Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Vikri
"Studi ini mengkaji tentang strategi penanganan stres siswa dengan melihat aspek kontrol diri, harga diri dan dukungan sosial selama menjalani BDR di SMAN 5 Kota Depok. Latar belakang penelitian ini adalah siswa memiliki kerentanan stres karena berada pada fase transisi dari remaja menuju tahap dewasa. Selain itu, semenjak Bulan Maret 2020 terdapat peralihan dari belajar luring menjadi belajar secara daring atau BDR, hal ini menuntut guru dan siswa untuk beradaptasi. Pada kondisi ini, terdapat kemampuan individu yaitu kontrol diri dan harga diri dan kemampuan dukungan sosial yaitu dari keluarga, sekolah dan teman dalam strategi penanganan stres. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat stressor berasal dari lingkungan sosial dan tiga stressor dari internal. Pada penelitian ini ditemukan strategi penanganan stres siswa pertama oleh kontrol diri dapat menangani stressor ketergantungan pada peran guru dan tekanan akademik tinggi ketika BDR. Kedua dengan harga diri pada stressor kesulitan adaptasi belajar selama BDR dan terbatasnya ruang diskusi ketika BDR. Ketiga adalah dukungan sosial yaitu oleh orang tua menangani stressor persepsi negatif terhadap diri sendiri selama BDR, dukungan sosial oleh sekolah dapat menangani stressor kesulitan adaptasi belajar selama BDR, tekanan akademik tinggi ketika BDR, perubahan pola keseharian ketika BDR dan kurang keahlian berkomunikasi dengan guru dan teman ketika BDR. Terakhir dukungan sosial teman dapat menangani kurang keahlian berkomunikasi dengan guru dan teman ketika BDR.
This study examines students' stress management strategies by looking at self-control, self-esteem, and social support during SFH at SMAN 5 Kota Depok. This research's background is that students have stress vulnerability because they are in the transition phase from adolescence to adulthood. Since March 2020, there has been a transition from offline learning to online learning or SFH; this requires teachers and students to adapt. There are individual abilities in this condition, namely self-control and self-esteem and social support abilities, namely from family, school, and friends in stress management strategies. This research uses qualitative research with in-depth interview techniques.This study indicates that there are four stressors from the social environment and three from internal stressors. In this study, it was found that the first student stress management strategy by self-control was able to deal with the stressors of dependence on the role of teachers and high academic pressure when SFH. Second, with self-esteem on stressor learning adaptation difficulties during SFH and limited discussion space during SFH. The third is social support, namely by parents handling negative perceptual stressors of themselves during SFH, social support by schools can handle stressors of learning adaptation difficulties during SFH, high academic pressure during SFH, changes in daily patterns when SFH, and lack of communication skills with teachers and friends when SFH. Finally, social support by friends can handle the lack of communication skills with teachers and friends during SFH."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andita Linati Putri
"Sektor jasa konstruksi merupakan salah satu sektor terpenting yang memberikan kontribusi terbesar dalam pembangunan nasional namun untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kinerja organisasi perusahaan yang baik. Kinerja yang baik merupakan indikator unggulnya perusahaan, pengukuran kinerja dianggap penting untuk mengevaluasi pengendalian perusahaan sehingga membantu menetapkan standar, memajukan, dan mengoptimalkan kinerja organisasi. Dengan mengintegrasikan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, dan K3 kedalam satu sistem manajemen yang terpadu, dapat memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen sehingga lebih mudah mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Mengintegrasikan ketiga sistem tersebut tidak luput dari risiko dalam integrasi proses sehingga dibutuhkan pengendalian risiko secara prefentif dan korektif yang mungkin juga akan mempengaruhi kinerja organisasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi pengendalian risiko dan kinerja organisasi. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi kasus dengan kuesioner dan validasi konten serta konstrak. Hasil penelitian merupakan analisis skala prioritas strategi pengelolaan risiko secara prefentif dan korektif dalam jasa konstruksi kontraktor.
The construction sector is one of the most important sectors that provide the largest contribution to national development, but to achieve so a good corporate organizational performance is required. Good performance is an indikator of a company's superiority, performance measurement is considered important for evaluating company controls so that it helps to set standards, advance, and optimize organizational performance. By integrating the Quality Management System, Environment, and OHS into one integrated management system, it can make it easier for companies to improve the quality of the management system so that it is easier to achieve goals effectively and efficiently. Integrating the three systems does not escape risks in process integration so that preventive and corrective risk control is needed which may also affect the company's organizational performance. This study aims to determine the relationship between risk control strategies and organizational performance. The research method used is a case study with a questionnaire and content validation and construct. The result of this research is the priority scale analysis of preventive and corrective measures in the integrated management systems of construction services."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yusuf Nugroho
"Upaya untuk memperkecil resiko negatif dalam suatu proyek menjadi tugas berat bagi jajaran manajer. Biaya kontinjensi sebagai cadangan keuangan dalam menghadapi resiko perlu diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu sedikit yang berakibat pada kerugian finansial dan juga tidak terlalu tinggi berakibat pada mahal dan tidak atraktifnya harga proposal. Bersamaan dengan upaya menurunkan biaya kontinjensi, terdapat pula kenaikan biaya penanganan resiko. Dihadapkan pada hubungan berbanding terbalik tersebut, jajaran manajer diharuskan melakukan pengaturan kontinjensi dan biaya penanganan resiko sehingga dengan anggaran yang terbatas dapat dicapai kombinasi yang optimal, terlebih untuk mengelola jumlah resiko yang tidak sedikit. Melalui studi ini, sebuah model matematika dikembangakan dengan memadukan fungsi matriks resiko dan algoritma Particle Swarm Optimization PSO. Hasilnya menunjukkan bahwa PSO dapat menyelesaikan problema minimisasi anggaran tanpa melanggar batasan yang ditetapkan. Selain itu, model yang diajukan pun dapat menjadi rekomendasi untuk pemilihan strategi penanganan resiko.
Reducing negative risk and the associated contingency cost in a project becomes a challenging task for managers. Inadequate and excessive contingency can lead to budget overrun and bidding loss, respectively. In the other hand, lowering the contingency also needs risk handling cost which will, in turn, be added to project budget. Within limited budget, managers should make an optimum adjustment between reduction of contingency and the increase of risk handling cost from multiple risk items with different levels. This study proposes a mathematical model in combination with risk matrix function and performed the computation using Particle Swarm Optimization PSO algorithm. The computation result demonstrated that PSO could solve the adjustment problem without any violation to the model rsquo s constraints. Besides minimizing risk contingency while keeping total budget at lowest amount, the proposed model could also provide recommendations for appropriate risk response strategy either acceptance, mitigation, transference or avoidance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T49133
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Achmad Nurcholis
"Perusahaan Kontraktor merupakan salah satu bisnis usaha yang memiliki peran penting dalam pembangunan Indonesia. Sebagai suatu bisnis usaha, Perusahaan Kontraktor memiliki kerentanan dalam menghadapi risiko. Sehingga Konsep Business Continuity Management diperlukan oleh Perusahaan Kontraktor dalam manajemen risiko perusahaan untuk melindungi proses bisnisnya dan mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan beberapa prinsip BCM yaitu Analisis Risiko, Dampak Bisnis, dan Strategi Penanganan pada PT. X.
Metode yang digunakan adalah Wawancara Mendalam, sehingga didapatkan temuan sembilan risiko yang dianggap signifikan. Salah satu yang paling signifikan adalah Krisis Moneter. Risiko ini memiliki dampak pada beberapa fungsi bisnis yang akan berpengaruh pada proses bisnis perusahaan. Analisis Dampak Bisnis serta strategi penanganan yang dapat dilakukan agar fungsi bisnis tetap dapat berjalan, dilakukan sesuai dengan konsep BCM.
The Contracting Company is one of the business enterprises that has an important role in Indonesia's development. As a business, the Contracting Company has a vulnerability in dealing with risk. So that the Business Continuity Management Concept is needed by Contracting Companies in corporate risk management to protect their business processes and achieve company goals. This research was conducted to apply several BCM principles, namely Risk Analysis, Business Impact, and Handling Strategy at PT. X. The method used was in-depth interviews, so that the findings of nine risks were found to be significant. One of the most significant is the Monetary Crisis. This risk has an impact on several business functions that will affect the company's business processes. Business Impact Analysis and handling strategies that can be carried out so that business functions can still be run, carried out in accordance with the BCM."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yasmin Fauzie Aldjufri
"
ABSTRAKKrisis adalah suatu hal yang lumrah dialami oleh suatu perusahaan. Krisis dapat membuat citra positif serta reputasi suatu perusahaan menurun. Sebagai humas harus dapat menangani krisis jika hal tersebut melanda perusahaan. Di dalam jurnal ini akan dibahas mengenai krisis isu minyak babi yang melanda perusahaan PT. Sinar Solaria berdasarkan tahapan manajemen krisis menurut Steven Fink, serta strategi penanganan krisis menurut Iriantara yang diterapkan oleh PT. Sinar Solaria dalam menangani krisis yang melanda, serta bagaimana tindakan humas dalam mengembalikan citra positif dan reputasi baik dari perusahaan. PT. Sinar Solaria dalam menangani krisis sudah menerapkan anatomi empat tahapan yang dikemukakan oleh Steven Fink dan menerapkan strategi penanganan krisis menurut Iriantara dengan baik. Hal tersebut berdampak positif bagi perusahaan PT. Sinar Solaria karena humasnya mempublikasikan mulai masalah dan proses penanganannya. Tindakan humas tersebut membuat PT. Sinar Solaria bangkit dari krisis yang melanda.
ABSTRACTCrisis is a common thing when it comes to a company. Crisis able to turn down company‟s positive image and reputation. As the PR should be able to handle the crisis that strike the company. This journal will examine the crisis of pig oil issue that happened in PT. Sinar Solaria based on Crisis Stage Management from Steven Fink and crisis handling refers to Iriantara which PT. Sinar Solaria had putted into practice. Moreover, actions from the public realtions side to recover the company‟s image and reputation will be explained in this journal too. PT. Sinar Solaria in dealing with the crisis is to apply the anatomy of four phases proposed by Steven Fink and implement crisis management strategies according Iriantara well. It had a positive impact for PT. Sinar Solaria because the PR publish the problem and the process to handle the problem. The PR actions makes PT. Sinar Solaria survive from the crisis."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library