Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gusti Raditia Madya
"Effort estimation perlu dilakukan dalam proses pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan Scrum. Hal tersebut untuk menentukan waktu yang diperlukan oleh tim pengembang untuk menyelesaikan user stories dan juga menentukan tingkat kompleksitas sprint yang akan dijalankan. Estimasi yang tidak akurat dapat berdampak user stories pada sprint sebelumnya harus dibawa kembali ke sprint berikutnya, pembengkakan anggaran, keterlambatan pengiriman proyek, serta perkiraan jadwal yang salah. Penelitian ini merancang suatu alur metode yang selanjutnya dinamakan PREP, yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketepatan proses estimasi yang berfokus pada peningkatan kualitas user stories. Rancangan PREP dievaluasi dengan melihat penurunan jumlah bugs dan penghitungan akurasi estimasi dengan Balanced Relative Errorbias (BREbias). Implementasi PREP menunjukkan hasil pengurangan bugs dari 46,7% menjadi 15,9% dan meningkatkan akurasi estimasi sebesar 23,63%. Hasil validasi PREP menunjukkan tren yang positif untuk aspek kesukaan/sukacita (delight), tingkat usaha (effort), dan tingkat penerapan (functionality), tetapi memerlukan waktu dan pemahaman yang tinggi untuk mengimplementasikannya.

Effort estimation needs to be done in the software development process using Scrum. This is to determine the time needed by the development team to complete user stories and determine the level of complexity of the sprint. Inaccurate estimates can result in user stories from the previous sprint having to be carried over to the next sprint, budget overruns, project delivery delays, and incorrect schedule estimates. This study designed a method, referred to as PREP, which can be used to improve the accuracy of the estimation process that focuses on improving the user stories' quality. The PREP design is evaluated by looking at the reduction in the bugs amount and calculating the accuracy of the estimate with Balanced Relative Error bias (BREbias). The implementation of PREP shows the results of reducing bugs from 46.7% to 15.9% and increasing the estimation accuracy by 23.63%. The results of the PREP validation show a positive trend for aspects of delight, effort, and functionality, but require a lot of time and understanding to implement them."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Erly Bahsan
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40246
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewangga Respati
"Pada tahun 2010 terjadi peningkatan level organisasi SI/TI di SKK Migas menjadi Divisi MSI. Dengan keragaman arsitektur dan teknologi yang dimiliki oleh tiap SI di SKK Migas, maka Service Oriented Architecture SOA dipilih menjadi konsep integrasi. Salah satu permasalahan yang menjadi penyebabnya adalah belum adanya standar pengembangan SI berbasis SOA di SKK Migas. Penelitian ini akan membuat strandard pengembangan SI berbasis SOA di SKK Migas untuk membantu mengatasi permasalahan ini di SKK Migas. Penelitian ini menggunakan scrum sebagai acuan dalam membuat rekomendasi standar pengembangan SI di SKK Migas. Rekomendasi standar pengembangan SOA dibuat dengan mengacu ke model yang dibuat oleh Thomas Erl. Untuk integrasi antara standar pengembangan SI dan SOA di SKK Migas, digunakan penelitian dari Vamshi Kiran Gireddy dan Andrew P. Ciganek dengan judul ldquo;Implementing A SOA Using Scrum: Achieving Improved Productivity Using Service Trees rdquo;. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi standar pengembangan SI di SKK Migas. Hasil kedua dari penelitian ini adalah standar pengembangan SOA di SKK Migas. Standar integrasi antara pengembangan SI dan SOA diatur melalui 3 prosedur yaitu pendefinisian user stories service tree, pendefinisian jadwal sprint user stories dan service, dan review user stories service tree dan jadwal sprint.

In 2010, there is an increment of IS IT organization level at SKK Migas become centralized in MSI Division. Based on the heterogeneity of architecture and technology of IS in SKK Migas, service oriented architecture SOA have been chosen as the integration concept. Main cause of problem in SKK Migas is that there is no standard in SKK Migas for IS development based on SOA. This research will use scrum as a reference of IS development standard in SKK Migas. SOA development standard will use model from Thomas Erl as the reference. Research from Vamshi Kiran Gireddy and Andrew P. Ciganek named ldquo Implementing A SOA Using Scrum Achieving Improved Productivity Using Service Trees rdquo will be used as reference for integration of development standard of IS and SOA in SKK Migas. This research produce recommendation for IS development standard in SKK Migas. Other result of this research is SOA development standard in SKK Migas. Integration of IS and SOA development standard in SKK Migas consist of 3 process, definition of user stories service tree, schedule definition of user stories and service sprint, and review of user stories service tree and sprint schedule."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Amir Perdana
"ABSTRAK
Permasalahan paling dominan yang dialami sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah pembiayaan. Crowdfunding adalah cara baru untuk mendapatkan pendanaan melalui internet. Berdasarkan pengamatan, hampir semua reward-based crowdfunding di dunia ditujukan untuk kampanye industri kreatif, sehingga reward-based crowdfunding diyakini mampu membantu perkembangan industri kreatif di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan rancangan situs web reward-based crowdfunding yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Pendekatan Lean Product Process, yang merupakan pengembangan dari Lean Startup, digunakan untuk mendapatkan rancangan situs web yang tepat. Terdapat enam tahapan pada kerangka kerja Lean Product Process dengan masing-masing metode yang berbeda disetiap tahapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Persona untuk menentukan target pengguna, Kano Model untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, Product Value Proposition untuk menentukan nilai tambah, User Stories untuk menentukan fitur set MVP, User Experience Design Framework untuk membuat rancangan purwarupa, dan Usability Testing untuk menguji purwarupa. Penelitian ini melakukan dua kali iterasi. Pada iterasi pertama diperoleh rancangan situs web clickable mockup, sedangkan pada iterasi kedua diperoleh rancangan situs web interactive prototype.

ABSTRACT
The most dominant problem experienced by sub sector of creative economy in Indonesia is funding. Crowdfunding is a new way to get funds via internet. Based on observations, almost all of the world 39 s reward based crowdfunding is intended for creative industry campaigns, so reward based crowdfunding is believed to help the development of creative industry in Indonesia. The purpose of this research is to get the design of reward based crowdfunding website that suits user needs in Indonesia. The Lean Product Process approach, which is the development of Lean Startup, is used to get the appropriate website design. There are six stages in the Lean Product Process framework with different methods in each stage. The methods used in this study were Persona to determine user target, Kano Model to identify user needs, Product Value Proposition to determine the added value, User Stories to determine the feature set of MVP, User Experience Design Framework to create prototype design, and Usability Testing to test the prototypes. This study conducted two time iteration. In the first iteration, website design of clickable mockup was obtained, while in the second iteration web site design of interactive prototype was obtained."
2017
T48666
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library