Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frans Asisi Datang
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Vitri Mardiati
"Kemampuan kognitif yang dimiliki kanak-kanak madya sudah jauh lebih kompleks dibandingkan anak usia prasekolah, namun belum mencapai kemampuan kognitif di usia remaja. Menurut teori perkembangan kognitif Piaget kanak-kanak madya telah masuk dalam tahap perkembangan concrete operational. Pada tahap ini anak sudah mampu membuat penalaran pada konsep konkret, salah satunya adalah makanan. Idealnya anak di tahap usia ini sudah membangun konsep makanan yang jauh lebih logis karena kemampuan kognitif di tahap ini adalah membuat penalaran yang sifatnya logis atau rasional. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep makanan yang dianalisis dengan teori perkembangan kognitif piaget.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggali informasi dari 4 orang kanak-kanak madya dan ibu dari masing-masing anak tersebut. Analisis dilakukan berdasarkan masing-maisng karakteristik kemampuan kognitif Piaget.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kemampuan kognitif yang muncul saat anak menjelaskan konsep makanan adalah klasifikasi, kausalitas, transformasi, decenter, less egocentrism, dan reversibility, namun masih ditemukan tiga karakteristik yang ada di tahap perkembangan preoperasional yaitu centering, semilogical reasoning dan symbol dan sign. Hasil penelitian juga menemukan keterkaitan antara konsep makanan dengan kepercayaan yang termasuk dalam sociocentric. Ada dua faktor yang mempengaruhi konsep makanan yaitu sosial terutama ibu dan active experienc yang berasal dari eksplorasi anak terhadap makanan.

The cognitive abilities of middle childhood are much more complex than preschoolers, but have not achieved cognitive abilities in adolescence. According to the theory of cognitive development Piaget middle aged children have entered the stage of development of concrete operational. At this stage the child is able to make reasoning on concrete concepts, one of which is food. Ideally a child at this stage of age has already developed a more logical concept of food because the cognitive ability at this stage is to make logical or rational reasoning. Therefore, this study aims to explore the concept of food that is analyzed based on Piaget cognitive developmental theory.
This study is a qualitative study that digs information from 4 middle childhood and their mother. The analysis based on Piaget cognitive capability characteristics.
The results that the characteristics of cognitive abilities that emerged when the child explained the concept of food is classification, causality, transformation, decenter, less egocentrism, and reversibility, but still found three characteristics that exist in preoperational that is centering, semilogical reasoning and symbol and sign. The results also found an association between the concept of food and beliefs that are included in sociocentric. There are two factors that influence the concept of food that is social especially mother and active experience from children rsquo s exploration of food.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Purnama Sari
"Asuhan keperawatan yang komprehensif memerlukan fungsi dan peran profesi ners spesialis untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang keperawatan. Pendidikan profesi ners spesialis keperawatan medikal bedah peminatan imunologi melatih kompetensi dalam pengelolaan asuhan keperawatan kasus gangguan sistem imunologi HIV yang disertai infeksi oportunistik, melatih pengembangan intervensi keperawatan berbasis fakta ilmiah melalui implementasi Evidence based Nursing (EBN), melatih penyusunan dan pelaksanaan proyek inovasi keperawatan. Pengelolaan asuhan keperawatan pada 1 kasus utama pasien Efusi Pleura dengan TB Paru pada HIV dan 30 resume kasus HIV dengan infeksi oportunistik dimana presentase paling banyak ditemukan secara berurutan adalah Candidiasis oral, Diare, TB Paru, Pneumonia, TB limfadenopathy, Kondiloma akuminata, dan Anemia. Penerapan teori model adaptasi Roy pada asuhan keperawatan pasien HIV meningkatkan mekanisme koping yang adaptif dalam merespon perubahan stimulus mode adaptasi. Penerapan teori model kognitif sosial Bandura menekankan pengkajian pada faktor individu, perilaku dan lingkungan yang saling mempengaruhi dalam perawatan HIV/ AIDS. Sedangkan pada evaluasi implementasi EBN, didapatkan intervensi breathing exercise yang dapat meningkatkan kualitas tidur pasien HIV/AIDS secara efektif. Proyek inovasi VOSIL SPARTAN dilaksanakan sebagai upaya pencegahan infeksi oportunistik (IO) dan peningkatan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) pada pasien HIV/ AIDS. Hasil inovasi keperawatan berupa edukasi memanfaatkan teknologi QR code meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan infeksi oportunistik dan PHBS secara efektif.

Comprehensive nursing care requires the function and role of the specialist nurse profession to improve the quality of services in the nursing field. Professional education for nurses specializing in medical surgical nursing specializing in immunology trains competency in managing nursing care in cases of HIV immunological system disorders accompanied by opportunistic infections, trains the development of nursing interventions based on scientific facts through the implementation of Evidence Based Nursing (EBN), trains the organization and implementation of nursing innovation projects. Management of nursing care in 1 main case of Pleural Effusion patient with Pulmonary TB in HIV and 30 resumes of HIV cases with opportunistic infections where the highest percentages found in sequence were Oral Candidiasis, Diarrhea, Pulmonary TB, Pneumonia, TB lymphadenopathy, Condyloma acuminata, and Anemia. The application of Roy's adaptation model theory to nursing care for HIV patients increases adaptive coping mechanisms in response to changes in adaptation mode stimuli. The application of Bandura's social cognitive model theory emphasizes the study of individual, behavioral and environmental factors that influence each other in HIV/AIDS care. Meanwhile, in the evaluation of EBN implementation, it was found that breathing exercise interventions could effectively improve the sleep quality of HIV/AIDS patients. The VOSIL SPARTAN innovation project was implemented as an effort to prevent opportunistic infections (OI) and improve clean and healthy living behavior (PHBS) in HIV/AIDS patients. The results of nursing innovation in the form of education utilizing QR code technology increase knowledge and attitudes in preventing opportunistic infections and PHBS effectively."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library