Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isye Siti Asyiah
"Penelitian ini membahas kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia dalam dimensi SERVQUAL. Kualitas layanan didasarkan pada lima dimensi SERVQUAL, yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia yang dilihat dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Universitas Indonesia. Pendekatan penclitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia berada pada kisaran tingkat sedang sampai tinggi.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan masih harus terus berupaya agar kualitas layanan yang ada saat ini dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi, di antaranya petugas perpustakaan yang berhubungan dengan pelayanan diharapkan untuk meningkatkan lagi sikap empati, perpustakaan memperbaharui koleksi yang mutakhir yang meliputi buku teks dan jurnal tercetak, mempercepat akses koneksi terhadap jurnal elektronik, menjaga perawatan komputer untuk akses OPAC agar dapat selalu berfungsi dengan baik, mempercepat koneksi internet, serta meningkatkan fasilitas fisik seperti menyediakan kursi dan sofa yang nyaman.

This study discusses the service quality of Library of University of Indonesia using the SERVQUAL dimensions. Service quality measurement is based on five SERVQUAL dimensions. They are tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The purpose of this study is to determine the level of service quality in Library of University of Indonesia based on tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy dimensions. Sample of this research are users of Library of University of Indonesia. This research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research reveal that service quality of Library of University of Indonesia is ranging from medium to high levels. The results of this research suggest that the library should improve its existing service quality to be even better. One thing that should be concerned about is the librarians. They are expected to increase their attitude of empathy. Also the library should update its collection periodically, including textbooks and printed journals, speed up connection of electronic journals access, maintain OPAC's computers to work properly, accelerate internet connections, and improve physical facilities such as providing comfortable chairs and sofas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Apriza Ramadhana
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas penerapan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Badan
Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Badan Perpustakaan
dan Arsip Daerah dalam rangka tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan
efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif berbentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini
adalah mengungkapkan bahwa Jadwal Retensi Arsip belum dirasakan manfaatnya
secara menyeluruh dikarenakan bukan hanya kurangnya pengetahuan SDM yang
tersebar di berbagai unit kerja akan Jadwal Retensi Arsip, sehingga masih
mengandalkan arsiparis dalam melakukan pengelolaan arsip di berbagai bidang,
tetapi juga kurangnya jumlah arsiparis yang tersedia membuat pengelolaan arsip
di satminkal menjadi terabaikan dikarenakan arsiparis cenderung melakukan
pengelolaan arsip inaktif dari berbagai SKPD, dan tidak tersedianya anggaran
dalam pelaksanaan kegiatan penyusutan arsip di satminkal membuat lambannya
implementasi Jadwal Retensi Arsip dan pengelolaan arsip secara menyeluruh
dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pengelolaan
kearsipan. Hasil peneltian ini menyarankan upaya untuk meningkatkan jumlah
SDM dan staf pengelola kearsipan yang mempunyai latar belakang pendidikan
kearsipan, adanya sosialisasi Jadwal Retensi Arsip yang lebih mendalam ke
seluruh unit kerja, serta dibentuknya Tim Pengawas guna melakukan pengawasan
yang ketat dan kontinu dalam rangka tertib penyusutan di satminkal.

Abstract
This research discussing about the implementation of Retention Archive Schedule
at Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD). The purpose of this research is
to discover the implementation of Retention Archive at Badan Perpustakaan dan
Arsip Daerah in order to succeed the effective and efficient archive management.
Method used in this research is the descriptive research method which is formed
into case study using qualitative method. The result of this research reveals that
the retention archive isn?t yet figure its function comprehensively because not
only the lack of Human Resources knowledge spread in many unit to the retention
schedule, so BPAD is still counting on archivist in managing archive for every
field, but also the lack of archivist resources has also made the archive
management at satminkal abandoned because the archivist tend to manage the
inactive archive from other SKPD, and the unavailable funds in shrinking the
inactive archive at satminkal has also postponed the implementation of retention
archive and the overall archive management in order to fulfill the suggestion and
facility to support the archive management activity. The results of this research
suggest that efforts to increase the number of human resources and management
staff of archives which has the educational background of archives, socialize the
retention schedule more comprehensive to all units, and also form a supervisor
team for a strict and continuous supervision for an archive shrinking in an orderly
manner at satminkal."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43613
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Yulianti
"Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memberikan gambaran mengenai perilaku pencarian informasi peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam perilaku pencarian informasi, peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional lebih menyukai menggunakan internet dibandingkan memanfaatkan perpustakaan BPHN karena faktor keterbatasan waktu. Walaupun keterbatasan waktu menjadi hambatan, kelompok peneliti adalah kelompok yang mempunyai komitmen untuk tetap memanfaatkan perpustakaan BPHN di dalam mencari informasi.

The aim of this research is to describe the information seeking behaviour of researchers of BPHN in using the library of BPHN. This research used quantitative approach with survey method. The results of this research showed that in information seeking behaviour, the researchers of BPHN like using internet better than using the library of BPHN because of time limitation. Even though time limitation becomes obstacle, the researchers as a group in BPHN have commitment to use constantly the library of BPHN in information seeking."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abi Rafdi Ramadhan
"Perpustakaan Japan Foundation merupakan salah satu perpustakaan yang melakukan penyensoran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses penyensoran yang dilakukan oleh pihak pustakawan Perpustakaan Japan Foundation dan menganalisis faktor-faktor penyebab penyensoran bahan pustaka yang dilakukan oleh pustakawan. Metode penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus digunakan pada penelitian ini untuk mendapatkan gambaran dan penyebab penyensoran di perpustakaan Japan Foundation secara mendalam. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan penyensoran di Perpustakaan Japan Foundation dilakukan atas inisiatif pustakawan sendiri karena konflik pada nilai pribadi pustakawan dan tidak sesuai dengan standar komunitas.

Japan Foundation Library is one of libraries conducting the censorship. This research aims to depict censorship process which is conducted by Japan Foundation librarian. It also analyses the factors caused by censorship which is done by the librarian. Qualitative research method employs study case and is used to obtain description and reasons the use of censorship in Japan Foundation library deeply. Based on this research, it can be concluded that censorship in Japan Foundation Library was held by the librarian itself because of conflict on personal view of the librarian and it is not appropriate to the community standard.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63382
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roch Panji Bagaskara
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses penciptaan rekam medis di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (KTFP UI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penciptaan rekam medis di KTFP UI dengan menggunakan model penciptaan rekod yang dijelaskan oleh Shepherd dan Yeo (2003) yakni identifikasi kebutuhan, proses penciptaan serta pengelolaan rekam medis. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rekam medis di KTFP UI tercipta secara alami dan cukup sederhana. Belum ada aturan tertulis tentang penciptaan rekam medis. Penciptaan rekam medis ditujukan sebagai rujukan untuk tindakan lanjutan, sarana memonitor, dan sebagai alat komunikasi antar profesional baik internal maupun lintas instansi. Dalam prosesnya autentisitas dijaga dengan mencantumkan nama psikolog, klien serta waktu pelayanan. Pada tahap penyimpanan rekam medis belum sesuai kaidah profesional kearsipan sehingga berakibat pada kurang lancarnya penemuan kembali. Yang penting adalah menambah pengetahuan dan pemahaman para arsiparis rekam medis di KTFP UI dengan memberikan pelatihan manajemen kearsipan sehingga penciptaan rekam medis di KTFP UI menjadi lebih baik.

ABSTRACT
This study discusses about the process of creating medical records at the Integrated Clinic Faculty of Psychology, University of Indonesia (KTFP UI). The purpose of this study is to describe the creation of medical records at KTFP UI by using a model of creating records described by Shepherd and Yeo (2003), namely identification of needs, the process of creating, and capturing medical records. The method used is a qualitative approach with case studies. The data collection technique is through observation, interviews and document analysis. The results of this study indicate that medical records at KTFP UI were created naturally and quite simple. There are no written rules regarding the creation of medical records. The creation of medical records is intended as a reference for follow-up actions, means of monitoring, and as a communication tool between professionals both internally and across agencies. In the process, authenticity is maintained by including the name of the psychologist, client and service time. At the stage of storing medical records it is not yet in accordance with the professional rules of archiving so that it results in retrieval difficulties. The important thing is to increase the knowledge and understanding the archivists of medical records at KTFP UI by providing filing management training so that the creation of medical records at KTFP UI becomes better.
"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Asiah
"Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi SK Rektor No. 1575/SK/R/UI/2009 tentang Tata Persuratan di Pusat Administrasi Universitas Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum semua unit di PAU melaksanakan pedoman tata persuratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia. Hal ini disebabkan karena staf di unit lebih nyaman dengan apa yang sudah mereka lakukan selama ini tanpa menemui masalah yang berarti. Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam implementasi antara lain sumber daya manusia, sumber dana, informasi, fasilitas, SOP, dan deskripsi kerja.
This research is qualitative research with case study method. The objective of this research is to analyse the implementation of SK Rektor No. 1575/SK/R/UI/2009 about Tata Persuratan (correspondence) in Cental Administration of University of Indonesia. Technique of data collection was conducted by means of observation, document analysis, and interview. The result of this research shows that not all of units in Cental Administration of University (PAU) apply the guideline which was decreed by University of Indonesia. It is achieved because of the staff in every unit feel convenience with all they have done with no serious problem. Few factors that affect the implementation are human resources, budgeting, information, facilities, SOP, and job description."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28636
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zenia Annabel
"Skripsi ini membahas tingkat kepuasan mahasiswa FEB UI terhadap pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan mahasiswa program S1 FEB UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Penilaian terhadap layanan berbasis web didasari oleh enam dimensi yang memengaruhi penilaian tingkat kepuasan terhadap perpustakaan digital, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, kemudahan, dan penyerapan kognitif. Enam dimensi ini berasal dari model yang merupakan perkembangan ulang dari model ISSM Information System Success Model oleh Masrek 2016 . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mahasiswa FEB UI merasa puas dengan layanan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata keseluruhan dimensi yang menunjukkan hasil yang positif.

This study discusses the level of student satisfaction in FEB UI to the online database Universitas Indonesia Library. The research uses quantitative approach and uses quesionnaire for data collecting which spread to 97 respondens. This research has taken in April 2017. The assessment of web based service is based on six dimentions that influence the level of satisfaction of digital library. Those dimentions which is derived from a model based on the re specified ISSM Information System Success Model by Masrek 2016, are information quality, system quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, and cognitive absorption. The resulted in this research found that student in FEB UI are satisfied with the online database Universitas Indonesia Library. This thing can be seen from the calculation of the average overall dimention that show positive result.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library