Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alifa Astari Hendriana
"Tidak semua guru menerapkan kebiasaan mengucapkan tolong, maaf, terima kasih (TOMAT) pada kehidupan sehari-harinya. Diketahui bahwa guru kurang memiliki pengetahuan mengenai cara menanamkannya pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi kepada guru TK dalam menambah pengetahuan mengenai cara menanamkan kebiasaan mengucapkan TOMAT pada peserta didik yang berusia 5-6 tahun dengan jumlah partisipan sebanyak tujuh orang (n=7). Efektivitas psikoedukasi dapat diketahui dari perbandingan skor pengetahuan pada sebelum dan sesudah psikoedukasi. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test. Ditemukan hasil yang signifikan (p<0,05) pada hasil pretest dan post-test 1 serta post-test 1 dan post-test 2. Penemuan ini mengindikasikan bahwa psikoedukasi kepada partisipan efektif untuk menambah pengetahuan mengenai cara menanamkan kebiasaan pengucapan kata tolong, maaf, terima kasih, pada anak usia 5-6 tahun. Efektivitas psikoedukasi pun masih ditemukan setelah melewati jangka waktu tiga minggu. Limitasi dari penelitian ini adalah ada beberapa partisipan yang sudah memiliki cukup pengetahuan mengenai kebiasaan mengucapkan TOMAT dari sebelum psikoedukasi dilakukan sehingga kenaikan skor pengetahuannya tidak terlalu banyak. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penambahan pengetahuan guru dapat dilakukan melalui psikoedukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kesulitan yang dimiliki guru.

Not all of preschool teachers apply the habit of saying please, sorry, thank you (TOMAT) in their daily life. Other than not having the habit of saying TOMAT, participants also found not having enough knowledge on how to instill the habit on saying it. Therefore, the purpose of this study is to know the effectivity of psychoeducation to increase teacher’s knowledge with the total of participant included in this study is seven teachers (n=7). Psychoeducation’s effectivity can be known through comparing scores between before and after the psychoeducation. Wilcoxon Signed Ranks Test is used as the method to test effectivity where significant result (p<0,05) is found on pre-test – post-test 1 and post-test 1 – post-test 2. This result indicating that psychoeducation used in this study is effective to increase teacher’s knowledge. The psychoeducation can still influence teacher’s knowledge even after some times. Some participants already have enough knowledge on the habit of saying TOMAT therefore even after psychoeducation, the increase in their knowledge score is not too much. This study implicates that the increase of teacher’s knowledge can be done through psychoeducation that is suitable with the need or the difficulty the teachers have."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Ria Sutjonong
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari workshop yang dirancang untuk meningkatkan efikasi diri guru TK dalam kemampuan mengajar secara kreatif. Workshop ini dilakukan kepada 60 guru TK yang berasal dari beberapa kota di Indonesia secara daring. Penelitian ini menggunakan dasar teori empat sumber efikasi diri dari Bandura dan teori experiential learning dari Kolb. Pemilihan subjek menggunakan teknik accidental sampling. Workshop dilakukan sebanyak 6 sesi dalam waktu 2 hari. Desain penelitian yang digunakan adalah before and after study design untuk membandingkan perolehan skor kelompok (tanpa grup kontrol) sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Teaching for Creativity Scales (Rubenstein et al., 2013) dengan mengambil salah satu dimensinya yaitu efikasi diri guru. Dari 60 peserta awal workshop, terdapat 38 data peserta yang dapat diolah menggunakan metode Repeated-Measures ANOVA. Penarikan kesimpulan penelitian ini dilihat dari nilai Sig Greenhouse-Geisser (0.000 < 0.05) dan perbedaan skor rata-rata kelompok yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai efikasi diri guru TK mengenai kemampuan mengajar kreatif setelah diberikan intervensi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa workshop yang dilakukan efektif untuk meningkatkan efikasi diri guru TK dalam kemampuannya mengajar secara kreatif.

This study aims to examine the effectiveness of a workshop designed to increase kindergarten teachers’ self-efficacy regarding their creative teaching abilities. The workshop was conducted online for 60 kindergarten teachers from several cities in Indonesia. This study uses the theoretical basis of the four sources of self-efficacy from Bandura dan Kolb’s experiential learning. Subjects were selected using the accidental sampling technique. This workshop was conducted in 6 sessions for 2 days. The research design used in this study is a before and after study design (without a control group) to compare the group scores before and after the intervention. The research instrument used is the Teaching for Creativity Scales (Rubenstein et al., 2013) by taking one of the dimensions, which is teacher self-efficacy. From the initial 60 participants, there were only 38 participants’ data that could be processed using the Repeated-Measures ANOVA method. The conclusion of this research is seen from the value of Sig Greenhouse-Geisser (0.000 < 0.05) and the difference in the group average score, which shows that there is a significant difference in the self-efficacy score of kindergarten teachers regarding their creative teaching ability after the intervention. Thus, it can be concluded that the workshop is effective to increase the self-efficacy of kindergarten teachers regarding their ability to do creative teaching"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhiya Alhuda
"Penelitian ini membahas Implementasi dari Program Pelatihan untuk Guru TK/PAUD dengan studi kasus pada Program Pelatihan Semai Benih Bangsa yang diselenggarakan oleh Indonesia Heritage Foundation. Dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, penelitian ini ingin menggambarkan bagaimana tahapan, metode, dan prinsip yang dilakukan dalam program pelatihan. Penelitian ini juga ingin menggambarkan faktorfaktor yang mendukung serta menghambat efektivitas pelatihan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Pelatihan Semai Benih Bangsa melalui tahap-tahap pelatihan dengan menjalankan prinsip-prinsip pelatihan dalam metode-metode yang digunakan untuk mencapai tujuannya. Kemudian, dalam implementasinya, terdapat faktor pendukung dan penghambat dari sisi internal dan eksternal organisasi yang mempengaruhi efektivitas pelatihan. Penilitian ini juga akan memberikan rekomendasi kepada IHF, Divisi Pelatihan IHF, Divisi Penelitian dan Pengembangan, Trainer, sekolah peserta, dan para peserta pelatihan agar implementasi program ini dapat berjalan efektif.

This research is discussing the implementation of training for pre-school and kindergarten with the study case of Semai Benih Bangsa Training Program held by Indonesia Heritage Foundation. By using descriptive type of qualitative approach, this research is trying to depict the steps, methods, and the principle that been done in the training program and also to find out any supporting and inhibiting factors to the training effectiveness. This research brought the result that The Semai Benih Bangsa Training Program been through the training steps using the training principle applied in the methods in the process of reaching its goals. Also, in the implementation, there are supporting and inhibiting factors that divided into internal and external factors that affect the effectivity of the training. This research also gives recommendations to IHF, Training Division, Research and Development Division, the trainers, the school of the participants, and the participants itself to increase the effectiveness of this program implementation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library