Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ane Dwi Sari
"ABSTRAK
ICAO (International civil aviation organization) menyatakan pentingnya
menjaga kesehatan penerbang sehingga tidak terjadi inkapasitasi. Salah satu upayanya adalah
pola diet sehat dengan konsumsi buah dan sayur. Tujuan studi adalah mengetahui hubungan
aktivitas fisik dan faktor lain terhadap pola konsumsi buah dan sayur.Metode : Studi potong
lintang dengan sampel total dari data sekunder penerbang yang melakukan pemeriksaan
kesehatan berkala di Balai Kesehatan Penerbangan Jakarta bulan April 2016. Data berupa
data demografi, pekerjaan, konsumsi buah dan sayur, aktivitas fisik, pengetahuan konsumsi
buah dan sayur, dan dukungan sosial. Analisis dengan regresi Log. Hasil : Penerbang yang
mengikuti penelitian ini berjumlah 530 orang. Aktivitas fisik tidak berhubungan dengan
konsumsi buah dan sayur. Pengetahuan konsumsi buah dan sayur berisiko lebih sering
konsumsi buah dan sayur sebanyak 3,9 kali [ORa= 3,93; 95% CI=1,74-8,87; p=0,001], ini
sesuai dengan teori social cognitive, yang menyatakan pengetahuan konsumsi buh dan sayur
merupakan faktor personal. Simpulan: pengetahuan tentang konsumsi buah dan sayur sesuai
rekomendasi WHO berhubungan dengan seringnya konsumsi buah dan sayur (≥ 5 kali/hari).

ABSTRACT
International civil aviation organization stated the importance of maintaining pilot healthy and
avoid incapacitation. One efforts for this is consuming healthy diet with fruits and vegetables. The purpose of
this study is to identify the correlation of physical activity and other factors related to fruits and vegetables
intake. Methods: A cross-sectional study conducted with a total sampling, using secondary data of the pilot
that conducted periodic medical examinations on April 2016 in the Civil Aviation Medical Center, Jakarta. Data
collected were demographic and job characteristics, fruit and vegetable consumption, physical activity,
knowledge about fruit and vegetable intake, and social support. Results: The pilots participate in this study were
530 peoples. No correlation between physical activity and fruits and vegetables intake. The dominant factor
associated with fruits and vegetables intake is the knowledge about fruits and vegetables intake. Pilots with good
knowledge increase consumption 3,9 times higher [ORa = 3.93; 95% CI = 1.74 to 8.87; p = 0.001]. In this study,
knowledge about fruit and vegetable intake as a personal factors according to social cognitive theory.
Conclusion: The knowledge about fruits and vegetables intake according to WHO recommendations increased
the frequency of fruits and vegetables intake.;;"
Lengkap +
2016
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Wicaksana
"Latar belakang: Salah satu penyebab inkapasitasi pada pilot adalah penyakit kardiovaskular sehingga perlu dilakukan pengendalian faktor risiko untuk mencegah progresivitas penyakit tersebut, diantaranya adalah dengan melakukan latihan fisik sesuai dengan rekomendasi ACSM. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang berhubungan terhadap kebiasaan latihan fisik pada pilot sipil di Indonesia.
Hasil: 46,17% subjek memiliki kebiasaan latihan fisik sesuai rekomendasi ACSM, sedangkan 53,83% tidak memiliki kebiasaan latihan fisik yang sesuai. Jika dibandingkan dengan pilot yang mempunyai persepsi latihan fisik tidak penting bagi kesehatan, maka pilot dengan persepsi latihan fisik yang sangat penting bagi kesehatan nampaknya lebih besar 1,64 kali lipat memiliki kebiasaan latihan fisik sesuai.
Simpulan: Faktor risiko yang berpengaruh terhadap kebiasaan latihan fisik adalah persepsi pentingnya latihan fisik bagi kesehatan, jam terbang 7 hari terakhir, IMT serta Indeks Brinkman.

Background: One of the most dangerous causes of incapacitation among the civil pilot is cardiovascular disease. To prevent it, those risk factors must be manageable by doing physical exercise based on the ACSM recommendation. The study objective is to identify the factors that related with the physical exercise habit among the civil pilots in Indonesia.
Method: A cross sectional study based on the Healthy Lifestyle Survey towards 600 civil pilots, who did their medical examination at the Aviation Medical Center, Jakarta and met the inclusion/exclusion criteria. The collected data were demographic and job characteristics, physical exercise habits, body weight, heights. The data was obtained through interview and physical examinations. Pilot was categorized as having an appropriate physical exercise habit if he/she spent 150 minutes of moderate intensity exercise per week or 75 minutes of vigorous intensity exercise per week.
Results: 46.17% subjects had appropriate physical exercise habit based on ACSM recommendation; meanwhile 53.83% subjects did not. Compared to the pilot who perceived that physical exercise is not important for health, pilot who perceived that physical exercise is very important for health is 1, 64 times more likely to have appropriate physical exercise.
Conclusion: Risk factors of the inappropriate physical exercise habit among the civil pilot are perceived importance of physical exercise, flight hour in 7 consecutive days, BMI, and Brinkman Index.
"
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irwan Janu Sucipta
"Kondisi hipoksia bagi penerbang merupakan ancaman bahaya yang selalu ada meskipun dengan pesawat kabin bertekanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko hipoksia pada penerbang militer Indonesia. Penelitian ini memakai desain potong lintang dengan consecutive sampling pada penerbang militer Indonesia yang melaksanakan indoktrinasi dan latihan aerofisiologi ILA selama bulan Juni 2017 di Lakespra Saryanto Jakarta. Sebanyak 120 subjek didapatkan selama penelitian ini. Hipoksia ditandai dengan Waktu Sadar Efektif WSE < 4 menit saat latihan di Ruang Udara Bertekanan Rendah RUBR dengan ketinggian 25000 kaki.
Hasil menunjukkan bahwa fatigue, kesamaptaan dan ketahanan kardiovaskular VO2max tidak menunjukan hubungan yang bermaknan dengan WSE p>0,05. Pada penelitian ini dapatkan total jam terbang dan kebiasaan merokok sebagai faktor dominan. Subjek yang memiliki total jam terbang ge; 1000 jam memiliki risiko WSE < 4 menit 2,6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan total jam terbang < 1000 jam [ORa= 2,65; IK 95 = 1,21-5,78; p= 0,014]. Subjek yang merokok memiliki risiko WSE < 4 menit lebih rendah 63 dibandingkan dengan yang tidak merokok [ORa= 0,37; IK 95 = 0,14-0,95; p= 0,039]. Dapat disimpulkan bahwa Fatigue, kesamaptaan dan ketahanan kardiovaskular tidak berhubungan dengan hipoksia yang ditandai oleh waktu sadar efektif. Total jam terbang ge; 1000 jam meningkatkan risiko WSE < 4 menit, sedangkan merokok menurunkan risiko WSE < 4 menit.

Hypoxic condition for pilots are an ever present threat of dangers even with pressurized cabin aircraft. The purpose of this study to determine the risk factors of hypoxia in Indonesia military pilots. This study used cross sectional design with consecutive sampling on Indonesia military pilots who carried out indoctrination and aerophysiology exercise during the month of June 2017 at Lakespra Saryanto Jakarta. 120 subjects were obtained during the study. Hypoxia is characterized by Time of Useful Consciousness TUC 4 minutes during exercise in the hypobaric chamber at 25000 feet chamber altitude.
The results showed that fatigue,physicall fitness and cardiovascular endurance VO2max did not show a meaningful relationship with TUC p 0.05. In this study, total flying hours and smoking habits were found as dominant factor. Compared to 1000 hours of total flying hours, subjects with a total flying hours ge 1000 hours were 2.6 times higher risk to have TUC 4 minutes ORa 2,65 CI 95 1,21 5,78 p 0,014. Compared to non smokers, smoker subjects were 63 lower risk to have TUC 4 minutes ORa 0,37 CI 95 0,14 0,95 p 0,039. In conclusion Fatigue, physicall fitness and cardiovascular endurance are not associated with hypoxia characterized by time of useful consciousness. Total flight hours ge 1000 hours increase risk for TUC 4 minutes, while smoking decrease risk for TUC 4 minutes.
"
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library