Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Napitupulu, Posma Prima
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara student engagement dan perceived classroom structure siswa SMA pada tiga matapelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Pengukuran terhadap student engagement menggunakan alat ukur School Engagement Measure-McArthur (Fredricks, et al., 2005) dan pengukuran terhadap perceived classroom goal structure menggunakan skala Perception of Classroom Goal Structure dari alat ukur Patterns of Adaptive Learning Survey (Midgley, et al., 2000). Jumlah partisipan yang diperoleh sejumlah 188 siswa kelas 11 SMA yang bersekolah di Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi student engagement, yaitu behavioral, emotional dan cognitive engagement memiliki hubungan yang signifikan dengan perceived classroom goal structure pada seluruh matapelajaran. Menggunakan multiple regression analysis diketahui bahwa tipe perceived classroom goal structure, yang memberikan sumbangan terbesar terhadap adalah tipe persepsi classroom mastery goal structure. Berdasarkan hasil tersebut, student engagement siswa dapat ditingkatkan dengan membentuk kelas yang memiliki clasroom mastery goal structure.

The purpose of this study was to investigate whether there was a relationship between student engagement and perceived classroom goal structure of high school grade students in Math, Bahasa and English subjects. Student engagement was measured using the School Engagement Measure-McArthur (Fredricks, et al, 2004) and student?s perceived classroom goal structure was measured using the Perception of Classroom Goal Structure scale of the Pattern of Adaptive Learning Survey (PALS) (Midgley, et al., 2000). A total of 188 eleventh grade students from schools in the Jabodetabek area participated in this study.
Results show that there was an overall significant correlation between the three student engagement dimensions (behavioral, emotional, and cognitive) and student?s perceived classroom goal structure. Using multiple regression analyses, the study shows that perceptions of a classroom mastery goal structure contributed the most to student engagement. Result of the study implies that student engagement can be increased in a classroom with a mastery goal structure.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S53037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Petra Maharani Pramudya
"Permintaan produk Oreo meningkat setelah iklan televisi produk tersebut menampilkan ritual mengonsumsi 'diputer, dijilat, dicelupin'. Penulis membuat penelitian untuk melihat pengaruh usia observer dan interaksinya dengan penggunaan panggilan kinship terhadap perilaku over-imitation pada anak berusia enam tahun (N = 100). Ritual mengonsumsi dan over-imitation merupakan dua hal yang berbeda, namun memiliki kesamaan, yakni keduanya terdiri dari beberapa sequence.
Di dalam penelitian ini, ritual mengonsumsi ditampilkan dalam bentuk video animasi yang memvariasikan usia observer dan penggunaan panggilan kinship. Perilaku over-imitation yang diukur pada penelitian ini divariasikan menjadi dua, yaitu meniru gerakan dan verbal atau meniru gerakan saja.
Hasil penelitian membuktikan bahwa usia observer tidak mempengaruhi perilaku over- imitation secara signifikan. Akan tetapi, interaksi usia observer dewasa yang menggunakan panggilan kinship rupanya tidak berbeda secara signifikan dengan demonstrasi langsung dalam mempengaruhi perilaku over-imitation, khususnya gerakan tanpa verbal. Penggunaan ritual mengonsumsi dalam bentuk video animasi tetap dapat digunakan untuk memasarkan produk baru kepada konsumen.

here has been an increased demand for Oreo after they launch the advertisement that shows ritual consumption on how to eat an Oreo biscuit: 'Twist, lick, dunk'. The purpose of this research was to see the influence of observer’s age and the influence of interaction between observer’s age and kinship names on over- imitation behavior in children aged six years (N = 100). Ritual consumption and over-imitation are two different things, but they consist of several sequences.
In this study, the ritual consumption shown in an animation video that use of varying observer’s age and kinship names. The over-imitation which measured in this study varied into two; imitate movements and verbal or imitate movements without verbal.
The results showed that observer’s age on the video animation did not significantly influence the emergence of over-imitation behavior. Moreover, the scores in the control group who received live demonstration and the experimental group with father as an observer did not differ significantly. However, it is still recommended to use ritual consumption in an animation video to promote a new product to the consumer.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S44958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhara Gittanty Noor
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah perokok aktif melakukan information avoidance untuk melindungi intuitive preference yakni tetap merokok dan apakah informasi gambar secara signifikan dapat mencegah keputusan untuk merokok dibandingkan informasi tulisan pada perokok aktif. Penelitian ini memprediksi bahwa keinginan untuk terus merokok membuat perokok melakukan information avoidance dan informasi bahaya merokok dalam bentuk gambar lebih efektif dalam mencegah keputusan untuk merokok. Partisipan penelitian merupakan perokok aktif laki-laki yang berdomisili di Jakarta dan Bogor dengan usia minimal 18 tahun (N=71). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perokok yang tidak melakukan information avoidance justru membuat keputusan untuk merokok serta bentuk informasi dapat memprediksi keputusan terkait perilaku merokok dimana kelompok yang diberikan informasi gambar 0,32 kali lebih mungkin membuat keputusan untuk merokok. Penjelasan yang diajukan berdasarkan hasil penelitian ialah keinginan untuk merokok pada perokok aktif sangat kuat sehingga tidak perlu untuk dilindungi. Sementara, PHW dapat menyebabkan overexposure sehingga gambar tidak lagi efektif mencegah seseorang untuk merokok. Hal ini mengimplikasikan bahwa informasi bahaya merokok pada kemasan rokok belum efektif dalam menurunkan angka perokok sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait cara penyampaian informasi bahaya merokok yang efektif untuk mencegah perilaku merokok.

This study aims to demonstrate whether active smokers choose to avoid information to protect their intuitive preference to keep smokinh and whether visual information can significantly prevent smoking decision compared to text information on active smokers. This study predicts that the desire to continue smoking makes smokers choose to avoid information and visual information about negative impact of smoking can be more effective in preventing the decision to smoke. Study participants were male active smokers in Jakarta and Bogor with a minimum age of 18 years N = 71. The results of this study indicate that smokers who do not choose to avoid information actually make a decision to smoke and the form of information can predict smoking-related decisions where the group that were given visual information were 0.32 times more likely to make a decision to smoke. The explanation that was formed based on those results are the desire to smoke in active smokers is so strong that it does not need to be protected. Moreover, PHW may causes overexposure so that visual information is no longer effective in preventing someone from smoking. This implies that informations about danger of smoking on cigarette packs have not been effective in reducing the number of smokers. Further research needed to be done regarding how to effectively deliver information about danger of smoking."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Mohammad Hogantara
"Membaca artikel penelitian merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh akademisi dan dibantu oleh penerapan strategi membaca. Namun, belum diketahui perbedaan strategis apa yang memisahkan pakar dari nonpakar dan faktor apa yang melatari perbedaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategis antara kelompok pakar dan nonpakar serta mengungkap faktor apa yang menjelaskannya pada populasi Fakultas Psikologi UI. Data diperoleh menggunakan alat ukur Metacognitive Reading Strategies Questionnaire (MRSQ) dan survei mengenai tingkah laku membaca artikel penelitian dari Hubbard dan Dunbar (2017) dari 79 orang nonpakar dan 28 orang pakar. Setelah melalui analisis komparatif menggunakan independent sample t-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa pakar di Fakultas Psikologi UI lebih sering menggunakan analytic-cognitive reading strategies daripada nonpakar. Meski demikian, tidak ditemukan perbedaan dalam pragmatic-behavioral reading strategies antara kedua kelompok. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa perbedaan penggunaan strategi membaca antara kedua kelompok tersebut dijelaskan oleh kecenderungan pakar untuk mengetahui cara memperoleh informasi dengan efisien, menganggap mudah dalam memahami bagian hasil angka dan tabel, dan menganggap penting bagian pendahuluan dan diskusi, serta kecenderungan nonpakar untuk merasa frustrasi dalam membaca artikel penelitian

Reading research articles is an important ability possessed by academics and is assisted by the application of reading strategies. However, it is not yet known what strategic differences separate experts from novices and what factors underlie these differences. This study aimed to determine the strategic differences between expert and novice groups and reveal what factors that can explain it in the population of the Faculty of Psychology in Universitas Indonesia. The data were obtained using the Metacognitive Reading Strategies Questionnaire (MRSQ) measure and behavioral surveys about reading research articles from Hubbard and Dunbar (2017) from 79 novices and 28 experts. After going through a comparative analysis using the independent sample t-test, the results showed that experts at the Faculty of Psychology in Universitas Indonesia more often used analytic-cognitive reading strategies than novices. However, there were no differences in the pragmatic-behavioral reading strategies between the two groups. Multiple regression analysis showed that differences in the use of reading strategies between the two groups were explained by the tendency of experts to know how to obtain information efficiently, to easily understand the results of numbers and tables, and to consider the introductory and discussion parts, and novices' tendency to feel frustrated in reading research articles."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Widyastuty
"Pernahkah Anda mengambil keputusan berdasarkan firasat dan memilih
untuk menghindari informasi yang mengubah dapat keputusan Anda? Penelitian yang dilakukan oleh Woolley & Risen (2017) menemukan bahwa beberapa orang memilih untuk melakukan penghindaran informasi terhadap informasi yang relevan dengan keputusannya untuk melindungi preferensi intuitif mereka. Penelitian ini penelitian eksperimental between-subject design pada individu yang sedang menjalin hubungan romantis setidaknya 6 bulan (N = 72). Pilihan informasi (information avoidance) dan tipe informasi (netral dan tidak netral) akan diteliti interaksinya terhadap keputusan untuk memberi pasangan kado. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa para partisipan tidak melakukan penghindaran informasi untuk melindungi keputusannya dalam memberi pasangannya kado. Namun, ditemukan bahwa perempuan yang mendapat informasi tidak netral akan cenderung memutuskan untuk tidak memberi pasangannya kado dibandingkan laki-laki.

Have you ever made a decision based on your intuition and chose to avoid information that could change your decision? Research conducted by Woolley & Risen (2017) found that some people choose to avoid information that are relevant to their decision in order to protect their intuitive preferences. This research is an experimental between subject design in individuals who are in a romantic relationship at least for 6 months (N = 72). Interaction of information choice (information avoidance) and types of information (neutral and un-neutral) will be examined with its decision to give partner a gift. This study shows that majority of participant didn’t avoid information to protect their decision to give their partner a gift. However, it was found that women who receive un-neutral information tend not to give their partners gifts than men."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Putri Maharani
"ABSTRAK
Mahasiswa menerima dukungan sosial yang berasal dari berbagai sumber, seperti lingkungan sosial maupun orang terdekat. Bentuk dukungan sosial yang diterima dapat berupa dukungan materi, bantuan, dan fasilitas yang disediakan oleh pihak universitas. Meskipun demikian, gejala distres psikologis pada mahasiswa masih kerap ditemukan dan bahkan menjadi suatu hal yang memiliki urgensi tinggi untuk diperhatikan. Berdasarkan studi yang sudah ada, ditemukan fakta adanya pengaruh strategi problem focused coping terhadap distres psikologis serta dukungan sosial pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh problem focused coping kepada hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan dalam mengurangi resiko distres psikologis. Sebanyak 780 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menjadi partisipan dalam penelitian ini. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multidimensional Scale of Social Support (MSPSS), Hopkins Symptom Checklist 25 (HSCL-25), dan Coping Strategy Inventory (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived social support berkorelasi negatif dengan distres psikologis. Melalui analisis lebih lanjut, ditemukan bahwa strategi problem-focused coping memoderasi hubungan perceived social support dengan distres psikologis.

ABSTRACT
College students received social support from various sources, such as social environments or the people closest to them. Social support could be provided in the form of material, assistance, help, and facilities that were accommodated by the university. Nevertheless, the problem of psychological distress among students was still easily to be found and brought concern to students well being. Based on previous studies, it was found that there was a relation between problem focused coping strategy with psychological distress and social support in students. This study aimed to look at the impact of problem-focused coping strategy on the relationship between perceived social support and psychological distress. A total of 780 students from various universities in Indonesia participated in this study. Measuring instruments used in this research are Multidimensional Social Support Scale (MSPSS), Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25), and Coping Strategy Inventory (CSI). The results showed that perceived social support was negatively correlated with psychological distress. Through further analysis, problem focused coping strategy was found that focus on perceived social support with psychological distress."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pradiptha Devi Machmoed
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh regulasi emosi dalam ketidakpastian pada mahasiswa manajemen beretnis Jawa dan apakah penggunaan suppression pada etnis tersebut lebih sedikit menurunkan maksimalisasi pengambilan keputusan dalam ketidakpastian dibandingkan dengan etnis lainnya. Hasil analisis statistik menggunakan Analysis of Variance terhadap performa 136 mahasiswa manajemen pada Iowa Gambling Task menunjukan bahwa tidak ada pengaruh regulasi emosi yang signifikan terhadap pengambilan keputusan dalam ketidakpastian, kecuali jika memasukan blok trial ketiga sebagai faktor. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian Heilman, Houser, Miclea, dan Miu (2010). Analisis independent t-test terhadap etnis Jawa dengan Non-Jawa pada kelompok yang menggunakan suppression dalam pengambilan keputusan dalam ketidakpastian juga tidak menunjukan perbedaan yang signifikan.

This research was conducted to find effect of emotion regulation on decision making under uncertainty on Javanese students majoring in management and to found out whether using of emotion suppression on that etnic will less decreased the decision making maximalization. The result of 3x2 Analysis of Covariance of 136 students perfoemance on Iowa Gambling Task showhed that there was no significant effect of emotion regulation except if the third block of trial included as a factor. This result same as Heilman, Houser, Miclea, dan Miu (2010) research. Independent t-test showed that there were no significant differences between Javanese and Non-Javanese in decision making under uncertainty while they were used suppression to regulate heir emotions.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S54469
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerry Olvina Faz
"Tesis ini membahas mengenai penerapan program cognitive behavioral therapy yang didasarkan pada program think good feel good untuk melihat peningkatan self esteem pada remaja putera dengan perilaku menarik diri. Penelitian ini merupakan penelitian single case dengan desain pre test-intervensi-post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CBT ini mampu mengubah core beliefdan akhirnya meningkatkanself esteem remaja dengan perilaku menarik diri. Terdapat beberapa saran yang dikemukakan di dalam penelitian ini yaitu terkait dengan perlunya psikoedukasi bagi orangtua dan menjadikan orangtua sebagai co-terapis sehingga meski program berakhir klien tetap mendapatkan dukungan secara sosial.

The thesis deals with cognitive behavioral therapyprogram application which is based on think good feel good program in order to observe enchanced self-esteemof male adolescent with withdrawal behavior. Research currently held during the thesis preparation is of single case with pre-test-intervention-post-test design. Results obtained reveals that the CBT program is capable of modifying the core belief and thereby enhancing self-esteem of male adolescent with withdrawal behavior. Several suggestions are, then, offered, including parents requiring to have psychoeducation and act as co-therapist that will be continuously providing social support to clients despite the program is terminated."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41756
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa
"Penelitian ini mereplikasi penelitian eksperimen yang dilakukan oleh Maglio et al. (2013) yang menguji pengaruh persepsi jarak spasial terhadap persepsi jarak probabilitas dengan penyesuaian dalam situasi undian berhadiah. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UI (n=77; 63 mahasiswi dan 14 mahasiswa) yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Penelitian berdesain randomized two-group design, posttest only ini memberikan induksi lokasi pengundian jauh (Surabaya) atau dekat (Jakarta). Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sensitivitas partisipan terhadap persepsi jarak probabilitas antara kelompok jauh dan kelompok dekat. Artinya, persepsi jauh-dekatnya lokasi undi tidak dapat menurunkan sensitivitas partisipan terhadap persepsi probabilitas menang.

This study replicates one of experiments conducted by Maglio et al. (2013) that examine the effect of spatial distance on probability distance which adapted in situation which considered as more legal in Indonesia. Participants are undergraduate Psychology students in UI (n=77; 63 females and 14 males). This randomized two-group design, posttest only study inducts the participants that the winner is determined in either distal location (Surabaya) or near location (Jakarta). Result shows that participant in both condition responds identical preferences on the prize, which means spatial distance cannot reduce participants? sensitivity of probability distance in winning prize condition."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S64661
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Andini Larasati
"Penelitian terbaru menunjukkan tren isolasi dan penurunan kualitas hubungan interpersonal, meskipun hubungan interpersonal sangat penting untuk kesehatan mental pada dewasa (Keefer, Landau, & Sullivan, 2014). Fenomena ini dihipotesiskan sebagai disfungsi Object Relations (Mukherjee & Sanyal, 2014), di mana perkembangan fungsi tersebut terkait dengan attachment kepada orangtua (Twomey, Kaslow, & Croft, 2000).
Perkembangan attachment kepada Tuhan sebagai perpanjangan dari orangtua, sebagaimana dijelaskan dalam hipotesis Correspondence dan Compensation, juga diprediksi dapat memengaruhi fungsi Object Relations (Tisdale, 1997). Terkait attachment kepada Tuhan, kebutuhan untuk terus-menerus mempersepsi kehadiran fisik dari Tuhan sebagaimana tersimbolisasi dalam NO-WAR (Non-Obligatory Worn Attribute of Religion) juga diperkirakan sebagai rendahnya adaptabilitas Object Relations terhadap ketidak-hadiran fisik objek (Bell, 1995).
Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis mengaplikasikan Analisis Multilevel untuk mengetahui pengaruh attachment kepada Tuhan dan attachment kepada orangtua terhadap Object Relations dalam urutan hierarkis, di mana pengaruh kedua variabel tersebut bervariasi pada kelompok dengan NO-WAR dan tanpa NO-WAR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian NO-WAR meningkatkan prediksi attachment kepada Tuhan terhadap fungsi Object Relations yang lebih adaptif, sementara pengaruh tersebut tidak ditemukan pada prediksi attachment kepada orangtua terhadap fungsi Object Relations. Model keseluruhan akhir yang diperoleh sesuai dengan model hierarki yang dihipotesiskan penulis.

Latest findings showed isolation and derivation trends of interpersonal relations among cultures, despite the importance of interpersonal relations for adults? mental health (Keefer, Landau, & Sullivan, 2014). This phenomenon is hypothesized to be a dysfunction of Object Relations (Mukherjee & Sanyal, 2014), which development intertwined with attachment built to parents (Twomey, Kaslow, & Croft, 2000).
In the other hands, development of God attachment as the extension of parental attachment figure is expected to impact one's Object Relations (Tisdale, 1997), as explained in Correspondence and Compensation Hypothesis. Urge for physical presence of God as symbolized in NO-WAR (Non-Obligatory Worn Attribute of Religion), is expected to be a sign of Object Relations? lack of adaptability to the physical absence of others (Bell, 1995).
Building on this work, the author proposed the Multilevel Analysis in determining the effect both parental attachment and God attachment to Object Relations function in hierarchical order, where the effects are nested within the NO-WAR and Non-wearer group.
Results showed that NO-WAR elevated the effect of God attachment to better Object Relations, while none is found in the effect of parental attachment. The overall model fit the hierarchical model hypothesized by author.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S64966
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>