Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Afham Ramadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Paparan getaran pada tubuh manusia memiliki dampak pada kesehatan dalam jangka waktu panjang yang salah satunya adalah getaran ketika berkendara. Penelitian ini adalah perancangan sistem pemandu kecepatan untuk kenyamanan berkendara dengan mengukur paparan getaran berdasarkan besar kecepatan dan bentuk permukaan jalan berdasarkan metode whole-body vibration getaran seluruh tubuh . Ruang lingkup perancangan sistem akuisisi data meliputi penyimpanan data sensor accelerometer ,vibration dan kecepatan. Dengan demikian bisa didapatkan besar nilai paparan getaran seluruh tubuh Whole-Body Vibration Exposure yang akan menjadi rekomendasi untuk mengkondisikan kecepatan kendaraan yang sesuai dengan bentuk permukaan jalan.
ABSTRACT
Vibration exposure on the human body has an impact on health in the long term, one of which is a vibration when driving. This study is the system design of vehicle guidance system for driving comfort by measuring the vibration exposure based on great speed and shape of the road surface based on the method of whole body vibration whole body vibration . The scope of the data acquisition system design includes accelerometer sensor data storage, vibration and speed. Thus can be obtained great whole body vibration exposure value Whole Body Vibration Exposure which will be on conditioning the vehicle speed corresponding to the shape of the road surface.
2016
T47324
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anis Rohmana Malik
Abstrak :
Musculoskeletal disorders (MSDs) merupakan cedera dan gangguan yang mempengaruhi pergerakan tubuh manusia atau sistem muskuloskeletal. Salah satu penyebab dari keluhan MSDs adalah getaran (whole body vibration). Driver ojek online yang mempunyai aktivitas berkendara setiap hari mempunyai risiko untuk terpajan getaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pajanan getaran (whole body vibration) dan keluhan MSDs pada driver ojek online di Jakarta tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah driver ojek online region Jakarta, dengan total sampel sebanyak 42 orang untuk menggambarkan keluhan MSDs dan 30 orang untuk menganalisis hubungan antara whole body vibration dengan keluhan MSDs. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Nordic Body Map and vibration meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah tersering yang mengalami keluhan MSDs pada pekerja driver ojek online adalah pinggang bawah (76,2%), pantat (78,6%), bahu kanan (47,6%), bahu kiri (47,6%), dan pergelangan tangan kanan (45,2%). Pada penelitian ini diketahui bahwa usia, IMT, masa kerja, durasi pajanan kerja, frekuensi kerja, dan whole body vibration belum cukup berpengaruh dalam menyebabkan keluhan MSDs.
Musculoskeletal disorders (MSDs) are injuries and disorders that affect the movement of the human body or the muculoskeletal system. One of the causes of musculoskeletal disorders complaints is vibration. Online motorcycle drivers who drive every day have the risk to exposed by vibration. This study aimed to analyze the relationship between vibration exposure, especially whole-body vibration and musculoskeletal disorder (MSDs) complaints on online motorcycle drivers in Jakarta, 2019. This research is a quantitative study using a cross-sectional study design. Respondents were Jakartas Online motorcycle drivers, with the total number of samples was 42 drivers to describe the musculoskeletal disorders complaints and 30 drivers to analyze the relationship between whole body vibration and musculoskeletal disorders. Data was collected by the Nordic Body Map questionnaire and vibration meter. The results showed that the most pain complaints found in the upper buttocks (76.2%), lower buttocks (78,6%), right shoulder (47,6%), left shoulder (47,6%), and right wrist (45,2%). There was no a significant relationship between age, body mass index, working period, exposure duration, working frequency, and whole body vibration with musculoskeletal disorders complaints.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T54206
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viky Muruatut Toyyibah
Abstrak :
Kondisi lingkungan di pintu tol yang buruk membuat operator berpotensi merasa tidak nyaman sehingga mempengaruhi performa kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh polusi udara, kebisingan, dan getaran yang dianggap sebagai faktor lingkungan paling mengganggu, dengan menggunakan peralatan Haz dust IV, Noise Dosimeter, HVM 100, time study, dan kuisioner. Dengan menggunakan metode statistik regresi linear berganda, diperoleh ketiga faktor lingkungan berbanding lurus dengan waktu transaksi operator (time study), dimana polusi udara merupakan faktor yang paling signifikan secara statistik diikuti oleh getaran dan kebisingan. ...... The poor environment will make the toll booth operators feel uncomfortable so that affect their performance. The research objective is to analyze the effect of air pollution, traffic noise, and vibration considered as the most disturbing factors by using Haz dust IV, Noise Dosimeter, HVM 100, time study, and questionnaire as the tools. By using multiple regression linear analysis, obtained the relationship of the environmental factors and transaction time (time study) is linear in which air pollution is the most significant factor, followed by vibration and noise respectively.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book describes the modelling and optimisation of vibration reduction systems in an integrated fashion using nonlinear equations of motion. It proposes an effective optimisation method for determining the basic characteristics of the non-linear visco-elastic elements used in passive vibration reduction systems. In the case of semi-active and active vibration isolators, a design process of the advanced control systems is proposed that makes possible to optimise the controller settings relatively to the selected vibro-isolation criteria. The approach developed here is subsequently tested by means of experimental investigations conducted on various sample vibration reduction systems: passive, semi-active and active.
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20509275
eBooks  Universitas Indonesia Library