Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lakhsmi Damayanti
"Dalam era perdagangan bebas, proses globalisasi akan mendorong negara-negara untuk dapat turut serta secara aktif dalam pasar bebas atau internasional dimana dunia menjadi satu unit ekonomi yang saling terkait sehingga suatu perusahaan dapat dengan mudah melakukan kegiatan bisnis dan bersaing melewati batas-batas nasional suatu negara. Suatu perusahaan dan suatu negara dapat menjadi pesaing bagi perusahaan di negara lain.
Oleh karena itu, untuk dapat bersaing di pasar internasional, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dituntut untuk memiliki tingkat efisiensi usaha yang tinggi, profesional serta tanggap terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan usahanya dengan merancang suatu strategi agar dapat memiliki daya saing.
PT Surveyor Indonesia (PT SI) sebagai salah satu BUMN yang bergerak pada bidang jasa survey, appraisal dan inspection juga tidak terlepas dari semua pengaruh lingkungan global. Untuk dapat bertahan dalam kompetisi global, strategi PT SI harus tanggap terhadap berbagai kemungkinan perubahan yang akan terjadi, dimana PT SI harus dapat melakukan penyesuaian strategi secara tepat dan cermat.
Untuk mengantisipasi hal diatas, PT SI akan melakukan turn around strategy atau pemulihan usaha kembali perusahaan terutama dalam aspek peningkatan pendapatan dan pengurangan biaya. Peningkatan pendapatan dilakukan bukan hanya dengan cara menurunkan fee namun juga meningkatkan kualitas sumber daya yang menjadi aset perusahaan.
Sedangkan pengurangan biaya dilakukan melalui efisiensi operasi dengan cara melakukan restrukturisasi organisasi secara keseluruhan, pengurangan biaya di bagian supporting Units, peningkatan operasi serta peningkatan produktivitas tenaga kerja.
Pada bulan November 2000, PTSI membentuk tim restrukturisasi untuk menyusun strategi restrukturisasi. Tujuan utama dari dibentuknya tim ini adalah untuk menyiapkan suatu rencana reformulasi strategi di segi keuangan dan organisasi agar perusahaan dapat tetap bertahan serta meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan.
Setelah dianalisa oleh tim restrukturisasi tersebut, kelemahan utama yang dimiliki PT Surveyor Indonesia adalah kelemahan yang bersifat internal. Hal inilah yang kemudian harus dibenahi agar perusahaan dapat beroperasi dengan optimal untuk mendapatkan revenue yang lebih baik. Usaha pemulihan kondisi perusahaan tersebut dilakukan dengan proses turn around, yang dilakukan melalui beberapa tahap sampai pada akhirnya dapat menjadikan PT Surveyor Indonesia yang dapat berkompetisi lebih baik di industri surveyor, inspection dan appraisal.
Upaya-upaya yang dilakukan menekankan pada eflsiensi biaya non operasional juga pada pengembangan konsep pemasaran dan pemilahan tugas divisi-divisi serta biro biro pendukung juga cabang-cabang sebagai ujung tombak perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
T1366
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carolina Christophyllia Radjawane
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab financial distress pada perusahaan alih daya DPS dan bagaimana perusahaan menerapkan strategi turnaround untuk mencapai target kinerjanya. Strategi turnaround yang diterapkan meliputi restrukturisasi operasional, restrukturisasi keuangan, reposisi strategis, dan pergantian kepemimpinan. Untuk mengukur dampak dari strategi turnaround, penelitian ini menggunakan rasio keuangan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan dan Altman Z-score untuk mengukur risiko kebangkrutan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif studi kasus yang menganalisis data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur secara mendalam dengan manajemen senior perusahaan, serta memeriksa laporan dan dokumentasi perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal menjadi penyebab utama menurunnya kinerja keuangan perusahaan. Dengan penerapan strategi turnaround yaitu perubahan manajemen, peningkatan modal kerja dan restrukturisasi keuangan, pengurangan biaya, dan perolehan pendapatan operasional, hasilnya menunjukkan peningkatan kinerja dalam profitabilitas, likuiditas, manajemen aset, dan Altman Z-score. Namun, perusahaan diperkirakan masih berada dalam posisi rugi bersih dan belum sepenuhnya bebas dari risiko kebangkrutan hingga akhir tahun 2024, oleh karena itu, perusahaan sebaiknya terus menerapkan strategi turnaround secara konsisten untuk mencapai laba bersih yang positif dan berkelanjutan serta pertumbuhan dalam jangka panjang.

This study aims to analyze the causes of financial distress in an outsourcing company DPS and how the company implements the turnaround strategies to achieve its performance target. The turnaround strategies implemented include operational restructuring, financial restructuring, strategic repositioning, and leadership change. To quantify the impact of the turnaround strategy, this study employs the financial ratio to measure the company's financial performance and uses the Altman Z-score to measure the company’s bankruptcy risk. This study employs a qualitative case study approach, analyzing both quantitative and qualitative data gathered through in-depth semi-structured interviews with the company's senior management, as well as through examination of the company’s reports and documentation. Analysis results show that internal factors are the major cause of the company’s decline in financial performance. With the implementation of turnaround strategies i.e. management change, working capital improvement and financial restructuring, cost reduction, and operational-revenue generation, results show performance improvement in profitability, liquidity, asset management, and Altman Z-score. However, the company is expected to remain in a net loss position and not yet entirely free from the risk of bankruptcy by the end of 2024, therefore, management should maintain a consistent approach in implementing the turnaround strategy to achieve positive net profits and long-term sustainable growth."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library