Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alvin Muliawan
"Sistem kelistrikan adalah sebuah aspek penting dalam menjaga operasi dari sebuah institusi. Instalasi kelistrikan dan kualitas daya menjadi faktor penting dalam menentukan sistem kelistrikan yang baik. Studi ini mengevaluasi instalasi kelistrikan dari Gardu 5 Universitas Indonesia berdasarkan suhu dan nilai pentanahan. Pengukuran terhadap kualitas daya juga dilakukan menggunakan power quality analyzer (PQA) yang dihubungkan selama jangka waktu 7 hari dari tanggal 20 Mei sampai 26 Mei 2024. Parameter yang dianalisa untuk kualitas daya meliputi tegangan, ketidakseimbangan tegangan, ketidakseimbangan arus, harmonisa tegangan (THDv dan IHDv), harmonisa arus (TDD dan IHDi), faktor daya, serta frekuensi. Hasil menunjukkan bahwa kebanyakan parameter seperti suhu, tegangan, ketidakseimbangan tegangan, harmonisa tegangan, faktor daya, dan frekuensi masih berada dalam standar yang diterima. Akan tetapi, nilai pentanahan melampaui batas standar 5 ohm. Selain itu, nilai Total Demand Distortion (TDD) dan Individual Harmonic Distortion untuk arus (IHDi) lebih tinggi dari standar yang diterima. Studi ini menunjukkan perlunya perbaikan pada sistem pentanahan, penyeimbangan beban, serta mitigasi harmonisa.

The electrical system is an important aspect in maintaining the operation of an institution. The electrical installation and power quality is an important factor in determining a good electrical system. This study evaluates the electrical installation of Substation 5, University of Indonesia based on temperature and grounding levels. Measurement for power quality was also performed using a power quality analyzer (PQA) installed for a period of seven days from 20 May to 26 May 2024. Parameters analyzed for power quality includes voltage, voltage imbalance, current imbalance, voltage harmonics (THDv and IHDv), current harmonics (TDD and IHDi), power factor, as well as frequency. The results shows that most parameters such as temperature, voltage, voltage imbalance, voltage harmonics, power factor, and frequency are within acceptable standards.However, the grounding of the system exceeds the 5 ohms standard. Additionally, the Total Demand Distortion (TDD) and Individual Harmonic Distortion of Current (IHDi) was higher than acceptable standards. These study suggests the need for improvement in grounding system, load balancing, and harmonic mitigation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatih Yahya Anindito
"Peningkatan adopsi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) merupakan salah satu strategi utama dalam upaya dekarbonisasi sektor transportasi, yang saat ini menjadi kontributor emisi karbon terbesar kedua setelah sektor energi. Peralihan dari kendaraan berbasis mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) ke kendaraan listrik didorong oleh komitmen global maupun nasional untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE). Namun, kenaikan adopsi EV oleh masyarakat menimbulkan masalah baru berupa peningkatan jumlah limbah baterai yang apabila tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan akibat sifat toksiknya, sehingga diperlukan upaya repurpose dan recycle baterai untuk mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai seberapa besar dampak dekarbonisasi dari adopsi EV dengan memprediksi populasi kendaraan listrik di Indonesia hingga tahun 2060 dan memproyeksikan total limbah baterai dari adopsi EV tersebut agar pemerintah dapat mempersiapkan fasilitas pengolahan limbah baterai dalam beberapa waktu ke depan. Untuk melakukan prediksi dan proyeksi, penelitian ini menggunakan model autoregressive integrated moving average (ARIMA) untuk menangkap pola linier pada data historis populasi EV, selain itu terdapat juga model hybrid ARIMA-GRU (Gated Recurrent Unit) yang diharapkan dapat meningkatkan akurasi prediksi dengan cara mengakomodasi pola nonlinier dan dinamis yang tidak dapat ditangani oleh pendekatan statistik konvensional. Hasil prediksi menunjukkan jumlah komulatif EV hingga pada tahun 2060 sebesar 1.5 juta unit untuk HEV, 1,2 juta unit untuk BEV, dan 900 ribu unit untuk kendaraan Roda 2 elektrik. Hasil proyeksi menunjukkan bahwa emisi karbon kendaraan berhasil ditekan sebesar 3,5 kali lipat dengan penggunaan EV. Proyeksi limbah baterai pada penelitian ini yang dibangun berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa akan ada limbah baterai EV seberat 513 ribu ton yang habis masa pakainya dan dapat didaur ulang. Berdasarkan estimasi populasi EV, dilakukan proyeksi akumulasi limbah baterai dan evaluasi potensi pengurangan emisi karbon dari proses daur ulang dibandingkan produksi baterai baru berbasis material mentah. Hasil analisis menunjukkan transisi moda transportasi EV berkontribusi signifikan dalam dekarbonisasi. Selain itu pengadaan baterai dengan metode daur ulang dapat menjadi bagian integral dari strategi pengelolaan lingkungan dan pengembangan ekonomi sirkular di sektor transportasi.

The adoption of electric vehicles (EVs) is a primary strategy in the ongoing efforts to reduce carbon emissions from the transportation sector, which is the second largest contributor to carbon emissions after the energy sector. The transition from internal combustion engine (ICE) vehicles to electric vehicles is driven by global and national commitments to achieve NZE targets. However, the increasing adoption of EVs by the public has given rise to novel challenges, including an escalation in battery waste. If not managed properly, this waste can pollute the environment due to its toxic nature. Consequently, there is an imperative for initiatives aimed at repurposing and recycling batteries, in order to address the environmental repercussions of their production and utilization. The objective of this study is to provide a comprehensive overview of the decarbonization impact of EV adoption. To this end, the study predicts the population of electric vehicles in Indonesia until 2060 and projects the total battery waste from EV adoption. This information will enable the government to prepare battery waste processing facilities in the coming years. To make predictions and projections, this study employs an ARIMA model to capture linear patterns in historical EV population data. Furthermore, a hybrid ARIMA-GRU model is employed, which is expected to enhance prediction accuracy by accommodating nonlinear and dynamic patterns that cannot be addressed by conventional statistical approaches. The prediction results indicate a cumulative EV population of 1.5 million units for HEVs, 1.2 million units for BEVs, and 900,000 units for electric two-wheeled vehicles by 2060. The projection results indicate that the utilization of EVs has the potential to reduce vehicle carbon emissions by 3.5 times. The battery waste projection in this study, based on a comprehensive review of the extant literature, shows that there will be a total 513 thousand metric tons of EV battery waste that have reached the end of their useful life and can be recycled. The study was conducted with the objective of assessing the environmental impact of EV battery waste accumulation and the potential for carbon emission reduction through recycling processes compared to the production of new batteries using raw materials. The findings of the analysis suggest that the transition to EV transportation plays a substantial role in the process of decarbonization. Moreover, the procurement of batteries through recycling methodologies has the potential to become an integral component of environmental management strategies and the development of a circular economy in the transportation sector. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatih Yahya Anindito
"Peningkatan adopsi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) merupakan salah satu strategi utama dalam upaya dekarbonisasi sektor transportasi, yang saat ini menjadi kontributor emisi karbon terbesar kedua setelah sektor energi. Peralihan dari kendaraan berbasis mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) ke kendaraan listrik didorong oleh komitmen global maupun nasional untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE). Namun, kenaikan adopsi EV oleh masyarakat menimbulkan masalah baru berupa peningkatan jumlah limbah baterai yang apabila tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan akibat sifat toksiknya, sehingga diperlukan upaya repurpose dan recycle baterai untuk mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai seberapa besar dampak dekarbonisasi dari adopsi EV dengan memprediksi populasi kendaraan listrik di Indonesia hingga tahun 2060 dan memproyeksikan total limbah baterai dari adopsi EV tersebut agar pemerintah dapat mempersiapkan fasilitas pengolahan limbah baterai dalam beberapa waktu ke depan. Untuk melakukan prediksi dan proyeksi, penelitian ini menggunakan model autoregressive integrated moving average (ARIMA) untuk menangkap pola linier pada data historis populasi EV, selain itu terdapat juga model hybrid ARIMA-GRU (Gated Recurrent Unit) yang diharapkan dapat meningkatkan akurasi prediksi dengan cara mengakomodasi pola nonlinier dan dinamis yang tidak dapat ditangani oleh pendekatan statistik konvensional. Hasil prediksi menunjukkan jumlah komulatif EV hingga pada tahun 2060 sebesar 1.5 juta unit untuk HEV, 1,2 juta unit untuk BEV, dan 900 ribu unit untuk kendaraan Roda 2 elektrik. Hasil proyeksi menunjukkan bahwa emisi karbon kendaraan berhasil ditekan sebesar 3,5 kali lipat dengan penggunaan EV. Proyeksi limbah baterai pada penelitian ini yang dibangun berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa akan ada limbah baterai EV seberat 513 ribu ton yang habis masa pakainya dan dapat didaur ulang. Berdasarkan estimasi populasi EV, dilakukan proyeksi akumulasi limbah baterai dan evaluasi potensi pengurangan emisi karbon dari proses daur ulang dibandingkan produksi baterai baru berbasis material mentah. Hasil analisis menunjukkan transisi moda transportasi EV berkontribusi signifikan dalam dekarbonisasi. Selain itu pengadaan baterai dengan metode daur ulang dapat menjadi bagian integral dari strategi pengelolaan lingkungan dan pengembangan ekonomi sirkular di sektor transportasi.

The adoption of electric vehicles (EVs) is a primary strategy in the ongoing efforts to reduce carbon emissions from the transportation sector, which is the second largest contributor to carbon emissions after the energy sector. The transition from internal combustion engine (ICE) vehicles to electric vehicles is driven by global and national commitments to achieve NZE targets. However, the increasing adoption of EVs by the public has given rise to novel challenges, including an escalation in battery waste. If not managed properly, this waste can pollute the environment due to its toxic nature. Consequently, there is an imperative for initiatives aimed at repurposing and recycling batteries, in order to address the environmental repercussions of their production and utilization. The objective of this study is to provide a comprehensive overview of the decarbonization impact of EV adoption. To this end, the study predicts the population of electric vehicles in Indonesia until 2060 and projects the total battery waste from EV adoption. This information will enable the government to prepare battery waste processing facilities in the coming years. To make predictions and projections, this study employs an ARIMA model to capture linear patterns in historical EV population data. Furthermore, a hybrid ARIMA-GRU model is employed, which is expected to enhance prediction accuracy by accommodating nonlinear and dynamic patterns that cannot be addressed by conventional statistical approaches. The prediction results indicate a cumulative EV population of 1.5 million units for HEVs, 1.2 million units for BEVs, and 900,000 units for electric two-wheeled vehicles by 2060. The projection results indicate that the utilization of EVs has the potential to reduce vehicle carbon emissions by 3.5 times. The battery waste projection in this study, based on a comprehensive review of the extant literature, shows that there will be a total 513 thousand metric tons of EV battery waste that have reached the end of their useful life and can be recycled. The study was conducted with the objective of assessing the environmental impact of EV battery waste accumulation and the potential for carbon emission reduction through recycling processes compared to the production of new batteries using raw materials. The findings of the analysis suggest that the transition to EV transportation plays a substantial role in the process of decarbonization. Moreover, the procurement of batteries through recycling methodologies has the potential to become an integral component of environmental management strategies and the development of a circular economy in the transportation sector. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sijabat, Dolly Indra Robinsar
"Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia membutuhkan dukungan teknologi baterai yang andal dan efisien. Salah satu tantangan utama adalah memastikan baterai pack memiliki performa tinggi dan umur pakai yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sekaligus menilai kualitas performa baterai pack sepeda motor listrik berdasarkan hasil pengujian laboratorium yang dilakukan. Selain itu, data pengujian yang diperoleh digunakan kembali untuk memprediksi degradasi jangka panjang baterai. Metode pengujian dilakukan melalui siklus pengisian dan pengosongan berulang (multicycle) pada 0,5 C-rate serta rate capability test dengan variasi 0,25 C-rate dan 0,75 C-rate di laboratorium NBRI. Hasil pengujian menunjukkan bahwa baterai pack berada dalam kondisi baik dengan suhu operasi 27–30 °C, efisiensi energi >90%, dan kapasitas sekitar 18,82 Ah, sedikit di bawah kapasitas nominal 20 Ah. Selain itu, model prediksi GRU yang dilatih berhasil memperkirakan tren degradasi kapasitas baterai lokal hingga siklus ke-2500 dan mendeteksi titik EOL pada siklus ke-1768. Secara keseluruhan, baterai pack menunjukkan performa yang baik dengan efisiensi tinggi dan kapasitas mendekati spesifikasi saat digunakan pada C-rate rendah, meskipun performanya kurang stabil pada variasi C-rate berbeda. Selain itu, model prediksi yang digunakan juga mampu memodelkan pola degradasi baterai dengan sangat baik.

The development of electric vehicles in Indonesia requires reliable and efficient battery technology. One of the main challenges is to ensure that battery packs deliver high performance and long service life. This study aims to test and evaluate the performance quality of an electric motorcycle battery pack based on laboratory results. In addition, the test data were reused to predict the battery’s long-term degradation. The testing methods included repeated charge–discharge cycles (multi-cycle) at a 0.5 C-rate and rate capability tests with 0.25 C and 0.75 C variations, conducted at the NBRI laboratory. The results showed that the battery pack was in good condition, with an operating temperature of 27–30 °C, energy efficiency above 90%, and a capacity of approximately 18.82 Ah, slightly below the nominal 20 Ah. Furthermore, the trained GRU prediction model successfully forecasted the capacity degradation trend up to 2500 cycles and identified the end-of-life (EOL) point at cycle 1768. Overall, the battery pack demonstrated good performance with high efficiency and near-nominal capacity under low C-rate conditions, although its performance was less stable at varying C-rates. In addition, the prediction model effectively captured the battery’s degradation pattern. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library