UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengujian Performa Multi-Siklus dan Prediksi Degradasi Baterai Pack Tabung Listrik Menggunakan Model Gated Recurrent Unit (GRU) = Multi-Cycle Performance Testing and Degradation Prediction of Cylindrical Battery Packs Using the Gated Recurrent Unit (GRU) Model

Sijabat, Dolly Indra Robinsar; Chairul Hudaya, supervisor; Aji Nur Widyanto, examiner; Fahmi Firdaus Angkasa, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia membutuhkan dukungan teknologi baterai yang andal dan efisien. Salah satu tantangan utama adalah memastikan baterai pack memiliki performa tinggi dan umur pakai yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sekaligus menilai kualitas performa baterai pack sepeda motor listrik berdasarkan hasil pengujian laboratorium yang dilakukan. Selain itu, data pengujian yang diperoleh digunakan kembali untuk memprediksi degradasi jangka panjang baterai. Metode pengujian dilakukan melalui siklus pengisian dan pengosongan berulang (multicycle) pada 0,5 C-rate serta rate capability test dengan variasi 0,25 C-rate dan 0,75 C-rate di laboratorium NBRI. Hasil pengujian menunjukkan bahwa baterai pack berada dalam kondisi baik dengan suhu operasi 27–30 °C, efisiensi energi >90%, dan kapasitas sekitar 18,82 Ah, sedikit di bawah kapasitas nominal 20 Ah. Selain itu, model prediksi GRU yang dilatih berhasil memperkirakan tren degradasi kapasitas baterai lokal hingga siklus ke-2500 dan mendeteksi titik EOL pada siklus ke-1768. Secara keseluruhan, baterai pack menunjukkan performa yang baik dengan efisiensi tinggi dan kapasitas mendekati spesifikasi saat digunakan pada C-rate rendah, meskipun performanya kurang stabil pada variasi C-rate berbeda. Selain itu, model prediksi yang digunakan juga mampu memodelkan pola degradasi baterai dengan sangat baik.

The development of electric vehicles in Indonesia requires reliable and efficient battery technology. One of the main challenges is to ensure that battery packs deliver high performance and long service life. This study aims to test and evaluate the performance quality of an electric motorcycle battery pack based on laboratory results. In addition, the test data were reused to predict the battery’s long-term degradation. The testing methods included repeated charge–discharge cycles (multi-cycle) at a 0.5 C-rate and rate capability tests with 0.25 C and 0.75 C variations, conducted at the NBRI laboratory. The results showed that the battery pack was in good condition, with an operating temperature of 27–30 °C, energy efficiency above 90%, and a capacity of approximately 18.82 Ah, slightly below the nominal 20 Ah. Furthermore, the trained GRU prediction model successfully forecasted the capacity degradation trend up to 2500 cycles and identified the end-of-life (EOL) point at cycle 1768. Overall, the battery pack demonstrated good performance with high efficiency and near-nominal capacity under low C-rate conditions, although its performance was less stable at varying C-rates. In addition, the prediction model effectively captured the battery’s degradation pattern.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Dolly Indra Robinsar Sijabat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 82 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-25195249 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920570743
Cover