Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Q. Reynaldo Regent Effendy
"Penelitian ini merupakan upaya rekonstruksi Stasiun Kereta Api Sukabumi, Jawa Barat, pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 dalam perspektif arkeologi industri. Kajian arkeologi industri adalah salah satu kajian arkeologi yang menekankan interpretasi pada tinggalan industri masa lampau dengan memberikan konteks sosial, ekonomi, dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data, pengolahan data, analisis data (analisis bentuk dan kontekstual), dan interpretasi. Hasil penelitian ini adalah kegiatan operasional perkeretaapian di dalam Stasiun Kereta Api Sukabumi berdasarkan hubungan keletakan antar bangunan. Pada stasiun ini juga menggambarkan adanya pembagian kelas sosial penumpang. Stasiun ini berperan dalam perantara mobilisasi masyarakat dan distribusi barang serta komoditi perkebunan teh sekitar. Stasiun ini juga andil dalam industri pariwisata di Sukabumi. Keberadaan stasiun ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat pada masa Hindia Belanda yang hendak ke Kota Sukabumi.
This research is an effort to reconstruct the Sukabumi Railway Station, West Java, in the late 19th to early 20th centuries in industrial archaeology perspective. The study of industrial archeology is one of the archaeological studies that emphasizes the interpretation of the industrial heritage of the past by providing social, economic, and technological contexts. The research method used includes data gathering, data processing, data analysis (form and contextual analysis), and interpretation. The results of this study are the railway operational activities in the Sukabumi Railway Station based on the location relationship between buildings. At this station also illustrates the existence of a social class division of passengers. This station has a role in community mobilization and distribution of goods and commodities from surrounding tea plantations. This station also has role in the tourism industry in Sukabumi. The existence of this station made easy for people during the Dutch East Indies era who wanted to go to Sukabumi City."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Mei Ling
"Kawasan Manggarai, yang berada di pusat kota Jakarta dengan lokasi sangat strategis dan mudah diakses. Hal tersebut menjadikan Kawasan Manggarai ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Ekonomi Provinsi DKI Jakarta dengan arah pengembangan kawasan perdagangan, jasa, serta stasiun terpadu dan titik perpindahan beberapa moda transportasi dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Sebagai kawasan Strategis Ekonomi Provinsi DKI Jakarta, pastinya pada Kawasan Manggarai terdapat banyak pekerja/ karyawan yang berdatangan berbagai tempat untuk melakukan aktivitas produktif dari pagi hingga sore bahkan malam. Mayoritas dari mereka pastinya melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum, sehingga mereka harus menghadapi “rush hour” pada saat jam pergi dan pulang kerja yang kondisinya sangat ramai, padat, dan sesak setiap harinya. Maka dari itu, dibutuhkannya suatu fasilitas di sekitar Manggarai yang dapat meningkatkan kesejahteraan secara fisik maupun mental, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.
Manggarai is a strategic area located in the heart of Jakarta that is easily accessible. As a result of its strategic location and easy accessibility, Manggarai has been designated as one of the Economic Strategic Areas of DKI Jakarta Province, with development direction towards becoming a commercial and service area, as well as an integrated station and a hub for various modes of transportation with the concept of Transit Oriented Development (TOD). Inevitably, Manggarai attracts many workers from various places who engage in productive activities from morning until evening and even at night. Most of them travel using public transportation, which means they have to face the "rush hour" during commuting times, where the conditions are very crowded, dense, and congested every day. Therefore, there is a need for facilities around Manggarai that can enhance both physical and mental well-being, so that they can work more productively and have a better quality of life."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S8476
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dwiata Chandra Susatyo
"Perkembangan moda transportasi kereta api di Indonesia yang sedang berkembang pada saat itu juga harus diimbangi dengan perkembangan jalur kereta api untuk menjangkau seluruh tujuan. Stasiun Lampegan adalah salah satu stasiun kereta api pertama di Indonesia yang terletak di jalur KA manggarai-Padalarang, terletak di Desa Cibokor, kecamatan Cibeber, Cianjur. Stasiun kereta api ini dibangun oleh perusahaan kereta api SS Staats Spoorwegen pada periode 1879-1882 untuk melayani perjalanan kereta api jalur Jakarta-Bogor-Sukabumi-Bandung melalui Cianjur dan sebagai stasiun penjaga Terowongan Lampegan yang berada di dekatnya. Terowongan Lampegan adalah salah satu terowongan kereta api tertua di Indonesia. Terowongan ini membelah Gunung Kencana dan memiliki panjang 686 meter dan dibangun untuk mendukung jalur kereta api rute Bogor - Sukabumi - Bandung. Kini Stasiun ini hanya melayani Kereta api Siliwangi yang melayani jalur Sukabumi-Cianjur. Bangunan stasiun Lampegan merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang berasal dari masa kolonial. Pembangunan stasiun ini dilakukan untuk mempermudah proses distribusi komoditi dan moda transportasi para buruh.
The development of railway transportation mode in Indonesia that is being developed at that time must also be balanced with the development of the railway line to reach all destinations. Lampegan station is one of the first railway station in Indonesia, located on the railway line manggarai Padalarang, located in the village of Cibokor, Cibeber subdistrict, Cianjur. The train station was built by the railway company SS Staats Spoorwegen within the period of 1879 to 1882 to serve the train route from Jakarta Bogor Sukabumi Bandung through Cianjur and serves as Lampegan tunnel guard station. Lampegan tunnel is one of the oldest railway tunnel in Indonesia. This tunnel splits Kencana Mountain and has a length of 686 meters and was built to support the railway line Bogor Sukabumi Bandung. The station now serves only Siliwangi trains serving routes Sukabumi, Cianjur. Lampegan station building is one of the heritage buildings from the colonial period. Construction of the station is done to ease the process of distribution of commodities and modes of transport."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69733
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jaka Darmawan
"
ABSTRAKHindia Belanda memberikan banyak pengaruh terhadap Indonesia salah satunya dalam hal infrastruktur transportasi. Salah satu infrastruktur yang dibangun oleh Hindia Belanda adalah transportasi kereta api. Alasan pemilihan kereta api karena transportasi ini mampu mengangkut banyak muatan dan melakukan perjalanan jauh sehingga cocok untuk menjadi angkutan massal pada masa itu. Wilayah Lampung merupakan salah satu wilayah kekuasaan Hindia Belanda. Pada saat itu lampung merupakan wilayah yang digunakan sebagai lahan baru dan tempat investasi perkebunan yang memiliki nilai jual tinggi di pasar internasional. Untuk mempermudah alur distribusi produk perkebunan dibangunlah transportasi kereta api di Lampung. Jalur kereta api Panjang-Kertapati dibangun melintasi Lampung dari selatan menuju utara. Pada jalur tersebut, peletakan stasiun didasarkan pada kebutuhan wilayah sekitarnya sehingga komponen bangunan stasiun berbeda-beda. Komponen bangunan pada stasiun menentukan peran distribusi yang dilakukannya. Selain itu intensitas aktifitas distribusi dapat dilihat dari jumlah dan peletakan komponen bangunannya.
ABSTRACTThe Dutch East Indies gives much influence to Indonesia one of them in terms of transportation infrastructure. One of the infrastructure built by the Dutch East Indies is rail transport. The reason for the selection of trains because the transport is able to carry a lot of cargo and travel far so it is suitable to become mass transportation at that time. Lampung region is one of the territories of the Dutch East Indies. At that time, Lampung is an area used as a new land and plantation investment place that has high selling value in the international market. To facilitate the flow of distribution of plantation products was built rail transport in Lampung. The Panjang Kertapati railway line is built across Lampung from south to north. In that path, station laying is based on the needs of the surrounding area so that the station building component is different. The station building component determines the distribution role it performs. In addition, the intensity of distribution activities can be seen from the number and laying of building components."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alfisahr Ferdian
"
ABSTRAKStasiun kereta api merupakan salah satu pelayanan publik yang sudah seharusnya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memberikan evaluasi mengenai kinerja Stasiun UI berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang bersumber dari PM. 48 Tahun 2015. Selain membandingkan dengan SPM, evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil penelitian didapat bahwa sebagian besar fasilitas sudah memenuhi standar dan tingkat kesesuaian antara harapan dengan kinerja adalah sebesar 77% yang artinya pengguna stasiun secara keseluruhan merasa cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Stasiun UI.
ABSTRACTThe train station is a public service which should provide maximum service to the public. The study aims to provide evaluation of the performance of UI Station based on Minimum Service Standards (SPM), which comes from the PM No. 48 Year 2015. In addition to comparing with SPM, the evaluation is done by using Importance Performance Analysis (IPA). The results showed that most of the facilities are already meet the standards and the conformity degree is 77%, which means the users have generally felt quite satisfactions among them with the services that provided by UI Station."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65621
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library