Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Niki Raga Tantri
Abstrak :
ABSTRACT
This research describes whether the social presence can be obtained from online learning of distance education setting. Data in this study employed questionnaire adapted from Rovai (2002) which identified 3 aspects of social presence, namely connectedness aspect, learning aspect, and socio-emotional aspect. Data was taken from 60 students who participated in an 8-weeks online learning. The results showed that all aspects have positive attitudes from students' point of views. The students experienced connectedness aspect, learning aspect, and socio-emotional aspect in online learning regardless the learning situation which was mostly text-based setting.
Tangerang: Pusat Keilmuan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Terbuka, 2018
370 JPUT 19:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Marsha Anindita
Abstrak :

Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan memiliki lebih banyak pilihan dalam pemilihan media untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Salah satu media yang mudah dicapai adalah media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk menilai interaksi konten yang dihasilkan perusahaan (firm generated content) di platform Facebook terhadap hubungan antara social presence dan loyalitas perusahaan. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara online melalui komunitas Facebook perusahaan, khususnya Ninmedia. Pada periode penelitian, penulis berhasil mengumpulkan data sebanyak 322 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social presence memiliki pengaruh positif terhadap brand loyalty. Pengaruh positif ini di mediasi oleh variabel social brand engagement dan brand trust. Lalu adanya firm generated content sebagai variabel moderasi, memperkuat hubungan antara social presence dan social brand engagement.


Along with the development of technology, companies have more choices in the choice of media to communicate with their customers. One medium that is easily reached is social media. This research was conducted to assess the interaction of firm generated content on the Facebook platform towards the relationship between social presence and company loyalty. This research was conducted using questionnaires distributed online through the company's Facebook community, especially Ninmedia. In the study period, the author managed to collect data as many as 322 respondents. The results of this study indicate that social presence has a positive influence on brand loyalty. This positive influence is mediated by the variables of social brand engagement and brand trust. In addition, the firm generated content as a moderating variable has a significant effect in strengthening the relationship between social presence and social brand engagement.

2018
T51970
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Jeffrey Kurniawan
Abstrak :
ABSTRAK
Terlepas dari kenyataan bahwa penjual daring telah lama dianggap sebagai matinyaekuivalen mereka, penjual / pengecer memahami bahwa selalu ada risiko di balikinteraksi online misalnya anonimitas atau kedekatan dan menanggapi denganpengenalan saluran komersial multi-platform. Setelah mengurangi beberapa risiko yangterkait dengan online, pengecer saluran-multi mendapatkan keunggulan yang sangatbesar dan, akibatnya, intenseritas dari pengecer murni klik. Penelitian ini mencobauntuk memberikan bukti empiris yang bermanfaat bagi pengecer online, melaluipengukuran dampak fitur web klik-dan-bata murni-klik pada kepercayaan persepsinilai. Memanfaatkan survei anonline, sekitar 550 subjek dengan pengalamansebelumnya akan diakomodasikan ke dalam model penelitian dengan bantuanpemodelan persamaan struktural untuk menjelaskan hubungan timbal balik dalammodel penelitian. Temuan empiris menunjukkan bahwa klik murni dapat dengan amanmengharapkan peningkatan interaksi lalu lintas pendapatan denganmempromosikan kesadaran fisik bersamaan dengan platform komersial online mereka.Bukti yang memadai, karena kepercayaan nilai adalah anteseden perilaku, dapatmembenarkan keputusan untuk mengembangkan kehadiran offline.
ABSTRACT
Despite the fact that online sellers have long been considered as the demise of theiroffline equivalents, sellers/retailers understand that there is always a risk behind theonline interaction (e.g. anonymity or proximity) and respond with the introduction ofmulti-platform commercial channel. Having reduced several online-related risks, themulti-channel retailers gain quite an immense prominence and, consequently, an intenserivalry from the pure-click retailers. The present study attempts to provide empiricalevidence beneficial to online retailers, through measuring the impacts of both the click-and-brick's & pure-click's web-features on trust & value perceptions. Utilizing anonline survey, around 550 subjects with previous experience will be accommodatedinto the research model with the help of structural equation modelling to explain thecausal relationships in the research model. The empirical findings suggest that pure-click may safely expect increased interactions (traffic & revenue) by promoting the physical awareness concurrently with their online commercial platform. Adequate evidences, as trust & value are behavioral antecedents, may justify the decision to develop an offline presence.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50405
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchammad Fahmy Septiaddy
Abstrak :
Perkembangan lanskap digital mendorong terjadinya perubahan massif diberbagai aspek kehidupan manusia khusus perilaku konsumsi. Hal ini mendorong banyak usaha masuk kedalam lanskap digital dengan pendekatan yang berbeda dalam mengkomunikasikan produk yang dijual. Keberadaan pandemic Covid-19 mendorong banyak masyarakat mulai menggunakan platform perdagangan elektronik seperti tiktok live dalam pemenuhan kebutuhannya salah satunya adalah suplemen Kesehatan seperti obat herbal. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam lanskap komunikasi digital diperlukan dalam mengkomunikasikan produk obat herbal tersebut kepada para pembeli. Salah satu bentuk strategi komunikasi digital itu adalah melalui Social Presence, dimana para penjual memberikan rasa kehadiran bagi para pembelinya dalam mengkomunikasikan produk obat herbal yang diperjual-belikan. Penulisan ini akan berfokus pada pembentukkan strategi komunikasi Social Presence dalam komunikasi yang termediasi oleh komputer, yang salah satunya terlihat dalam transaksi jual-beli obat herbal dalam aplikasi tiktok live. Penulisan ini bertujuan untuk untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran social presence dalam live commercial shopping produk obat herbal bio insuleaf. Teori kehadiran (Presence theory) menunjukkan bahwa ketika orang merasakan kehadiran yang kuat di lingkungan atau situasi tertentu (dalam hal ini lingkungan virtual), mereka lebih mungkin untuk terlibat dan dipengaruhi oleh lingkungan atau situasi itu (dalam hal ini adalah live commercial shopping). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma penelitian deskriptif untuk menjelaskan dan menganalisis kasus yang muncul yaitu penjual-belian obat herbal melalui tiktok live. ......The development of the digital landscape encourages massive changes in various aspects of human life, especially consumption behavior. This has driven many businesses into the digital landscape with different approaches to communicating the commodities they sell. The existence of the Covid-19 pandemic has encouraged many people to start using electronic trading platforms such as tiktok live to fulfill their needs, one of which is health supplements such as herbal medicines. Integrated Marketing Communications in the digital communication landscape is needed in communicating these herbal medicinal products to buyers. One form of digital communication strategy is through social presence, where sellers provide a sense of presence for their buyers in communicating the herbal medicinal commodities being traded. This paper will focus on establishing a communication strategy for social presence in computer-mediated communication, one of which can be seen in the buying and selling of herbal medicines in the tiktok live application. This writing aims to analyze the social presence marketing communication strategy in live commercial shopping for bio insuleaf herbal medicinal commodities. Presence theory suggests that when people feel a strong presence in a particular environment or situation (in this case a virtual environment), they are more likely to be involved in and influenced by that environment or situation (in this case is live commercial shopping). This study uses a qualitative approach, with a descriptive research paradigm to explain and analyze cases that arise, namely the sale and purchase of herbal medicines through live tiktok.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Wahyu Pangestu
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji terkait live agent dan chatbot dan pengaruhnya terhadap customer satisfaction dengan moderasi social presence dengan mengetahui pengaruh dari live agent dan chatbot diharapkan akan berdampak terhadap customer satisfaction platform e-commerce.Jenis penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian eksplanatif. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Perhitungan jumlah sampel menggunakan metode Bernoulli yang diperoleh jumlah 300 responden.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu semua hipotesa di dalam penelitian ini terbukti. Seluruh variabel independent dalam penelitian ini berpengaruh terhadap variabel dependen secara siginifikan, dan variabel moderasi terbukti memperkuat hubungan antara variabel independent terhadap variabel dependen. ......The purpose of this study is to examine related to live agents and chatbots and their effect on customer satisfaction with social presence moderation by knowing the influence of live agents and chatbots is expected to have an impact on the customer satisfaction of e-commerce platforms. This type of research is explanatory research or explanatory research. The purposive sampling technique is used in the selection of samples with certain criteria. The calculation of the number of samples using the Bernoulli method obtained the number of 300 respondents. The results of the research obtained are that all hypotheses in this study are proven. All independent variables in this study significantly affect the dependent variables, and the moderation variables affect the independent and dependent variables.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Althofsyah Ramadhan
Abstrak :
Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat terjadinya perubahan perilaku belanja konsumen yang semula offline menjadi online, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce yang mengalami peningkatan signifikan. Salah satu fitur yang terdapat pada online shop adalah Online Customer Review (OCR) yang dianggap merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam memengaruhi kepercayaan maupun minat pembelian pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ulasan online yang diberikan sesama pelanggan terhadap niat beli dalam konteks e-commerce shopee melalui mekanisme S-O-R dimana perceived information quality dan social presence bertindak sebagai stimulus (S), trust dan satisfaction bertindak sebagai organism (O), dan purchase intention bertindak sebagai response (R). Survei dilakukan terhadap 236 responden melalui google form, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived information quality berpengaruh secara positif terhadap purchase intention, trust, dan satisfaction. Selanjutnya, social presence berpengaruh secara positif terhadap trust dan satisfaction. Terakhir, Trust berpengaruh secara positif terhadap satisfaction dan satisfaction berpengaruh secara positif terhadap purchase intention. Implikasi manajerial serta saran bagi penelitian selanjutnya akan dibahas lebih lanjut pada penelitian ini. ...... The development of increasingly advanced technology makes changes in consumer shopping behavior from offline to online, one of them is marked by the growth of e-commerce which has increased significantly. One of the features found in online shops is Online Customer Review (OCR) which is considered one of the factors that is quite important in influencing customer trust and buying interest. This study aims to determine the relationship between online reviews given by fellow customers with purchase intentions in the context of e-commerce shopee through the S-O-R mechanism where perceptions of information quality and social presence act as a stimulus (S), trust and satisfaction act as organisms (O), and intention to buy acts as a response (R). The survey was conducted on 236 respondents through a google form, and the data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study indicate that the perceived quality of information has a positive effect on purchase intention, trust, and satisfaction. Furthermore, social presence has a positive effect on trust and satisfaction. Finally, trust has a positive effect on satisfaction and satisfaction has a positive effect on purchase intention. The managerial implications and suggestions for further research will be discussed further in this study.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhana
Abstrak :
Prevalensi anemia anak di Indonesia, berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, sebanyak 28,1%. Angka ini meningkat dari sebelumnya di tahun 2007 hanya sebesar 27,7%. Lalu meningkat lagi di tahun 2018 pada riskesdas menunjukan angka 38,5%. Hasil penelitian Zuffo et al., 2016); Prieto-Patron et al., 2018; Li et al., 2019; Woldie, Kebede and Tariku, 2015; Konstantyner, Roma Oliveira and De Aguiar Carrazedo Taddei, 2012 menunjukan bahwa kelompok yang lebih berisiko menderita anemia adalah usia 0-23 bulan. Penelitian di Bali tahun 2019 juga menunjukan hasil yang sama bahwa sebanyak 71% anak berusia dibawah dua tahun menderita anemia, sedangkan hanaya 9% anak usia diatas dua tahun yang menderita anemia. Untuk itu penelitian ini perlu dilakukan agar dapat diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia baduta di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui prevalensi kejadian anemia baduta di Indonesia dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia baduta di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Riskesdas tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan jumlah responden sebanyak 832 anak. Penelitian ini juga melakukan uji multivariat yaitu regresi logistic, untuk mengetahui faktor dominan kejadian anemia pada baduta di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa prevalensi anemia baduta mencapai 54,9%. Pada penelitian ini usia baduta 0-11 bulan [OR 1,770 (1,33-2,34)], status gizi wasting [OR 1,626 (1,03-2,55)], status gizi underweight [OR 1,556 (1,05-2,33)], pendidikan ibu rendah [OR 2,512 (1,39-4,54)], pendidikan ibu menengah [OR 1,893(1,07-3,32)], dan wilayah rumah tinggal perdesaan [OR 1,386 (1,05-1,82)] ditemukan beruhubungan signifikan dengan kejadian anemia baduta. Variabel paling dominan yang ditemukan adalah usia baduta. Oleh karena itu, disarankan bagi dinas kesehatan di Indonesia untuk menanggulangi anemia diharapkan posyandu dan puskesmas dapat sedini mungkin mendeteksi anemia pada anak, yakni pada rentang usia 3-5 bulan, atau setidaknya sesuai dengan rekomendasi skrining pertama anemia yakni, pada usia maksimal 9-12 bulan. Juga, diharapkan dapat menyediakan suplementasi yang cukup dan memadai baik untuk baduta maupun ibu hamil. ......The prevalence of anemia in children in Indonesia, based on data from Indonesia Based Health Research in 2013, was 28.1%. This figure increased from the previous year in 2007 which was only 27.7%. Then it increased again in 2018 showing the figure of 38.5%. Research results Zuffo et al., 2016); Prieto-Patron et al., 2018; Li et al., 2019; Woldie, Kebede and Tariku, 2015; Konstantyner, Roma Oliveira and De Aguiar Carrazedo Taddei, 2012 showed that the group at higher risk for anemia was aged 0-23 months. Research in Bali in 2019 also showed the same results that as many as 71% of children under two years of age suffer from anemia, while only 9% of children aged over two years suffer from anemia. For this reason, this research needs to be carried out in order to know the factors associated with the incidence of anemia in under-two in Indonesia. The purpose of this study was to determine the prevalence of anemia in under-two in Indonesia and the factors associated with the incidence of anemia in under-two in Indonesia. This study uses secondary data from Indonesia Based Health Research 2018. The research design used is cross-sectional with a total of 832 children as respondents. This study also conducted a multivariate test, namely logistic regression, to determine the dominant factor in the incidence of anemia in children under two in Indonesia. Based on the results of the analysis, it is known that the prevalence of anemia in under-two reaches 54.9%. In this study, children aged 0-11 months [OR 1.770 (1.33-2.34)], nutritional status wasting [OR 1.626 (1.03-2.55)], nutritional status underweight [OR 1.556 (1.05 -2.33)], low maternal education [OR 2.512 (1.39-4.54)], secondary maternal education [OR 1.893(1.07-3.32)], and rural area of ​​residence [OR 1.386 (1.05-1.82)] was found to be significantly associated with the incidence of anemia in under-two. The most dominant variable found was the children age. Therefore, it is recommended for health offices in Indonesia to overcome anemia, it is hoped that posyandu and puskesmas can detect anemia in children as early as possible, namely in the age range of 3-5 months, or at least according to the recommendation for the first screening for anemia, namely, at a maximum age of 9-12 month. Also, it is expected to provide adequate and adequate supplementation for both children and pregnant women.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Graciella Florensa Tani
Abstrak :
Fesyen memiliki kaitan yang luas dengan simbol visual, terutama di era ekonomi digital. Penelitian ini mengeksplorasi interaksi antara persepi simbol visual digital dengan kehadiran sosial, kegembiraan kolektif, identitas budaya, dan niat pembelian ulang, serta pengaruh moderasi dari identitas budaya dan melihat perbandingan hasil penelitian pada merek fesyen lokal dan merek fesyen global. Survei dilakukan secara daring terhadap 210 responden yang berdomisili di Indonesia dan memenuhi kriteria. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan PLS-SEM. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan tingkat signifikansi antara faktor-faktor yang mempengaruhi merek fesyen lokal dan merek fesyen global. Penelitian juga menunjukkan bahwa persepsi symbol visual digital mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kehadiran social dari kedua merek, diikuti dengan kehadiran social yang mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kegembiraan kolektif dan niat pembelian ulang. ......Fashion has a wide range of connections with visual symbols, especially in the digital economy era. This study explores the interaction between digital visual symbol perception, social presence, collective excitement, cultural identity, and repurchase intention, as well as the moderating effect of cultural identity and compares the research results on local fashion brands and global fashion brands. An online survey was conducted on 210 respondents who reside in Indonesia and meet the criteria. The data obtained were analyzed using PLS-SEM. This study shows that there are several differences in significance levels between the factors that influence local fashion brands and global fashion brands. The study also shows that the perception of digital visual symbols has a significant positive effect on the social presence of both brands, followed by social presence having a significant positive effect on collective excitement and repurchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wulandari Anindya Kana
Abstrak :
Studi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh keberadaan isyarat identitas dalam tweet pencarian dukungan pada kualitas pesan dukungan yang didapatkan dalam konteks akun Twitter auto base. Kualitas pesan dukungan diukur dalam tingkat person-centeredness dan jumlah strategi politeness yang digunakan. Konsep yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara keberadaan isyarat identitas dan kualitas pesan dukungan yang didapatkan adalah persepsi pemberi dukungan terhadap kehadiran sosial (social presence) dan trustworthiness pencari dukungan. Studi eksperimen ini dilakukan terhadap 5 kelompok pengguna akun Twitter auto base, masing-masing kelompok terdiri dari 38 hingga 41 responden. Setiap responden diminta untuk membalas sebuah tweet pencarian dukungan, dengan desain isyarat identitas yang berbeda-beda untuk masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan isyarat identitas tidak dapat menjelaskan perbedaan dalam kualitas pesan dukungan serta social presence dan trustworthiness yang dirasakan. Namun, ditemukan bahwa tingkat person-centeredness dalam pesan dukungan yang diberikan kepada pencari dukungan perempuan lebih tinggi daripada yang diberikan kepada laki-laki. Penelitian ini juga menemukan bahwa social presence pencari dukungan yang dirasakan pemberi dukungan dapat memprediksi jumlah strategi politeness yang digunakan dalam pesan dukungan; serta persepsi pemberi dukungan terhadap trustworthiness pencari dukungan dapat memprediksi jumlah strategi politeness yang digunakan dalam pesan dukungan dan tingkat person-centeredness pesan dukungan. ......This experimental study aims to test the effect of the presence of identity cues in support-seeking tweets on the quality of the support messages received in the context of Twitter auto base accounts. Quality of support messages is measured by its person-centeredness level and the number of politeness strategies used. The concepts used to explain the relationship between the presence of identity cues and received support messages quality are support providers perception of support-seekers social presence and trustworthiness. This experimental study is done to 5 groups of Twitter auto base account users, with each of the groups consisting of 38 to 41 respondents. Each respondent was asked to reply to a support-seeking tweet, with different identity cue designs for each group. The results of the study show that the presence of identity cues cannot explain the difference in support messages quality, perceived social presence, and perceived trustworthiness. Instead, it is found that the person-centeredness level of support messages given to women are significantly higher than those given to men. This study also found that support-seekers perceived social presence can predict the number of politeness strategies used in a support message; and that support-seekers perceived trustworthiness can predict the number of politeness strategies used and the person-centeredness level of a support message.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library