian menunjukkan kesadaran informan mengenai kepemimpinan & komitmen K3 cukup baik, begitu pun pada peserta FGD. Kesadaran informan mengenai kebijakan K3 masih kurang baik, sama halnya dengan peserta FGD. Kesadaran informan mengenai manajemen risiko K3 masih kurang baik, begitu pula dengan peserta FGD.
Fast Moving Customer Goods Company is an industrial company that engaged in the care of the household (household) and personal health (hyangiene). The company's data shows that there are nearmess 72, first aid 10 cases and minor 2 cases during 2013. According the information from HSE team, HSE programs have been implemented, but accidents still happen. This study aims to explain about the workers awareness of leadership & commitment, policies, and risk management in occupational health and safety (OHS) at Good Customer Fast Moving Company in 2014. The research method used descriptive and observational through in-depth interviews and focus group discussions (FGD).
The results showed that the informants’ awareness about leadership and commitment is good enough, so was the FGD participants. Informants’ awareness about OHS Policy is still not good, as well as FGD participants. Informants awareness about OHS risk management is still not good, as well as FGD participants.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55658
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Polma Erik Astrada
Abstrak :
[Aktifitas kerja di PT XYZ Indonesia dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan
faktor manusia yang mendominasinya. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis penyebab dan karakteristik dari kegagalan manusia. Metode
penelitian ini adalah pengisian kuesioner dan wawancara mendalam dengan
mengadopsi swiss cheese model. Karakteristik human failure yang terjadi di PT
XYZ Indonesia tahun 2015 adalah knowledge based error sebesar 43,53%, rule
based error sebesar 28,82%, slip sebesar 12,94%, lapse sebesar 8,82% dan
violation sebesar 5,88%. Kondisi laten merupakan hal yang mempengaruhi
terjadinya human failure di tempat kerja. Pengawasan yang tidak efektif dan
manajemen pemeliharaan yang kurang menjadi faktor terbesar dalam terjadinya
human failure. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa karyawan cenderung
belum mendapatkan informasi yang tepat mengenai prosedur dan standar yang
dipengaruhi oleh faktor lingkungan kerja dan organisasi. Pengembangan
organisasi yang berfokus pada pengembangan manusia perlu dilakukan., Work activities in PT XYZ Indonesia possible to induce accident occourance and
human faktor dominate that one. The research objective to analyze cause and
characteristic of human failure. The research method is questioner filling and
indept interview adopted swiss cheese model. Human failure characracteristic in
PT XYZ Indonesia are knowledge based error 43.53%, rule based error 28.82%,
slip 12.94%, lapse 8.82% and violation 5.88%. Latent condition determine human
failure occorance. Absence of supervision and lack of maintenance management
are the most influence in human failure occourance. The research descrube
employee lean to not get proper information regarding procedure and standard
influenced by limitation workplace and organization. Organization development
which focus in human development must be done.]
Universitas Indonesia, 2014
S59999
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library